Danone Indonesia Luncurkan Program BACA Untuk Dukung Literasi Anak Indonesia

Diposting pada

Selamat pagi teman-teman, bagaimana kesehatan keluarga tercinta 🙂 semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Bulan Ramadhan tahun 2021 ini ada kebahagiaan tersendiri bagi saya sebagai orang tua, karena anak saya Azzam yang berusia 6 tahun sudah mulai belajar berpuasa dan kuat sampai maghrib.

Menjelang waktunya berbuka puasa, saya selalu mengajak Azzam ngabuburit dengan membaca buku. Meski tidak disambut dengan baik, karena Azzam lebih suka main game dibandingkan kegiatan membaca buku. Gak cuma anak-anak yang kurang menyukai kegiatan yang satu ini, bahkan saya juga mulai jarang membaca buku.

Bagaimana dengan kalian, ada berapa banyak koleksi buku dongeng anak dirumah, dan sudah baca buku apa saja nih dalam seminggu terakhir? Masih banyak gak sih yang langganan koran atau majalah fisik untuk dibaca? Kalau dipikir-pikir, kegiatan membaca sudah hampir jarang dilakukan ya.

Ajak Si Kecil untuk belajar membaca sejak dini
Ajak Si Kecil untuk belajar membaca sejak dini

Tahukah kalian, kalau masyarakat Indonesia punya minat membaca yang sangat rendah, lho. Berdasarkan riset UNESCO hanya 1 orang dari 1.000 orang Indonesia yang rajin membaca. Negara Indonesia yang banyak penduduknya, aktivitas literasinya masih rendah hanya 37% saja, Danone Indonesia yang menyadari hal ini ingin membantu untuk meningkatkan minat baca pada anak.

Dalam rangka perayaan hari buku sedunia (World Book Day) pada tanggal 23 April lalu, Danone Indonesia bekerja sama dengan sebuah wadah edukasi dan informasi tentang kesehatan serta tumbuh kembang anak. Wadah tersebut bernama Tentang Anak.

Kerjasama ini kemudian menghasilkan sebuah program yang diberi nama program BACA yang ditujukan sebagai ajakan untuk mencintai kegiatan membaca dan belajar kebaikan kepada anak-anak melalui sumbangan buku bacaan.

Talkshow dan Peluncuran Program BACA bersama Danone Indonesia

Senang sekali bisa ikut serta dalam peluncuran program BACA dan talkshow dengan tema “Dukung Anak Hebat Berliterasi dengan Asupan Gizi Seimbang dan Pola Asuh Orang Tua Yang Baik”

peluncuran program BACA
Peluncuran Project BACA Danone Indonesia dan Tentang Anak

Dengan pembicara
1. Dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A , Dokter Spesialis Anak dan CEO Tentang Anak
2. Fathya Artha, M.Sc., M.Psi , Psikolog Co-founder Tigagenerasi
3. Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia

Ditengah pandemi dan bulan Ramadhan, kita sebagai orang tua tidak boleh lengah dalam memberikan dukungan yang terbaik bagi Si Kecil, baik melalui pemenuhan gizi seimbang, maupun dengan berbagai stimulasi yang meningkatkan potensi prestasi mereka, salah satunya adalah melalui membaca.

Dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A , Dokter Spesialis Anak dan CEO Tentang Anak
Dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A , Dokter Spesialis Anak dan CEO Tentang Anak

Dokter Spesialis Mesty Ariatedjo, selaku CEO Tentang Anak mengajak orang tua di Indonesia untuk memanfaatkan momen Ramadan dengan mengajak anak melakukan kegiatan membaca selain menyiapkan nutrisi terbaik. Nantinya akan ada 5000 buku serial Sikap Baik yang akan didonasikan, nah kalau kalian ingin ikut serta berdonasi, bisa banget langsung ke wecare.id.

Kegiatan membaca punya segudang manfaat untuk perkembangan anak seperti baik untuk perkembangan otak, kemampuan bahasa, serta mengenalkan beragam emosi dan peristiwa pada anak.

Fathya Artha, M.Sc., M.Psi , Psikolog Co-founder Tigagenerasi
Fathya Artha, M.Sc., M.Psi , Psikolog Co-founder Tigagenerasi

Sedangkan Fathya Artha, M.Sc., M.Psi, seorang psikolog dan Co-founder Tigagenerasi, menjelaskan kalau ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan mengajak anak membaca buku fisik:

1. Menjadi selingan bagi anak dari layar gadget
2. Melatih motorik anak saat membalik, meraba, mempelajari tekstur buku serta memegang buku
3. Memperkuat bonding antara orang tua dan anak ketika membaca buku bersama, dan anak duduk di pangkuan orang tuanya
4. Memberikan pengalaman belajar membaca yang menyenangkan hati anak

Danone Indonesia juga turut mendonasikan buku yang berjudul “Sampahku, Tanggung jawabku” dan flipchart “Isi Piringku”. Nantinya buku-buku ini akan diberikan kepada anak-anak yang sedang dirawat terkait kasus covid dan anak-anak panti asuhan yang ada di seluruh Indonesia, hal ini disampaikan oleh Bapak Arif Mujahidin selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia.

Buku bacaan bagi anak
Buku bacaan bagi anak

Oh iya, memulai kebiasaan baik membaca buku pada Si Kecil tidak perlu dari yang rumit kok. Bunda bisa mulai dengan membacakan buku-buku yang ringan untuk Si Kecil seperti buku cerita pendek atau dongeng.

Ingat ya para orang tua, jangan hanya menyuruh anak untuk membaca, tapi kita sebagai orang tua harus lebih dulu memberikan contoh yang baik dan suka baca, agar anak mau mengikuti apa yang kita lakukan.

Yuk, mulai biasakan Si Kecil membaca buku untuk jadi anak cerdas. Di bulan penuh berkah ini, bisa juga menjadikan kegiatan membaca buku sebagai aktivitas ngabuburit bersama Si Kecil.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *