RS Premiere Jatinegara Menyediakan Layanan Drive Thru Swab PCR Covid-19

Posted on

Selamat Pagi teman-teman, apa kabarnya di tengah penerapan PSBB saat pandemi ini? Semoga masih bertahan dan tetap semangat beraktivitas dan masih produktif meski di rumah saja sampai saat ini ya 🙂 .

Banyak sekali berita yang beredar di berita televisi, whatsapp group maupun media sosial mengenai perkembangan dari situasi terkini dari Covid-19. Sudah tentu membuat kita khawatir, tetapi kita harus bisa memilah mana berita yang sesuai fakta maupun mana berita Hoax yang hanya menimbulkan keresahan.

Rumah Sakit Premier Jatinegara
Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta Timur. 

Banyak dari kita yang masih harus bekerja, menggunakan kendaraan umum ke tempat kerja dan tidak bisa mengisolasi diri di rumah saja untuk mencegah penyebaran virus ini. Tentu saja bagi kita yang masih harus mencari nafkah dan wajib keluar rumah setiap harinya, menjaga kesehatan diri sangat penting agar terhindar dari terkena dampak virus.

Segala macam pencegahan akan dilakukan, dari menggunakan masker wajah, sarung tangan, membawa dan menggunakan hand sanitizer, sampai sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun.

Bagi beberapa orang, melakukan test kesehatan juga menjadi pilihan dalam menjaga kesehatan diri dari penyebaran Virus Corona. Beberapa minggu terakhir, banyak masyarakat yang berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk melakukan test, selain untuk mengobati juga untuk pencegahan.

Tentu saja masih banyak dari kita yang bingung atau belum mengerti cara membedakan jenis tes untuk Virus Corona atau Covid-19, benar gak sih?

Ternyata ada 3 jenis pemeriksaan untuk mengetahui apakah seseorang itu terjangkit Virus Corona atau tidak, yaitu :
1. Rapid Test (test cepat),
2. Polymerase Chain Reaction atau PCR, dan
3. Tes Cepat Molekuler atau TCM.

Yang membedakan adalah cara pengujian dan sensitivitas hasilnya. Tingkat sensitivitas Rapid Test dalam menguji virus hanya sekitar 70 persen. Metode PCR disebut sebagai metode yang paling akurat dalam mendeteksi virus SARS-CoV-2 ini.

Adapun tes PCR dilakukan dengan tes swab atau mengambil sampel dari hidung atau tenggorokan pasien dan mengirimnya ke laboratorium. Untuk TCM, metode dari tes ini adalah melalui dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge. 

Tidak semua masyarakat paham mengenai test pemeriksaan Covid-19, atau dimana seharusnya melakukan pemeriksaan agar mendapatkan hasil test paling akurat.

Rumah Sakit Premier Jatinegara membuka layanan Drive Thru untuk Swab PCR Covid-19

Pandemi Covid-19 saat ini masih terus merebak dan bertambah terus jumlah yang dinyatakan positif, tentu saja perlu penanganan dan keterlibatan semua pihak. Di bidang layanan kesehatan, saat ini RS Premier Jatinegara sudah membuka layanan Drive Thru untuk Swab PCR Covid- 19.

Drive Thru Swab PCR Covid-19 di RS Premier Jatinegara
Layanan Drive Thru Swab PCR Covid-19 di RS Premier Jatinegara (dok. RS Premier Jatinegara) 

Bagi masyarakat yang ingin memafaatkan layanan ini, bisa langsung datang ke lokasi Drive Thru yang berada di area parkir baru di samping gedung RS Premier Jatinegara.

Layanan ini diluncurkan, guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Serta memberikan kemudahan serta rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan Swab Covid-19. Untuk informasi dan pendaftaran dapat dilakukan melalui WA di nomor 0822 1176 7690

Keunggulan dari pelayanan Drive Thru pemeriksaan Swab PCR Covid-19 yaitu:

1. Pasien tidak perlu turun dari mobil.
2. Komunikasi pendaftaran dan informasi melalui whatsapp sehingga semua data bisa terdokumentasi.
3. Hasil swab PCR Covid-19 nantinya akan di email langsung ke pasien secara pribadi.
4. Bonus free consultation voucher untuk konsultasi gratis ke dokter  secara online atau boleh juga datang langsung ke dokter konsultasi tentang keluhan apa aja (tidak mesti konsultasi semua tentang covid-19).

Bagi saya yang tinggal di Bekasi, lokasi Drive Thru pemeriksaan Swab PCR Covid-19 Rumah Sakit Jatinegara adalah yang paling dekat, sudah tentu ini sangat membantu dalam mengaksesnya. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan terhindar dari penyebaran Covid-19.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *