Sukses Saat Masih Muda – Bisa Kalau Tahu Rahasianya

Posted on

Pagi moms, siapa sih yang ga ingin hidup sukses di usia muda? Semua orang sudah tentu ingin bisa memiliki bisnis dan berharap agar sukses dalam menjalankan usahanya. Tapi ga semua orang dapat keberuntungan sukses dalam menjalankan bisnisnya.

Ibu hemat
Muda dan sukses, siapa yang ga tertarik.

Contohnya saja Mama Azzam nih moms, sejak kuliah sudah memulai usaha dengan menjalankan bisnis kosmetik, tetapi hanya sekedar menjual ke teman-teman sekampus dan tidak berjalan mulus. Modal yang kurang dan ilmu bisnis yang sangat kurang menjadi penghalang saya untuk sukses.

Yes, benar sekali moms… apapun yang kita lakukan kalau tidak memiliki ilmunya, akan sulit untuk mencapai kesuksesan. Selain itu butuh proses yang panjang, jatuh bangun dan pengalaman untuk dapat membuat kita lebih tangguh dalam menghadapi suatu permasalahan dalam dunia usaha.

Millenials Preneur Club

Tahu harus punya ilmu dan pengetahuan luas mengenai bisnis, agar usaha kita dapat berjalan mulus dan sukses, meski malam dan dihadang hujan deras, saya datang untuk ikutan Talkshow dengan tema “Millenials Preneur Club” bersama moneysmart.id dan tiga pengusaha muda yang sukses di Kembang Kencur, Jakarta (24/01/2019).

Talkshow Millenials Preneur Club bersama MoneySmart.id
Talkshow Millenials Preneur Club bersama MoneySmart.id dan Tiga pengusaha muda yang sukses.

Belajar menjadi Preneur Muda dan Sukses dengan narasumber:

1. Yasa Singgih (Founder Men’s Republik),

2. Haykal Kamil (Actors & Founder of Kal’s Corpora), dan

3. Michael Christanto (Founder of Eatlah)

Sulitkah dalam berbisnis? Apa saja yang dibutuhkan selain modal dan jiwa dagang untuk sukses jalankan bisnis? Ini menjadi pertanyaan mendasar saat seseorang ingin memulai suatu usaha. Tidak sedikit yang awalnya percaya diri dalam membuka dan memulai bisnis karena modal besar yang mereka miliki, tetapi malah gulung tikar di tahun ke tiga usahanya berjalan.

Sukses di usia muda, siapa bilang ga bisa
Sukses di usia muda, siapa bilang ga bisa.

Tidak mudah memang moms dalam menjalankan suatu usaha, apalagi bisa sukses dan berkembang, bahkan banyak dari mereka yang baru sukses di usia lanjut. Tetapi bukan hal yang mustahil bagi kita anak-anak muda untuk bisa sukses dan mapan dalam hidup dan menjalankan bisnis.

Seperti halnya tiga Preneur muda yang hadir menjadi narasumber, mereka tidak sekonyong-konyong sukses dalam menjalankan bisnis, perlu usaha keras, bahkan jatuh bangun dari modal habis, bangkrut, sampai bertengkar dengan keluarga karena tidak mulus perjalanan bisnisnya.

Hal utama yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin menjalankan bisnis adalah paham mengenai finansial, bagaimana melakukan pembukuan, paham mengenai neraca keuangan, dan memiliki partner kerja yang sejalan dan bisa dipercaya.

Berani memulai adalah langkah pertama dalam membuka pintu kesuksesan. Mencoba dan mencari tahu peluang yang ada, adalah proses dari pembelajaran. Memang tidak mudah untuk sukses, tapi bukannya tidak mungkin, seperti halnya narasumber kita, mereka mencoba menjalani berbagai usaha dulu sebelum akhirnya ketemu yang pas.

Diperlukan kerja keras, fokus, semangat, konsep yang tepat, dan pintar memilih usaha yang long lasting, nggak asal ngikutin trend yang lagi hype. Karena bisnis yang mengikuti tren nggak bakalan lama, saat tren beralih kita bisa bangkrut moms. Kalau bisnis kita nggak punya ciri khas, ya bakalan tergerus dan ga bisa sukses.

Kita juga dituntut untuk pandai mencari solusi saat di hadapkan pada situasi yang sulit. Makin besar usaha yang kita miliki, makan akan semakin banyak juga hal-hal yang harus siap dihadapi. Keluarga belum tentu bisa jadi partner bisnis yang tepat, karena dalam bisnis semua harus ada hitung-hitungannya moms.

Dari mereka Mama Azzam belajar banyak, bahwa nggak semua usaha yang bertumbuh dengan cepat itu baik. Dan untuk mulai berbisnis nggak perlu harus nunggu memiliki modal besar. Tapi ga mungkin juga bisa sukses kalau kita ga memiliki modal tentunya. Modal utama adalah waktu untuk menjalankan bisnis secara profesional, ga salah kalau ada pepatah “Time is Money”.

Mulai saja dan jangan kebanyakan mikir kalau ada ide bisnis yang dirasa akan menghasilkan uang. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk membangun bisnis dari sekarang. Karena waktu nggak akan bisa berputar kembali, makin lama kita menunda untuk memulai, sukses juga semakin lama dapatkan.

Yang paling penting kalau ingin sukses dalam hidup adalah berani untuk memulai, dan jangan pernah takut untuk gagal.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *