Sentuhan Kasih Ibu ada dalam JOHNSON’S® Baby

Posted on

Menjadi seorang ibu adalah kebanggan tersendiri bagi setiap wanita, terutama bagi saya, karena memiliki anak pertama saya di usia 32 tahun, usia yang rentan dengan resiko yang lebih besar.

Bersyukur saya bisa menjalani kehamilan dengan baik dan melakukan persalinan dengan proses normal.
Screenshot_2017-04-27-14-39-36-1

Kebetulan anak saya Muhamad Azzam dilahirkan di bidan, bukan di rumah sakit bersalin, dengan tinggi 50 cm dan berat 3 kg terlahir normal dengan sehat dan selamat, meski memakan waktu hingga 8 jam proses persalinan tetapi saya sangat bersyukur bisa mengalaminya. Bidan Sri yang membantu persalinan menganjurkan saya menggunakan produk Johnson and Johnson untuk merawat kulit bayi saya. Bukan promo kata beliau tetapi memang produk perawatan bayi paling bagus dan dianjurkan adalah produk Johnson and Johnson.

Saya sangat terbantu dengan rekomendasi bidan Sri, sabun mandi, bedak, shampo dan baby oil dari Johnson and Johnson menjadi pilihan saya dalam merawat bayi Azzam.
Saya merawat anak saya tanpa bantuan orang tua atau keluarga lainnya, karena saat tiga minggu pertama setelah kelahiran saya kedua orang tua dan mertua saya sedang menjalankan Umroh saat itu. Pengalaman pertama menjadi ibu yang full 24 jam seluruh perawatannya saya lakukan sendiri, sangat tidak terlupakan dan penuh dengan haru biru.

Ingat saat pertama kali memandikan bayi yang masih ringkih, kecil dan asing buat saya. Karena kurangnya pengalaman dan kurangnya informasi pada perawatan bayi, saya memandikan bayi dengan hanya menggunakan waslap dan sabun batang lalu membersihkan, mengeringkan dan membedakinya kemudian memakaikannya pakaian.

Ternyata yang saya lakukan ini kurang tepat dan bisa membuat bayi saya iritasi, karena saya tidak memakaikan baby oil dan baby lotion pada bayi saya. Bersyukur bidan Sri melakukan kegiatan kunjungan pasien dari rumah ke rumah dan memberitahu saya bagaimana memandikan bayi, bagaimana memijat bayi, bagaimana memeluk bayi dan bagaimana menenangkan bayi yang sedang menangis.
Rahasia Sentuhan Ibu infographic

Bayi sangat membutuhkan sentuhan lembut dan hangat dari ibunya agar tumbuh kembangnya baik dan sempurna, selain itu stimulasi di saat mandi bisa membuat bayi kita pertumbuhannya lebih cepat. Perkembangan motorik, penglihatan dan pendengarannya bisa lebih cepat.

Manfaat melakukan stimulasi multi sensori saat pijat
 Menurunkan produksi hormon stresor, membuat bayi riang.
 Membantu bayi untuk berlatih relaksasi, membuat bayi riang.
 Membantu meredakan ketidaknyamanan (kolik, tumbuh gigi).
 Membantu mengatasi gangguan tidur.
 Membuat tidur lebih lelap dan lama, membantu perkembangan memori
 Membantu pengaturan sistem pencernaan, sistem respirasi dan sirkulasi meningkatkan berat badan dan kesehatan.
 Memperbaiki sistem imun, akan membuat bayi makin sehat.
 Membuat ikatan / bounding dengan ibu /orangtua.

Stimulasi pijat akan lebih optimal bila menggunakan minyak/lotion saat memijat. Termoregulasi; memperbaiki fungsi skin barrier; memperbaiki sirkulasi.

Yuk kita lakukan pijatan pada bayi kita secara personal, jangan panggil tukang pijat atau pergi ke spa bayi dan menyerahkan semuanya pada mereka. Karena bagaimanapun juga bayi kita lebih membutuhkan sentuhan langsung dari orangtuanya. Dianjurkan pemijatan dilakukan 2 kali sehari di enam bulan pertama usia bayi ya bunda.
Fakta penting yang harus ibu ketahui tentang pentingnya merawat kulit bayi di 28 hari pertama, karena tingginya angka kematian bayi di fase neonatal sesuai fakta WHO :

1. Fase neonatal yaitu 28 hari pertama setelah bayi dilahirkan, merupakan masa paling krusial dalam kehidupan seorang bayi karena tubuhnya sedang mengalami perkembangan dan mengalami perubahan lingkungan yang sangat drastis, sehingga tubuhnya sangat rentang.
2. Situasi ini yang menyebabkan angka kematian saat masa neonatal masih tinggi di Indonesia. Berdasarkan data WHO pada tahun 2015, terdapat sekitar 70.000 bayi di Indonesia yang kehilangan nyawanya sebelum menginjak umur 28 hari. Salah satu faktor adalah akibat kurangnya perhatianan terhadap perawatan kulit selama masa neonatal yang menyebabkan terjadinya sepsis pada kulit bayi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada lebih dari 1 juta kasus sepsis setiap tahunnya dan di Indonesia sendiri ada ribuan kematian bayi yang diakibatkan sepsis melalui kulit di tahun 2015.
3. Kematian bayi di masa neonatal dapat dicegah dengan memberikan perawatan kulit yang tepat dan efektif bagi bayi karena hal tersebut sangat penting bagi kelangsungan hidup seorang bayi selama masa neonatal.

Seperti dijelaskan oleh Dr. Bernie Endiarini Medise, Sp.A(K), MPH, Dokter Spesialis Anak, “Selama masa neonatal, kulit bayi sangat sensitif, maka dari itu diperlukan perawatan kulit yang efektif dan tepat bagi bayi di masa neonatalnya. Kandungan emollient yang digunakan dalam perawatan kulit bayi dapat mencegah terjadinya kulit kering/TEWL (Transepidermal Water Loss). Disamping itu, sentuhan ibu selama masa neonatal sangatlah penting, karena dapat memperlancar peredaran darah bayi dan juga meningkatkan imunitasnya, sehingga bayi akan lebih sehat, dapat bertumbuh dan hidup lebih panjang.”

Ternyata ini adalah alasan kenapa bidan saya menganjurkan saya menggunakan perawatan bayi dari Johnson and Johnson tiga tahun lalu. Agar bayi bisa selamat dan menjalani 28 hari pertamanya dengan nyaman.

Ada berita baik dari Johnson and Johnson bagi para ibu dan calon ibu di tahun 2017 ini, karena melihat kondisi tingginya angka kematian bayi di fase neonatal, JOHNSON’S® Baby mengadakan kampanye “JOHNSON’S® Baby Sentuhan Penuh Harapan”, untuk menyebarluaskan pentingnya sentuhan ibu terhadap bayi melalui pijatan dan sentuhan saat mandi dan memijat, terutama selama masa neonatal. Selama bulan Juni dan Juli 2017, JOHNSON’S® Baby juga mengajak para Ibu untuk berpartisipasi secara aktif untuk menyebarkan awareness tentang Sentuhan Penuh Harapan dengan cara:
– Menyebarluaskan pentingnya sentuhan Ibu melalui pijatan dan sentuhan saat mandi dan memijat melalui
media sosial
– Berkontribusi dalam program pembelian Sentuhan Penuh Harapan, dimana JOHNSON’S® Baby menggandeng Alfamart dan Save the Children, memberikan para Ibu cara termudah bagi seluruh ibu untuk berpartisipasi, yaitu dengan pembelian minimum Rp 25.000,- produk JOHNSON’S® Baby jenis apapun di seluruh gerai Alfamart di Indonesia, JOHNSON’S® Baby akan mendonasikan Rp 500,- ke Save the Children.
• Dalam kata lain, para Ibu di Indonesia telah berkontribusi dan bantu berikan harapan bagi bayi yang kurang beruntung di Indonesia untuk hidup, tumbuh dan melihat dunia.
Screenshot_2017-07-22-20-21-35-1
Untuk informasi lebih lanjut tentang campaign ini, silakan cek akun media sosial resmi dari Johnson’s Baby yaitu :
• Instagram : @johnsonsbaby_id
• Twitter : @JohnsonsBaby_ID
• Facebook : https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia

By. Anisa Deasty Malela
Email : anisa_dee007@yahoo.co.id
Instagram : @anisa.dee
Twitter : @Desty007

Spread the love

25 thoughts on “Sentuhan Kasih Ibu ada dalam JOHNSON’S® Baby

    1. Selain anak kita selamat, ribuan anak lainnya bisa ikut terselamatkan juga, jangan lupa beli produknya Johnson’s Baby di Alfamart ya bun

    1. Betul bunda, jangan kasih sembarangan buat buah hati kita, selalu beri yang terbaik seperti produk Johnson’s Baby

  1. Karena kebetulan menggunakan produk ini pastinya akan ikut berpartisipasi di Program Sentuhan penuh Harapan.

  2. Berarti Saya Sudah mendukung kegiatan ini juga dunk yahh, karna sudah membeli dan memberikan sentuhan khusus kepada si kecil dengan menggunakan produk ini.

  3. Aku baru tau lho klo 28 hari pertama itu penting banget untuk bayi. Untung dulu selalu diingatkan mama utk pijat n mandikan bayi secara teratur

    1. Pantas ibu2 jaman dulu sering bawa anak ke tukang urut bayi ya bun, tapi kalau sdh tahu kita pasti lebih aware dan lebih sering memberi sentuhan yang tulus pada anak kita

  4. Awalnya saya sendiri gak tau tentang masa neonatal bayi ini, yang saya lakukan murni insting seorang ibu. Dan alhamdulillah si kecil sehat hingga sekarang.

  5. Terimakasih informasi nya bunda, saya belum menikah dan brita ini akan menjadi panduan saya kelak saat memiliki anak.

  6. Ternyata bayi memiliki masa prenatal ya, saya baru tahu ini. Semoga anak saya bisa memdapat perawatan terbaik dengan produk Johnson baby.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *