SGM Eksplor Peringati Hari Anak Nasional dengan Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju

Posted on

Selamat Pagi Bunda, tanggal 23 Juli setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Sudahkah kita memenuhi semua hal anak, terutama hak untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan gizi seimbang, pendidikan dan kebebasan bermain. Mari bersama-sama kita dukung Generasi Maju Indonesia.

Peringatan HAN dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

Hari Anak Nasional
Selamat Hari Anak Nasional

Melalui peringatan HAN diharapkan pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, dan memastikan segala hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan pekembangannya.

Selain itu HAN harus dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kepedulian semua warga bangsa Indonesia, baik orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak agar anak Indonesia yang berjumlah 79,6 juta pada tahun 2018 dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga menjadi generasi penerus yang berkualitas tinggi.

Untuk itu, tema yang ditetapkan dalam Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 adalah terkait pentingnya kualitas keluarga dalam perlindungan anak. Diharapkan momen Perayaan HAN 2019 ini diselenggarakan untuk menggugah setiap individu, orang tua, keluarga, pendidik, masyarakat, dunia usaha, media, pemerintah dan semua pihak akan pentingnya peran, tugas dan kewajiban masing-masing dalam memenuhi hak dan melindungi anak-anak kita.

Hak Anak yang Harus Terpenuhi

Hak anak yang pertama adalah bermain dan berkreasi, yakni hak dasar yang harus didapatkan Si Kecil. Bermain untuk anak sendiri memiliki beragam manfaat, termasuk meningkatkan imajinasi untuk menciptakan banyak ide.

Hak anak kedua yang harus didapatkan buah hati adalah pendidikan. Pendidikan tentu bukan hanya didapatkan melalui sekolah formal. Nyatanya, pendidikan pertama bermula di rumah, baik oleh Moms maupun Dads yang akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental Si Kecil.

Pendidikan awal yang bisa dilakukan orang tua antara lain adalah latihan motorik, latihan pengenalan huruf, bercerita, dan mewarnai.

Diketahui kurangnya pendidikan di rumah berdampak buruk pada Si Kecil, seperti tidak percaya diri, malu dan tidak bersemangat saat berada bersama banyak orang. Hal itu juga akan berdampak pada tumbuh kembangnya.

Ketiga adalah hak anak untuk mendapatkan perlindungan. Sebagai orang tua tentu Bunda dan Ayah akan melindungi mereka dengan sekuat tenaga.

Meski begitu, ajari juga Si Kecil untuk menolak dan berkata tidak serta menjaga dirinya sejak dini. Termasuk juga ajari mereka untuk menjaga privasi dan bagian tubuhnya yang tidak boleh disentuh oleh orang lain.

Hak lainnya adalah makanan (nutrisi dan gizi), akses kesehatan, rekreasi, kesamaan, dan berperan dalam pembangunan. Kelima hak terakhir ini juga sama pentingnya, namun bisa dipenuhi dengan memenuhi lima yang pertama.

Kalau ke semua hak anak ini dipenuhi, tentu generasi penerus Indonesia akan lebih baik lagi. Kalau Bunda sendiri, sudahkah memenuhi seluruh hak Si Kecil?

SGM Eksplor Sambut Hari Anak Nasional Melalui Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju

Menjelang Hari Anak Nasional, Sarihusada dan SGM Eksplor mengadakan acara yang seru dan menyenangkan bagi anak-anak, yaitu Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju. Minggu, 21 Juli 2018 saya berkesempatan ikut serta dalam konferensi pers.

Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia menjelaskan dalam kata sambutannya bahwa “Brand Danone Indonesia mendukung keluarga dalam memenuhi hak anak, terutama berfokus pada anak diusia 6 tahun dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi dan gizinya”.

Hari Anak Nasional bersama SGM Eksplor
Arif Mujahidin memberikan kata sambutan di Hari Anak Nasional bersama SGM Eksplor.

Visi Danone Indonesia adalah membawa kesehatan melalui makanan, dengan meningkatkan status gizi dan kesehatan masyarakat. SGM Eksplor hadirkan”Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju” yang berisi 4 Taman Prestasi untuk mendukung asah potensi si Kecil jadi Anak Generasi Maju.

Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo juga mengungkapkan “Danone percaya bahwa kemajuan bangsa Indonesia sangat bergantung pada prestasi dan juga sumber daya manusianya. Pada momen peringatan Hari Anak Nasional, kami ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyadari pentingnya dukungan pemenuhan nutrisi dan stimulasi tepat untuk terwujudnya Anak Generasi Maju.

Dukungan Danone Indonesia dalam terwujud Anak Generasi Maju
Astrid Prasetyo, jelaskan bagaimana dukungan Danone Indonesia dalam mewujudkan Anak Generasi Maju melalui Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju.

Mari Ciptakan Anak Generasi Maju bersama Anna Surti Ariani, S.Psi , Psikolog

Anna Surti Ariani, S.Psi seorang Psikolog Anak dan Keluarga mengatakan “Penting bagi orang tua untuk berikan dukungan komplit kepada si Kecil, untuk mengasah potensi prestasi mereka dan dapat dikembangkan sedini mungkin, agar kelak mereka menjadi generasi maju yang berprestasi dan berkepribadian baik”

Wujudkan Anak Generasi Maju
Wujudkan Anak Generasi Maju bersama Anna Surti Ariani, S.Psi seorang Psikolog Anak dan keluarga.

Bagaimana caranya? Bisa kita lakukan beberapa hal berikut Bunda :
1. Berikan Nutrisi yang tepat menjadi kunci untuk mendukung anak generasi maju
2. Stimulasi cerdas kreatif,
3. Stimulasi Tumbuh Kembang agar anak jadi tinggi dan kuat,
4. Stimulasi Mandiri,
5. Stimulasi Supel,
6. Stimulasi Percaya Diri .

Untuk pemenuhan nutrisi tumbuh kembang anak, bisa dilakukan dengan memberikan mereka susu pertumbuhan. Dalam susu SGM Eksplor, terdapat formula Complinutri yang mengandung Minyak Ikan dan Omega 3, Serat Pangan Inulin, Zinc dan Vitamin C, Vitamin D, juga Kalsium serta nutrisi penting lainnya yang membuat si Kecil siap dan semangat dalam belajar dan tumbuhan kembang mereka akan optimal.

Beri anak minum susu rutin 2 kali setiap hari ya Bunda, agar anak-anak mendapatkan manfaatnya secara optimal. Pertumbuhan otak anak juga akan lebih baik. Anak-anak masih harus diberi susu pertumbuhan sampai usia mereka 12 tahun, masa emas pertumbuhan otak mereka.

Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju

Sarihusada mewujudkan semua stimulasi di atas dengan mengadakan acara “Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju”, SGM Eksplor ingin mengajak orang tua untuk dapat melengkapi nutrisi dan mendukung 5 potensi prestasi anak generasi maju pada si Kecil yaitu cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, mandiri, supel, percaya diri melalui berbagai kegiatan yaitu : lomba mewarnai bagi si Kecil yang berusia 3-6 tahun, permainan edukatif, penampilan potensi prestasi di panggung, edukasi bagi Bunda untuk dapat melengkapi nutrisi si Kecil, serta penjualan paket produk SGM Eksplor
Area permainan edukatif “Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju” diperuntukkan bagi si Kecil yang berusia 1 tahun ke atas, yang terdiri dari 4 area :

Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju 2
Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju berikan stimulasi pada anak-anak untuk menjadi Generasi Maju.
Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju 1
Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju asah potensi prestasi anak.

 

A. Taman Cerdas Berkreasi

Pilot Generasi Maju
Permainan simulasi menerbangkan pesawat dan menjalankan misi untuk mengumpulkan keping Complinutri.

Sekolah Generasi Maju
Mengenal alat musik, huruf, dan hewan, serta belajar kosakata dalam bahasa Inggris

B. Taman Sehat

Milk Factory
Simulasi pembuatan susu SGM Eksplor dari peternakan hingga dapat dinikmati oleh si Kecil

C. Taman Petualangan

Petualangan Complinutri
Petualangan di dalam labirin untuk menyelesaikan misi dengan rintangan perubahan cuaca

D. Taman Ketangkasan

Wall Climbing
Simulasi panjat tebing untuk si Kecil

Flying Fox
Si Kecil meluncur di ketinggian tertentu melalui tali

Kegiatan “Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju” diselenggarakan di GBK Senayan Jakarta, bertempat di Area Parkir Selatan Senayan, hari minggu tanggal 21 Juli 2019 mulai dari pukul 06.00 wib – 12.30 wib.

Sedangkan untuk acara di kota Bandung tempatnya di Taman Tegalega, hari Minggu 28 Juli 2019 pukul 07.00 wib – 13.30 wib

Anak Generasi Maju
Mikha Tambayong, contoh Anak Generasi Maju Indonesia

Contoh anak Generasi Maju Indonesia nih Bunda, ada Mikha Tambayong yang sukses menjadi artis, entertainment dan pelajar yang berprestasi karena sejak kecil sudah di gali 5 potensi prestasinya oleh kedua orangtuanya sehingga tumbuh menjadi pribadi yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, mandiri, supel, percaya diri.

Sudah pada tahu kan Bunda, kalau Mikha Tambayong diterima di Harvard? Kampus terkenal yang banyak diincar oleh anak-anak berprestasi di seluruh dunia. Ternyata kunci suksesnya adalah peran orang tua yang sangat mendukung dan komitmen Mikha dalam meraih cita-citanya.⁣

Mikha berulang kali menegaskan bahwa sejak kecil ia senang membaca buku, bukan sek dari buku komik atau cerita anak-anak loh, sangat menginspirasi banget karena banyak loh anak jaman now yang malas membaca, ngomong-ngomong Bunda sudah baca berapa buku sebulan terakhir ini?

Oh iya Bunda, di tegaskan sekali lagi ya kalau peran orang tua, khususnya Bunda dalam kehidupan anak sangatlah penting , orang tua selain harus memberikan nutrisi yang baik, juga harus berikan stimulasi yang sesuai tahapan usianya agar anak tumbuh menjadi  Anak Generasi Maju⁣. Berikan juga anak kita lingkungan yang sehat dan baik, agar kepribadian mereka jadi baik.

Serunya Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju
Serunya Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *