Wajib Dilakukan, 5 Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi

Posted on

Tahun 2020 ini terasa sangat cepat berlalu ya teman-teman, terlebih hampir 10 bulan harus kita lalui di rumah saja untuk menghindari dan meminimalkan risiko penularan Covid-19. Beragam kegiatan yang biasa kita lakukan di luar ruangan, dihentikan dan digantikan dengan kegiatan yang dilakukan secara online.

Patuhi protokol kesehatan
Patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker saat akan keluar rumah.

Urungkan dulu untuk pergi liburan di hari Natal dan Tahun Baru 2021, agar tidak terjadi cluster baru pandemi. Sayangi diri, keluarga dan lingkungan dengan tetap bersabar untuk di rumah saja dulu sementara waktu.

Siapa sih yang tidak jenuh, dan pada akhirnya merasa stres saat menghadapi situasi seperti ini. Terisolasi dan harus selalu beraktivitas di rumah, membuat kita tergoda untuk meninggalkan gaya hidup sehat. Mulai malas untuk berolahraga, mager atau malas gerak, sampai rutin pesan makan makanan siap saji yang kandungan nutrisi dan gizinya berkualitas rendah, yang penting enak di lidah dan tampilannya menarik.

Kalau dibiarkan terus seperti ini, bukannya kita terbebas dari Covid-19, tapi malah akan mengundang lebih banyak penyakit lain yang datang ke tubuh kita. Misalnya obesitas, gangguan jantung, stroke, diabetes dan penyakit lainnya. Jangan terlena dan merasa aman saat di rumah saja ya teman-teman, kita tetap harus lakukan gaya hidup sehat untuk tetap bertahan hidup.

Kesehatan Mental
Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan kesehatan mental ditengah pandemi.

Menjaga tubuh tetap fit dan sehat selama pandemi adalah hal yang sangat penting untuk menghindarkan diri dari berbagai penyakit. Masa iya sih, kita malah terus menambah beban dan tugas tenaga medis yang sedang berjuang melawan pandemi. Di saat mendapat berita gembira hadirnya Vaksin Corona untuk membebaskan kita dari pandemi, kita malah terlena untuk melakukan hidup tidak sehat.

5 Gaya Hidup Sehat Yang Harus Kita Lakukan

1. Lakukan Aktivitas Fisik

Menyapu, ngepel, angkat galon dan Yoga bisa jadi aktivitas fisik sederhana yang membuat kita berkeringat dan menjadi lebih bugar meski di rumah saja. Tidak membebani tubuh dan terhindar dari keramaian. Kalaupun ingin lakukan joging, bisa kita lakukan di waktu-waktu yang tidak terlalu ramai di lingkungan sekitar rumah.

2. Istirahat Cukup

Saat kita menjaga aktivitas fisik, jangan lupa untuk jaga pemulihannya juga ya teman-teman, istirahat yang cukup dengan kualitas yang baik (harus nyenyak) dan kuantitas gidur 7 sampai 9 jam.

3. Penuhi Gizi Seimbang

Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan nutrisi gizi seimbang bagi tubuh dengan menerapkan isi piringku, cukupi kebutuhan Macronutrient, Karbohidrat, Protein, Lemak, Micronutrient, Vitamin, dan Mineral.

4. Patuhi Protokol Kesehatan

Tidak lupa untuk selalu patuh pada protokol kesehatan apabila berkegiatan di luar ruangan yang mengharuskan kita menggunakan kendaraan umum dan berinteraksi dengan orang lain.

•  Selalu Pakai Masker
• Tetap Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan
• Sering Cuci Tangan dengan Sabun

Agar penyebaran pandemi dapat ditekan, masyarakat lebih peduli dan bukan hanya slogan atau sekedar kata-kata mutiara. Mari kita bersama-sama putus rantai penyebaran virus, jaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan sekitar.

5. Jaga Kesehatan Mental

Karena saat kita stress, imunitas tubuh akan menurun, hal ini tidak baik bagi kesehatan. Selalu berpikiran positif dan optimis dalam menjalani hidup, hindari berita hoax tentang kesehatan dan saling ciptakan support sistem di rumah dan lingkungan sekitar.

Olahraga di depan rumah
Lakukan aktivitas fisik seperti olahraga di depan rumah bersama anak.

Tentu saya kita semua berharap agar Vaksin Corona dapat segera didistribusikan, dan membebaskan kita dari kekhawatiran penyebaran virus. Jangan lupa untuk melakukan gaya hidup sehat dan tetap bahagia, agar kita bisa menyongsong hari esok yang lebih baik dan lebih sehat.

Spread the love

20 thoughts on “Wajib Dilakukan, 5 Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi

  1. Makasih buat tips2nya , jadi kurang gerak sih selama masa pandemi ini.. WFH terus soalnya , jadi cuma kerja , nonton TV sama baca manga di mangafast.net tiap hari.. kurang gerakin badan deh hahaha

  2. Bener banget, disiplin menerapkan 3M memang harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Sampai hari ini grafik Covid-19 masih terus naik, bisa diartikan tingkat disiplin masyarakat kita masih rendah

  3. Benar sekali, Mbak. Ini entah kapan pandemi akan berakhir. Tapi intinya terus semangat dan jaga kesehatan. Insya Allah pandemi akan berakhir. Makanya saya sekarang tidak keluar kalau tidak penting sekali. Apalagi saya rasakan, cuaca semakin tak mendukung. Pergi sebentar saja, kok rasanya cepat capek.

  4. Olahraga nih penting
    Saya selalu skip kalau sudah riweuh sama bayi yang sudah aktif banget berjalan
    Makanya saya olahraganya sambil nenemani dia bergerak terus

  5. Mematuhi protokol kesehatan memang sangat penting sekali. Dan memang sebaiknya nggak keluar rumah dulu deh. Jaga kondisi tubuh. Jaga makanan juga. Biar nggak nambah penyakit bawaan. Biar imunitas tubuh kita juga semakin kuat.

  6. Kalau saya cukup kesulitan menjaga supan gizi. Selain sibuk karena pekerjaan dan anak-anak, juga waktu untuk menyetok makanan sehat itu adaa aja halangannya. Meski begitu, minimal buah-buahan yang ada saya paksakan konsumsi, meski kadang kurang suka. wkwk semoga ke depan lebih strugle soal empat sehat lima smpurna untuk asupan gizi keluarga.

  7. Melakukan aktivitas fisik memang jadi obat banget, ya penawar rindu karena ingin traveling sekaligus penawar agar kondisi tubuh tetap sehat karena bergerak

  8. Beberapa waktu yang lalu aku kehilangan track akan hidup sehat ini, banyak begadang dan makan kurang sehat, ugh ga enak banget kan apalagi seringnya lagi di rumah. Kemudian cepat2 beralih ke berjemur dan jeda dengan aktivitas fisik lainnya, lumayan membantu juga baik untuk meredakan kecemasan

  9. mantap tipsnya mbak
    dan memang semua yg ditulis disini itu memang apa yg haik buat jaga daya tahan tubuh saat pandemi ya mbak
    tetap semangat dan selalu sehat ya mbak

  10. Di Bandung sini, 3M ditambah dengan 1T (= tidak berkerumun). Duuh di Bandung zonanya udah merah pekat deh. Bandel orang-orang banyak yg ga pakai masker. Hiks…Sehat selalu yaa…Kweren olah raga bareng anak…

  11. Nah, aku setuju sama aktifitas fisik. Selain menuehatkan juga bisa bikin pikiran tenang. Sekalipun cuma olahraga tipis-tipis seperti jogging.

    Karena kalau rebahan aja, selain tubuh yang capek, pikiran juga bisa stres kan?

  12. Bener nih Mbak salah satu kuncinya kalau pengen tetap punya gaya hidup di masa pandemi memang harus punya pikiran positif dan nggak stress jadi bukan tubuh yang harus di jaga, pikiran dan mental juga harus kuat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *