Tips Membersihkan Rack Server

Posted on
Tips Membersihkan Rack Server
Butuh usaha ekstra dalam membersihkan rack server

Pagi teman-teman, ada yang tak asing dengan istilah rack server atau rak tempat penyimpanan? Yang pekerja kantoran pasti sudah paham ya mengenai hal yang satu ini 🙂 . Penyimpanan data terus berkembang pesat baik itu di perusahaan, gedung perkantoran, universitas, juga bahkan sekolah. Jika salah satu dari kalian pernah mengelola jaringan yang luas semacam itu, pastinya tahu kalau pembersihan ruang server seperti rack server itu penting. Tak hanya virus saja, debu dan kotoran juga dapat menjadi mengganggu kerja sistem.

Untuk dapat menjaga kinerja ruang server dan juga rack server 42U tetap optimal, tim pemeliharaan fasilitas dan staf IT harus bekerja sama untuk memastikan Indoor Air Quality (IAQ) atau Kualitas Udara Dalam Ruangan (IAQ) agar sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan di dalam ruang server.

Waspada terhadap kardus

Ruang server bukanlah ruang penyimpanan tambahan. Jadi, hindari kotak kardus, karton dan juga potongan styrofoam. Alasannya semua benda tersebut melepaskan partikel ke ruangan yang akan membuat rack server yang kita punya lama kelamaan akan kotor. Puing mikro yang mengendap di peralatan sensitif dapat kemudian menumpuk di ventilasi dapat mengganggu fungsi kipas pendingin.

Oleh karena itulah untuk pencegahan adanya penambahan debu, hindari membawa paket apapun ke dalam lingkungan kritis. Akan lebih baik lagi jika kita mengeluarkan semua peralatan baru di luar ruang server, bersihkan lalu kemudian bawa masuk.

Berikan perlindungan ekstra untuk kondisi tertentu

Beberapa ruang server seperti milik sekolah dan juga kantor suatu saat nanti akan membutuhkan peningkatan dan perbaikan. Mulai dari pengkabelan sirkuit, renovasi HVAC, hingga renovasi besar-besaran hingga membangun bangunan baru bisa saja dibutuhkan. Konstruksi dalam ruangan dapat mengganggu kebersihan ruang server  terutama pada rack server nya.

Apalagi saat pekerjaan konstruksi dilakukan di ruang server, jangan lupa gunakan plastik pembungkus hingga selotip untuk membuat tirai dari lantai ke langit-langit di sekitar server.  Sisakan ruang yang cukup untuk aliran udara yang baik sambil tetap menghalangi sebagian besar debu masuk ke rack server.

Jadwalkan Pembersihan Reguler

Meskipun kita sudah memberikan perlindungan terbaik untuk rack server dan juga perangkat lain di ruang server ya, sejumlah debu tidak dapat dihindari. Oleh karena itulah, aktifkan jadwal pembersihan reguler. Untuk pembersihannya, jangan pernah menggunakan sapu karena dapat menimbulkan debu. Gunakan pel kering microfiber yang dapat mengikat kotoran.

Rekomendasi alat terbaik untuk pembersihan tersebut adalah:
• HEPA filter Vacuum
• Microfiber cloths and mops
• Anti-static cleaning solution

Deep Clean

Selain pembersihan reguler diatas, Manajer IT juga harus menjadwalkan pembersihan menyeluruh ruang server setiap tiga bulan. Pastikan juga memanfaatkan profesional terlatih yang tahu cara membersihkan peralatan komputer dengan benar seperti bagian rack server yang berisi perangkat yang penting bagi perusahaan. Baik itu rack server 42U maupun ukuran lainnya.

Pembersihan juga termasuk dalam sistem pendingin untuk mengganti filter dan menghilangkan kotoran. Di antara pembersihan secara mendalam, manajer juga dapat melakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan semua peralatan bebas dari debu dan dapat berfungsi dengan baik. Membiarkan ruang server menjadi kotor sehingga menimbulkan kerusakan punya konsekuensi yang mahal.

Itulah beberapa tips membersihkan rack server dan juga ruang server lainnya. Apabila membutuhkan penggantian atau bahkan penambahan perangkat terutama untuk rack servernya, kalian bisa mengunjungi kedaitekno.com untuk mencari perangkat yang berkualitas dan juga pastinya memiliki harga yang bersaing. Namun, itu juga karena kedaitekno.com sangat terpercaya.

Kalian bisa mendapatkan berbagai ukuran lemari server mulai dari rack server 42U yang populer digunakan hingga ukuran dan jenis lainnya. Jadi tunggu apalagi, kunjungi situsnya dan pesan semua kebutuhan ruang server sesuai kebutuhan kalian.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *