Mari Lindungi Kesehatan Ginjal Untuk Hidup Yang Lebih Baik

Posted on

Selamat Pagi teman-teman, tahu ga sih kalau minggu kedua di bulan Maret diperingati sebagai Hari Ginjal Sedunia 🙂 bagaimana kesehatan ginjal kalian hari ini? Semoga semua dalam keadaan sehat ya, untuk mengetahui kondisi kesehatan ginjal kita mudah loh, tinggal perhatikan warna dari urine kita.

Sudah minum berapa gelas air hari ini? Tahu gak sih kalau kesehatan ginjal terindikasi dari kebiasaan kita minum air putih setiap hari, idealnya kita di anjurkan untuk minum 8 gelas setiap harinya, tetapi kebutuhan akan air putih setiap individu itu berbeda-beda loh. Kalau kita tidak penuhi kebutuhan cairan atau hidrasi tubuh, ginjal kita yang akan menanggung akibatnya.

Peringatan Hari Ginjal Sedunia
Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2020

Ingat ya, minumnya air putih (bukan air teh, kopi, atau sirop) agar terhindar dari penyakit ginjal kronis. Juga terhindar dari penyakit tidak menular lainnya seperti diabetes loh kalau rajin minum air putih.

Kenapa kita beresiko kena Penyakit Ginjal Kronis? Karena masyarakat masih sering mengabaikan kebutuhan akan air putih, kurang minum menjadi faktor utama dan penyumbang utama timbulnya dehidrasi dan sakit ginjal. Menjaga hidrasi atau kebutuhan cairan tubuh kita, penting untuk kesehatan ginjal.

Memperingati Hari Ginjal Sedunia 2020 dengan Tema Kidney Health for Everyone Everywhere

Kamis, 12 Maret 2020 bersama Kementrian Kesehatan saya mengikuti kegiatan Temu Blogger dalam Mensosialisasikan Hari Ginjal Sedunia, ini diperingati untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap organ ginjal yang penting ini, sehingga kita bisa menjaganya.

Penderita penyakit ginjal meningkat dari waktu ke waktu di dunia, mengakibatkan angka kematian meningkat, biaya yang dikeluarkan juga besar. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat mau melakukan pencegahan dan deteksi sejak dini kesehatan ginjal. Deteksi dini penyakit ginjal dapat dilakukan dengan rutin mengecek tekanan darah, kadar gula darah, dan pemeriksaan urine.

Jaga selalu kesehatan ginjal
dr. Pringgodigdo Nugroho dan dr. Cut Putri Arianie, MHKes berikan informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan ginjal

Hadir Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal dan Hipertensi, dr. Pringgodigdo Nugroho memberikan informasi mengenai ginjal dan kesehatan ginjal. Juga dr. Cut Putri Arianie, MHKes Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) juga berikan pemaparan mengenai pencegahan Penyakit Gagal Ginjal dengan lakukan langkah CERDIK dan GERMAS.

Penyakit ginjal kronik ini merupakan penyakit yang bersifat progresif, bila tidak dilaksanakan secara optimal akan berujung pada penyakit ginjal tahap akhir atau gagal ginjal dan tentunya berakibat kematian pada penderitanya.

Bagi orang sehat, deteksi dini disarankan dilakukan setiap tahun dengan medical check up. Sedangkan bagi orang yang memiliki faktor risiko, deteksi dini sebaiknya dilakukan setiap bulan. Gejala penyakit ginjal umumnya baru muncul saat kondisi mulai parah. Oleh karena itu, pencegahan dan deteksi dini penting untuk mengurangi angka keparahan penyakit ginjal kronis.

Fakta Penyakit Ginjal Kronis
Fakta Penyakit Ginjal Kronis

Saat ginjal mengalami masalah, maka fungsi ginjal tidak berjalan dengan optimal dan akan berakibat munculnya sejumlah gejala pada tubuh, di antaranya:
1. Berat badan naik tiba-tiba
2. Tidak enak badan
3. Tangan dan kaki membengkak

Tahu ga sih kalau sudah terkena penyakit ginjal, tidak bisa disembuhkan loh, tapi bisa diperlambat dengan dialisis atau cuci darah, merubah gaya hidup, terapi obat-obatan, dan transplantasi ginjal. Jadi, apa masih mau minum sembarangan?

Ingat ya untuk selalu jaga kesehatan tubuh agar kesehatan ginjal tetap baik. Berikut ini adalah langkah CERDIK menjaga kesehatan ginjal yang harus kita ketahui, di antaranya:
1. [C]ek Kesehatan secara rutin
2. [E]nyahkan asap rokok
3. [R]ajin aktivitas fisik
4. [D]iet sehat kalori seimbang
5. [I]stirahat yang cukup
6. [K]elola stress

Pemenuhan kebutuhan cairan tubuh yang sehat akan memberikan ginjal yang sehat, tubuh jadi tidak terbebani dengan beragam macam zat yang menumpuk di ginjal. Jadi ada baiknya kita menghindari minum jamu dan mengkonsumsi suplemen berlebihan, karena dapat membebani fungsi ginjal. Ga mau dong kalau fungsi ginjal kita rusak 🙂 .

 

Spread the love

14 thoughts on “Mari Lindungi Kesehatan Ginjal Untuk Hidup Yang Lebih Baik

  1. Saya baru tau kalau ada hari khusus untuk memperingati kesehatan ginjal kita.
    Menjaga kesehatan ginjal memang penting sekali, kalau sampai sakit proses pengobatannya panjang.
    Semoga kita semua diberi kesehatan ya…

  2. iya nih, aku termasuk orang yang rajin banget minum air putih
    sadar banget bahwa aku makannya belum tentu terjaga juga, makanya kudu stok air putih banyak supaya ginjalku aman
    kasian ginjalku eeee

  3. Oh, jamu bisa memperberat kerja ginjal, Mbak? Baru tau saya. Selama ini saya minum kunyit kalau sedang haid atau sakit maag saya kumat. Kalau badan pegal2, saya minum jamu pahit dari Budhe jamu yang lewat depan rumah.

  4. Baru tahu kalau ada hari Ginjal mbak.
    Emang yang namanya ginjal ini penting ya, makanya nih biar ginjal sehat kudu banyak asupan air putih dan usahakan utk enggak banyak minum minuman kemasan yang manis2 itu juga kyknya ya

  5. sebagai salah satu organ vital, kita harus beneran menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit yang berat. Kita berharap bisa dicegah dini karena jelas pengobatannya akan mahal dan dengan waktu yang panjang. Semoga kita selalu bisa menjaga ginjal dengan baik

  6. Sebenernya daridulu tau kalau minum kopi kebanyakan kasian ginjalnya, terima kasih mengingatkan kembali. Memang jangan sampai nunggu sakit ya, bener2 dijaga kalau punya ginjal yg sehat 🙂

  7. Aku karena mager kali yaa…jadi kalau minum sedikiitt.
    Uda pernah beberapa kali anyang-anyangan. Dan rasanya sungguh gak nyaman, tersiksa.
    Harus banget minum air mineral setiap waktu meski sedikit yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *