POTADS – Dukungan Untuk Ibu Dengan Anak Istimewa Terlahir Down Syndrome

Posted on

Dalam hidup, sudah tentu kita sangatlah berharap memiliki keluarga bahagia yang sehat, dengan kebahagiaan yang sempurna. Potret dari keluarga sempurna yang selalu menjadi impian banyak orang. Tetapi Allah SWT yang Maha Pencipta selalu memiliki rencana lain untuk kita.

Kita bisa berusaha dan berharap, namun keputusan ada pada Nya. Seperti halnya saat mengandung, sebagai orang tua kita berusaha memberikan nutrisi terbaik agar anak terlahir dengan sehat agar tumbuh secara normal dan optimal. Namun saat Allah SWT berkehendak untuk menitipkan anak dengan kebutuhan khusus atau dengan kekurangan berupa down syndrome, apa kita bisa menolaknya moms?

Anak yang terlahir Down Syndrome adalah anak-anak yang Istimewa bunda, jangan pernah merasa malu karena mereka hadir di tengah keluarga. Mereka memang berbeda dari anak normal, namun kalau bunda mendampingi mereka, bunda akan lihat kemampuan belajar mereka yang unik. Selain itu patut di garis bawahi ya bunda, kalau potensi mereka sangat besar dan bisa menjadi warga masyarakat yang bermanfaat.

Talkshow Parenting BKKBN bersama Tika Bisono, Psikolog dan Noni Fadhillah, Founder POTADS dengan tema “Persembahan Untuk Ibu Hebat” untuk para ibu dengan anak penyandang Down Syndrome.

Tika Bisono memberikan banyak informasi penting dan bermanfaat bagaimana kita harus lebih sabar dalam memperlakukan anak yang terlahir down syndrome. Tidak mudah memang dalam merawat dan juga membesarkan mereka, karena memang pada dasarnya semua orang terlahir dengan perbedaan dan keistimewaan tersendiri.

Seringkali penolakan terhadap anak down syndrome terjadi di keluarga inti, terutama dari Ayah, terlebih kalau anak laki-laki nya yang down syndrome, atau dari saudara kandung. Tetapi saat keluarga inti sudah bersatu dalam merawat dan menerima keberadaan anak istimewa ini, mereka akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik, percaya diri dan bahkan berpotensi menjadi orang sukses.

Berkenalan dengan POTADS

POTADS adalah suatu perkumpulan yang merupakan Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Syndrome. dengan Ibu Aryati Supriono, sebagai Ketua, Noni Fadhilah sebagai Sekertaris, dan Ellya Goestiani sebagai Bendahara. Acara perkumpulan ini di sahkan menjadi Yayasan POTADS oleh Notaris pada tanggal 28 Juli 2003 dengan tujuan membantu dan memberikan dukungan kepada orangtua terutama ibu dalam merawat dan membesarkan anak down syndrome.

POTADS dukung ibu dengan anak down syndrome
POTADS dukung ibu dengan anak down syndrome.

POTADS ingin berbagi rasa bahwa kita di dunia tidak sendirian dititipi anak dengan down syndrome. Semua orang tua dapat saling bertukar pikiran dan saling mendukung yang lain dalam membesarkan anak dengan down syndrome.

POTADS tidak ingin ada orang tua yang menyia-nyiakan anak dengan down syndrome. Kami berusaha untuk membantu memulihkan diri orang-orang tua dengan Sindroma Down agar mereka dapat mendidik si anak menjadi mandiri sesuai dengan kelebihan dan kelebihannya.

Selain itu, POTADS juga menyebar ke masyarakat luas. Memberikan informasi bahwa down syndrome bukanlah penyakit turunan atau pun kutukan yang ditakuti. Dengan kasih sayang dari orang tua, para penyandang down syndrome mampu berlatih dan di didik. Tidak sedikit dari mereka yang pada akhirnya menunjukkan prestasi.

Tujuan utama POTADS adalah memberdayakan orang tua anak dengan anak yang down syndrome agar selalu bersemangat untuk membantu tumbuh kembang anak spesialnya, maksimal mereka menjadi mandiri, bahkan bisa berprestasi. Karena anak dengan down syndrome memiliki hak yang sama dengan anak-anak lainnya.

Semangat terus untuk semua Ibu hebat yang memiliki anak down syndrome, terlihat dari anaknya yang mampu tampil dengan percaya diri di depan banyak orang. 

dukung ibu dengan anak down syndrome
BKKBN bersama POTADS dukung ibu dengan anak down syndrome.

BKKBN memberikan dukungan yang sangat tinggi kepada POTADS untuk bisa menjadi tempat belajar dan berkumpulnya para orangtua yang memiliki kesamaan memiliki anak down syndrome. Diharapkan POTADS dapat menjadi sarana agar anak-anak down syndrome dapat menggali potensi yang dimiliki.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *