Cerita Anisa https://anisamamazam.com Belajar, Jujur dan Berkarya Sun, 15 Sep 2019 12:45:17 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.3 Manfaat Ikut Komunitas Bagi Seorang Blogger https://anisamamazam.com/manfaat-ikut-komunitas-bagi-seorang-blogger/ https://anisamamazam.com/manfaat-ikut-komunitas-bagi-seorang-blogger/#respond Sun, 15 Sep 2019 12:16:53 +0000 http://anisamamazam.com/?p=9020 Pagi teman-teman, Mama Azzam saat ini sudah menggeluti dunia blogging selama 3 tahun. Masih banyak hal mengenai menulis, foto, caption maupun konten lainnya yang harus saya pelajari agar isi blog saya dapat lebih bermanfaat dan diminati oleh masyarakat luas.

Menulis memang hal yang mudah, tapi menghasilkan artikel yang berkualitas sulit loh (ini yang saya rasakan saat akan mengikuti lomba blog atau menulis artikel organik) kesulitan untuk mendapatkan ide judul dan menghasilkan tulisan yang memberikan informasi seringkali saya alami.

Alhamdulillah saat ini komunitas blogger maupun komunitas menulis sudah banyak, mau hanya sekedar grup di Facebook maupun WhatsApp grup. Apa sih yang diharapkan saat mengikuti suatu komunitas? Selain mendapatkan relasi, informasi dan job tentunya 🙂 .

Kalau saya pribadi, sangat ingin mencuri banyak ilmu dari penulis handal yang ada di dalam grup atau komunitas yang saya ikuti, lalu menjiplaknya atau menerapkan semua ilmu yang ada agar blog saya dapat jadi lebih bagus.

Tips Menjadi Penulis Blogger

Buat yang penasaran dan ingin menulis blog, saya punya beberapa tips nih, biar hasil tulisan kalian menarik dan mendapat apresiasi dari pembaca, maupun komunitas.

Up to next level
Yuk tingkatkan kualitas diri

1. Mulailah menulis secara organik, tulis apapun berdasarkan pengalaman yang pernah dialami secara langsung.

2. Tulis semua pengalaman itu dalam blog, ga usah curhat di media sosial.

3. Pahami bagaimana tekhnik menulis, mau menulis story telling atau reportase.

4. Setelah tulisan atau artikel selesai dan diposting, jangan lupa untuk share di media sosial.

5. Bergabung dengan komunitas yang berikan banyak inspirasi dan informasi seperti Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) salah satunya.

6. Kalau menulis di blog sudah aktif, jangan pernah merasa paling tahu, terus belajar dan tingkatkan kualitas diri.

Content Writing To Next Level

Berkat ikut dalam komunitas ISB, saya belajar mengenai kekuatan content, SEO, bagaimana mengelola keuangan, panduan dalam bersikap, bagaimana padupadan  dress code saat datang ke suatu event, sampai bagaimana maintenance sosial media.

Alhamdulillah, saya juga berkesempatan ikut serta dalam berbagai workshop yang membantu saya untuk meningkatkan kualitas tulisan di blog. Kamis 12 September 2019, saya bersama beberapa member ISB mengikuti workshop di Kantor Google untuk belajar dan cari tahu mengenai Question Hub dan juga belajar bagaimana menjadi Content Writer bersama teh Ani Berta dan mas Ardan.

Baru tahu loh, kalau website kita tidak hanya harus bagus di SEO, tapi wajib dan harus bagus di isi tulisan website kita. Tulisan ecek-ecek dan seadanya bisa saja ada di page one Google, tapi belum tentu bermanfaat dan di cari banyak orang loh. Kalau konten tulisan kalian sudah ok dan benar-benar memberikan informasi bagi banyak orang, apalagi terdaftar di Question Hub, kualitas dan page view websitenya pasti akan lebih baik.

Content Writing
Content Writing bersama Ani Berta dan ISB

Selain itu saya juga belajar menjadi Content Writer, yaitu bagaimana menjadi penulis profesional yang menulis konten web atau artikel untuk dipublikasikan di Internet. Tahu ga sih kalau menjadi ghost writer itu bisa jadi sumber penghasilan loh,, tapi tentu saja ada syarat dan ketentuannya loh yaa.

Kenapa kesempatan menjadi content writer sangat terbuka lebar?

1. Pertumbuhan yang pesat di era digital.

2. Kebutuhan akan informasi terus meningkat.

3. Setiap perusahaan dan organisasi perlu informasi dan publikasi kegiatan.

4. Kebutuhan akan jumlah penulis terus meningkat.

5. Peluang usaha yang menarik untuk di jalani.

Tertarik untuk menjadi Content Writer? Yuk cari tahu caranya di sini, berdasarkan dari informasi yang disampaikan dari teh Ani.

1. Tentukan tujuan saat jadi Content Writer, apakah untuk dapat penghasilan atau secara sukarela.

2. Kenali website dan portal yang diminati.

3. Ajukan proposal penawaran.

4. Berikan portofolio yang baik, bisa ajukan dari artikel dengan konten organik atau gratisan.

5. Manfaat kanal citizen journalism di media mainstream seperti Kompasiana, Kumparan, Indonesian, Vilalog, dan yang lainnya.

6. Pastikan data yang kita tulis akurat dan berdasarkan sumber yang valid.

7. Tulis artikel minimal 500 kata, maksimal 1000 kata.

8. Sesuaikan gaya tulisan dengan ciri khas website yang akan kita isi.

9. Isi kanal website sesuai dengan kategori yang kita kuasai.

10. Baca kembali draft tulisan yang kita buat, pastikan tidak ada typo atau informasi yang menyesatkan.

11. Gunakan foto yang resolusi-nya tinggi.

12. Gunakan Keywords yang tepat.

13. Untuk tulisan reportase, pastikan memenuhi 5W1H, hindari memasukan opini pribadi dan perasaan.

14. Atur jadwal up date content sesuai dengan kesepakatan awal.

15. Kelola data supaya tidak membosankan bagi pembaca.

Memang apa manfaatnya sih bagi kita menjadi Content Writer, ngurus blog sendiri aja belum benar dan baik 🙂 . Ternyata, selaint meningkatkan skill dan kualitas diri, bisa juga jadi ajang branding personal, isi portofolio, dan menjadi sumber penghasilan loh. Ga percaya? Bisa kok langsung dicoba dan dipraktekkan.

Tinggalkan Jejak Digital yang Baik Melalui SEO

Selain mengenal lebih jauh tentang content writing, saya juga belajar mengenai SEO bersama mas Ardan. Yang paling utama dalam mempelajari SEO adalah:

1. Mengetahui Keywords yang dibidik.

2. Simpan atau tempatkan keywords pada Judul, dan URL artikel.

3. Atur Sub-Heading.

4. Pastikan ada keywords di 100 kata pertama dalam artikel.

5. Mainkan Backlink dan Internal link.

6. Gunakan visual menarik dan namakan gambar sesuai keywords.

SEO itu sendiri adalah optimalisasi web atau blog agar berada di halaman muda Google, lebih baik kalau bisa ada dan bertahan di halaman pertama Google. Karena SEO dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan bisa menjadi brand awarennes.

Kenal SEO
Kenal lebih dalam mengenai SEO bersama mas Ardan.

Namun patut diperhatikan, karena “Konten Tetap Raja Karena Manusia Yang Baca”. Karena pada dasarnya SEO memiliki 2 entitas yaitu Google dan Manusia.

Selain itu, saya juga berkesempatan untuk mengenal tentang Question Hub Google. Ini merupakan sistem terbaru dari Google yang mengumpulkan banyak pertanyaan yang di ajukan oleh masyarakat.

Untuk saat ini Question Hub baru ada di negara Indonesia, Nigeria dan India. Karena di negara berkembang ini pengguna internetnya banyak, tetapi inventory dan sumber informasinya sedikit.

 

Question Hub mengumpulkan data berupa pertanyaan-pertanyaan yang tidak mampu dijawab langsung oleh Google dalam satu sistem. Data yang terkumpul ini dapat dimanfaatkan bagi kita para blogger sebagai sumber inspirasi dalam menulis.

Untuk saat ini saya sendiri baru mempelajari mengenai Question Hub, cara mendaftarnya mudah, asalkan kita sudah terhubung dengan webmaster bisa menggunakan data yang ada loh. Artikel yang kita tulis, apabila bisa menjawab pertanyaan yang ada, bisa menjadi sumber informasi dan menjadi backlink. Tapi sudah tentu tidak sembarang artikel, karena semua artikel yang masuk akan di sortir secara ketat, memenuhi kriteria atau tidak.

Senangnya dapat menjadi anggota suatu komunitas blogger yang selalu berikan informasi, workshop dan inspirasi.

]]>
https://anisamamazam.com/manfaat-ikut-komunitas-bagi-seorang-blogger/feed/ 0
Lindungi Keluarga dengan Lakukan Cek KLIK https://anisamamazam.com/lindungi-keluarga-dengan-lakukan-cek-klik/ https://anisamamazam.com/lindungi-keluarga-dengan-lakukan-cek-klik/#respond Sun, 15 Sep 2019 00:40:51 +0000 http://anisamamazam.com/?p=9010 Sebagai ibu rumah tangga, sudah tugas kita untuk selalu kritis dan teliti dalam membeli kebutuhan rumah tangga, baik itu makanan, obat maupun yang lainnya. Bahaya kan kalau kita beli makanan atau obat yang sudah expired atau tidak jelas kandungan yang ada di dalamnya.

Beberapa waktu yang lalu ada berita banyak anak-anak keracunan akibat makan jajanan di sekolah, atau ibu hamil yang alami gangguan pada janinnya karena diberi obat kedaluwarsa. Jangan pernah sepelekan asupan yang kita makan ya Bunda, bisa mengakibatkan kematian loh.

Kalau dirumah, saya adalah pemegang keputusan saat belanja bulanan, kalau Bunda bagaimana? Siapa yang tiap bulan bertugas belanja ke Supermarket, memilih dan membeli keperluan rumah tangga, mulai dari produk untuk perawatan tubuh, perlengkapan mandi, atau bahan makanan setiap bulannya.

Harus selalu Cek KLIK sebelum membeli
Harus selalu Cek KLIK sebelum membeli

Saat kalian berbelanja di pasar ataupun supermarket, kalian suka perhatikan apa saja sih, selain cek harganya Bunda, atau karena terlalu setia pada satu jenis produk jadinya langsung ambil dan bayar ke kasir? Atau karena ada harga diskon yang murah langsung ambil banyak dan stok buat kebutuhan sebulan?

Sebelumnya, saya lakukan semua itu loh Bunda, beli produk yang harganya diskon dan ambil banyak biar bisa berhemat, tapi ternyata masa kedaluwarsa tinggal beberapa bulan lagi. Kualitas produk dengan masa kedaluwarsa yang sebentar lagi habis tentu saja sudah mulai menurun.

Apalagi ternyata ada beberapa produk yang labelnya tidaknya jelas, kandungan nutrisi dan bahan-bahannya tidak saya mengerti, bagaimana cara mengolahnya juga tidak saya perhatikan.

Jadi Konsumen Cerdas Saat Berbelanja dengan Cek KLIK

Memang benar kalau kita keracunan akibat produk yang kita beli, kita memiliki hak konsumen untuk menuntut produsen yang membuat produk itu, dan ini ada dalam UU Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen  Republik Indonesia.

Ayo Cek KLIK sebelum membeli
Anjuran untuk selalu Cek KLIK sebelum membeli dari BPOM.

UU Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 menjelaskan bahwa hak konsumen diantaranya adalah hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengonsumsi barang dan atau jasa, hak untuk memilih barang dan atau jasa serta mendapatkan barang dan atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan, hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif, hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan atau penggantian, apabila barang dan atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

Penting sekali sebelum transaksi, kita harus cerdas dan cari tahu mengenai barang yang diinginkan, dengan cara cek harga, cari informasi mengenai produk secara utuh. Karena kalau kita lalai lakukan semua ini, makan hak kita sebagai konsumen bisa gugur loh.

BPOM mengingatkan dan mengajak seluruh masyarakat untuk saling mengingatkan pentingnya peduli obat dan pangan aman dengan selalu melakukan CEK KLIK sebelum memilih obat, kosmetik, makanan dan berbagai produk apapun itu dengan selalu Cek KLIK.
Apakah itu Cek KLIK? Cek KLIK yaitu:
– Cek Kemasan
– Cek Label
– Cek Izin edar
– Cek Kadarluarsa

Menjamurnya E-commerce tentu menjadi masalah baru dalam pelaksanaan Cek KLIK terhadap barang yang diperjualbelikan. Maka BPOM membuat satu aplikasi yang dapat membantu masyarakat untuk dapat ikut mengawasi peredaran makanan dan obat.

BPOM Mobile

BPOM memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat Indonesia, untuk dapat menjadi konsumen cerdas dan selalu melakukan Cek KLIK saat berbelanja dengan membuatkan aplikasi BPOM Mobile. Dengan Scan QR code yang ada dalam kemasan, kita bisa langsung tahu banyak informasi mengenai produk yang akan kita beli.

Cek KLIK sebelum membeli
Download aplikasi BPOM Mobile untuk Cek KLIK sebelum membeli.

Ayo Cek KLIK, pilih obat dan makanan yang aman.

Buat kalian ketahui Bunda, sudah ada 40 kantor cabang BPOM di seluruh Indonesia, untuk melindungi masyarakat. BPOM ingin membangun partisipasi masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas, periksa terlebih dahulu kemasannya, Pengawasan Obat dan Makanan adalah tanggung jawab kita bersama, jika ada hal yang aneh, segera hubungi 1500533

]]>
https://anisamamazam.com/lindungi-keluarga-dengan-lakukan-cek-klik/feed/ 0
Wujudkan Impian Wisata ke Thailand Bersama Watsons https://anisamamazam.com/wujudkan-impian-wisata-ke-thailand-bersama-watsons/ https://anisamamazam.com/wujudkan-impian-wisata-ke-thailand-bersama-watsons/#respond Sat, 14 Sep 2019 11:09:39 +0000 http://anisamamazam.com/?p=8991 Pagi Bunda, bisa jalan-jalan ke luar negeri pasti menjadi impian bagi banyak orang ya 🙂 kalau kalian dapat kesempatan untuk melakukan perjalanan, kira-kira destinasi wisata negara mana nih yang akan di kejar? Eropa, Korea, Jepang atau gak usah jauh-jauh dulu jalan ke negeri tetangga aja seperti ke Thailand, Hongkong, Malaysia atau Singapore yang dekat.

Buat yang suka dengan kegiatan traveling, pasti sudah terbiasa kasak kusuk cari tiket murah dan hafal dengan destinasi wisata yang akan dituju, berbeda banget dengan saya yang jarang jalan-jalan atau wisata keluar negeri… keluar kota aja jarang 🙂 .

Selain karena pertimbangan harga tiket pesawat yang mahal, pengalaman wisata keluar negeri yang minim dan anak yang masih balita menyebabkan saya maju mundur untuk mewujudkan impian untuk dapat jalan-jalan dan wisata, apalagi sampe keluar negeri.

Tapi yang namanya impian wajib banget loh untuk kita raih dan capai, biar kita gak menyesalinya di kemudian hari. Kita jadi punya cerita dan pengalaman untuk dibagi kepada anak cucu kelak. Selain itu, bisa jadi salah satu cara buat menumbuhkan inspirasi bagi diri sendiri.

Hampir saja saya mengubur dalam-dalam impian untuk dapat melakukan wisata, sampai akhirnya melihat banner yang ada di Store WATSON di salah satu mall besar di kawasan Jakarta Selatan. Dalam banner ini dikatakan kemanapun kita pergi #JadiMemberPastiUntung apalagi kalau menggunakan #WatsonsOnePass

Watsons One Pass
Jadi member pasti untung menggunakan WATSONS One Pass.

Kalian sudah tahu belum kalau kartu member Watsons kini bisa digunakan di 7 destinasi wisata loh. Selain di Indonesia, kita juga bisa menikmati keuntungan-keuntungan menjadi member yang ada di China, Hong Kong, Macau, Taiwan, Singapore, Malaysia dan Thailand.

Jadi untuk kalian yang suka traveling ke negara tersebut, jangan pernah lupa untuk selalu membawa kartu member Watsons atau e-card yang ada di aplikasi Watsons ya Bunda, agar dapat menikmati keuntungan-keuntungan yang ada.

Jadi Bunda,dimanapun kalian pergi wisata, jadi member pasti untung, karena Watsons one pass ini bisa digunakan oleh semua kartu atau semua member (Reguler, Flazz, atau Elite) Seru kan!

Mulai dari sekarang saya ikut hunting dan incar tiket pesawat murah melalui berbagai travel perjalanan. Gak masalah meski wisatanya baru bisa dilakukan tahun depan, yang penting saya bisa wujudkan impian saya, terutama ke negara Thailand.

Tidak hanya wilayah kotanya yang terkenal sebagai pusat perdagangan dan juga perbelanjaan, Thailand juga memiliki banyak kawasan menarik lainnya untuk dikunjungi. Selain itu destinasi wisata kuliner selalu menjadi yang paling utama bagi saya. Penasaran sekali dengan kuliner ekstrem yang ada di Thailand.

Mau shoping berbagai kebutuhan saat traveling gak ribet lagi, karena ada Watsons One Pass. Jadi saya gak khawatir lagi karena handbody ketinggalan, shampoo atau vitamin yang biasa saya gunakan habis.

Buat kalian yang belum memiliki Watsons One Pass, bisa langsung beli di semua cabangnya seharga Rp 25.000,- atau bisa juga kalian dapatkan secara cuma-cuma kalau berbelanja sebesar Rp 250.000,- di Watsons.

Saat saya berbelanja menggunakan Watsons Member Card  ini memberikan pengalaman yang sangat mengesankan, selain belanja dapat banyak diskon saat belanja di offline store Watsons, kartu ini juga bisa saya gunakan untuk naik Transjakarta, KRL maupun bayar parkir loh  “Kemanapun kamu pergi jadi member pasti untung!”

Mau jalan-jalan ke luar negeri sekarang ga perlu khawatir, belanja dapat poin dan bonus meski ada di Thailand, China, Hong Kong, Macau, Taiwan, Singapore, dan Malaysia.

]]>
https://anisamamazam.com/wujudkan-impian-wisata-ke-thailand-bersama-watsons/feed/ 0
Pameran KriyaNusa 2019 – Promosi Kerajinan Tangan Indonesia dari Sabang Sampai Merauke https://anisamamazam.com/pameran-kriyanusa-2019-promosi-kerajinan-tangan-indonesia-dari-sabang-sampai-merauke/ https://anisamamazam.com/pameran-kriyanusa-2019-promosi-kerajinan-tangan-indonesia-dari-sabang-sampai-merauke/#respond Fri, 13 Sep 2019 23:01:47 +0000 http://anisamamazam.com/?p=8973 Selamat pagi, tidak ada kata terlambat buat sebarkan berita baik ya teman-teman. Mama Azzam mau sampaikan kalah tanggal 11 sampai 15 September 2019 ada acara keren Pameran KriyaNusa 2019 yang di Balai Kartini – Jakarta. Ke sana yuk hari ini, mumpung masih ada waktu sampai Minggu, tanggal 15 nanti.

KriyaNusa 2019
Pembukaan Pameran KriyaNusa 2019 (dok. Anazkia)

Kriya Nusa ini merupakan salah satu upaya pemerintah dan stakholder terkait untuk mengembangkan potensi kerajinan tangan dari seluruh wilayah Indonesia. Kalian dan seluruh dunia pasti tahu, kalau Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan daerahnya. Aneka budaya ini memiliki berbagai produk kerajinan dengan kualitas internasional, produk apa saja yang kalian punya hayo 🙂 .

Kalau kalian senang koleksi, atau bahkan belum punya satupun kerajinan tangan asli buatan dari salah satu daerah di Indonesia, wajib banget untuk datang ke acara pameran Kriya Nusa 2019. Berbagai jenis kain dari Sabang sampai Merauke, tas rajutan dari kain maupun serat alam semua ada.

Pameran KriyaNusa 2019
Pameran KriyaNusa 2019 (dok. DEKRANAS)

Pameran KriyaNusa kali ini bertema “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas & Kewirausahaan” dan mengusung ikon daerah Nusantara dari Sumatera Barat berupa motif Pucuk Rabuang.

Kategori Produk yang dipamerkan dalam KriyaNusa 2019 yaitu :
1. Tekstil
2. Keramik
3. Serat Alam
4. Batu-batuan
5. Logam
6. Kayu
7. Bahan baku alam
8. Bahan baku alam olahan
9. Lukisan

KriyaNusa juga menjadi ikon pameran kerajinan terbesar yang ditujukan sebagai wadah promosi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dekranas di seluruh Indonesia. Kalian mau cari kerajinan lokal seperti apa, bisa loh ditemukan di sini.

 

Sinergi Pemerintah dan Dekranasda dalam KriyaNusa 2019

Kegiatan pameran KriyaNusa 2019 ditangani langsung oleh Kemenkominfo dalam hal publikasi, karena Kemenkominfo ingin mendapat capaian yang baik, dan bersinergi dengan seluruh stakeholder yang terkait untuk kembangkan kerajinan tangan Indonesia agar dapat mendunia.

Sinergi Pemerintah dan Dekranas
Sinergi Pemerintah dan Dekranas dam pelaksanaan pameran KriyaNusa 2019.

Widodo Muktiyo, Direktur Jenderal Komunikasi Publik Kemkominfo RI mengatakan “Karya Seni Indonesia, termasuk di dalamnya kerajinan tangan lokal harus dipublikasikan agar seluruh dunia mengenal dan tertarik dengan produk Indonesia”.

Indonesia sudah dikenal sebagai produsen kerajinan berkualitas tinggi dan bermutu, juga berdaya saing tinggi loh. Banyak wisatawan mancanegara yang datang dan berkunjung ke Indonesia hanya untuk berburu kerajinan tangan asli, bukan buatan pabrikan. Tapi kalau anak bangsa ga ada yang tertarik, ga ada keinginan untuk melestarikan dan berinovasi, apa iya bisa terus bertumbuh?

Datang yuk ke Pameran KriyaNusa 2019
Temukan beragam kerajinan tangan lokal Indonesia di Pameran KriyaNusa 2019 (dok. Anazkia)

Buat kalian yang masih menyepelekan kerajinan tangan lokal atau hasil UMKM, tahu ga sih tercatat perkembangan ekspor produk kerajinan nasional menghasilkan 1.2 juta dollar AS bagi devisa Indonesia dengan 9.6 UMKM yang sudah masuk marketplace loh.

Dengan berkembangnya e-commerce atau penjualan secara on-line, diharapkan produk karya Indonesia terutama kerajinan UMKM dibeli secara masif di online. Juga membuka peluang bagi produsen lokal untuk menjual hasil produksi kerajinan tangan mereka langsung ke mancanegara.

 

DEKRANAS dan KriyaNusa 2019

Latar belakang diselenggarakan KriyaNusa 2019 oleh DEKRANAS, yaitu karena mereka sudah berkomitmen untuk melestarikan serta mengembangkan hasil produk kerajinan Indonesia. Produk kerajinan tangan Indonesia terkenal berkualitas tinggi, tapi sayang tidak banyak masyarakat Indonesia yang tertarik karena harganya yang dianggap terlalu mahal. Sedangkan untuk barang branded luar negeri yang harganya jutaan lebih diminati.

Dekranas juga selalus berupaya untuk menjaga keberadaan dan kontinuitas produksi produk kerajinan, melalui peningkatan ketrampilan pada generasi muda. Melakukan pembinaan produk melalui peningkatan kualitas, desain, produksi dan penggunaan teknologi baru agar dapat meningkatkan daya saing.

Pelaksanaan pameran KriyaNusa 2019 ini diharapkan dapat nenanamkan rasa cinta dan bangga masyarakat Indonesia terhadap penggunaan produk kriya Indonesia. Mempromosikan produk kerajinan terbaik dari seluruh daerah di Indonesia dalam rangka meningkatkan pangsa pasar hasil produk kerajinan daerah, melalui pameran baik dalam negeri maupun luar negeri.

Kerajinan tangan Indonesia selalu jadi daya tarik bagi industri pariwisata. Makanya kita sebagai generasi muda, harus terus menjaga dan mau lakukan regenerasi dalam menjaga keberadaan produksi produk kerajinan. Kalau bukan kita yang melestarikan budaya Indonesia, siapa lagi coba? Giliran di akui oleh negara tetangga langsung panik 🙂 .

KriyaNusa 2019 diikuti oleh Dekranasda seluruh Indonesia yg memfasilitasi perajin di wilayahnya masing2, sejumlah BUMN, dan Kementerian. Terdapat 246 stand yang terdiri dari:

37 stand Kementerian dan BUMN,

170 stand Dekranasda,

25 stand individu,

8 stand mitra, dan

6 stand asosiasi.

Tujuan utama dari pelaksanaan pameran ini adalah mempromosikan hasil kerajinan lokal dari seluruh Indonesia, dalam rangka meningkatkan target pasar produk kerajinan daerah. Juga sebagai tempat pembelajaran bagi para pengrajin daerah, dengan mengikuti pameran ini mereka dapat mengetahui trend perkembangan produk kerajinan daerah di Jakarta.

Diharapkan juga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat, terhadap perkembangan produk kerajinan yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia.

Yang paling utama adalah meningkatkan rasa cinta dan rasa memiliki, serta bangga kepada masyarakat terhadap penggunaan produk kerajinan Indonesia.

100% CINTA KRIYA INDONESIA

Cinta Kriya Indonesia
 
]]>
https://anisamamazam.com/pameran-kriyanusa-2019-promosi-kerajinan-tangan-indonesia-dari-sabang-sampai-merauke/feed/ 0
Tambora Run 5K – Jelajah Wisata dan Olahraga dalam Upaya Pemberdayaan Potensi Tambora https://anisamamazam.com/tambora-run-5k-jelajah-wisata-dan-olahraga-dalam-upaya-pemberdayaan-potensi-tambora/ https://anisamamazam.com/tambora-run-5k-jelajah-wisata-dan-olahraga-dalam-upaya-pemberdayaan-potensi-tambora/#comments Mon, 09 Sep 2019 14:31:42 +0000 http://anisamamazam.com/?p=8951 Selamat pagi, kalau sudah weekend paling asik kalau bisa melakukan olahraga bersama keluarga, iya ga sih Bunda. Olahraga yang paling murah dan mudah dilakukan adalah kegiatan lari, bener gak sih 🙂 .

Siapa nih yang tinggal di wilayah Tambora, atau sering main ke sini? Tahu ga sih kalau hari Minggu 8 September 2019 kemarin di sini, tepatnya di Trade Mall Season City Mall diadakan kegiatan “Tambora Run 5K 3.0” pesertanya banyak banget loh, mencapai 5.000 (lima ribu) orang peserta.

Tenyata kegiatan lari ini sudah ketiga kalinya dilakukan oleh Trade Mall Season City bekerjasama dengan Kecamatan Tambora menggelar Tambora Run 5K-3.0. Event lari tanpa biaya alias gratis ini sukses melibatkan ribuan pelajar dan umum.

Tambora Run – Ajang Memperkenalkan Destinasi Wisata di Jakarta Barat

Tambora Run adalah lomba lari sejauh 5 kilometer dengan jalur yang melewati beberapa tempat bersejarah di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Kegiatan lomba lari ini diselenggarakan gratis bagi warga sekitar, pelajar dan umum, bahkan ada beberapa komunitas lari yang ikut serta.

Tambora Run 5K 3.0
Tambora Run 5K 3.0 diikuti oleh hampir 5 ribu peserta dari warga Tambora dan komunitas lari.

Keren banget, ada peserta yang menempuh jarak 5K hanya dalam waktu 25 menit di Tambora Run 5K. Jangan khawatir, karena setiap 200 peserta pertama yang memasuki garis finis mendapat medali emas yang keren. Sampai kaget saya, saat mengetahui betapa bersemangatnya semua peserta dari lomba lari Tambora Run ini loh Bunda.

Medali emas di Tambora Run
200 pelari pertama dari setiap kategori mendapatkan medali keren ini.

Alhamdulillah jam 07.30 semua peserta lari sudah kumpul semua di Trade Mall Season City Mall dan ga cuma duduk leyeh-leyeh, banyak juga peserta yang langsung lanjut ikutan Zumba loh. Salut dengan stamina semua peserta yang ikut serta di acara ini.

Tambora Run juga dimeriahkan dengan adanya bazaar UMKM, tarian Betawi, Zumba, aneka games dan doorprize. Salah satu games yang menarik perhatian saya adalah lomba mengumpulkan sampah plastik.

Geliat UMKM di Tambora
Geliat UMKM di Tambora dalam bazaar di acara Tambora Run 2019.

“Acara Tambora Run diharapkan dapat menjadi ikon olahraga Jakarta Barat, menjadi ajang silaturahmi antara warga dan sekaligus menjadi rekreasi warga. Meski mendapat gelar wilayah terpadat di Jakarta, tetapi masyarakatnya tidak lupa untuk tetap berolahraga.” Hal ini diungkapkan oleh Bapak Rustam Effendi, Walikota Jakarta Barat.

Menyatukan energi positif warga Kecamatan Tambora untuk lebih produktif dan menjadikan kampanye promosi wisata spot menarik dan bersejarah. Hayoo kalian tahu ga kalau ternyata di Tambora banyak loh tempat bersejarah.

Jalur lomba lari Tambora Run melewati Masjid An Nawir, Langgar Tinggi (yang merupakan beberapa destinasi wisata di Tambora). Kegiatan lari ini terbanyak se-Kecamatan Tambora, dan sudah 3x di selenggarakan dengan peserta yang terus bertambah setiap tahunnya.

Tahun 2019 Tambora 5K diikuti hampir 5.000 peserta menempuh rute melewati beberapa situs sejarah di kawasan Tambora, antara lain Masjid Langgar Tinggi di Pekojan. Masjid Langgar Tinggi yang merupakan bangunan cagar budaya, sudah dibangun pada 1829M (hampir 2 abad yang lalu), serta Kelenteng Tua.

Suksesnya Tambora Run 2019
Suksesnya Tambora Run 2019 berkat kerjasama dengan berbagai pihak.

Bapak Mualim, Direktur Utama Seasons City mengungkap kalau tahun pertama (2017) ada 2.000 peserta yang ikut serta, tahun kedua (2018) ada 2.500 peserta dan tahun ketiga ditargetkan 3.500 peserta, namun yang berpartisipasi hampir 5.000 peserta dengan 2500 pesertanya adalah pelajar di sekitar Tambora.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan Tambora Run 2019 adalah:
1. Memasyarakatkan olahraga
2. Meskipun hanya level kecamatan, tapi diharapkan dapat menjadi acara tahunan
3. Memperkenalkan destinasi wisata dan situs bersejarah di Tambora

Tambora adalah wilayah yang penuh dengan situs sejarah, diharapkan dapat dikenal oleh masyarakat luas atau bahkan sampai tarag internasional.

Langgar Tinggi (tempat ibadah) tertua – tempat bertemunya para pedagang dari seluruh pendatang masjid Al Nasum, Masjid Al Nawir bentuk nya seperti rumah biasa, tapi kalau kita masuk ke dalamnya akan tampak nuansa masjig yang megah, Masjid Angke, Masjid Tambora, Masjid Jami Tambora, Jembatan Kambing (jembatan bersejarah) ada juga beberapa klenteng yang ada di sekitar Tambora.

Seperti yang semua orang tahu, kalau kawasan Tambora adalah wilayah terpadat penduduknya di Jakarta, sehingga kegiatan Tambora Run menjadi satu strategi dan usaha dalam mengembangkan potensi masyarakat.

Juara Tambora Run
Inilah para juara  Tambora Run Kategori Pelajar

Eh iya, ada informasi juga nih Bunda, kalau tanggal 29 September 2019 nanti akan ada launching destinasi wisata Tambora. Kita tunggu dan jangan lupa hadiri juga ya, pasti ga akan kalah meriahnya.

]]>
https://anisamamazam.com/tambora-run-5k-jelajah-wisata-dan-olahraga-dalam-upaya-pemberdayaan-potensi-tambora/feed/ 1
PRAJA 2019 – Upaya MIS Group Dukung Pertumbuhan Koperasi Digital https://anisamamazam.com/praja-2019-upaya-mis-group-dukung-pertumbuhan-koperasi-digital/ https://anisamamazam.com/praja-2019-upaya-mis-group-dukung-pertumbuhan-koperasi-digital/#respond Tue, 03 Sep 2019 05:17:02 +0000 http://anisamamazam.com/?p=8943 Selamat pagi, masih penasaran ga sih dengan perkembangan koperasi Indonesia di tahun ini teman-teman? Mama Azzam beberapa kali nih bahas mengenai koperasi dan bagaimana pemeritah dalam meningkatkan kinerja juga kualitas dari koperasi zaman now, agar masyarakat (terutama) generasi mudanya mau ikut mengembangkan koperasi.

Praja 2019
Praja 2019

Dalam lima tahun terakhir ini, koperasi Indonesia sudah menunjukkan peningkatan kualitas yang luar biasa loh, hal ini berkat kerja sama dari berbagai pihak. Reformasi total koperasi telah berhasil meningkatkan PDB Koperasi terhadap PDB Nasional.

Apabila di tahun 2014 PDB Koperasi hanya sekitar 1,71% namun pada tahun 2018 sudah meningkat menjadi 5,1%. Kemudian juga kita dapat melihat berkembang koperasi-koperasi besar yang memiliki usaha dan mutu layanan yang lebih baik, dan mendapatkan apresiasi dari organisasi dunia. Sehingga menjadi inspirasi bagi kita semua bahwa koperasi bisa hidup di dalam perekonomian modern yang sarat teknologi.

Saat ini, isu revolusi industri 4.0 menuntut setiap badan usaha untuk mampu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Revolusi terjadi dengan fokus pada Internet of Things (IoT) dan Artificial Intellegence (AI). Oleh karena itu, diperlukan gebrakan tepat untuk mendorong kalangan milenial untuk ikut serta dalam memberikan terobosan baru, di dunia koperasi dan bisnis model yang memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha ke depannya.

“Kami percaya bahwa koperasi akan selalu menjadi pilar ekonomi bangsa Indonesia. Bahkan, saat ini terasa sangat relevan dengan esensi bisnis zaman now, yaitu Ekonomi Kolaborasi. Oleh karena itu, menjadi sangat strategis untuk bisa memahami dan menempatkan koperasi dalam konteks tantangan kekinian dengan melakukan transformasi organisasi,” ujar Chairman Multi Inti Sarana (MIS) Group Tedy Agustiansjah pada acara Peluncuran PRAJA 2019 di JW Marriott, Rabu (28/8).

Diakui oleh Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI Prof. Dr. Rully Indrawan, bahwa koperasi Indonesia saat ini, tengah berada dalam fase menghadapi tantangan untuk melakukan reposisi. Fase ini menjadi sangat penting sebagai persiapan berikutnya dalam menghadapi tantangan reinkarnasi eksistensi organisasi koperasi.

“Koperasi tidak lagi hanya bercirikan berbentuk badan hukum koperasi, namun harus dikembangkan dalam spirit kolaborasi yang menjadi pondasi perubahan model bisnis yang sedang terjadi saat ini: Ekonomi Kolaborasi. Memanfaatkan teknologi digital adalah model bisnis kekinian yang banyak dilakukan oleh kalangan milenial,” jelas Prof. Rully yang juga Ketua Dewan Juri PRAJA 2019.

Chief Information Officer MIS & CEO Multi Inti Digital Bisnis (MDB) Subhan Novianda menegaskan, arahan dari Presiden Joko Widodo yang mendorong kegiatan perekonomian berbasis teknologi (digital economic) harus dijawab dengan mengubah paradigma bisnis jika koperasi masih ingin bertahan dan eksis di era digital.

Persaingan bisnis saat ini bagaimanapun  juga telah bergeser menjadi kemitraan bisnis, di mana peluang bisnis dapat digarap atau dijalankan melalui kemitraan yang lebih mengedepankan value chain.

“Koperasi di era industri 4.0 diharapkan memiliki website, atau aplikasi yang memudahkan anggota dan pengurusnya saling berhubungan. Pelayanan kepada anggotanya dapat dilakukan secara online. Pembelian barang, peminjaman, cek SHU, dan sebagainya saatnya dipermudah dengan layanan online,” sebut Subroto, anggota Dewan Juri PRAJA 2019.

Selaras dengan Subroto, Subhan mengatakan bahwa MDB mengembangkan aplikasi finansial bagi koperasi secara online bernama coopRASI. Melalui aplikasi ini anggota dapat melihat simpanan, pinjaman, hingga Sisa Hasil Usaha (SHU) melalui smartphone. Diharapkan dengan aplikasi ini operasional koperasi dapat dilakukan secara digital dan praktis.

Kompetisi PRAJA 2019
Kompetisi PRAJA 2019 yang diinisiasi oleh Multi Inti Sarana Group (MIS Group) sudah dimulai.

Berbagai kisah sukses koperasi dan kewirausahaan telah bermunculan dari berbagai penjuru Tanah Air. Lebih dari 400 karya jurnalistik pernah terkumpul dari puluhan media massa di Indonesia melalui ajang kompetisi PRAJA 2018 yang diinisiasi oleh Multi Inti Sarana Group (MIS Group), sebuah kelompok usaha yang juga memiliki komitmen mendorong tumbuhnya koperasi digital di Indonesia.

Kini kompetisi PRAJA 2019 hadir kembali untuk menjadi jendela informasi dan inspirasi gerakan perkoperasian di Indonesia dalam merespons proses transformasi ekonomi di Indonesia; yang ditandai oleh ketersediaan infrastruktur yang baik serta semangat transparansi pemerintahan yang semakin kuat dalam mentransformasi etos kerja bangsa Indonesia melalui revolusi mental agar kualitas dan kemampuan anak bangsa bisa sejajar bahkan lebih dari negara lain.

“PRAJA 2019 menyuguhkan sisi bisnis positif koperasi yang selama ini luput dari pengamatan masyarakat. Bagi generasi milenial, koperasi bisa menjadi alternatif terhadap penumbuhan iklim bisnis yang baru karena basisnya sudah lebih dulu tumbuh di tengah mereka, yaitu kekuatan komunitas,” jelas Irsyad Muchtar, Pakar Koperasi yang juga anggota Dewan Juri PRAJA 2019.

Pada ajang kompetisi PRAJA 2019 terdapat lima kategori yang dikompetisikan, yaitu Karya Tulis Jurnalistik, Karya Foto Jurnalistik, Karya Video Kreatif, Karya Tulis Blog, dan Ide Bisnis Koperasi. Semua karya yang diikutsertakan harus sudah dipublikasikan di media massa dan/atau media sosial peserta selama periode 1 November 2018 hingga 20 Oktober 2019.

Pendaftaran dan pengiriman karya dimulai sejak 28 Agustus sampai dengan 22 Oktober 2019 melalui microsite praja2019.multiintisarana.com  Total hadiah mencapai 204 juta rupiah.

Pemenang kompetisi PRAJA 2019 akan diumumkan melalui akun media sosial PRAJA 2019, yaitu Instagram @praja.misgroup, Twitter @prajamisgroup, dan Facebook PRAJA MIS GROUP, serta website multiintisarana.com.

Ikutan yuk dalam kompetisi ini, selain kita bisa berikan masukan mengenai koperasi Indonesia, siapa tahu kita beruntung dan dapat hadiahnya loh

]]>
https://anisamamazam.com/praja-2019-upaya-mis-group-dukung-pertumbuhan-koperasi-digital/feed/ 0
Bunda Tanggap Alergi, Berikan Susu SGM Eksplor Advance+ Soya Bagi Buah Hati Yang Alergi Terhadap Protein Susu Sapi https://anisamamazam.com/sgm-eksplor-advance-soya-nutrisi-anak-alergi-susu-sapi/ https://anisamamazam.com/sgm-eksplor-advance-soya-nutrisi-anak-alergi-susu-sapi/#comments Sun, 01 Sep 2019 07:35:01 +0000 http://anisamamazam.com/?p=8916 Senangnya saat punya anggota baru di keluarga besar, perkenalkan dedek emesh yang cantik ini adalah Yara, baru berusia 9 bulan. Alhamdulillah masih ASI eksklusif sampai sekarang, sayangnya Yara sudah menunjukkan alergi terhadap berbagai wewangian di bedak, pelembut pakaian, maupun handbody bayi. Adik ipar saya khawatir, apa nantinya Yara juga akan alergi pada susu sapi setelah membaca Tanggap Alergi dengan 3K yang pernah saya tulis sebelumnya.

Tanggap Alergi
Baby Yara yang sudah terdeteksi alergi pada wewangian, apa akan alergi terhadap susu sapi juga nantinya ya?

Kalau menurut saya, kondisi yang dialami oleh baby Yara adalah akibat dari kulitnya yang masih sensitif terhadap bahan kimia yang ada di pelembut pakaian, deterjen, bedak, maupun handbody. Meski yang di gunakan adalah produk khusus untuk bayi, tapi kondisi kulit bayi yang masih sensitif bisa menyebabkan kulit menjadi memerah.

Masih banyak orang tua, terutama Bunda di Indonesia yang belum mengetahui fakta mengenai alergi, sehingga banyak dari mereka akan langsung berkesimpulan si Kecil Alergi saat kulit anak tiba-tiba memerah, bersin, tersedak, batuk atau diare. Tiba-tiba Bunda melarang anak untuk makan ini atau itu, selalu wajibkan anak memakai masker, melarang anak untuk main diluar untuk menghindari terkena alergi.

Tahukah Bunda, semua tindakan pencegahan yang kita lakukan malah akan mengekang anak, mengurangi kesempatan mereka untuk tumbuh kembang dengan baik. Sebelum bertindak gegabah, yuk Bunda mulai Kenali, Konsultasikan dan Kendalikan Alergi pada anak, agar penanganan yang dilakukan tepat dan tidak mengganggu tumbuh kembang anak.

Maka perlu banget nih bagi kita untuk lebih memperhatikan gejala alergi, ataupun faktor alergi yang dapat meningkatkan risiko alergi pada anak kita. Juga solusi nutrisi terbaik, apabila anak kita ternyata alergi terhadap protein susu sapi.

Peluncuran SGM Eksplor Advance+ Soya Kemasan Baru

Dari sekian banyak alergi, Mama Azzam hanya bahas mengenai alergi terhadap protein susu sapi ya, karena masih banyak  Bunda yang belum mengetahui solusi nutrisi yang tepat untuk si Kecil yang tidak cocok minum susu sapi. Selain itu, meski sudah banyak Bunda yang paham mengenai gejala dan pemicu si Kecil tidak cocok minum susu sapi, tapi belum yakin akan keunggulan dari formula soya sebagai solusi nutrisi untuk si Kecil yang tidak cocok minum susu sapi.

Nutrisi untuk anak alergi terhadap protein susu sapi
Bersama Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K) Konsultan Tumbuh Kembang Anak, cari tahu nutrisi untuk anak dengan alergi terhadap protein susu sapi.

Berkesempatan hadir di peluncuran SGM Eksplor Advance+ Soya, saya juga mendapat banyak informasi dari Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K), Konsultan Tumbuh Kembang Anak mengenai pemenuhan nutrisi bagi anak-anak dengan faktor risiko tidak toleran terhadap protein susu sapi.

Dalam masa pertumbuhan, anak-anak belum mampu mencerna makanan dengan baik, terkadang kita perlu berikan pelengkap berupa susu pertumbuhan. Namun di beberapa kasus, ada anak-anak yang tidak toleran terhadap protein susu sapi, sehingga perlu adanya alternatif nutrisi agar kebutuhan makronutrien, termasuk protein dan mikronutrien tetap terpenuhi.

Prof. Rini mengatakan “Salah satu alternatif pemberian nutrisi bagi anak yang tidak cocok protein susu sapi adalah formula dengan isolat protein kedelai atau soya yang telah difortifikasi. Formula berbasis isolat protein soya merupakan alternatif yang aman dan efektif bagi anak yang kebutuhan nutrisinya tidak bisa terpenuhi dari susu pertumbuhan berbahan dasar susu sapi”.

Hadir juga Meutia Athaya, Brand Manager SGM Eksplor Advance+ Soya dan Natasha Rizky, Aktris & Seorang Ibu dengan anak yang alergi terhadap susu sapi, pada acara launching SGM Eksplor Advance+ Soya kemasan baru.

Jadi Ibu Tanggap Alergi
Jadi ibu tanggap alergi bersama Meutia Athaya dan Natasha Rizky di Launching SGM Eksplor Advance+ Soya.

Berbicara soal alergi pada anak, selebriti sekaligus ibu dari tiga anak, Natasha Rizky juga memiliki pengalaman serupa. Anak keduanya, Miskha Arrawfa Najma, ternyata mengalami alergi pada susu sapi. Saat anak menunjukkan gejala alergi, apalagi untuk yang pertama kali, pasti kita sebagai Bunda akan panik bukan main. Begitu pula yang dirasakan oleh Natasha Rizky.

Bersyukur, Natasha Rizky diperkenalkan dengan Susu SGM Soya, sehingga tumbuh kembang Miskha dapat normal seperti saudaranya yang lain, meski mengalami alergi terhadap protein susu sapi. Peran orang tua sangat penting ya Bunda, dalam memperhatikan solusi nutrisi bagi si Kecil yang tidak cocok dengan protein susu sapi agar tetap dapat bertumbuh dan juga berkembang dengan baik.

Peluncuran SGM Eksplor Advance+Soya
Peluncuran SGM Eksplor Advance+Soya

Meutia Athaya, Brand Manager SGM Eksplor Advance+ Soya menjelaskan kalau Launching kali ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat apa saja keunggulan formula soya dalam susu SGM Eksplor Advance+ Soya dilengkapi dengan 5 Kebaikan Complinutri Soy+ dan kemasan barunya. Soya dukung generasi maju Indonesia yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi.

Cari tahu yuk Bunda, apa saja sih 5 kebaikan Complinutri Soy+ yang terkandung di dalamnya?
1. Mengandung 100% Isolat Protein Soya berkualitas.
2. Mengandung minyak ikan, omega 3 dan 6.
3. Sumber Serat.
4. Bebas Laktosa, aman bagi si Kecil yang alergi terhadap protein susu sapi.
5. Sumber serat serta 13 Vitamin dan 7 Mineral.

Intinya nih Bunda, keunggulan SGM Eksplor Advance+ Soya adalah nutrisi yang telah difortifikasi dengan Omega 3 & 6, Minyak Ikan, Vitamin dan Mineral yang dapat mendukung tumbuh kembang optimal si kecil yang tidak cocok minum susu sapi, dengan minum Susu SGM Eksplor Advance+ Soya si kecil siap raih 5 potensi Prestasi untuk menjadi anak Generasi maju.

5 kebaikan Soya
5 Kebaikan Soya dalam SGM Eksplor Advance+ Soya.

Kenali, Konsultasikan dan Kendalikan Alergi Anak

Setelah selesai launching, saya mendapat ilmu lebih mengenai alergi anak, dan juga bagaimana menyampaikan informasi dengan baik melalui media sosial dan optimasi Instagram. Senangnya menjadi bagian dari Mombassador SGM Eksplor 🙂 .

Bersama Prof. DR. dr. Budi Setiabudiawan., SpA(k), M.Kes Konsultan Alergi dan Imunulogi Anak kita cari tau bagaimana untuk deteksi dini gejala alergi, untuk membantu orang tua memelihara kesehatan anak secara lebih optimal. Bunda tidak perlu khawatir, alergi dapat ditangani apabila orang tua melakukan tiga langkah, yaitu Kenali, Konsultasikan, dan Kendalikan. Tiga langkah yang disebut sebagai 3K ini merupakan kunci awal untuk menangani gejala alergi

Kenali gejala alergi pada anak
Kenali gejala alergi pada anak bersama Prof. DR. dr. Budi Setiabudiawan, SpA(k), M.Kes

Mendeteksi gejala alergi, sekaligus mengetahui faktor-faktor pemicu alergi sedini mungkin, sangat penting untuk mengendalikan alergi. Kapan sih anak dapat dinyatakan mengalami alergi? Perhatikan hal berikut ini ya Bunda :

1. Muncul alergi pada Saluran Pernapasan, ditandai dengan hidung berair, bersin-bersin dan mengalami batuk kronis non infeksi.

2. Kulit anak mengalami kemerahan, disertai dengan reaksi gelisah. Terjadi dermatitis atopik, Urtikaria (biduran atau kaligata) dan mengalami Angioderma atau bengkak di kelopak mata atau bibir.

3. Alergi pada Saluran Pencernaan ditandai dengan diare, konstipasi, kolik, sulit menelan, anak jadi sering meludah, muntah, bahkan dapat gagal tumbuh.

Pada poin ke tiga di jelaskan, kalau anak alergi, bisa menyebabkan anak gagal tumbuh kalau kita sebagai orang tua tidak mampu berikan nutrisi yang tepat bagi mereka. Jadi penting sekali bagi orang tua untuk lakukan konsultasi ke dokter untuk cek alergi anak.

Alergi ini memang jadi masalah beberapa orang tua, bahkan bisa membuat orang tua dan anak stres juga lho. Menurut Prof. Budi, sebisa mungkin kita harus hindari pemicu alergi agar anak tumbuh sehat seperti anak lainnya.

Anak dengan alergi protein susu sapi tetap berkesempatan memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang sama dengan anak lainnya. Soya dukung generasi maju dengan kandungan protein nabati setara dengan protein susu sapi.

Menurut Prof. DR. dr. Budi Setiabudiawan, SpA(k) membahas mengenai tumbuh kembang optimal dengan nutrisi yang tepat untuk anak dengan alergi susu. Sebab di Indonesia ada sekitar 7,5% anak yang mengidap alergi susu sapi. Dan apa saja sih faktor yg dapat meningkatkan alergi? Yaitu apabila ada riwayat alergi dalam keluarga, kelahiran Caesar,  asap rokok dan juga polusi udara.

Di sini disimpulkan bahwa jika si kecil alergi susu sapi bisa diganti dengan formula Soya yang aman dan tidak mengganggu tumbuh kembang anak. Saya kembali belajar untuk menjadi Bunda Tanggap Alergi dengan 3K (Kenali, Konsultasikan, Kendalikan). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran semua lapisan masyarakat, terutama para Bunda yang mempunyai permasalahan tersebut. Ingat ya bunda meski memiliki alergi, anak bisa tetap ceria dan tumbuh dengan optimal karena Bunda Tanggap Alergi dengan 3K.

Maka dari itu, dengan hadirnya SGM Eksplor Advance+ Soya ini, diharapkan mampu menjadi solusi bagi Bunda yang ingin memenuhi dan melengkapi gizi si kecil yang alergi terhadap protein sapi.

SGM sendiri juga membantu menyediakan edukasi dan informasi yang terkait dengan anak yang alergi terhadap protein susu sapi melalui kampanye digital #BundaTanggapAlergi dengan 3K

Yuk Bunda, tetap penuhi kebutuhan nutrisi si kecil dengan SGM Eksplor Advance+ Soya dengan 5 Kebaikan ComplinutriSoy+ untuk mendukung si kecil jadi Generasi Maju.

Tingkatkan Engagement Instragram Yuk

Sebagai Mombassador SGM Eksplor, kita akan sering membagi informasi mengenai gizi, parenting dan berbagai hal positif lainnya melalui media sosial, terlebih di Instagram ya Bunda. Tapi kita pernah ga sih bertanya-tanya, apa informasi yang kita bagikan sudah menarik dan dibaca oleh followers?

Kepingin gak sih kalau sosial media kita memiliki values yang bagus, followers naik terus dan dapat engagement baik? Belajar dengan ahlinya yuk, bersama Nucha Bachri Founder Parentalk.

Bikin Instagram lebih menarik
Bikin Instagram lebih menarik bersama Nucha Bachri di peluncuran SGM Eksplor Advance+ Soya

Lihat teman-teman yang punya followers sampai puluhan ribu, selalu bikin saya baper dan ngiler, tapi kalian tahu ga sih apa saja kelebihan mereka sehingga memiliki banyak pengikut setia? Belajar dari ahlinya biar bisa jadi Bunda yang bermanfaat bagi keluarga, sahabat dan masyarakat luas yuk.

Nucha Bachri berikan tips agar Instagram kita banyak disukai dan mendapatkan banyak followers :
1. Suguhkan foto yang Kece, gak blur dan informatif
2. Caption kita ada 3 paragraf, berisi pengalaman, permasalahan yang dihadapi, dan berikan pertanyaan kepada followers untuk dapat like dan komentar, sehingga engagementnya bagus
3. Gunakan hastag yang related dengan caption dan foto.
4. Manfaatkan fitur yang ada di Instagram, agar postingan kita lebih bagus dan menarik.
5. Pakai aplikasi edit foto, kalau kita ga terlalu ahli dalam mengambil foto.
6. Posting di prime time yaaa, biar banyak yang lihat postingan kita.

Yuk di praktekkan Bunda, siapa tahu tambah followersnya. Jangan lupa bagikan informasi yang valid dan benar, ga perlu deh ikut-ikutan share berita hoax.

SGM Eksplor Advance+ Soya
SGM Eksplor Advance+ Soya

Salam hangat buat si Kecil di rumah ya Bunda, dan pastikan kalau ada tanda-tanda anak mengalami alergi, lakukan 3K (Kenali, Konsultasikan dan Kendalikan) agar anak tetap dapatdtumbuh kembang dengan baik meski mereka mengalami alergi. Berikan juga SGM Eksplor Advance+ Soya.

]]>
https://anisamamazam.com/sgm-eksplor-advance-soya-nutrisi-anak-alergi-susu-sapi/feed/ 13
Unleash Your Fun – Toyota New Yaris Mobil Trendy dan Tangguh https://anisamamazam.com/unleash-your-fun-toyota-new-yaris-mobil-trendy-dan-tangguh/ https://anisamamazam.com/unleash-your-fun-toyota-new-yaris-mobil-trendy-dan-tangguh/#respond Fri, 30 Aug 2019 01:43:14 +0000 http://anisamamazam.com/?p=8893 Mobil yang ringan, sporty dan trendy, ini adalah bayangan saya mengenai mobil Toyota Yaris, kece buat dibawa ibu-ibu dan gak kalah keren saat dibawa anak muda. Ada gak sih kepikiran, kalau mobil seperti ini bisa dibawa kebut-kebutan di jalur balap dan bahkan menjadi juara loh.

Hadir dalam bincang santai dengan Demas Agil, pembalap muda Indonesia yang menggunakan Toyota New Yaris sebagai kendaraan balapnya di VIVA TALKLIVE “Unleash Your Fun”, Minggu 25 Agustus 2019 kemarin di Cerita Rasa, membuat saya tambah tertarik dengan mobil Toyota New Yaris.

Unleash Your Fun
Unleash Your Fun bersama Demas Agil, pembalap Team Toyota Indonesia

Menurut Demas, mobil Toyota Yaris itu awet, bandel, irit bahan bakar dan asik dibawa balapan 😆. Dengar kata balapan yang ada deg-degan, masa iya mobil seringan Yaris bisa dibawa ngebut, apa gak bahaya ya?

Senang sekali, di acara ini saya bisa lihat secara langsung daleman dari mobil balap yang dimodifikasi milik Demas Agil. Awalnya saya pikir kalau mobil keren ini belum selesai di modifikasi, karena cuma ada satu kursi dan banyak palang atau besi di dalam mobilnya. Maklum masyarakat awam, yang hanya lihat balapan dari jauh dan gak pernah kebayang mobil balap bisa sekeren ini.

“Toyota New Yaris sangat cocok sekali buat anak muda atau masyarakat yang memiliki jiwa muda. Sangat irit bahan bakar, tetapi performa tetap mumpuni,” kata Demas.

Demas Agil Ramadani, merupakan salah satu pebalap andalan Toyota Team Indonesia (TTI). Pada balapan seri perdana ajang Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) kelas Indonesia Touring Car Championship (ITCC) 1.600 Max, Demas Agil berhasil menjadi juara pertama.

Viva Talklive
Viva Talklive bersama Toyota Yaris dan Demas Agil.

Dimas Aska, perwakilan Toyota Astra Motor juga menjelaskan banyak keunggulan lainnya dari mobil Toyota New Yaris yang memiliki tagline “Powered by Excitement” ini, yaitu :
1. Tampilan eksterior dan interior mobil yang modis dan keren.
2. Toyota New Yaris juga dilengkapi dengan fitur safety, yaitu 7 kantung udara.
3. Pada Toyota New Yaris terdapat entertainment system yang tak kalah canggih. Entertainment System sendiri terdiri dari HD Display, DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, Bluetooth (audio dan phone).
4. Ada Fitur Paddle Shit pada Yaris TRD Sportivo.
5. Yaris mengusung mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc DOHC Dual VVT-i. Mesin ini sanggup hasilkan tenaga 107 dk dan torsi 14,3 kgm atau setara 140 Nm.

Toyota New Yaris
Toyota New Yaris yang jadi tunggangan Demas Agil dalam Team Toyota Indonesia.

Mobil Toyota Yaris ini sebenarnya selera perempuan banget loh, karena memiliki keindahan body, teknologi modern yang mudah di operasikan dan serba irit. Sesuai dengan kebutuhan perempuan, makanya saya kaget saat tahu mobil ini dipakai buat ngebut dan balapan, biasa jadi juara lagi.

Keamanan pengendara Toyota Yaris dilengkapi dengan adanya 7 buah kantung udara tersemat, letaknya ada di dua tempat, yaitu di bagian pengemudi dan penumpang depan, ditambah airbag lutut untuk bagian pengemudi.

Toyota Yaris bisa dibawa balapan
Toyota Yaris, mobil gaya yang bisa dibawa balapan.

Saya lumayan takjub saat tahu mobil gaya yang biasa digunakan untuk jalan-jalan keluarga, ternyata tangguh untuk dipakai balapan. Tapi ingat ya, jangan dipakai untuk ngebut di jalan raya, apalagi jalanan sekitar komplek, khusus di jalur balap saja.

Ada juga fitur Hill Start Assist (HSA) pada Toyota Yaris, yang berguna saat mobil berada di tanjakan curam. Jadi, saat berhenti dan hendak melaju kembali, posisi mobil tidak akan merosot turun, karena ditahan oleh fitur yang satu ini.

Harga dari mobil Toyota Yaris ini ada di kisaran harga Rp 238 Juta-an dengan warna yang modis dan selalu jadi incaran kaula muda, seperti warna silver metalic, white, red mica metalic, attitude black mika, grey metalic, orange metalic, citrus mica. Kalau kalian suka mobil Toyota Yaris warna apa nih 🙂 .

#unleashyourfun
#vivacoidxtoyota

]]>
https://anisamamazam.com/unleash-your-fun-toyota-new-yaris-mobil-trendy-dan-tangguh/feed/ 0
Ajarkan Anak Lebih Dekat dengan Islam Melalui Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019 https://anisamamazam.com/indonesia-muslim-lifestyle-festival-2019/ https://anisamamazam.com/indonesia-muslim-lifestyle-festival-2019/#comments Mon, 26 Aug 2019 13:55:20 +0000 http://anisamamazam.com/?p=8870 Selamat pagi teman-teman, sudahkah kita menjalani hidup secara halal dan sesuai syariah Islam? Aduh Mama Azzam, kalau bicara mengenai syariah Islam masih belum sebaik teman-teman, jadi agak canggung kalau membahas secara mendalam 🙂 , tapi kalian tahu ga sih kalau tanggal 30 Agustus sampai 1 September 2019 ada event keren bagi kita umat muslim di Indonesia bertajuk Indonesia Muslim Lifestyle Festival?

Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019
Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019 di Jakarta Convention Center (JCC)

Buat saya yang ilmunya belum cukup baik, kegiatan seperti ini akan sangat membantu dan memberikan banyak manfaat, terutama informasi mengenai agama, peluang bisnis, lifestyle, hingga mendidik anak secara Islami. Indonesia Muslim Lifestyle Festival yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) ini merupakan festival kuliner halal pertama di Indonesia loh.

Soal kulinernya, Indonesia memang paling terkenal dengan keberagaman dan kelezatannya, ini bisa menjadi peluang Indonesia menjadi negara dengan industry syariah terkuat di dunia. Nah, kalau peluangnya besar, kita juga punya banyak kesempatan untuk menjadi bagian dari pelaku usaha produk halal, iya ga sih?

Halal Lifestyle Masyarakat Indonesia

Halal lifestyle atau yang dikenal dengan gaya hidup halal, saat ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya sekedar makanan, fashion dan pariwisata, tetapi juga menjadi keseharian kita dalam menjalani hidup.

Sedangkan di dunia bisnis, produk dan fasilitas halal kini tumbuh menjadi komoditas yang diminati. Jadi, tidak heran ya kalau pasar halal menjadi incaran dunia internasional.

Segala sesuatu yang berkaitan dengan Halal, saat ini tidak lagi hanya sebatas ajaran agama saja. Karena dengan kita dimasukannya nilai-nilai Islam ke dalam praktik bisnis, halal  telah menjadi tren dunia sekaligus gaya hidup masyarakat (halal lifestyle). Hal itu ditandai dengan meningkatnya perkembangan ekonomi syariah dan industri halal dunia dari waktu ke waktu.

Negara Indonesia dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam, sudah tentu membutuhkan beragam produk dan layanan serta fasilitas halal yang menjadi gaya hidup masyarakat. Tapi, belum semua orang paham dengan baik dan benar bagaimana menjalani halal lifestyle ini, termasuk saya.

Halal lifestyle
Terapkan halal lifestyle di dalam keluarga

Mau mengajarkan anak mengenai halal lifestyle dengan baik dan benar, sudah tentu harus dengan tauladan yang tepat. Kalau kita saja sebagai orang tua belum memahami dan melakukannya dengan benar, apa iya anak-anak kita akan dapat mencernanya dengan baik 🙂

Kalau saya pribadi, memulai gaya hidup halal dari mencari nafkah secara halal, mencari makanan yang halal, sehat dan bergizi, selalu cari tahu produk yang kita beli halal atau tidak dari label yang ada. Kalau kalian, apa saja sih yang dilakukan untuk terapkan halal lifestyle? 

Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019

Weekend nanti, tepatnya tanggal 30 – 31 Agustus dan 1 September 2019 akan diadakan Indonesia Muslim Festival di JCC Senayan loh, bisa jadi pilihan untuk habiskan waktu bersama keluarga di sini sambil wisata kuliner dan mengikuti banyak kegiatan.

Dengan tiket masuk sebesar Rp 25,000,- kita bisa menikmati berbagai diskusi bisnis, kajian, dan mengikuti berbagai lomba. Psst, info penting nih, kalau khusus di hari Jumat, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk (gratis). Pameran akan berlangsung mulai pukul 09:00 wib sampai 21:00 wib. Jangan sampai ga datang dan menyesal nantinya ya 🙂 .

Indonesia Muslim Lifestyle Festival di JCC
Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019 di JCC

Pada Indonesia Muslim Festival 2019, bukan hanya akan dipamerkan produk-produk halal, tetapi juga akan ada berbagai workshop bisnis, kajian muamallah kontemporer, dan kajian ibadah, job fair, olimpiade produk halal, pusat jajanan halal dan sebagainya. Jadi,  tidak perlu khawatir akan bosan kalau datang ke sini. Rencananya sih hari Jum’at, pembukaan nanti saya akan datang, mumpung gratis.

Berdasarkan Data Global Islamic Economy Report, nilai aset keuangan syariah global pada 2016 mencapai USD 2,2 triliun, tumbuh 10% dari 2015 yang sebesar USD 2 triliun dan diperkirakan akan bertambah menjadi USD 3,8 triliun pada 2022. Tren halal juga semakin berkembang setelah negara-negara dari OIC (Organisation of Islamic Cooperation) memfokuskan diri dalam pengembangan pasar produk halal seperti kosmetik, makanan, pakaian, pendidikan, pariwisata dan bahkan properti.

Sebagai negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia, Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang besar terhadap perkembangan industri halal dan syariah. Namun sayangnya, potensi tersebut belum diimbangi dengan prestasi yang baik di tingkat global.

Berdasarkan data dari Global Islamic Economy Report 2016/2017 dan 2017/2018, Indonesia menempati peringkat 10 dari 15 negara dalam bidang ekonomi syariah. Selain itu, perkembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia juga tertinggal dari negara mayoritas nonmuslim seperti Thailand dan Australia.

Halal industri
KPMI mendukung kesuksesan acara Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019.

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap industri halal dan membangun kesadaran menjalahkan gaya hidup halal, LIMA Event berkolaborasi dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI),  Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Indonesia (PULDAPII) dan Yayasan Alumni Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran (YAPIAT) menyelenggarakan pameran industri dan gaya hidup halal terbesar dan terlengkap di Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest) 2019 di Jakarta Convention Centre. Dengan tujuan mengembangkan industri halal menjadi besar, sekarang saatnya halal menjadi gaya hidup dan hijrahnya umat Islam.

Pameran ini akan menampilkan produk-produk halal dari 8 sektor yaitu sekolah berbasis islam, modest fashion, halal food,  halal travel, sharia property, halal cosmetic, halal media dan start up berbasis syariah. Acara ini sekaligus juga sebagai wahana edukasi dan sosialisasi umat Islam mengenali kembali esensi konsep halal yang sepenuhnya dapat diaplikasikan dalam segala sendi kehidupan. Karena faktanya ekonomi halal telah diakui dunia dapat menggerakan perekonomian secara signifikan.

Indonesia Muslim Lifestyle Festival menjadi  salah satu bentuk kontribusi pengusaha muslim terhadap Indonesia, yang sedang mempersiapkan sebagai tuan rumah ekonomi dan keuangan syariah tahun 2024. KPMI berupaya merespon semua insiatif sekaligus mengkaji kasus-kasus muamalah kontemporer, seperti fintech syariah, propertI syariah, kebab syariah, dan koperasi syariah. Belum lagi soal produk keuangan kontemporer seperti gopay, OVO, e-money  bagaimana tinjauan syariahnya sehingga umat tidak bingung.

Dalam pameran Indonesia Muslim Lifestyle Festival, akan disuguhkan juga serangkaian seminar dan workshop bisnis antara  lain pelatihan ekspor, digital marketing, konseling bisnis tentang pengurusan legalitas usaha, sertifikat halal, HAKI, ISO dan sebagainya.

Pameran ini diharapkan dapat memberikan peluang dan kesempatan yang luas bagi pengusaha yang ingin berkembang lewat forum bisnis, investor forum dan business matching dengan internasional buyers. Bagi para startup, bisa memanfaatkan kesempatan mengikuti ajang kompetisi social entrepreneurship.

Untuk kalangan muslimah, bisa bergabung dalam kegiatan hijabbers gathering yang akan mengupas tuntas soal karya dan kreativitas muslimah dalam menghidupkan gaya hidup halal. Mengingat bisnis busana muslim memiliki prospek yang sangat cerah.

Sejumlah perusahaan muslim juga membuka kesempatan “Job fair” bagi pencari kerja yang ingin menimba karir. Sedangkan LPPOM MUI mengadakan Olimpiade Halal  bertajuk “Produk Halal Pilihan Generasi Millenial” yang rencananya akan diikuti oleh 2000 siswa SMA/sederajat se-Jakarta.

Bagi para orang tua yang ingin mengenal lebih dalam tentang pendidikan Islam yang berorientasi global, PULDAPIA menghadirkan Islamic Education Fair yang menampilkan lebih dari 50 sekolah berbasis Islam. Pameran ini diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dalam pendidikan tinggi Islam yang kini berkembang dinamis untuk menjawab kebutuhan lapangan kerja yang lebih meluas lagi. 

Info tiket Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019
Info tiket Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019

Untuk makanan dan minuman, ada Pusat Jajanan Halal. Yang unik di sini, pengunjung  akan diperkenalkan profesi khusus untuk peracik makanan halal yang ternyata juga telah mendapatkan sertifikasi kompetensi. Seluruh tenant yang terlibat di Pesta Jajanan Halal, produknya telah memiliki sertifikasi Halal MUI atau sedang dalam proses finalisasi pengurusannya. Tenang ya hati ini saat tahu sudah banyak jajanan Halal di sekitar kita.

Jangan lupa untuk datang bersama keluarga tercinta ya 🙂 buat yang belum berkeluarga, siapa tahu datang ke sini bisa dapat jodoh, atau setidaknya pekerjaan. Karena ada job fair juga loh di Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019 nanti tanggal 30 Agustus sampai 1 September 2019.

]]>
https://anisamamazam.com/indonesia-muslim-lifestyle-festival-2019/feed/ 1
Kampanye #JalanHijau Budayakan Jalan Kaki Agar Masyarakat Lebih Sehat dan Mau Beralih ke Kendaraan Umum https://anisamamazam.com/kampanye-jalanhijau-budayakan-jalan-kaki/ https://anisamamazam.com/kampanye-jalanhijau-budayakan-jalan-kaki/#respond Fri, 23 Aug 2019 12:11:43 +0000 http://anisamamazam.com/?p=8856 Sudah jalan berapa langkah hari ini Bunda? Katanya nih, berjalan 10.000 langkah setiap hari bisa membuat kita lebih sehat dan bugar loh. Tapi jujur, selama ini ini saya lebih memilih untuk naik motor untuk setiap kegiatan di luar rumah seperti belanja atau anak antar anak sekolah,, alasanya? Biar cepat dan gak capek 😜.

sehatnya jalan kaki
Sehatnya jalan kaki bagi kesehatan tubuh (dok. Kamadig)

Tapi hal ini benar-benar membuat saya menjadi malas bergerak, berat badan juga jadi terus bertambah dan sering merasa cepat lelah. Karena sudah tidak terbiasa untuk berjalan (meskipun dekat).

Sudah beberapa Minggu terakhir ini saya paksakan untuk mulai rutin berjalan kaki keliling kompleks, setidaknya untuk berbelanja dan antar jemput anak sekolah, sebisa mungkin kunci motor di simpan di tempat yang sulit dijangkau.

Sehatnya saat berjalan kaki
Sehatnya saat berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari.

Jalan kaki bisa menjadi alternatif pilihan olahraga paling ringan dan tidak memerlukan biaya, Alhamdulillah badan terasa lebih ringan dan nafas lebih panjang, pokoknya gak jadi terlalu mudah lelah.

Ternyata selain menyehatkan, jalan kaki juga dapat membantu mengurangi polusi udara. Pas sekali dengan “Kampanye Jalan Hijau” yang dilakukan oleh @bptjkemenhub dan @kemenhub151 yang merupakan kampanye untuk mendorong masyarakat agar lebih memilih menggunakan angkutan umum massal, sekaligus viralkan aktifitas berjalan kaki sebagai pilihan utama dalam berkegiatan sehari hari di Jabotabek.

Kemacetan akibat banyaknya kendaraan pribadi
Kemacetan akibat banyaknya kendaraan pribadi.

Kalau kalian, lebih pilih jalan kaki dan gunakan kendaraan umum atau masih memilih menggunakan kendaraan pribadi hari ini?

Ini loh sebagian dari manfaat jalan kaki bagi kesehatan, seperti:
✔ Meningkatkan stamina tubuh
✔ Mengurangi berat badan
✔ Meningkatkan mood
✔ Melancarkan peredaran darah
✔ Meningkatkan kapasitas paru-paru
✔ Menguatkan tulang

Yuk mulai hidup sehat dengan perbanyak jalan kaki, biar kualitas hidup kita lebih baik dan mengurangi polusi udara akibat emisi kendaraan yang semakin meningkat.

Kampanye #JalanHijau Kementerian Perhubungan

Minggu ini sedang viral kegiatan #JalanHijau yang diadakan di Jakarta, Bekasi dan Depok. Ada yang sudah ikut serta apa belum nih? Awalnya saya juga bertanya-tanya, ini kegiatan apa sih, kok seru dan banyak dilakukan oleh masyarakat.

Kampanye #JalanSehat
Kampanye #JalanSehat

Ternyata, Kampanye Jalan Hijau adalah kampanye yang dilakukan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yang bertujuan untuk mendorong semaksimal mungkin kepada masyarakat umum untuk dapat berpindah dari kendaraan (bermotor) pribadi ke angkutan umum massal dan lebih perbanyak kegiatan jalan kaki yang lebih sehat.

Ada 2 aspek yang melatar belakangi kegiatan kampanye #JalanHijau ini yaitu :

1. Permasalahan Transportasi, yaitu kenyataan bahwa lalu lintas di Jabodetabek yang semakin hari semakin macet, dengan tingginya penggunaan kendaraan (bermotor) pribadi, dan masih belum maksimalnya pemanfaatan angkutan umum massal, juga kurangnya aktifitas berjalan kaki. Bahkan terdapat kecenderungan jarak-jarak tertentu yang seharusnya dapat ditempuh dengan berjalan kaki, kini masyarakat lebih
memilih menggunakan sepeda motor.

2. Masalah Kesehatan, fakta menunjukkan kalau kemacetan akibat dari tingginya penggunaan kendaraan pribadi (bermotor) yang menyebabkan polusi udara terus parah, yang berdampak serius bagi kesehatan. Selain itu tingginya penggunaan kendaraan pribadi terutama sepeda motor menyebabkan kecenderungan masyarakat menjadi kurang bergerak sehingga resiko terkena penyakit non infeksi menjadi semakin tinggi pada usia muda.

Saat ini, rata-rata orang Indonesia sangat
minim dalam hal berjalan kaki, rata rata hanya 3000 langkah/hari, seharusnya minimal 6000 langkah/hari atau idealnya 10.000 langkah/hari. Kondisi ini menyebabkan faktor resiko terkena penyakit non infeksi di Indonesia karena kurang gerak fisik berdasarkan data dari Kemenkes
meningkat dari semula 26,1 % (2017) menjadi 33,5 % (2018).

fasilitas bagi pejalan kaki
Pedestrian, fasilitas bagi pejalan kaki yang sudah di siapkan pemeritah.

Intinya, Kampanye Jalan Hijau dari BPJT ini mengingatkan kita semua sebagai masyarakat untuk dapat beralih menggunakan kendaraan umum dalam setiap kegiatan, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan mau berjalan kaki minimal 10.000 langkah setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kampanye jalan hijau
Kampanye #JalanHijau mengajak masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum dan membiasakan berjalan kaki.

Kegiatan yang dilakukan adalah turun ke jalan menyampaikan pesan-pesan apresiasi kepada masyarakat yang telah melakukan kegiatan berjalan kaki dan menggunakan angkutan umum serta ajakan untuk menggunakan angkutan umum bagi mereka yang masih menggunakan kendaraan pribadi.

Penyampaian pesan dilakukan baik dengan poster-poster oleh petugas, pembagian masker, pin, kipas dan tumbler yang kesemuanya memuat pesan-pesan tentang berjalan kaki dan naik angkutan umum massal. Kegiatan positif iniini berlangsung dari hari Senin 19/8/2019 sampai dengan Kamis 22/8/2019 di Jakarta, Depok dan Bekasi dengan melibatkan taruna/ni Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

Malas berjalan kaki saat menuju kantor, atau sekedar menikmati hari karena banyaknya polusi? Alasan yang masuk akal sih, tetapi kalau tidak kita mulai sejak saat ini untuk menggunakan kendaraan umum, dan masih menggunakan kendaraan pribadi, kapan jumlah kendaraan akan berkurang? Kapan polusi udara akan hilang, dan kapan kita bisa menikmati segarnya udara di sekitar.

]]>
https://anisamamazam.com/kampanye-jalanhijau-budayakan-jalan-kaki/feed/ 0