Sudah Saatnya Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan

Posted on

Kalau melihat banyaknya anak-anak yang belum cukup umur tetapi sudah membawa kendaraan bermotor sendiri di jalan raya membuat saya sangat miris. Selain usia yang belum cukup, pengetahuan mereka dalam berkendara yang masih minim menyebabkan banyaknya kecelakaan di jalan raya. Entah itu hanya kecelakaan kecil, bahkan sampai hilangnya nyawa seseorang.

Padahal sudah jelas diketahui bersama, kalau pengendara bermotor harus memiliki SIM, dan ini baru bisa didapatkan apabila seseorang sudah berusia diatas 17 tahun dan lulus dalam ujian terlebih dahulu.

Akibat yang sering diabaikan oleh masyarakat saat mengizinkan pelajar dibawah umur mengendarai kendaraan bermotor.
Akibat yang sering diabaikan oleh masyarakat saat mengizinkan pelajar dibawah umur mengendarai kendaraan bermotor.

Jalin Kerjasama dengan Kementerian Perhubungan, XL Axiata Dorong Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan

Bekasi, 25 April 2019. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melanjutkan kerjasama dalam sosialisasi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar.

Melalui kerjasama ini, kedua pihak bahkan mendorong para pelajar sebagai pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, tidak hanya di lingkungan sekolah, namun juga di tengah masyarakat. Suatu pelatihan dan pendidikan Pelajar Pelopor Keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan akan digelar pada 21 – 25 April 2019 di Bekasi, Jawa Barat tepatnya di Hotel Santika Premiere Kota Harapan Indah.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi membuka program pelatihan yang di dalamnya juga memberikan pengajaran mengenai memanfaatkan sarana digital, berupa materi bahan belajar yang dibangun oleh XL Axiata.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengatakan, “XL Axiata berkomitmen terus mendukung program sosialisasikan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan secara berkesinambungan yang dicanangkan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Bagaimanapun juga masalah keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan merupakan persoalan bersama yang perlu mendapatkan perhatian semua pihak, termasuk kami di XL Axiata. Melalui program Sisternet, XL Axiata menyediakan materi pelatihan kelas literasi digital berupa cara-cara memanfaatkan media digital khususnya sosial media dalam mensosialisasikan kesadaran akan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.”

Kerjasama dalam Peningkatan Kepedulian Keselamatan Berkendara di kalangan Pelajar.
Kerjasama dalam Peningkatan Kepedulian Keselamatan Berkendara di kalangan Pelajar. (dok. Sisternet)

Tri Wahyuningsih menambahkan, pada program pelatihan kali ini, XL Axiata juga menghadirkan materi keahlian “Persuasive Presentation Skill” mengenai bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan terstruktur dalam menyampaikan ide atau pesan. Berbekal keahlian komunikasi ini, para pelajar terpilih yang akan menjadi pelopor akan bisa lebih baik dalam menyampaikan pesan atau paparan kepada teman-temannya sesama pelajar dan kelompok masyarakat yang lebih luas mengenai keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Pelatihan kepada 40 siswa siswi SMA dan SMK
Pelatihan kepada 40 siswa siswi SMA dan SMK terpilih . (dok. Sisternet)

Proses seleksi peserta tahun ini dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi dan nasional, yang diikuti oleh perwakilan sekolah menengah umum dan sekolah menengah kejuruan. Hasil seleksi peserta dengan mengangkat tema “Inovasi Dalam Peningkatan Kendaraan yang Berkeselamatan” berhasil menjaring peserta sebanyak 40 orang yang merupakan perwakilan dari 22 provinsi.

Para pelajar ini merupakan pelajar berprestasi yang telah lolos seleksi dan dibimbing langsung oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang kelak akan didaulat sebagai “Duta Keselamatan Berkendara” di Propinsi masing-masing.

Kerjasama kemitraan antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan XL Axiata akan mencakup penyediaan sarana layanan digital dalam Aksi Keselamatan Transportasi Darat. Dukungan ini akan meliputi penyediaan layanan digital melalui website https://www.sisternet.co.id/modulpintar di mana di dalamnya akan ada modul e-Learn terkait informasi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. Selain itu materi sosialisasi dan edukasi keselamatan berkendara dan berlalu-lintas juga akan dituangkan dalam bentuk artikel, kompetisi, juga kuis, baik di website maupun media sosial Sisternet.

Melalui kerjasama ini, XL Axiata dan Kementerian Perhubungan mendorong para pelajar sebagai pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, tidak hanya di lingkungan sekolah, namun juga di tengah masyarakat.

Semoga mereka dapat menerapkan dan memberikan tauladan bagi masyarakat luas di lingkungan mereka dan sekolah mereka nanti ya.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *