Dengan Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver, Mari Kembangkan Bisnis Kita

Diposting pada

Pagi teman-teman, Mama Azzam mau bahas mengenai SystemEver, sistem software Cloud ERP milik Younglimwon Soft Lab Co., Ltd. dari Korea Selatan. Sebelumnya nih, siapa yang sedang keranjingan dan tergila-gila dengan Drakor dan Idol Korea Selatan seperti saya 🙂 . Ada yang ikuti juga kehebohan Drakor StartUp yang sudah memasuki episode ke-12 ga, kisahnya mengangkat tentang perjuangan tiga anak muda dalam membangun mimpi mendirikan perusahaan rintisan berbasis teknologi IT atau startup. Dibintangi oleh Seo Dal Mi (Bae Suzy), Nam Do San (Nam Joo Hyuk), dan Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho),  ceritanya menarik dan penuh inspirasi.

Drakor Startup
Inspirasi dari drakor Startup

Disaat yang lain heboh dengan kisah cinta segitiga antara pemeran utama, saya sibuk membayangkan punya bisnis rintisan yang kelak bisa jadi warisan buat anak saya kelak 🙂 maklum dimasa pandemi seperti sekarang, kok pingin banget punya satu bisnis yang bisa dikelola dari rumah tanpa harus sibuk cari tenaga ahli di bidang akuntansi dan manajemen.

Inti yang saya ambil dari drakor ini, kita harus punya tim solid yang paham pada bidangnya masing-masing dan juga bantuan sistem software yang memadai untuk dapat mengembangkan usaha kita dan mampu bersaing di dunia bisnis, dan sistem cloud ERP bisa jadi solusinya.

Mengenal sistem cloud ERP
Mengenal sistem cloud ERP (pict. Instagram Systemever)

Jangan ketinggian mimpi langsung punya bisnis besar, bisa punya satu bidang UKM dengan channel pemasaran yang stabil sudah sangat membanggakan pastinya. Tentu saja ilmu bisnis dan sistem administrasi perlu kita kuasai untuk bisa sukses dalam menjalani bisnis, tidak lupa untuk memahami sistem penjualan dan distribusi yang tepat. Karena kehidupan nyata tidak seindah dan semudah jalan cerita dalam Drakor iya gak sih 🙂 .

Siapapun tahu kalau Sumber Daya Manusia (SDM) masih yang paling utama dalam berjalannya suatu usaha atau kegiatan bisnis. Tapi terkadang kita lupa untuk menyiapkan SDM dengan jiwa dan mental kuat yang siap berkolaborasi, mau bekerjasama, dan bersinergi dengan rekan kerja dan lingkungan sekitar. Hal ini tentu saja berlaku bagi diri sendiri, karena tidak ada usaha yang sukses hanya dengan kerja keras satu individu.

Penting sekali saat mendirikan usaha, untuk mengajak orang-orang yang bisa berbagi tugas dan diajak bekerjasama dan memiliki satu visi dan misi untuk bisa sukses. Keahlian dalam mengurusi marketing dan finansial, mengurus produksi dan keuangan tidak semuanya bisa di kuasai oleh satu orang kan. Sehingga pada akhirnya kolaborasi dengan beberapa orang yang memiliki keahlian masing-masing bisa memungkinkan suatu usaha untuk dapat berkembang.

Akan sangat menyulitkan tentunya, saat kita sudah memiliki perusahaan dengan banyak sumber daya manusia dengan berbagai aktivitas antar departemen tanpa adanya sistem manajemen terpadu. Untuk mengelola karyawan, penggajian, logistik, penjualan, administrasi dibutuhkan sebuah sistem yang biasa dikenal dengan ERP (Enterprise Resource Planning).

Baca juga : Pentingnya Mengenal Software Sistem ERP SystemEver Bagi Ibu Millenials Yang Ingin Memulai Bisnis

Sistem ERP ini dapat membantu segala urusan yang ada di dalam perusahaan kita nantinya. Penggunaan sistem ini tidak terbatas pada perusahaan besar, namun perusahaan yang masih berskala UKM juga disarankan untuk menggunakan software ini sejak dini. Hal ini bertujuan agar perusahaan yang ada, meski skala kecil lebih terorganisir dalam pengelolaannya.

SystemEver – Sistem Aplikasi ERP yang Untuk Small Medium Enterprises

SystemEver adalah Sistem Software Cloud ERP milik Younglimwon Soft Lab Co., Ltd. dari Korea Selatan, yang dikhususkan untuk Small Medium Enterprises. SystemEver telah mendistribusikan solusi software sistem ERP kepada ribuan pelanggan selama bertahun-tahun, baik dalam bidang Perdagangan dan Distribusi, Manufaktur dan Industri Layanan.

Gunakan Software Sistem ERP SystemEver
Software Sistem ERP SystemEver bantu kita untuk kembangkan usaha

SystemEver sudah cakup seluruh sistem aplikasi ERP, mulai dari aplikasi persediaan barang (inventory), aplikasi penjualan, program akuntansi, hingga sistem manajemen. Sistem ini dirancang sebagai software sistem ERP yang mudah digunakan dan disesuaikan serta dikemas dengan inovatif.

Menyasar segmen pelaku usaha di kelas bisnis menengah (enterprise), SystemEver Indonesia optimis bisa menjadi solusi ERP yang diperhitungkan dunia usaha di Indonesia. Hal ini berdasarkan masih banyaknya UKM yang terus menggeliat meski di masa pandemi.

Visual-K fitur andalan ERP
Visual-K fitur andalan dalam sistem cloud ERP (pict. Instagram Systemever)

SystemEver adalah satu-satunya software ERP yang memiliki keunggulan khas berupa fitur tampilan layar kerja Visual-K yang mudah digunakan, lebih simple dan menarik. Visual-K membuat siapapun penggunanya bisa mengaplikasikan menu-menu kerja terkait hanya dalam satu halaman kerja.

Di Indonesia, sampai saat ini SystemEver telah memberi manfaat pada sektor brick manufacture, alat dan produk kesehatan serta bidang jasa keuangan.

Saat bisnis kita sudah mulai stabil dan membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam melacak pesanan, mengecek dan memeriksa stok, sekaligus mengontrol proses distribusi dan pengiriman agar barang bisa diterima konsumen dengan cepat dan tepat. Kita harus memiliki sistem pengelolaan manajemen yang efisien yang mampu membantu dalam mengatasi permasalahan yang ada.

Pada tahap inilah, sistem software manajemen terpadu atau ERP (Enterprise Resources Planning) menjadi solusi manajemen bisnis. Karena software ERP berbasis cloud notabene memiliki mekanisme otentikasi otomatis untuk mengelola karyawan, penggajian, logistik, penjualan, administrasi dan sebagainya agar sistem manajemen bisnis berjalan efektif dan efisien.

Pilih SystemEver
Alasan pilih SystemEver sebagai Sistem Manajemen Bisnis (pict. IG SystemEver)

Sistem ERP berbasis cloud mengintegrasikan aliran data atau informasi dari beberapa departemen terkait yang berimplikasi langsung pada transaksi bisnis dengan sistem keuangan secara real time. Hal ini memungkinkan pengelola atau pemilik bisnis (business owner) di kalangan top level management untuk membuat keputusan yang lebih baik dan strategis.

Keputusan bisnis yang efektif membutuhkan ketersediaan informasi yang memadai dan data akurat pada waktu yang tepat. Sistem ERP menyediakan data dan informasi dari beberapa departemen dengan mudah dan terus diperbarui.

Dengan demikian, produktivitas akan mudah ditingkatkan, karena tiap departemen terkait dapat terkoneksi dengan cepat dan terawasi secara optimal oleh pemilik bisnis atau pengelola dimanapun dan kapan saja.

Pentingnya Manajemen Inventaris Untuk Efesiensi Kerja

Keunggulan sistem manajemen inventory yaitu, dapat menyederhanakan proses pengelolaan persediaan yang kompleks, seperti pengecekan inventaris, pemesanan barang dari pemasok, pengambilan dan pengepakan barang, penghitungan nilai inventaris, prediksi kebutuhan inventaris, pelacakan pengiriman pesanan, dan masih banyak lagi. Kalau semua hal ini dilakukan secara manual, bisa dibayangkan berapa banyak waktu yang terbuang untuk menyelesaikannya.

Jalur Manajemen Inventaris
Jalur Manajemen Inventaris

Manfaat sistem manajemen inventory :

1. Penyimpanan Data Terpusat
Semakin banyak lokasi stok yang harus Anda kelola, semakin sulit Anda mengelola pesanan dan melacak ketersediaan stok yang kita miliki.

Dengan sistem manajemen inventory yang memadai, kita akan dapat mengetahui ketersediaan barang dan menemukan lokasinya hanya dalam hitungan detik, bahkan sekalipun barang berada di gudang atau toko yang berbeda. Kita juga dapat memproses pesanan dan melacak kurir pengiriman melalui sistem yang sama.

2. Stock Control
Stock control (atau inventory control) adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam menyediakan stok barang yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan konsumen.

Sistem manajemen inventory juga memungkinkan kita untuk mengawasi ketersediaan stok dan memastikannya untuk selalu berada di tingkat yang mencukupi. Sistem akan memberikan notifikasi ketika persediaan sudah menipis sehingga kita dapat segera melakukan pemesanan ulang.

3. Peningkatan Efisiensi
Dengan sistem manajemen inventory, berbagai aktivitas kompleks yang termasuk dalam penanganan stok dapat dibuat menjadi lebih sederhana. Laporan inventaris bulanan hingga tahunan dapat dihasilkan dalam hitungan detik. Ini adalah sesuatu yang mustahil jika dilakukan secara manual.

4. Produktivitas yang Optimal
Karena berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan pengelolaan inventaris telah diotomatiskan, maka karyawan Anda dapat lebih fokus pada tugas-tugas lain yang tidak kalah penting. Mereka tidak perlu lagi terjebak pada satu pekerjaan yang memakan waktu lama seperti pencatatan jumlah stok atau pembuatan laporan dengan spreadsheet.

5. Penghematan Biaya
Solusi manajemen inventaris menjauhkan perusahaan dari kerugian finansial akibat dari berbagai human error, penyimpanan stok yang berlebihan, pembelian barang yang tidak perlu, kompensasi untuk keterlambatan pengiriman, dan lain-lain. Dengan satu sistem yang terpusat dan terintegrasi, kita tidak perlu menghamburkan uang untuk membeli sistem tambahan untuk mengelola persediaan.

Selain itu, kita juga bisa mengurangi biaya yang semestinya digunakan untuk membayar tenaga kerja profesional untuk mengelola inventaris perusahaan. Sebab, sistem ini mampu mengotomatiskan pengelolaan inventaris kita. Sistem ini dapat dengan mudah diimplementasikan oleh siapa pun sekalipun penggunanya bukan ahli dalam inventaris.

6. Peningkatan Kepuasan Pelanggan
Perangkat lunak manajemen inventaris memastikan seluruh pesanan konsumen terpenuhi dengan baik melalui informasi real time terkait tingkat persediaan Anda. Sistem juga memungkinkan Anda untuk melacak pengiriman pesanan hingga sampai ke tangan konsumen. Sehingga pada akhirnya, sistem ini membantu meningkatkan kepuasan pelanggan pada layanan Anda.

7. Prakiraan dan Perencanaan yang Akurat
Sistem manajemen inventory membantu kita menjadi lebih proaktif ketika merencanakan dan memprediksi kebutuhan inventaris. Dengan laporan inventaris yang lengkap dan akurat, kita dapat mengetahui produk yang paling populer, produk yang jarang dipesan oleh konsumen, seberapa banyak barang yang harus disediakan di waktu yang akan datang, pemasok mana yang paling menguntungkan, dan berbagai informasi penting lainnya yang membantu meningkatkan produktivitas bisnis.

Beberapa Fitur Utama Yang Harus Ada Dalam Sistem Manajemen Inventaris 

1. Manajemen Stok
Fitur ini membantu pengguna untuk memantau pergerakan stok dari satu lokasi ke lokasi lain. Ketika barang keluar dari gudang atau toko, maka fitur ini akan secara otomatis mengurangi jumlah stok yang dimiliki (inventory on hand).

2. Manajemen Procurement
Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur jumlah minimum stok dan menyalakan notifikasi yang akan memberi tahu jika persediaan sudah mencapai tingkat minimum yang sudah ditentukan. Pengguna kemudian dapat langsung melakukan pemesanan ulang secara otomatis ke supplier.

3. Manajemen Supplier
Fitur ini berfungsi menyimpan seluruh informasi lengkap terkait pemasok. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan pemasok yang ingin dihubungi dan membandingkan penawaran dari satu pemasok dengan pemasok lainnya.

4. Barcode Scanning
Ini merupakan salah satu fitur yang paling dibutuhkan oleh banyak perusahaan, terutama yang bergerak di bidang ritel dan grosir. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat barcode secara otomatis sehingga mempercepat proses pelabelan. Sistem manajemen inventaris yang bagus menyediakan integrasi dengan barcode scanner.

5. Shipment Tracking
Dengan alat pelacakan pengiriman, penjual dapat dengan mudah melacak barang yang dikirim ke pelanggan. Beberapa sistem manajemen inventory bahkan mengizinkan pelanggan untuk mengonfirmasi penerimaan barang secara langsung di tempat melalui aplikasi seluler.

6. Laporan Inventaris
Software manajemen inventaris yang baik menyediakan alat pelaporan canggih yang menunjukkan data analitik lengkap tentang pergerakan stok, valuasi stok, jumlah stok, inventory turnover, dan masih banyak lagi. Dengan data yang akurat, maka pemangku kepentingan di perusahaan dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Sistem manajemen inventory tidak hanya dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga bisnis kecil dan menengah.

Keunggulan lain dari software ERP ini memberikan fleksibilitas dalam hal membuat penyesuaian yang diperlukan dalam manajamen data sesuai dengan kebutuhan pasar dan kondisi yang diberlakukan pembeli.

Tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan Sistem Cloud ERP ini, namun Systemever selalu melakukan evaluasi dan perbaikan pada sistem yang ada. Kalau tidak coba langsung sistem cloud ERP manajemen, mana tahu keunggulan yang ditawarkan.

Sekarang sudah waktunya untuk selangkah lebih maju untuk mengembangkan bisnis kita dengan Sistem Cloud ERP. Kalau kisah drakor aja bisa menginspirasi, kenapa kita ga ikut sukses dengan Sistem Software Cloud ERP dari Korea Selatan ini 🙂 .

Spread the love

27 thoughts on “Dengan Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver, Mari Kembangkan Bisnis Kita

  1. Wah inovasi semakin maju aja ya, dengan software cloud ERP bisa membantu mempermudah urusan manajemen suatu perusahaan besar maupun kecil.

    Wah mantap nih Mba, dari film drakor bisa menginspirasi jadi sebuah artikel…

  2. Korea Selatan ga ada matinya, selalu inovatif di bidang teknologi ga cuma di drakor yang bomoing aja. Jadi ERP ini sistem terpadu buat monitoring bisnis gitu ya Kak? Keren juga sih kalau UKM punya sistem terintegrasi yang menangani manajemen stok barang dan pelacakan pengiriman, jadi praktis dan ekonomis. Sudah saatnya memang dunia digital dimanfaatkan dengan maksimal dengan teknologi canggih seperti ERP. Moga bisnis kopiku bisa gede lama-lama didukung ERP.

    1. Ternyata sistem Cloud ERP banyak manfaatnya ya dalam membantu menjalankan bisnis. Tidak hanya bisnis skala besar, tetapi bisnis skala kecil perlu menggunakan Cloud ERP. Apalagi dalam manajemen stok, kalau tanpa sistem bisa kerepotan saat ada banyak pesanan barang.

  3. Hadirnya sistem ERP ini sangat memudahkan pelaku bisnis dalam urusan managemennya, apalagi dengan basis cloud akan lebih menghemat biaya, sehingga SDM nya juga mudah untuk mengaplikasikan nya

  4. Aku ikutin drakor StartUP hihihi. Suka banget sama ceritanya ada tentang hackaton & bagaimana caranya mengembangkan perusahaan dengan tim yang ada. Tim yang solid menjadi modal utama dalam mengembangkan perusahaan supaya bisa berhasil ya.
    Kenal ERP sejak aku lulus kuliah dulu nih kebetulan di kantor sudah menerapkan sistem ini juga.

  5. Sebuah cita cita saya juga mbak. Bisa punya bisnis berawal dari rumah tapi pengelolaan bisnis tetap bagus. Dg penggunaan system ERP ini yang dapat mendukung kinerja dalam berbisnis walau masih berupa UKM kecil.,

  6. Drakor Start Up memang memberikan banyaaakkk banget inspirasi pada pemirsanya ya. Terutama tentang hal2 penting seputar membangun bisnis. Termasuk hal2 seputar sister cloud ERP Manajemen Inventory systemever ini, harus banget kita pelajari dan kuasai dgn baik

    Aku tim Han Ji Pyeong, btw wkwkwkwk

  7. sistem cloud erp ini untuk perusahaan atau bisnis2 gede ya mbak
    kalau UKM-UKM mungkin belum perlu ya, kecuali kalau udah kewalahan (dalam artian melejit bisnisnya) sehingga perlu pengelolaan yang efektif, barulah bisa pakai system ever ini ya mbak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *