Pekan Olahraga Otak ZenCore Mengajak Kita Jadi Jagoan Adu Otak

Diposting pada

Dua tahun lebih harus menjadi guru anak di rumah, apa yang Bunda rasakan? Gak disangka ya, menemani dan ikut turun langsung mengajar anak ternyata membutuhkan lebih banyak tenaga ekstra, baik fisik maupun mental. Tapi kalau kita bisa membangun quality time dengan anak, kegiatan belajar di rumah bisa jadi menyenangkan loh.

Tips menemani anak belajar di rumah
Menyenangkan belajar dengan anak di rumah jika tahu tipsnya.

Pekerjaan rumah tangga yang seabrek kalah deh dibandingkan saat mengajar anak belajar matematika, bahasa Indonesia, apalagi bahasa Inggris, setuju gak sih ūüôā . Otak kita sebagai orang tua juga dipaksa untuk terus diasah, agar bisa mengikuti perkembangan pembelajaran anak. Jangan sampai saat anak bertanya soal pembelajaran di sekolah kita gak tahu dan gak paham.

 

Pemanasan Otak Anak dan Orang Tua

 

Ganti cara belajar
Manfaatkan ZenCore dari Zenius untuk mengasah kemampuan otak.

Sering dengar dong, kalau otak kita harus selalu diasah, pemanasan otak harus dilakukan agar kita selalu cerdas. Otak cerdas adalah otak yang dipakai, dilatih, dan dikembangkan sejak dini, jika tidak dilatih dan dikembangkan, potensi yang ada tidak akan bisa muncul secara optimal. Penting sekali untuk melatih otak anak sejak dini agar mereka tumbuh dengan lebih cerdas di masa depannya nanti.

Fungsi otak terbagi atas otak kiri dan otak kanan. Fungsi otak kiri berkaitan dengan logika, angka, tulisan, kecerdasan, hitungan, analisa, dan untuk ingatan jangka pendek (short term memory). Sedangkan otak kanan kita digunakan untuk kreativitas, imajinasi, musik, warna, bentuk, emosi dan untuk ingatan jangka panjang (long term memory).

Kalau anak-anak usia sekolah mengasah kecerdasan otak dengan belajar di sekolah, kita sebagai orang tua bisa mengasah otak dengan cara bermain Permainan Asah Otak, seperti bermain catur, teka-teki silang, puzzle, dan Sudoku yang membantu pemanasan otak untuk melatih otak kiri kita.

Dengan melatih otak kita, akan mengasah daya ingat, konsentrasi, fokus, dan fungsi otak sehingga aktivitas sehari-hari kita, bisa kita kerjakan dengan lebih cepat dan mudah. Otak yang selalu diasah juga membantu kita terhindar dari kepikunan

 

Mengenal ZenCore dari Zenius

 

CorePractice di ZenCore
Cek fundamental skill dengan CorePractice di ZenCore.

Beruntung sekali, sekarang saya sudah mengenal aplikasi belajar online Zenius, bisa melatih otak setiap hari dan jadi jagoan adu otak dengan bermain ZenCore dari Zenius.

ZenCore adalah fitur Zenius yang membantu agar siswa bisa cerdas seumur hidupnya, memiliki wawasan luas, dan memahami keberagaman pemikiran serta nilai kehidupan manusia. Dengan metode belajar yang lebih menarik dan tidak membosankan, anak merasa sedang main game tapi jadi jagoan adu otak.

Di ZenCore, anak-anak bisa belajar mulai dari mana saja, terlepas dari level kognitif atau jenjang pendidikan sehingga anak bisa menjadi insan yang cerdas, cerah, dan asik. Belajar tidak lagi menjadi suatu hal yang menakutkan dan membosankan bagi anak.

ZenCore merupakan platform untuk melatih keterampilan fundamental di 3 bidang, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, dan Verbal Logic atau soal-soal Bahasa Indonesia. ZenCore dirancang dengan pendekatan adaptive learning, sehingga pengguna bisa belajar menggunakan ZenCore sesuai dengan level pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki.

Fundamental skills penting sekali bagi pelajar, dan salah satu cara meningkatkan kemampuan itu dengan belajar aktif, bukan hanya sekedar menghafal.

Cara ZenCore melatih keterampilan fundamental di 3 bidang :

1. Matematika

Banyak orang yang membenci pelajaran matematika, karena dianggap rumit, tapi ada banyak manfaat dari mempelajari dan menyukai matematika. Belajar matematika dapat membantu kita untuk bisa berpikir lebih sistematis. Melalui kebiasaan berhitung, berlatih deret, dan sejenisnya, secara tidak sadar kita telah memaksa otak untuk terbiasa berpikir secara runut.

Jagoan adu otak
Hasil tes ZenCore di bidang matematika

Dengan belajar matematika, kita menjadi lebih teliti, cermat dan sabar. Anak yang menyukai matematika akan terbiasa berpikir secara rasional dan logis. Meskipun sambil bermain, mari arahkan anak jadi jagoan adu otak dengan ganti cara belajar bersama ZenCore.

CorePractice matematika di ZenCore soal-soalnya sangat mudah, tetapi karena ada waktu yang harus dikejar, anak-anak dilatih untuk bisa berpikir cepat dalam menjawab pertanyaan yang ada. Untuk bisa masuk dalam leader board dan jadi juara, jawab pertanyaan sampai level tertinggi ya.

2. Verbal Logic

Verbal Logic dalam pelajaran bahasa Indonesia mengasah kemampuan bahasa dan analisis kata, jadi akan lebih baik apabila pelajar bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kesehariannya. Jangan sampai mereka lebih mengenal bahasa gaul, karena saat mereka dewasa nanti akan dianggap tidak kompeten karena kemampuan bahasa dan analisis katanya kurang baik.

Saat anak-anak kerjakan CorePractice Verbal Logic, mereka bisa cari tahu seberapa bagus perbendaharaan bahasa Indonesia dan bagaimana mereka menganalisis kata dan berpikir secara logis. Ternyata sangat menantang loh mengerjakan semua pertanyaan mengenai Verbal Logic di ZenCore.

3. Bahasa Inggris

Penting untuk mempelajari bahasa Inggris bagi pelajar, sebab ini adalah bahasa internasional yang pasti akan bermanfaat dan berguna di masa depan mereka kelak. Siapa tahu anak kita bisa dapatkan beasiswa belajar di luar negeri, aamiin.

Buat anak-anak, terutama yang baru kelas 1 SD, soal-soal CorePractice bahasa Inggris di ZenCore menurut saya sudah lumayan rumit, akhirnya sebagai orang tua wajib ikut belajar bahasa Inggris dasar juga, biar bisa aktif mengajarkan anak bahasa Inggris.

 

Lomba Pekan Olahraga Otak ZenCore

 

Pemanasan otak
Ini hasil yang saya dapatkan saat mengikuti CorePractice di ZenCore

Info penting nih, kalau Zenius akan mengadakan lomba berhadiah, yaitu Lomba Pekan Olahraga Otak X Fiesta Primagama. Event ini dalam rangka menyambut sekaligus menyelenggarakan ulang tahun bimbel offline Primagama ke-40 yang resmi bergabung dalam Zenius sejak Maret 2022.

Pekan Olahraga Otak X Fiesta Primagama dimulai sejak 28 Maret – 24 April 2022, sedangkan pengumuman pemenangnya akan di infokan di instagram @zeniuseducation dan @primagama_id di minggu selanjutnya. Pemenang ditentukan oleh skor total masing-masing kategori, juga latihan dari peserta selama periode lomba. Mesti rajin latihan dan gunakan ZenCore semaksimal mungkin jadinya.

Yuk ikutan #PemanasanOtak di ZenCore dan jadi #JagoanAduOtak ZenCore di ajang “THE NEXT JAGOAN ADU OTAK” Pekan Olahraga Otak x Fiesta Primagama 40th anniversary. Begini cara ikutannya :

1. Klik dan pilih satu grup ZenCore sesuai dengan region asal

2. Pemanasan otak di  ZenCore tiap hari selama satu minggu, dan jadi Jagoan Adu Otak di top 3 leaderboard! (Periode: 28 Maret Р24 April 2022)

3. Pemenang akan diumumkan di Instagram @zeniuseducation dan juga @primagama_id

Hadiah yang bisa diraih :

  • Juara 1 , Juara 2 dan 3 Antar Region
  • Top 3 Masing-masing Subjek (Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris)
  • Top 3 Masing-masing Region dan 5 lucky winner

Selain itu bisa berkesempatan memenangkan hadiah keren seperti:

  • iPad 9 (64 GB)
  • Samsung smart watch 4 (40mm)
  • Xiaomi Haylou Solar LS05
  • Headphone JBL T450

Yuk ajak anak kita ikut #PemanasanOtak di ZenCore sampai 24 APRIL 2022, langsung aja download aplikasi ZenCore lll dan ikutan Lomba Pekan Olahraga Otak.

 

Langkah Mendownload Aplikasi Zenius
Download aplikasi Zenius
Download aplikasi Zenius dan gunakan ZenCore untuk asah kemampuan otak kita

Kalian bisa loh langsung download Aplikasi ZenCore untuk Android melalui Google Play Store atau download Aplikasi ZenCore untuk iOS di App Store. Untuk mengakses ZenCore, jangan lupa Download aplikasi Zenius dahulu, registrasi dan pilih kategori siswa, orang tua, pengajar atau umum. Aplikasi  Zenius bisa dipakai siapa saja. Lakukan login, klik ZenCore, pilih subjek (Matematika, Bahasa Inggris, Verbal Logic) , untuk cek peringkat di universal leaderboard.

Yuk lakukan pemanasan otak, dan jadi jagoan adu otak dengan ganti cara belajar yang lebih menyenangkan agar anak-anak lebih menyukai kegiatan belajar. Karena anak saya Azzam baru akan masuk Sekolah Dasar tahun ini, jadi saya yang lebih memanfaatkan ZenCore, untuk mempersiapkan diri mendampingi pembelajaran anak saat nanti sudah masuk sekolah.

Lihat Ibu-nya asik belajar, Azzam ga mau ketinggalan dan ikut juga menjawab semua pertanyaan yang bisa dijawabnya meski masih membutuhkan waktu yang cukup lama. Gak apa-apa, kan masih belajar.

Spread the love

6 thoughts on “Pekan Olahraga Otak ZenCore Mengajak Kita Jadi Jagoan Adu Otak

  1. Mau cus download jadinya, penasaran sama pertanyaan yang ada di Zencore.

    Apa saya masih sepintar saat sekolah dulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *