Moms, Ini 5 Manfaat Pijat Bayi dan Cara Melakukannya dengan Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon Halal Baby Huki

Posted on

Tidak hanya makanan yang harus kita perhatikan halal atau tidaknya ya moms, bahkan semua yang kita pakai dari ujung rambut hingga ujung kaki, ada baiknya juga sudah halal terutama bagi seluruh anggota keluarga tercinta. Moms, sudah tahu belum kalau ada minyak kayu putih dan minyak telon halal ?

Memangnya ada manfaaat lebih ya, dengan sertifikasi halal pada minyak kayu putih? Tentu saja ada dong moms, setidaknya kita tahu kalau minyak pijat, penghangat tubuh bagi bayi dan anak kita halal dan sudah pasti aman juga berbahan baku terbaik.

Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon Halal

Baby Huki Halal moms, produk minyak kayu putih dan minyak telon dari Baby Huki sudah tersertifikasi MUI dan terjamin kehigienisan serta kehalalannya dari pemilihan bahan hingga ke proses akhir.

baby huki minyak kayu putih dan minyak telon halal
Baby Huki minyak kayu putih dan minyak telon halal.

Informasi ini saya ketahui saat menghadiri Baby HUKI Mums Blogger Gathering pada Sabtu, 9 Juni 2018 dengan tema “Lebih Hangat dan Nyaman dengan yang HALAL”

Baby HUKI mempersembahkan Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon yang teruji klinis dan halal.

Bertempat di Ashley Hotel Jakarta, saya mendapat informasi lengkap mengenai pijat bayi dan manfaat dari minyak telon dan minyak kayu putih Baby Huki.

baby huki minyak kayu putih dan minyak telon halal
Baby Huki Mums Blogger Gathering dengan tema “Lebih Hangat Dan Nyaman Dengan Yang Halal”

Dengan pembicara dari kiri ke kanan:

1. Risa Trisanti, Marketing Manager Baby HUKI
2. Dokter Spesialis Rehab Medik Brawijaya Hospital Antasari, dr.Amendi Nasution, SpKFR (K)
3. Arina, Fisioterapis Brawijaya Hospital Antasari
Hadir juga Mama Blogger Influencers bersama buah hati mereka :
1. Yasmin Zata Ligouw
2. Kania Safitri

Dipandu dengan MC. Yosh Aditya acara kali ini berlangsung dengan ceria, sehingga para moms dan narasumber bisa saling berinteraksi dengan santai, hingga acara selesai.

Risa Trisanti, Marketing Manager Baby HUKI menjelaskan mengenai minyak telon dari Baby Huki yang memiliki keunggulan aroma yang disukai bayi, mengandung minyak kelapa dan halal moms. Minyak telon baik untuk bayi usia 0-3 tahun, kalau anak sudah berusia di atas 3 tahun ada baiknya beralih ke Minyak Kayu Putih ya moms agar lebih hangat bagi tubuh anak.

Minyak kayu putih Baby Huki, di dalamnya terdapat zat aktif yang bernama Sineol yang berfungsi untuk menghangatkan badan, mengatasi kembung, mencegah gigitan serangga. Keunggulannya adalah kadar Sineol di dalam minyak kayu putih HUKI lebih tinggi dan lebih besar dibanding produk lain. Sehingga efek yang ditimbulkan jauh lebih baik dibanding produk lain.

Aroma, tekstur dan juga kehangatan dari Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon baby HUKI didesain pas dan aman untuk kulit bayi, juga orang dewasa.

Bincang santai ini dilanjuti bersama Dokter Spesialis Rehab Medik Brawijaya Hospital Antasari, dr. Amendi Nasution, SpKFR (K) yang memberikan informasi mengenai pijat bayi. Apa itu pijat bayi, waktu yang baik dalam melakukan pijat bayi dan apa saja manfaatnya.

Tahu ga sih moms, Yosh sempat bertanya kepada Dokter Armendi apa metode memijat dan mengurut sampai posisi kaki bayi di angkat ke atas dan kepala dibawah (kalau kata orang Sunda di junjung), itu aman, baik atau tidak untuk dilakukan. Karena konon, Yosh pernah diurut dengan metode seperti itu, sehingga saat dewasa Yosh menjadi seperti saat ini, lebih lincah dan heboh :).

Pijat bayi adalah kegiatan mengurut tubuh dengan tujuan untuk melemaskan otot, sehingga peredaran darah lebih lancar yang dilakukan pada seluruh permukaan tubuh bayi.

Jadi, ada baiknya tidak melakukan pijatan dengan cara yang dibilang kasar, bayi harus diperlakukan dengan lembut, karena organ tubuh mereka masih

5 Manfaat Pijat Bayi 

  1. Membantu perkembangan fisik, mental, dan sosial bayi.
  2. Bayi lebih relaks.
  3. Membantu pengaturan sistem pencernaan, respirasi dan sirkulasi.
  4. Membantu meredakan ketidak nyamanan pada tumbuh kembang anak seperti kolik dan tumbuh gigi.
  5. Membuat tidur anak lebih berkualitas.

Menurut dr.Amendi, Pijat bayi tidak hanya bermanfaat bagi anak saja loh moms, tapi juga besar manfaatnya bagi kita, yaitu :

1. Membangun ikatan/Bonding antara bayi dengan orangtua.

2. Membangun dan meningkatkan rasa percaya diri dalam mengasuh bayi.

3. Meredakan stress orangtua.

Moms, untuk melakukan pijat bayi sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum bayi mandi dan malam hari saat bayi akan tidur untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari pijatan yang dilakukan.

Setelah mengetahui banyak informasi mengenai manfaat minyak telon, minyak kayu putih dan manfaat dari pijat bayi, kami melakukan praktek simulasi pijat bayi bersama Ibu Arina, Fisioterapis Brawijaya Hospital Antasari.

Salah satu pelayanan unggulan di Brawijaya Hospital Antasari adalah Baby Massage atau Pijat Bayi yang didukung oleh dokter spesialis rehab medik anak dan terapis profesional seperti dr. Amendi Nasution dan Ibu Arini.

Pijat bayi yang tepat berguna untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil melalui stimulasi sentuhan yang dapat merangsang semua sistem sensorik dan motorik untuk pertumbuhan otak, membentuk kecerdasan dan perkembangan fungsi pada si kecil sesuai tahapan usianya.

baby huki minyak kayu putih dan minyak telon halal
Simulasi langsung pijat bayi ala Baby Huki “Lebih Hangat Dan Nyaman Dengan Yang Halal”

Saat Azzam masih bayi moms, saya ga ada keberanian untuk lakukan pijat bayi karena tidak memiliki pengatahuan untuk melakukan pijat bayi. Selalu sibuk cari paraji atau dukun urut bayi kalau Azzam mulai rewel dan ga mau makan.

Sangat merepotkan memang sampai harus memanggil atau datang ke dukun urut bayi kalau anak mulai tidak enak badan, tapi demi anak tercinta apapun pasti akan dilakukan oleh orangtua.

Mudik nyaman dengan anak

Lebaran mudik ga moms 🙂 alhamdulillah tahun ini saya dan Azzam melakukan perjalanan mudik untuk pertama kalinya, persiapan mudik Lebaran semua sudah disiapkan dan perlengkapan Azzam paling utama yang saya siapkan agar dia tidak rewel dan sakit setelah melakukan 8 jam perjalanan.

Bersyukur kemarin saya datang ke acara Baby Huki Moms Blogger Gathering, dapat ilmu bagaimana memijat anak yang pasti akan rewel setelah perjalanan jauh dengan menggunakan minyak telon ataupun minyak kayu putih Baby Huki.

Minyak telon dan minyak kayu putih Baby Huki juga dapat membantu dalam mengatasi kembung dan masuk angin, pada anak saat mudik moms, selain itu juga menjauhkan gigitan nyamuk.

Azzam memang sudah berusia 4 tahun, namun lebih menyukai minyak telon yang aroma dan panasnya tidak terlalu kuat seperti minyak kayu putih.

Namun dengan saran dari dr. Amendi Nasution saya memperkenalkan kembali minyak kayu putih kepada Azzam dengan sedikit mencampurnya menggunakan air putih agar tidak terlalu menyengat.

Ternyata Azzam lebih menyukainya, kemarin saya melakukan kesalahan dengan mengganti total penggunaan minyak telon dengan langsung menggunakan minyak kayu putih yang malah menyebabkan Azzam trauma terhadap minyak kayu putih.

Ilmu dan informasi yang saya dapatkan langsung saya praktekan kemarin loh moms, lakukan pijatan bayi ala Baby Huki dan Brawijaya Health Care pada Azzam yang lelah karena seharian berada di kendaraan untuk ikut mudik pertama kalinya ke Banjar Patroman, Jawa Barat.

Minyak kayu putih dan minyak telon halal
Saya melakukan pijatan bayi saat Azzam mulai rewel karena pegal melakukan perjalanan mudik, menggunakan minyak telon hangat Huki.

Urutan Pijat Bayi

Ada baiknya lakukan pijat bayi sesuai dengan urutan ya moms, agar bayi dan anak kita bisa rileks dan menerima pijatan dengan lebih baik, juga gunakan minyak telon hangat Baby Huki sebanyak 2-3 tetes di setiap gerakan.

Pijat bayi akan optimal dilakukan selama 15 menit setiap kali dilakukan, agar anak tidak bosan saat di pijat.

1. Pijat bagian dada

* Melakukan gerakan yang membentuk simbol love pada dada, dimulai dari ulu hati mengarah ke bahu atas lalu turun lagi ke ulu hati. Gerakan dilakukan berulang sebanyak 3 kali.
* Gerakan kedua yaitu membentuk silang atau Cross, dilakukan dari bawah ke atas bahu, kemudian bersilangan di sisi lainnya. Gerakan ini juga dilakukan berulang sebanyak 3 kali, bermanfaat untuk membantu otot-otot pernafasan baby di bagian dada depan.

2. Pijat bagian perut

* Pada bagian perut, lakukan gerakan pijat membentuk huruf I, L, U. Dimulai dari bagian kiri baby ke kanan perut yang merupakan usus besar bayi. Semua gerakan dilakukan berulang sebanyak 3 jali ya moms. Ulangi gerakkan untuk bagian sebelah kanan baby. Fungsinya untuk otot-otot perut apabila baby dalam keadaan kembung ataupun susah buang air besar.
* Lakukan gerakan Walking Finger,
dengan melakukan tap di bagian perut dengan 3 jari searah dengan usus besar dari bagian kanan ke bagian kiri perut baby. Fungsi gerakan ini untuk mencegah kembung, kram otot perut, dan kolik pada perut baby.

3.Pijat bagian lengan tangan

* Lakukan gerakan Milking / Memerah
Dimulai dari bagian atas lengan kearah bawah kemudian naik ke atas lagi. Ulangi sebanyak 3 kali. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot lengan pada baby ketika baby dalam posisi tengkurap. Lakukan gerakan yang sama untuk lengan bayi sebelah kiri.
* Melakukan gerakan Rolling / Memutar
Lakukan gerakan memutar dengan 2 tangan bunda, dari pangkal lengan sampai ke pergelangan tangan. Fungsinya untuk membantu menguatkan otot lengan menopang badan baby saat posisi tengkurap.
* Kemudian lakukan gerakan Finger Shake, dengan memijat jari-jari baby satu per satu. Lakukan gerakan memutar dari pangkal jari ke ujung jari. Fungsinya untuk menguatkan motorik halus serta otot lengan dan jari agar baby bisa menggenggam sesuatu lebih kuat.

4. Pijat bagian tungkai kaki

* Lakukan juga gerakan Milking / Memerah pada tungkai kaki baby, dimulai dari atas paha ke arah pergelangan kaki, kemudian naik lagi ke arah pangkal paha. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot besar di tungkai kaki untuk menopang ketika baby berdiri sampai berjalan.
* Melakukan gerakan Squeezing / Memeras, yaitu memutar/sirkuler dengan satu tangan memutar dari pangkal paha ke arah pergelangan kaki. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot besar di tungkai.
* Lakukan juga Finger Shake dengan memijat jari kaki satu per satu dari pangkal jari ke ujung jari. Fungsinya ntuk menguatkan otot-otot jari baby. Please moms, jangan sampai di tarik ya, mingkin bagi kita orang dewasa akan lebih enak saat ada gerakan menarik atau mematahkan jari-jari kaki maupun tangan. Tapi jangan lakukan pada baby..

5. Pijat bagian punggung

* Pada punggung,  gerakannya hampir sama dengan gerakan pada dada yaitu LOVE MOTION, lakukan gerakan membentuk hati dimulai dari bagian tengah punggung ke arah bahu kemudian kembali ke arah tengah punggung. Fungsi untuk menguatkan otot-otot pungung saat menopang ketika baby tengkurap maupun duduk.
* Melakukan gerakan Spiral, yang dimulai dari bawah leher dengan gerakan memutar sepanjang tulang belakang sampai ke arah bokong baby. Fungsinya untuk rileksasi punggung dan menguatkan otot-otot sepanjang punggung.
* Gerakan terakhir, yaitu menggaruk yang dilakukan dari bawah leher turun sepanjang punggung, pinggang sampai ke arah bokong. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot besar punggung, pinggang, dan bokong baby.

Teknik pijat bayi ini bisa dilakukan dari bayi berusia 3 minggu hingga berusia 5 tahun loh moms. Tapi minyak telon dan minyak kayu putih Huki bisa dipakai sampai usia berapapun ya moms.

Aih,, mengurut dan pijat anak balita berusia 4 tahun ternyata tidak mudah loh moms, karena mereka sangat aktif dan sulit untuk diam. Butuh tiga kali praktekkan pijat bayi ini, baru Azzam merasa nyaman dan bilang enak, bahkan setiap mau tidur sekarang minta untuk di pijat dengan minyak telon hangat Baby Huki.

Moms, penting untuk diketahui ya kalau pijat bayi ini baik dilakukan saat bayi dan anak kita dalam keadaan sehat atau tidak sakit, tidak sehabis menyusui atau makan.

Sebentar lagi saya juga akan memiliki keponakan baru, dan teknik pijat ala Baby HUKI ini sedang saya ajarkan juga ke adik ipar saya 🙂 , alhamdulillah sekarang tidak ribet lagi bayar mahal dan sibuk cari tukang pijat dan urut bayi.

Semoga bermanfaat juga ya teknik pijat ala Baby HUKI “Lebih Hangat dan Nyaman dengan yang Halal” ini, menggunakan minyak telon maupun minyak kayu putih hangat Baby Huki.

Oh iya moms, minyak telon dan minyak kayu putih Huki tersedia dalam ukuran: 30 ml, 60 ml, 125 ml sesuai kebutuhan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
www.babyhuki.co.id
Facebook: babyhukiofficial
Instagram: babyhukiofficial

Spread the love

12 thoughts on “Moms, Ini 5 Manfaat Pijat Bayi dan Cara Melakukannya dengan Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon Halal Baby Huki

  1. Abis mudik ini anak murung… Sepertinya sakit badan, pegal2. Saya pijit2 baru tampak nyaman. Baru tahu HUKI punya produk minyak buat anak. Dulu saya pakai HUKI cuma botol susu, dot dan perlengkapan nya saja…
    Semakin tenang apalagi kalau sudah halal.

  2. Minyak kayu putih dan minyak telon memang jadi andalan para Ibu ya untuk mengatasi perut kembung.. apalagi produk minyak telon dari baby HUKI ini selain bisa menghangatkan juga bisa untuk pijat ya.. praktis banget deh

  3. Kalau anak sakit atau rewel skrg gak perlu khawatir lagi ya mbak. Tinggal sediakan minyak huki lalu pijat sesuai yg diajarkan di blogger gathering, masalah pun teratasi deh

  4. kita aja yang dewasa keenakan dipijet apalagi anak anak yang lelah setelah menempuh jarak jauh mudik. Sekarang pijet lebih untuk membuat otot anak menjadi rileks kembali kalau dulu biasanya diajak kedukun bayi buat pijet supaya makannya kuat heheheh

  5. Konon, bayi yang sering dipijat ibunya akan tenang dan tidak gampang rewel. Ya karena dipijat itu enak, badan jadi enteng dan rileks. Apalagi aroma wangi dari minyak telon yang dipakai untuk memijat bayi jadi semacam aromatherapy juga 🙂

  6. Sebaiknya ibu emang memijat bayi sendiri, soalnya bagus buat memperkuat bonding obu dan anak. Apalagi kalau pakai media minyak HUKI yang udah halal, ibu sudah pasti tennag 😀

  7. Benar sekali..biasanya bayi abis dipijat tidurnya lebih enak…ya, gak rewel.. aku biasanya ke. Tukang pijat bayi..

    Tapi ternyata bisa dilakukan dirumah sendiri ya..apalagi ada panduannya..ternyata manfaatnya lebih dari sekedar bikin bayi relaks..tapi juga dari sisi ibunya.

    Dan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *