3 Langkah Mudah Merawat Tanaman Kaktus

Diposting pada

Beberapa kali punya tanaman kaktus souvernir dari kondangan pernikahan, sewaktu belum ada PPKM dan pandemi, tapi gak ada seminggu tanamannya sudah kering atau membusuk. Padahal kata banyak orang merawat Kaktus itu paling mudah dah ribet.

Akhirnya kapok deh tuh untuk merawat dan memiliki tanaman kaktus, tapi beberapa bulan terakhir lihat beragam jenis tanaman kaktus yang lucu dengan pot imut berseliweran di timeline Instagram membuat saya jadi tergoda untuk memiliki dan merawat kaktus.

Apalagi bulan lalu ada promo diskon sampai Rp 100.000,- untuk setiap pembelian produk UMKM di e-commerce, termasuk tanaman kaktus ini. Punya 1 tanaman boleh kali ya, harganya terjangkau dan jenis kaktus yang ada beragam banget.

Eng..ing..eng.. akhirnya nekat punya tanaman kaktus yang beli di @kaktusqulucu melalui Blibli deh. Bersyukur sudah 2 minggu tanaman kaktus-nya masih sehat dan cantik di rawat oleh saya 🙂 .

Meskipun sering disebut tanaman gurun sahara yang tidak butuh penyiraman setiap hari, tapi ternyata penyiraman rutin perlu dilakukan agar tanaman kaktus ini bisa tumbuh subur dan selalu cantik.

Biar gak mati, akhirnya searching deh bagaimana cara merawat tanaman kaktus ini, cek langkah yang harus kita lakukan agar tanaman hias berduri ini bisa terus hidup dan tumbuh subur.

Cara merawat Tanaman Kaktus


1. Menyiram Tanaman Kaktus

Meskipun semua jenis kaktus mampu beradaptasi dengan lingkungan kering, namun penyiraman rutin dengan cara yang tepat harus kita lakukan. Bukan masalah besar jika kita tidak menyiramnya setiap hari. Sebab, kaktus juga dapat hidup di tanah kering.

Namun, jika kita tidak pernah menyiramnya, kaktus akan menarik cadangan air dari tubuh. Bila hal itu terus terjadi, kaktus tidak dapat tumbuh subur, bahkan bisa mati. Makanya, harus rutin mengecek tanaman minimal tiga hari sekali guna memastikan apakah kaktus butuh disiram atau tidak.

Jangan menyiram kaktus menggunakan semprotan ya, tapi siram bagian tanahnya saja. Kalau kalian semprot malah nanti akan timbul masalah baru seperti jamur pada kaktus.

2. Terkena Cahaya

Tanaman kaktus sangat menyukai cahaya dan sanggup beradaptasi di gurun yang hampir tidak ada tempat teduh. Jadi, berikan tanam ini banyak cahaya terang. Idealnya, tempatkan di jendela yang menghadap ke arah selatan atau barat. Di tempat tersebut, tanaman kaktus akan terkena cahaya matahari lebih banyak. Pastikan mereka terkena matahari setidaknya enam jam per hari.

Ingat ya, jangan jemur atau simpan tanaman kaktus bawah sinar matahari langsung, bukannya tumbuh nanti malah mati karena kekeringan. Ada baiknya letakkan kaktus pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung seperti di jendela yang menghadap ke selatan dengan tirai tipis di atasnya.

3. Pot Harus Memiliki Lubang Drainase

Wadah atau pot kaktus harus memiliki lubang drainase agar tidak banjir, sehingga memungkinkan kelebihan air untuk keluar. Ingat, tanaman kaktus tidak suka terlalu basah dan tergenang air. Hal ini bisa menyebabkan batangnya membusuk.

Yes, setelah mengikuti 3 langkah diatas, alhamdulilah tanaman kaktus yang saya miliki masih sehat dan cantik sampai sekarang. Semoga bisa terus tumbuh subur kedepannya. Biar gak kapok untuk terus memelihara tanaman di rumah 🙂

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *