7 Cara Masak Ketupat yang Praktis Tanpa Ribet dan Anti Gagal

Posted on

Moms, sudah lakukan persiapan mudik belum 🙂 suasana ceria menyambut Hari Raya Lebaran sudah terasa di mana-mana ya. Kalau saya baju Lebaran sudah dibeli, kue kering sudah dibuat, sajadah, sarung dan mukena juga sudah dicuci bersih untuk menyambut Hari Kemenangan.

Kebetulan Hari Raya Lebaran tahun ini jatuh di tanggal yang sama dengan saat Azzam ulang tahun ke-4. Ingin hati membuat acara ulang tahun buat anak, tapi siapa yang akan datang 🙁 semua tetangga dan teman sekolah Bimba Azzam sudah mudik.

cara masak ketupat
Bahagia menyambut Lebaran, karena bertepatan dengan hari lahir Azzam.

Lebaran belum tiba, tetapi Azzam sudah merengek minta dibuatkan ketupat. Biasanya nih saya cari jalan pintas dengan membeli ketupat sayur di depan komplek. Maklum masak ketupat itu perlu perjuangan dan air mata moms… eeeaaa ga segitunya juga sih ya 🙂

Jadi moms, kalau ingin memasak ketupat sendiri, kita harus persiapkan daun janur dan gas yang full. Kalau ingin memasak ketupat yang bagus ga boleh tuh kekurangan air dan gas, kalau tidak hasilnya pasti gagal, kurang bagus dan ga kenyal. Butuh banget info cara masak ketupat yang mudah dan praktis.

cara masak ketupat
Ciri khas ketupat saat Lebaran.

Bahkan untuk membentuk cangkang ketupat saja saya kesulitan moms 🙁 sedangkan kalau membeli cangkangnya di pasar sangat jauh. Azzam mana mau nungguin setengah hari hanya untuk makan ketupat yang di cocol kecap..

Alhamdulillah saat awal Ramadan kemarin saya memenangkan lomba foto instagram yang diadakan oleh @ladies_beautyclubofficial dan hadiahnya adalah Pat-Pat K-Tupat Mini.

cara masak ketupat
Hadiah Pat-Pat K-Tupat Mini dari lomba foto @ladies_beautyclubofficial K-Link Indonesia.

Senang sekali saat doa kita di ijabah, memang sejak awal ikut serta lomba foto selfie saya sangat ingin mencoba untuk memasak ketupat mini yang sering saya lihat di K-Store K-Link Indonesia.

Membawa pulang 3 dus Pat-Pat K-Tupat Mini membuat rasa penasaran saya tambah menggebu, meski Lebaran masih lama tetapi saya sudah memasak ketupat di hari ke-10 Ramadan 🙂 .

Saat mencoba masak ketupat instan dari K-Link, percobaan pertama hasilnya lumayan, kenapa lumayan? Karena masih berbentuk seperti nasi moms, belum benar-benar seperti ketupat yang saya beli. Hal ini karena saya tidak membaca dengan cermat cara memasak yang ada di bungkus kemasan.

Dipercobaan kedua akhirnya saya menemukan cara jitu masak ketupat yang benar dengan praktis dan hasilnya sempurna. Bisa loh labgsung dicoba moms 🙂 .

7 Cara Masak Ketupat yang Praktis Tanpa Ribet dan Anti Gagal

cara masak ketupat
Cara memasak ketupat praktis dan anti gagal.

1. Gunakan Pat-Pat K-Tupat Mini dari K-Link Indonesia. Ga perlu repot lagi pakai cangkang ketupat dari janur.

2. Cuci kantung K-Tupat yang akan di masak dengan air bersih yang mengalir. Bertujuan menjaga higienitas ketupat yang kita masak ya moms.

3. Rendam kantung K-Tupat mini dengan air bersih yang diberi sedikit air kapur sirih selama 1/2 jam. Ini dilakukan agar hasil ketupat yang masak nanti kenyal dan lebih tahan lama. Cara masak ketupat ini sering dilakukan mama saya dan hasilnya bagus banget moms.

4. Beri alas daun pisang atau daun pandan di panci atau wadah magic com. Selain memberi aroma, ini bertujuan untuk mencegah kantung menempel di wadah masak ketupat.

5. Masak K-Tupat menggunakan magic com, boleh merk apa saja moms 🙂 . Ini saya lakukan untuk menghemat gas moms. Jangan lupa kantung K-Tupat harus terendam sempurna ya.

6. Biarkan K-Tupat mengembang dan matang selama kurang lebih 60-90 menit. Kalau ingin lebih cepat matang, air untuk merebus atau memasak ketupat harus sudah mendidih sebelum K-Tupat dimasukan. Ini bisa menyingkat waktu pemasakan kurang lebih 15-20 menit.

7. Angkat dan tiriskan K-Tupat, sajikan saat hangat di meja makan bersama opor ayam, rendang daging, sayur nangka, sayur labu, dan sambel goreng ati.

cara masak ketupat
Hasil ketupat yang dimasak selama 45 menit, siap disantap dengan rendang daging dan sambal goreng kentang.

Kelebihan dari Pat-Pat K-Tupat instan ini adalah :
1. Memasak lebih cepat, cukup di rebus dengan air.
2. Takaran sudah sesuai, anti gagal.
3. Plastik food grade, aman di masak dengan suhu yang panas.
4. Halal dari beras dan plastik kemasannya.
5. BPA Free artinya bahan tersebut terbebas dari bahan BPA atau bisphenol-A. 

Rasa dari K-Tupat ini tidak kalah enak loh dengan ketupat yang menggunakan cangkang janur, cuma memang tidak terbiasa ya, menyajikan ketupat instan saat Lebaran 🙂

Harga Pat-Pat K-Tupat Mini

Penasaran dengan harganya? Tenang saja, tidak terlalu mahal kok dan cukup bersahabat dengan dompet, cukup dengan Rp 30.000,- kita bisa dapatkan 1 dus yang berisi 20 pieces kantung K-Tupat.

cara masak ketupat
Pat-Pat K-Tupat Mini harganya ga mahal kok, 20 pieces hanya Rp 30.000,- di K-Link Store.

Berhubung saat ini saya sudah menjadi member , saya membeli Pat-Pat K-Tupat Mini dengan harga yang lebih hemat 20% lumayan kan moms. Kalau mau beli, bisa langsung saja klik K-Link Store.

Lebaran sekarang saya ga ribet lagi membuat cangkang ketupat dan ga mesti siapkan dua tabung gas hanya untuk menikmati ketupat.

Masak ketupat lebih praktis, tanpa bingung cari janur dan bisa kapan saja tanpa harus menunggu Hari Raya tiba.

Spread the love

27 thoughts on “7 Cara Masak Ketupat yang Praktis Tanpa Ribet dan Anti Gagal

  1. Ternyata mudah banget masak pat pat k-tupat, praktis ya.
    Mamaku kalo buat ketupat drumah hrus lamaaa, tp gk papa, demi lebaran yang lengkap, krna tnpa ketupat kyaknya kurang lengkap lebarannya.

  2. Cara aku lebih praktis lagi mbak, makan ketupat di rumah ibu. Hahaha. Aku seringannya gagal soalnya kalau bikin ketupat. Tapi ini boleh dicoba terutama kalau nanti mau bikin ketoprak kayanya asyik dan praktis.

  3. Praktis banget ketupat plastik ini, tinggal masak di magic com. Cuma saya mau tanya, apa kapur sirih masih diperbolehkan dikonsumsi langsung, dengan mencampurnya di ketupat biar kenyal?

  4. Kalau kantungnya plastik gitu aman ngga ya buat kesehatan? Kemarin sempat lihat-lihat ketupat instan yang kantung plastik juga, tapi nggak yakin baik buat kesehatan akhirnya beli aja ketupat biasa…

  5. Aku baru tau ada ketupat instant, ukurannya lucu pula. Ingat waktu kecil masak ketupat sampai berjam-jam dan tugasku nambah segayung air tiap jam plus ganti kayu bakar. Boleh nih beli pat-pat k-tupat dan coba masaknya di rumah

  6. Wah aku spesialis yang masak ketupat nih kalau lebaran. Masih manual pun dengan pandan juga aku gunakan. Boleh juga nih next coba yang instan ya. Pun bentuknya biasa ya ini. Thanks infonya kak

  7. waaah aku telat baca ini nih, harusnya baca sebelum lebaran ya biar bisa lebaran pakai pat pat ketupat 🙂 soale yg udah2 tiap lebaran pasti dikirimin ketupat sama ibu mertua, sesekali pengin juga bikin ketupat sendiri tapi yg gak ribet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *