Portal Berita Indonesia.go.id Sebagai Branding Positif Indonesia

Posted on

Pagi moms, masih sering ga sih mendengar dan melihat berita hoax di media sosial? Kalau Mama Azzam nih moms, jujur masih sering melihat banyak berita buruk yang jelas-jelas Hoax terus seliweran di media sosial. Hal ini membuat saya merasa gerah dan terkadang kesal, kenapa masih saja ada orang-orang yang tidak bertanggungjawab menyebarkan berita buruk mengenai negara tercinta Republik Indonesia.

Kalau buat masyarakat yang melek digital, peduli dengan berita yang benar dan mau kroscek berita yang beredar, sudah tentu akan terhindar dari pengaruh buruk berita Hoax. Tetapi nih moms, untuk masyarakat yang awam dan rendah tingkat literasi nya, mereka akan telan mentah-mentah berita yang ada. Ga peduli itu berita benar atau Hoax, mereka akan langsung menyebarkannya ke semua media sosial yang dimilikinya.

Banyak masyarakat yang kesulitan mendapat sumber informasi yang terpercaya, sebagian dari mereka tidak paham mesti cari dimana mengenai berita terpercaya yang akurat dan benar. Maka dari itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) luncurkan portal berita www.indonesia.go.id sebagai sumber berita akurat dan terpercaya. Namun moms, tampaknya gaung dari portal ini belum menyentuh seluruh masyarakat Indonesia.

Portal berita Indonesia
Portal Berita Indonesia.go.id (dok.Kemenkominfo).

Kemenkominfo kembali meluncurkan wajah baru dari portal berita Indonesia.go.id di ruang serbaguna Rueslan Abdulgani, Medan Merdeka Barat. Dengan isi website yang diharap akan lebih menarik dan mudah diakses oleh masyarakat luas, terutama bagi generasi millenials dan dunia internasional.

Branding atau pencitraan yang baik mengenai negara Republik Indonesia adalah tujuan utama dari di bangunnya portal berita ini. Kemenkominfo memberikan tampilan dan juga data berita yang akurat mengenai kinerja pemerintahan, berita budaya dan beragam kekayaan Indonesia kepada seluruh masyarakat.  

Portal berita Indonesia.go.id kali ini mengalami banyak perubahan dibandingkan dengan tampilan sebelumnya yang sudah ada. Dengan data-data yang lebih aktual, tajam, terpercaya dan terlengkap yang akan membuat masyarakat betah untuk membaca semua berita yang ada. Selain itu juga dilengkapi dengan navigasi dan pengkanalan yang mudah di akses, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Portal Indonesia.go.id
Berita yang bisa didapatkan di Portal Indonesia.go.id (dok.Kemenkominfo)

Relaunching Portal www.indonesia.go.id dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Staf Kepresidenan RI Dr. Moeldoko, Staf Khusus Presiden RI Johan Budi SP, dan Guru Besar UI Founder Rumah Perubahan Rhenald Kasali.

diskusi media portal Indonesia.go.id
Diskusi media portal Indonesia.go.id

Kemenkominfo Rudiantara menyatakan bahwa “Kehadiran portal berita www.indonesia.go.id menjadi halaman depan NKRI di dunia digital. Memberikan gambaran secara utuh mengenai Indonesia dan sebagai upaya nation branding”

Membangun nation branding yang kuat di era media digital membutuhkan strategi yang jelas dan terukur, sehingga mampu bersaing dengan baik lain yang beredar di masyarakat, namun dapat menumbuhkan dan membangun kebanggaan, loyalitas rakyat Indonesia.

Rosarita Niken Widiastuti, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo memberikan informasi bahwa visi dan misi dari portal berita www.indonesia.go.id adalah menjadi media informasi dan layanan pemerintah, serta portal rujukan dunia tentang Indonesia yang akurat dan terpercaya, juga untuk merepresentasikan Indonesia ke publik Internasional.

portal Indonesia.go.id
Visi dan Misi Portal berita Indonesia.go.id dijelaskan oleh Rosarita Niken Widiastuti, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo

“Portal berita www.indonesia.go.id ini sebenarnya disusun sudah cukup lama, Presiden menginginkan ada etalase Indonesia sebagai nation branding, oleh karena itu portal ini dianggap sebagai etalase Indonesia” ungkap Johan Budi Staf Khusus Presiden RI.

Spread the love

One thought on “Portal Berita Indonesia.go.id Sebagai Branding Positif Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *