Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Pabrik Mekarsari Upaya Danone-AQUA Mendukung Penggunaan Energi Terbarukan Untuk Indonesia yang Lebih Bersih

Diposting pada

Selamat pagi teman-teman, di tengah pandemi ini selain biaya internet yang semakin melambung, biaya tagihan listrik juga ikut merangkak naik. Kebayang ga sih kalau listrik yang kita gunakan dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya, pasti akan lebih hemat biaya dan ramah lingkungan ya?

Danone-AQUA Resmikan PLTS Atap di Pabrik Mekarsari Mendukung Penggunaan Energi Terbarukan.

Peduli terhadap alam dan menjaga bumi adalah kewajiban setiap penghuni bumi, tanpa terkecuali. Untungnya, industri Danone AQUA juga punya misi yang sama. Sejalan dengan hal itu, Danone-AQUA meresmikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap Pabrik Aqua di Mekarsari, Sukabumi, Jawa Barat pada hari Selasa, 21 September 2021.

Kebaikan energi untuk negeri
Kebaikan energi untuk negeri dengan diresmikannya PLTSA Pabrik AQUA Mekarsari

Dihadiri oleh perwakilan Danone Aqua, Kepala Dinas ESDM Jawa Barat, Bupati Sukabumi, dan tentunya Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, yang telah meresmikan PLTS ini secara virtual.

Dalam kata sambutan Gubernur Jawa Barat, Dr.(HC). Ridwan Kamil S.T.,M.U.D. “Pengembangan Energi Baru Terbarukan melalui pembangunan PLTS Atap, merupakan salah satu bentuk kontribusi konservasi energi, sekaligus mengurangi emisi karbon dari penggunaan energi fosil yang mendominasi pasokan listrik pada pembangkit listrik nasional.”

Peresmian PLTSA Pabrik AQUA Mekarsari
Peresmian PLTSA Pabrik AQUA Mekarsari

Pabrik AQUA Mekarsari dengan PLTS nya akan memiliki kapasitas 2,1 megawatt-peak yg mampu menghasilkan 2,3 gigawatt hour energi listrik pertahunnya, sehingga dapat mengurangi 1.916 ton CO2 per tahun.

Turut hadir, Vera Galuh Sugianto, VP General Secretary Danone Indonesia menyampaikan Danone-AQUA merupakan pelopor pemanfaatan PLTS Atap di industri dalam negeri sejak 2017. Ini merupakan wujud dari komitmen kuat Danone-AQUA untuk mengurangi emisi karbon dan mendungkung penggunaan energi terbarukan dengan menerapkan inisiatif Blue Operations demi mencegah dampak perubahan iklim.

Danone adalah perusahaan makanan dan minuman global terkemuka yang memiliki portfolio unik yang terpusat pada kesehatan dengan visi “One Planet, One Health” yang merefleksikan keterkaitan antara kesehatan masyarakat dengan kesehatan planet kita.

Visi tersebut terwujud dalam komitmen kami terhadap keberlanjutan planet kita dengan berfokus kepada empat pilar yaitu Iklim, Air, Ekonomi Sirkular dan juga Agrikultur.

PLTSA Pabrik AQUA Mekarsari
PLTSA Pabrik AQUA Mekarsari sebagai sumber energi yang terbarukan

Dalam penanganan isu perubahan iklim, Danone secara global berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang netral karbon dalam seluruh rantai pasokan perusahaan pada 2050.

Sebagai bagian dari komitmen untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan mengurangi jejak karbon, Danone-AQUA memiliki inisiatif Blue Operations yang merupakan prinsip operasional perusahaan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan di Indonesia.

PLTS Atap Mekarsari Salah Satu yang Terbesar untuk Industri di Jawa Barat. 

PLTS Mekarsari menjadi PLTS Atap pertama di Sukabumi. Tambahan informasi nih teman-teman, ini merupakan PLTS Atap keempat yang dibangun oleh Danone-AQUA setelah sebelumnya ada di Ciherang, Klaten, serta Karawang.

Danone-AQUA memasang salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terbesar di Jawa Barat yang diinisiasi oleh industri. Pemasangan PLTS Atap di Pabrik Mekarsari, Jawa Barat, merupakan bagian dari komitmen Danone-AQUA untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan bauran energi baru terbarukan hingga 23% pada 2025, dan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan implementasi energi baru terbarukan hingga 6.8 GW pada 2025.

Penerapan PLTS Atap di Pabrik Mekarsari merupakan bagian dari inisiatif Danone secara global untuk menggunakan energi listrik terbarukan hingga 100% untuk operasional seluruh pabriknya pada 2030.

Pada dasarnya, ada banyak energi alam yang melimpah di bumi ini yang bisa diberdayakan untuk keberlanjutan hidup penghuninya. Energi menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Seperti yang dikatakan oleh Pak Ridwan Kamil, sumber energi yang baik mencakup tiga hal, yaitu affordable, clean dan sustainable.

Semoga ini akan menjadi langkah yang baik dalam menuju bauran energi terbarukan di 2025 nanti! Sangat berharap kita bisa mewarisi bumi yang terawat, bukan bumi yang rusak, pada anak cucu kelak.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *