Moms, Sekarang Mudik Aman Kalau Kita Bawa Kartu JKN-KIS

Posted on

Moms, bagaimana minggu terakhir Ramadan kalian, masih semangat berpuasa dan beraktivitas kan ya ūüôā .

Lebaran sebentar lagi, bahkan di lingkungan saya sudah banyak tetangga yang mulai bersiap mudik, melalukan perjalanan panjang menuju kampung halaman untuk bisa berkumpul dengan keluarga besar setahun sekali.

Momen penuh kebahagiaan ini jangan sampai terganggu dengan kejadian yang tidak terduga seperti kecelakaan, kambuhnya penyakit, atau masa kritis seperti melahirkan ya moms.

Sudah pasti kita akan panik dan bingung saat terjadi hal tak terduga di saat kita mudik nanti, baik dalam perjalanan maupun saat sudah sampai di kampung halaman.

Bagi kalian moms yang selalu rutin dan tak pernah lupa membayar iuran BPJS Kesehatan, tak perlu lagi khawatir, karena selama libur Lebaran (tepatnya H-8 sampai H+8) masih tetap bisa mendapatkan pelayan kesehatan yang optimal sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dengan semua fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

mudik dengan BPJS Kesehatan
Jangan telat bayar iuran BPJS Kesehatan untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

Masyarakat yang memiliki kartu JKN-KIS aktif di beri banyak kemudahan apabila menggunakan aplikasi Mobile JKN dan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan. Karena melalui aplikasi ini, banyak informasi dan layanan BPJS kesehatanyang bisa diakses meski sedang mudik Lebaran.

aplikasi bpjs kesehatan
Aplikasi yang mempermudah peserta BPJS Kesehatan saat mudik : mobile JKN dan mudik BPJS Kesehatan.

Dalam acara konferensi pers dengan tema “Mudik Nyaman bersama¬†BPJS Kesehatan”, Ibu¬†Andayani Budi Lestari¬† selaku¬†Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, memberikan informasi bahwa pelayanan BPJS selama libur panjang Lebaran tetap beroperasi, namun dengan persyaratan tertentu.

“Prinsip portabilitas pada program JKN-KIS bisa dirasakan pada saat mudik Lebaran. Sesuai dengan peraturan perundangan dan yang selama ini sudah berjalan, peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), walaupun peserta tidak terdaftar si FKTP tersebut. Hal ini sudah menjadi bagian dari perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan faskes. Faskes atau fasilitas kesehatan ini tidak diperbolehkan menarik biaya tambahan”, ujar Ibu Andayani.

bpjs kesehatan
Bincang serius tapi santai dalam¬†acara konferensi pers dengan tema “Mudik Nyaman bersama¬†BPJS Kesehatan”, Ibu¬†Andayani Budi Lestari¬† selaku¬†Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan dan¬†Nopi Hidayat, Asestama Bidang Komunikasi Publik & Humas.

Pelayanan berlaku kepada semua pemegang kartu JKN-KIS aktif saja ya moms, jadi pastikan kita rutin dan tidak telat membayar iuran BPJS Kesehatan.

Kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur Lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas seperti Klinik Pratama dan juga Dokter Praktek Perseorangan yang membuka praktek pelayanan kesehatan.

Apabila tidak terdapat FKTP yang dalat memberikan pelayanan pada saat libur Lebaran di wilayah tersebut, atau peserta BPJS Kesehatan membutuhkan pelayanan kesehatan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan medis dasar terlebih dahulu.

bpjs kesehatan
dok. Ayu Anggraini

Narasumber dari kiri ke kanan :
1. Arif Syaefuddin, selaku Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan.
2. Andayani Budi Lestari, selaku Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan.
3. Nopi Hidayat, selaku Asestama Bidang Komunikasi Publik & Humas.
4. M. Yusrizal, selaku Asisten Deputi Bidang Operasional Teknologi Informasi.

BPJS Kesehatan menyatakan kesiapan mereka dalam menghadapi libur Lebaran kali ini, dimulai dari personel klaim asuransi, operator layanan, dan tim IT yang mengawasi aplikasi.

Kemudahan yang didapat oleh pemegang kartu JKN-KIS aktif

aplikasi mobil JKN
Informasi jadwal pelayanan
aplikasi mobil JKN
Informasi titik posko mudik
aplikasi mobil JKN
Informasi fasilitas yang ada di posko mudik

Di dalam aplikasi ini juga menyediakan informasi telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting serta interaksi langsung dengan media sosial BPJS Kesehatan.

Selama libur Lebaran 2018, mayarakat tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care center 1500 400 yang siap sedia selama 24 jam termasuk hari minggu dan libur, untuk melakukan pengaduan, konsultasi kesehatan, pelayanan administrasi, pendaftaran peserta JKN-KIS,  pendaftaran bayi baru lahir kategori PPU,serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

Kantor cabang BPJS Kesehatan tertentu akan tetap beroperasi pada tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19 dan 20 Juni 2018 dengan pelayanan dari pukul 08.00 Р12.00 wib.

Jadi moms, kalau ingin mudik aman dan nyaman pastikan bawa kartu JKN-KIS (atau pasang aplikasi mobile JKN), jangan lupa bayar iuran agar kartunya aktif, dan perhatikan persyaratan yang ada juga jadwal yang ada.

 

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *