Sinar Mas Land Berantas Buta Al-Qur’an dengan Mengadakan Lomba Membaca Al-Qur’an Secara Virtual

Diposting pada

Selamat pagi teman-teman, meskipun di tengah pandemi tapi Hari Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2021 tetap diperingati dengan penuh hikmat di daerah saya tinggal, bagaimana dengan kalian? Kalau sebelum pandemi hadir di tengah kita, biasanya ada pawai obor sambil shalawatan sepanjang jalan di kampung dan perumahan.

Tahun 2021 ini sangat berbeda dalam memperingati Maulid Nabi, tidak ada keramaian dan pengajian Tabligh Akbar, tapi masih banyak kegiatan positif yang dilakukan. Surau dan masjid kecil sudah mulai mengadakan pengajian meskipun dengan jumlah jamaah yang tidak seramai dulu.

Membaca Al-Qur’an menjadi salah satu amalan baik yang dilakukan dalam memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Siapa sih yang tidak senang saat anak-anaknya menyukai dan bisa membaca Al-Qur’an? Dan sebaliknya, pasti kita akan sedih saat dilingkungan tempat kita tinggal masih banyak yang tidak bisa atau tidak mengenal huruf Hijaiyah dalam Al-Qur’an.

Berantas Buta Al-Qur’an dengan Lomba Membaca Al-Qur’an

Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, akan sangat bermakna dengan memotivasi anak-anak untuk meningkatkan kemampuan mereka membaca Al-Qur’an. Hal ini yang melatarbelakangi diadakannya Lomba Membaca Al-Qur’an Virtual yang diselenggarakan oleh Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML).

Lomba Membaca Al-Qur'an
Memperingati Maulid Nabi, Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) berkolaborasi dengan Yayasan Mama Papa menyelenggarakan kegiatan lomba membaca Al-Qur’an secara daring pada Sabtu (23/10). (foto dokumen Sinar Mas Land)

“Membaca Al-Qur’an, mendalami maknanya, dan kemudian mengamalkannya dalam keseharian, adalah cara mulia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dari sana, kita juga berkesempatan memotivasi anak-anak kita memperdalam kemampuan mereka membaca Al-Qur’an, tanpa terbatasi oleh pandemi karena berbasis teknologi, secara daring sebagaimana kita laksanakan hari ini,” hal ini diungkapkan oleh Ketua Dewan Pembina YMSML, Saleh Husin.

Lomba membaca Al-Qur'an
Saleh Husin (Ketua Dewan Pembina YMSML) membuka dan memberikan sambutan dalam program Berantas Buta Al-Qur’an Virtual 2021.(foto dokumen Sinar Mas Land)

Dalam penyelenggaraannya, Sinar Mas Land melalui YMSML bekerja sama dengan Yayasan Mama Papa mengajak para peserta membaca Al-Qur’an menggunakan metode Mama Papa. Tak kurang dari 402 anak usia 7-12 tahun dari perwakilan 72 masjid atau mushalla di sekitar kawasan Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi, unjuk kemampuan secara daring melalui Zoom pada Sabtu (23/10) yang lalu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) Virtual 2021 yang berlangsung sejak Mei sampai dengan September, yang diadakan oleh Sinar Mas Land.

Kompetisi ini dibagi menjadi tiga kategori:

1. Kategori A untuk anak usia 7-9 tahun,

2. Kategori B untuk anak usia 10-12 tahun, dan

3. Kategori C untuk anak usia 13-15 tahun

Lomba membaca Al-Qur’an ini berhadiah total sebesar Rp 42 juta. Sehingga tak heran kalau ada banyak peserta yang mengikutinya.

Peserta lomba membaca Al-Qur'an
Ratusan peserta yang terdiri dari anak usia 7-15 tahun sangat antusias mengikuti kegiatan lomba membaca Al-Qur’an. (foto dokumen Sinar Mas Land)

Penulis Buku Metode Mama Papa, Ustaz Muhammad Taslim menjelaskan bahwa metode Mama Papa merupakan cara cepat membaca Al-Qur’an menggunakan pendekatan cerita. “Cara bacanya pun hampir mirip dengan membaca Arab Melayu. Menariknya, huruf-huruf hijaiyah yang berjumlah 29 dikenalkan dengan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti bagi mereka yang belajar membaca Al-Qur’an.”

Lomba Membaca Al-Qur'an
Lomba Membaca Al-Qur’an secara virtual diikuti oleh ratusan peserta. (foto dokumen Sinar Mas Land)

Ratusan peserta ini merupakan anak didik ustaz dan guru mengaji yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan (training of trainers) cara cepat membaca Al-Qur’an menggunakan metode Mama Papa. Pelatihan itu merupakan rangkaian kegiatan Program BBQ Virtual 2021 yang menggandeng 144 ustaz dan guru mengaji selama 3 bulan secara intensif. Selama pelatihan, mereka dibekali buku panduan dan alat peraga berupa salinan digital agar lebih mudah memahami metode tersebut.

Program BBQ telah berlangsung sejak 2018 hingga 2019 yang diikuti oleh 600 ustaz dan ustazah hingga guru mengaji dari 127 masjid dan musala di sekitar kawasan BSD City. Di tahun ini, YMSML memperluas jangkauan hingga ke masjid atau musala di sekitar Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi.

Membangun Ukhuwah Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML)

Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) adalah wadah untuk berbagi kebaikan bagi karyawan muslim di lingkungan kerja Sinar Mas Land. YMSML terus melakukan serangkaian kegiatan program dalam membangun ukhuwah di antaranya penyerahan ratusan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha, wakaf Al-Qur’an, Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ), bazar minyak goreng, pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat umum hingga penyediaan sentra vaksin bagi lansia dan takmir masjid. Buat yang tertarik dengan semua kegiatan dari Sinar Mas Land, bisa diintip melalui website www.sinarmasland.com.

Lomba membaca Al-Qur'an bersama Sinar Mas Land
Ustaz Zacky Mirza memberikan tausiah kepada para peserta lomba secara daring dalam program Berantas Buta Al-Qur’an Virtual 2021. (foto dokumen Sinar Mas Land)

Pada kegiatan lomba membaca Al-Qur’an Virtual yang diselenggarakan oleh Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) ini, hadir Ustaz Zacky Mirza yang memberikan tausiah kepada peserta yang hadir. Memberikan siraman rohani yang menyentuh kalbu dan membangkitkan semangat untuk lebih mencintai Al-Qur’an.

Setiap kompetisi dan lomba sudah tentu ada pemenangnya, begitu juga dengan Lomba Membaca Al-Qur’an Virtual yang diselenggarakan oleh Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML).

Juara lomba membaca Al-Qur'an
Juara lomba membaca Al-Qur’an
Juara lomba membaca Al-Qur'an
Juara lomba membaca Al-Qur’an
Juara lomba membaca Al-Qur'an
Juara lomba membaca Al-Qur’an

Semoga kegiatan ini bisa membantu banyak masyarakat untuk lebih mencintai Al-Qur’an, memberantas buta Al-Qur’an. Berharap juga tahun depan anak saya bisa mengikuti kegiatan ini dan memenangkan hadiah yang ada 🙂 .

Spread the love

One thought on “Sinar Mas Land Berantas Buta Al-Qur’an dengan Mengadakan Lomba Membaca Al-Qur’an Secara Virtual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *