Pahami Mensana in Corpore Sano bersama IziHealth x Pulih@thePeak

Diposting pada

Pagi teman-teman, kalian tahu gak kalau setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional?

Bertepatan dengan itu, saya berkesempatan mengikuti webinar bertema “Mengenal Lebih Dalam Mens Sana in Corpore Sano bersama” bersama IziHealth dan Pulih@thePeak pada hari Jumat 5 November 2021.

Webinar bersama IziHealth dan Pulih@thepeak
Webinar bersama IziHealth dan Pulih@thepeak mengenal lebih dalam “Mensana in Corpore Sano”

Narasumber yang hadir yaitu:
1. Christian Adhi Putra (Head of Operational Izi Sehat Eternal),
2. Dra Diah Astarini (Yayasan Pulih@thePeak)
3. Anggina Salamah (Certified Nutrition Coach)

Berawal adanya pademi Covid-19 yang mengguncang dunia dan berdampak pada terbatasnya  ruang gerak sehari-hari, banyak juga masyarakat yang mengalami stress akibat pandemi, ada yang kepikiran untuk lakukan Konseling Psikolog ga sih?

Pemutusan hubungan kerja, bisnis yang tumbang karena pandemi, bahkan work dan school from home juga membuat banyak ibu yang mengalami depresi akibat menumpuknya pekerjaan dan tugas di rumah yang menjadi sentra kehidupan di awal pandemi.

Makanya nih, kita harus bisa mensiasati dan menjaga stamina tubuh untuk melawan virus dan tekanan mental yang sangat mungkin terjadi dalam diri kita.

Banyak sekali ilmu dan informasi yang saya dapatkan melalui webinar yang intinya mengenai kesehatan fisik dan mental ini, diantaranya:
1. Pentingnya mengenali diri sendiri dengan pemenuhan nutrisi seimbang untuk tubuh, baik fisik maupun mental.
2. Pentingnya dalam menjaga kesehatan mental kita, sehingga terwujudlah tubuh yang sehat dan jiwa yang bahagia.
3. Menjalani pola makan teratur salah satunya bertujuan adalah menghindari rasa lapar berlebihan.
4. Kebiasaan menunda-nunda makan saat perut mulai terasa lapar, ternyata akan mendatangkan banyak dampak buruk, seperti kalap mengambil makan berlebih, hanya memilih menu tertentu yang tidak memenuhi gizi seimbang, dan banyak masalah lainnya.

IziHealth dan Pulih@thePeak melakukan kolaborasi¬† berkaitan dengan kesehatan mental, bekerjasama untuk mendukung Indonesia memiliki kesehatan mental yang baik. Mengajak masyarakat lebih aware terhadap kesehatan mental lewat webinar “Mengenal Lebih Dalam Mens Sana in Corpore Sano (didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat)” sangat ideal untuk menghadirkan kualitas manusia dalam membangun negeri.

Lebih Mengenal IziHealth dan Pulih@thePeak

Izihealth merupakan website lengkap untuk konsultasi dan belanja keperluan produk kesehatan keluarga. PT Izi Sehat Eternal mengembangkan inovasi sebagai wadah untuk membantu masyarakat untuk tetap hidup sehat, terdapat fitur konsultasi dan olahraga virtual sehingga dimasa pademi tetap memiliki hidup sehat dan menjaga kesehatan mental.

Pulih@thePeak sendiri merupakan kewirausahaan sosial yang didedikasikan sebagai keberlanjutan dari Yayasan Pulih (Organisasi nirlaba yang berkiprah sejak tahun 2002 dalam pemulihan trauma psikologis dan psikososial).

Pulih@thePeak berkembang sebagai pusat pemberdayaan dan psikososial bagi perempuan, remaja, dan keluarga dalam memberikan layanan psikologis serta dukungan melalui berbagai program pemberdayaan yang bersifat kuratif, preventif, dan edukatif untuk membangun keluarga maupun individu yang sehat, sejahtera, dan bahagia.

Kita di informasikan untuk dapat kenali diri sendiri dengan pemenuhan nutrisi seimbang untuk tubuh, serta menjaga kesehatan mental kita sehingga terwujudlah tubuh yang sehat dan bahagia.

Saat stress, biasanya berimbas pada pola makan, bener gak sih? Certified Nutrition Choach Anggina Salamah membahas hal ini dalam webinar kemarin.

Anggina mengatakan tak ada yang salah dengan pilihan kita jadi semakin banyak makan atau bahkan jadi tidak berselera makan sama sekali saat mengalami tekanan mental.

Peran makanan terhadap kesehatan fisik dan mental
Peran makanan terhadap kesehatan fisik dan mental

Urusan waktu dan frekuensi makan tergantung pada kondisi, kebiasaan dan kebutuhan setiap orang.

Begitu juga himbauan makan teratur sebenarnya bukan tanpa tujuan. Salah satunya adalah menghindari rasa lapar berlebihan.

Jangan sampai menunda-nunda makan saat perut mulai terasa lapar. Sebab, setiap detik penundaan akan berubah jadi bom waktu saat makan tiba.

Pilihan makan menjadi tidak tepat. Serampangan. Porsi makan menjadi tak terkontrol. Asupan nutrisi seimbang akan seketika lenyap. Hilang disapu aroma makanan yang menggoda.

Pilihan bisa berat sebelah. Hanya menyentuh hidangan yang sungguh menggugah selera. Tinggi kalori tapi rendah vitamin. Tinggi lemak dengan karbohidrat berlebihan. Dan sebagainya.

Singkatnya, menunda makan bukan sikap yang tepat. Makan teratur dengan porsi yang cukup dan seimbang senantiasa penting, untuk menjaga kesehatan fisik tubuh dan akhirnya akan berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Konsultasi kepada ahlinya saat mulai mengalami tekanan mental
Konsultasi kepada ahlinya saat mulai mengalami tekanan mental

Konsultasi kesehatan mental kini kita bisa lakukan bersama psikolog dan bahkan mendapat pengobatan dari psikiater. Psikolog akan memberikan psikoterapi bagi yang mengalami gangguan emosional dan psikiater bisa memberikan obat untuk gangguan emosi yang dialami.

Kalau konsultasi harus menyiapkan banyak uang ga sih? Tenang teman-teman, ternyata biaya untuk konsultasi kesehatan mental cukup terjangkau loh, apalagi kalau kalian konsultasinya melalui IziHealth.

IziHealth
Konsultasi kesehatan mental di IziHealth
Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *