Pendarahan Selama 1 Bulan, Wajar Gak Sih

Diposting pada
Pagi Bunda, adakah dari kalian yang pernah mengalami hal serupa dengan saya, mendapat menstruasi hingga lebih dari 45 hari? Kalau kalian berada di posisi saya, kira-kira tindakan apa yang akan dilakukan?
Menstruasi Tak Normal
Saat menstruasi tak normal (pict. PinKorset.com) 
Setahun terakhir, memang menstruasi saya tidak teratur tiap bulannya, seringkali maju atau mundur sampai seminggu lebih, selain itu darah kotor hanya keluar selama 3 hingga 5 hari dengan sebelum dan sesudahnya mengalami flek kecoklatan.
Pada akhir Desember 2020 saya mengalami haid, sudah tentu menstruasi adalah hal biasa yang dialami semua perempuan dewasa. Namun yang berbeda, ternyata sampai awal Maret darah tidak berhenti mengalir.
Panik dan khawatir sudah tentu saya alami, tapi untuk periksa dan pergi rumah sakit menjadi pilihan terakhir bagi saya, terlebih di masa pandemi seperti sekarang.
Bersyukur saya sering konsultasi dan mengikuti website menstruasi.com sejak masih kuliah, sehingga tidak sampai kepikiran macam-macam saat mengalami hal luar biasa ini. Selain pertanyaan saya dijawab dengan baik dan profesional, juga memberikan saran yang membuat hati ini lebih tenang.
Berikut ini rekam pertanyaan saya saat konsultasi di website www.menstruasi.com
Tanya dok, saya keluar haid sudah 30 hari full, ga ada jeda berhenti Setiap buang air kecil keluar darah seperti hati, variasi ada yang kecil ada yang besar. Tapi saya tidak merasa lemas atau pusing, usia saya sekarang 38 tahun. Ini membahayakan kesehatan saya ga ya?
Jawaban :
Halo, Anisa! Terima kasih atas pertanyaannya. Durasi menstruasi yang normal sebetulnya adalah 2–10 hari, dengan catatan 3 hari terakhir biasanya darah yang keluar tidak terlalu banyak atau hanya berupa flek. Sementara itu, terkait keluarnya darah seperti ati, kemungkinan besar yang kamu maksud adalah gumpalan darah. Faktor penyebab munculnya gumpalan darah adalah: 1. Ukuran rahim. Semakin besar rahim, semakin besar lapisan dinding rahim yang terbentuk, semakin banyak pula gumpalan darah yang keluar saat menstruasi. 2. Kemampuan otot rahim. Semakin kuat kemampuan otot rahim berkontraksi untuk meluruhkan lapisan dalam dinding rahim, semakin banyak pula gumpalan darah yang keluar saat menstruasi. Dilihat dari kasusmu, beberapa kemungkinan penyebab menstruasi yang tidak kunjung berhenti walaupun sudah lebih dari 10 hari adalah berat badan yang meningkat/menurun pesat, adanya gangguan pola makan, stres, atau gejala awal terjadinya suatu penyakit di indung telur. Pastikan kamu memenuhi kebutuhan nutrisimu dengan baik, menghindari stres, istirahat yang cukup, dan rajin berolahraga agar siklus menstruasimu kembali teratur. Apabila menstruasi masih tak kunjung berhenti atau darah yang menggumpal terlihat lebih banyak dibandingkan darah cair, kamu juga disarankan untuk periksa ke dokter kandungan (obgyn) supaya bisa mendapat informasi yang lebih jelas mengenai kondisimu. Demikian penjelasannya. Semoga informasi ini membantu 🙂 Salam, dr. Laurier
Salam,
dr.Laurier
Karena haid saya sudah berhenti setelah saya mulai rajin berolahraga dan mengurangi makanan gorengan dan berlemak, jadi tidak perlu memeriksakan ke obgyn. Lega rasanya hati ini 🙂
Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *