Alasan Kenapa Harus Mengenal Asuransi Syariah

Diposting pada

Kalian setuju ga sih, kalau perempuan yang pintar kelola keuangan dan melek literasi keuangan menjadi kunci keluarga dan masa depan keluarga yang sejahtera? Karena kebanyakan perempuan yang berumah tangga mempunyai peran sebagai mentri keuangan dalam keluarga. Bayangkan coba kalau kita gak punya financial planning, pasti akan kacau dalam menentukan prioritas keuangan.

Sudah punya tabungan dan investasi, apa iya masih harus punya asuransi dalam pengelolaan keuangan keluarga?

Mengenal Asuransi Syariah bersama Prudential Syariah

Selasa, 26 Oktober 2021 saya mengikuti Webinar bersama Prudential Syariah dengan tema “Membangun Keluarga yang Tangguh Secara Finansial Melalui Asuransi”.

Mengenal Literasi Asuransi Syariah bersama PRUSyariah dan KEB
Mengenal Literasi Asuransi Syariah bersama PRUSyariah dan KEB

Menghadirkan narasumber keren yang sangat membantu sekali dal memahami pentingnya asuransi, yaitu:

1. Luskito Hambali, selaku Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia,

2. Aliyah Natasya, selaku Financial Advisor, dan

3. Bondan Margono, selaku Head of Sharia Strategic Development Prudential Indonesia.

Saya jadi lebih tahu mengenai pentingnya literasi keuangan termasuk Literasi Asuransi bagi para perempuan. Terlebih setelah dapat paparan dari Bapak Luskito Hambali, selaku Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia.

Pentingnya memiliki asuransi
Pentingnya memiliki asuransi

Seperti kita ketahui kalau perempuan adalah pengelola keuangan keluarga. Sehingga harus dapat mengambil keputusan yang tepat, termasuk tentang pemilihan produk asuransi.

Asuransi sendiri pada dasarnya bertujuan untuk meminimalisir risiko finansial. Terlebih, terkadang bisa saja tiba-tiba butuh dana dalam waktu yang cepat.

Mungkin selama ini masih banyak yang beranggapan, asuransi bukan hal mendesak untuk dimiliki. Padahal sejatinya asuransi adalah salah satu strategi dalam menghadapi risiko akan sesuatu yang tidak terduga.

Memilih asuransi juga tidak bisa dilakukan serta merta. Harus dengan pertimbangan cermat dan matang. Perlu dilakukan budgeting bulanan agar tahu kemampuan finansial kita.

Mengapa harus Asuransi Syariah
Mengapa harus Asuransi Syariah

Dan diantara banyak asuransi, jika dilihat berdasar prioritasnya, maka yang pertama harus dimiliki adalah asuransi jiwa. Terutama untuk kepala rumah tangga, sebagai pencari nafkah utama. Baru setelah itu asuransi kesehatan dan asuransi-asuransi lainnya.

Dapat informasi dari Bapak Bondan Margono, selaku Head of Sharia Strategic Development Prudential Indonesia berdasar survey, millennial memiliki ketertarikan yang cukup tinggi untuk mengikuti asuransi syariah. Bagi keluarga muslim, asuransi syariah memang menjadi pilihan tepat. Karena memiliki banyak kelebihan dibanding asuransi konvensional.

Asuransi syariah sendiri adalah sebuah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan atau Tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah.

Asuransi Syariah
Asuransi Syariah

Asuransi syariah menghindari 3 transaksi, yakni gharar, riba, dan maysir yang semua tidak sesuai kaidah agama. Asuransi Syariah juga mengedepankan prinsip tolong menolong, sehingga cocok untuk semua golongan.

Saya jadi lebih mengenal asuransi syariah dan apa perbedaannya dengan asuransi konvensional lainnya, dan alasan kenapa kita harus memiliki asuransi sebagai bentuk proteksi terhadap pencari nafkah keluarga.

Prudential percaya pada “Syariah untuk semua“, di mana prinsip-prinsip itu bersifat universal dan dapat dinikmati oleh umat Islam dan non-Muslim.

Dengan adanya asuransi syariah, menjadi pilihan yang tepat sebagai perlindungan pendapatan, dana darurat, perlindungan kesehatan, warisan, dana pensiun, dan perlindungan dana.

Asuransi syariah memiliki prinsip dasar risk sharing. Akad dari asuransi syariah adalah tabarru’ (tolong menolong) dan wakalah bin ujrah. Asuransi Syariah Prudential sudah diawasi oleh OJK, Dewan Pengawas Syariah MUI, dan manajemen internal. Dimana dana dari asuransi diinvestasikan ke instrumen investasi yang berbasis syariah.

Dapat masukan berharga juga dari Aliyah Natasya, yang merupakan Financial Advisor, yang menyarankan kita agar melakukan hal berikut sebelum mengambil asuransi.

1. Know your budget

2. Know your needs

3. Know your insurance

Jadi, kita harus benar-benar mempertimbangkan dengan matang sebelum memilih asuransi, jangan asal karena bisa fatal kedepannya.

Selain itu, menurut Aliyah Natasya, pastikan kita memiliki Financial Planning Journey. Kunci utamanya adalah harus punya budget yang sesuai dengan kebutuhan. Dan yang paling penting adalah pencatatan keuangan, jangan sampai ada yang terlewat, eh tahunya uang habis gitu aja karena banyak bocor alus, terlebih untuk belanja online atau pesan makanan secara online.

Spread the love

12 thoughts on “Alasan Kenapa Harus Mengenal Asuransi Syariah

  1. Semakin besar alasan saya untuk memiliki asuransi syari’ah setelah membaca artikel ini. Terimakasih atas informasinya sangat membantu 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *