Mudahnya Transaksi dengan GoBiz Aplikasi Kasir Online

Diposting pada

Pagi teman-teman 🙂 semoga tetap semangat dan dalam keadaan sehat ya, jangan lupa untuk ikuti anjuran Pemerintah untuk Work From Home dan bersabar untuk tetap di rumah saja sampai pandemik virus Corona mereda dan ditemukan solusi untuk mengatasinya. Selalu jaga kesehatan dan keselamatan diri dimana pun kita berada.

Di saat seperti ini, sudah tentu sebagian orang memilih untuk membatasi diri dalam berbagai kegiatan, bekerja dan belajar saja saat ini harus dari rumah. Bagi saya yang merupakan ibu rumah tangga, sebenarnya sudah sangat terbiasa berkegiatan di rumah, tapi untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga tidak semuanya bisa dilakukan dari rumah.

Sistem Point of Sale
Beli ayam goreng dengan transaksi pembayaran menggunakan scan QRIS dengan GoBiz

Keluar masuk pasar dan swalayan masih harus saya lakukan, dan pada saat rasa jenuh datang terkadang jadi malas gerak untuk masak makanan. Kalau hal ini tiba-tiba melanda, pilihan utamanya ya beli makanan jadi, baik itu secara online atau mampir ke penjual makanan jadi dekat rumah.

Karena mulai berkurangnya transaksi menggunakan uang tunai fisik, terkadang saya lupa sediakan pecahan uang kecil di dompet, bahkan seringkali lupa untuk membawa dompet. Sudah merasa nyaman melakukan transaksi menggunakan e-wallet seperti GoPay dengan handphone dan gesek kartu debit.

Pernah suatu hari setelah pulang dari belanja, dapat telepon dari rumah kalau Azzam sudah lapar dan ingin makan ayam goreng kriuk kesukaannya. Meskipun sudah beli ayam satu ekor, kalau anak diminta tunggu sampai matang masakan, pasti ga akan bisa. Jadinya mampir deh ke gerai DE CHICKEN KING di Lubang Buaya, Jakarta Timur untuk beli beberapa potong ayam goreng.

Dasar emak-emak rempong, gak ingat kalau uang tunai yang dibawa sudah terpakai semua saat belanja di pasar 🙂 . Setelah ayam goreng yang dibungkus dan transaksi harus dilakukan, baru deh kebingungan. Tapi alhamdulilah gerai ayam goreng ini ternyata menggunakan SPOTS atau GoBiz dalam transaksinya, jadi saya bisa bayar semua yang saya beli dengan menggunakan GoPay.

Kebayang gak sih apa yang akan terjadi kalau yang gerai yang saya kunjungi cuma terima pembayaran menggunakan uang tunai 🙁 pasti gak jadi beli ayam gorengnya deh. Anak di rumah nangis karena sudah menunggu pesanannya gak dibelikan.

 

Transaksi Mudah Menggunakan EDC dan Aplikasi Kasir Online Gobiz

Aplikasi GoBiz
Aplikasi Gobiz

Ternyata sekarang sudah banyak pengusaha kuliner, baik yang masih gerobak, booth masakan rumah, di kantin perkantoran, kafe, sampai restoran,  menggunakan perangkat mesin EDC atau mesin kasir online loh. Jadi kita bisa bayar menggunakan scan QRIS GoPay, gesek kartu debit, juga bisa secara tunai. Aplikasinya sekarang yang digunakan adalah GoBiz, yang merupakan super aplikasi dari Gojek untuk para pebisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka. GoBiz dapat diunduh di perangkat Android loh.

Mesin EDC atau mesin kasir online dan Gobiz adalah perangkat multifungsi dari GOJEK, dapat digunakan untuk membantu pengusaha kuliner dalam menjalankan bisnis dari terima pemesanan, pembayaran, hingga membantu membuat laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan.

GoBiz merupakan aplikasi kasir online (Sistem Point of Sale) untuk mengelola pesanan. Produk ini ditujukan untuk UMKM hingga pemilik franchise untuk memudahkan transaksi. Kalau sebelumnya hanya untuk transaksi GoPay, kini mesin EDC dan GoBiz sudah bisa mendukung pembayaran kartu debit, dan sebentar lagi bisa digunakan untuk transaksi kartu kredit. Mesin EDC ini memiliki opsi melakukan 3 macam pembayaran dalam 1 mesin.

Aplikasi kasir SPOTS
Mesin EDC atau mesin kasir online

Mesin EDC dan GoBiz sendiri merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK. Saat ini, sudah digunakan oleh lebih dari 50.000 outlet di seluruh Indonesia.

Point Of Sale (POS) system merujuk dalam pengertian tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (Cash Register). Sesuai dengan namanya, POS System adalah titik penjualan di mana transaksi penjualan diselesaikan. Sistem ini juga sering disebut sebagai mesin kasir (cash register)

Kalau ada fitur yang dapat membantu seperti GoBiz dengan POS System yang mudah dioperasikan, kita gak perlu lagi pusing cari tenaga ahli untuk bekerjasama dengan kita. Cukup gunakan aplikasi kasir online yang dapat membantu dalam hal mengatur menu, terima pesanan, terima pembayaran dengan tunai, kode QR, kartu debit, mencatat ragam tipe pembayaran, cetak tanda terima dan mendapat laporan harian.

Dengan Point of Sale System, memungkinkan pemilik usaha untuk mencari tahu ketersediaan produk yang dicari pelanggan di tempat usaha. Jadi kita bisa update terus kebutuhan konsumen dengan menggunakan poin of sale system, sehingga apa yang kita jual selalu habis dibeli pelanggan nantinya.

Mesin EDC atau mesin kasir online merupakan sebuah POS + EDC + Printer yang merupakan All in One Device, menerima pembayaran dengan GoPay dan Debit, sebentar lagi bisa transaksi menggunakan kartu kredit juga.

Mesin EDC atau mesin kasir online merupakan layanan yang “powered by Gojek” (Mesin Kasir dari Gojek), jadi otomatis kita bisa jualan online di GoFood, GoBiz memiliki fitur yang integratif dan berkualitas.

Ide Bisnis Kuliner Dengan Gunakan Mesin EDC Atau Mesin Kasir online Dan GoBiz

Saya jadi kepikiran untuk membuka bisnis kuliner, mungkin booth jualan minuman boba, jajanan kekinian, atau cafe 🙂 meskipun hanya ibu rumah tangga, boleh dong punya bisnis sendiri.

Transaksi pembayaran menggunakan SPOTS
Transaksi pembayaran menggunakan mesin EDC atau mesin kasir online

Yang penting punya ide bisnis yang matang, tempat usaha yang strategis dan selalu siap berinovasi, jangan lupa gunakan aplikasi kasir online untuk membantu sistem keuangan kita.

Bayangkan jika kita bisa membawa bisnis ke mana pun kita pergi, psst…. ini bukan hal yang mustahil loh. Cloud based pos system memungkinkan kita untuk mengakses penjualan bisnis dari mana saja melalui smartphone atau komputer tablet.

Dengan bantuan system ini kita tidak perlu setiap hari datang ke toko atau tempat usaha untuk memantau transaksi yang sedang berjalan, melacak stok barang, atau melihat data penjualan.

Cloud Point of Sale memastikan seluruh data usaha kita tersimpan dengan baik dan aman. Seluruh data disimpan di dalam Cloud, bukan di sistem komputer, sehingga mengurangi risiko terjadinya kehilangan data akibat virus atau sistem yang rusak.

Dengan menggunakan POS System berbasis cloud based pos system, kita dapat menjalankan bisnis secara offline. Seluruh transaksi tetap bisa berjalan tanpa ada kekhawatiran akan data yang hilang. Seluruh data transaksi akan disimpan dan disinkronisasi ketika sistem terhubung lagi dengan internet.

Buat yang pengen punya bisnis restoran, bisa gunakan pos system restoran loh. Dengan perangkat aplikasi restoran lengkap, ada table layout dan kitchen display, manajemen restoran jadi lebih mudah dengan Point of Sale terhandal, yaitu pos system restoran.

Bertambahnya kebutuhan kaula muda yang butuh tempat hang out juga bisa jadi peluang bisnis, kenapa ga buka cafe. Kita bisa gunakan point of sale cafe, sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan cafe tentu saja lengkap dengan POS  System yang terdiri dari software and hardware lengkap seperti komputer, printer dan mesin kasir (cash register). Point of sale cafe juga mudah digunakan loh.

Nah, kalau punya kecintaan pada kopi, bisa buka cafee shop dan tentu saja ada pos system coffee shop buat bantu bisnis kalian biar bisa terus berkembang. Karena Coffee shop memiliki operasional yang sangat cepat, coba deh perhatikan di sini pelanggan tidak datang untuk duduk santai, tapi minta pelayanan cepat karena mereka akan pergi kerja lagi setelah mendapatkan kopi mereka.

Pos system coffee shop harus dapat mempermudah staf kasir untuk memproses pesanan dan transaksi secara cepat, praktis dan lancar. Sehingga konsumen yang datang dapat terlayani dengan cepat.

Wow, mudah sekali untuk memulai bisnis kuliner saat ini ya 🙂 saat ini berharap agar permasalahan virus Corona ini dapat segera berlalu dan teratasi, sehingga bisa segera mungkin memulai ide bisnis yang sudah ada.

Aplikasi kasir online dan GoBiz bisa menjadi solusi bagi UMKM untuk berkembang dan maju. Buat bisnis pribadi juga bisa gunakan pos system coffee, point of sale cafe, dan pos system restoran sesuai dengan jenis usaha yang akan kita jalankan nantinya.

Spread the love

11 thoughts on “Mudahnya Transaksi dengan GoBiz Aplikasi Kasir Online

  1. SPOTS beneran solusi akutansi buat pengusaha UMKM yang butuh kasir elektronik. Ngga capek lagi melakukan pencatatan, sudah ada perhitungan sederhana.
    Apalagi buat aku anak milenial, lebih seru jajan dengan metode cashless. Semoga semuanya bisa pake SPOTS

  2. Makin banyak yang pakai spots ya mbak, deket rumahku yang jualan nasi uduk dan kopi juga makai. Ternyata sistemnya gak bikin pusing yang punya tenant ya. Malah kyknya makin memudahkan, pantes banyak yang makai.

  3. Kalau ada SPOTS kayak gini di tiap UMKM atau pedagang bagus nih. Gak perlu bawa2 uang tunai. Transaksi lebih cepat dan mudah ya mbk. Aku selama belaja blm nemuin mesin ini di kasir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *