Mari Asah Potensi Prestasi Anak Saat #DiRumahAja

Posted on

Pagi Bunda, bagaimana kabar si Kecil saat #DiRumahAja menghadapi pandemi Covid-19 ini?  Semoga masih terus semangat dalam belajar ya 🙂 . Karena jujur saja, saat ini anak saya Azzam sudah mulai sangat bosan dengan kegiatan di rumah dan mulai merindukan teman-temannya untuk bermain di lapangan.

Sudah tentu kita ataupun anak-anak  akan saat terkurung di rumah selama berminggu-minggu, tetapi sebagai Mombassador SGM Eksplor saya tidak akan membiarkan anak saya merasa bosan apalagi mengalami stress. Karena tidak akan baik bagi tumbuh kembang mereka sebagai Anak Generasi Maju.

Terlebih saat ini kita sedang menjalani kegiatan ibadah puasa, kalau kita tidak pintar alihkan rasa lapar anak dengan kegiatan seru dan menarik, pasti mereka akan cari banyak alasan untuk bisa buka puasa di tengah hari 🙂 .

Anak Generasi Maju
Asah Potensi Prestasi si Kecil dengan berbagai kegiatan di rumah.

Kita sebagai orang tua, harus semakin kreatif dalam menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak-anak ya Bunda. Nah agar Azzam tidak rewel, biasanya saya akan sediakan kertas kosong untuk digambar atau diwarnai sesuka hatinya, meskipun tidak jarang tembok rumah dan lantai juga jadi tempat menggambar 🙂 .

Azzam sangat suka saat mewarnai hewan, karena bentuknya yang beragam dan sambil asik bercerita mengingat pengalamannya saat bermain di Taman Safari tahun lalu. Seringkali Azzam gak mau di ganggu kalau sedang melakukan kegiatan ini, karena tidak suka kalau ada yang mendikte warna yang dipilih olehnya.

Tahu gak sih Bunda, kalau menggambar dan mewarnai merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Kegiatan ini membantu anak dalam menuangkan beragam imajinasi dan gambar yang dihasilkan juga dapat menunjukkan tingkat kreativitas dan suasana hati anak.

Manfaat aktifitas mengambar dan mewarnai bagi anak, di antaranya:

1. Media Berekspresi dan Berimajinasi
2. Membantu Mengenal Warna
3. Melatih Motorik Saat Menggenggam Pensil
4. Meningkatkan Konsentrasi

Jadi, jangan pernah larang anak untuk menggambar dan mewarnai ya Bunda, kalau tembok rumah jadi kotor karena coretan mereka, kan bisa kita cat ulang. Tapi kalau anak sudah hilang keinginan untuk menggambar dan mewarnai karena selalu kita larang, nanti mereka tidak punya sarana berekspresi dan berimajinasi.

Berkreasi bersama si kecil
Berkreasi bersama si kecil dengan tutorial dari Instagram Aku Anak SGM

Jadi ceritanya saya melihat tutorial ide menarik bermain bersama Bunda di akun Instagram @akuanaksgm, mengenai mudahnya membuat puppet show dimulai dengan mewarnai, menggunting gambar yang sudah diwarnai dan kemudian bercerita dari gambar yang sudah dibikin menjadi semacam wayang. Serunya bermain bersama Azzam meski di rumah.

Sangat mudah dipraktekkan bersama si Kecil saat #DiRumahAja loh Bunda. Kegiatan sederhana ini dapat membantu mengasah Potensi Prestasi cerdas kreatif anak, juga meningkatkan bonding antara Bunda dan si Kecil .

Selain meningkatkan kemampuan berpikir dan kreativitas anak, kegiatan ini juga membuat si Kecil tambah penasaran dan antusias dengan kegiatan baru yang akan dilakukan setiap harinya.

Berkreasi bersama si kecil
Berkreasi bersama si kecil

Dengan semua perlengkapan ini, Azzam harus terlebih dahulu menggambar karakter atau hewan yang disukainya pada kertas origami, nantinya akan diwarnai, dipasang gambar mata, kemudian di lem dan digunting menjadi karakter puppet show yang di tempel pada pinsil warna yang biasa di gunakan untuk mewarnai.

Yuk tonton tutorial menarik di Instagram @akuanaksgm mengenai kegiatan bermain bersama Bunda, dan jangan lupa praktekkan bersama si kecil saat #DiRumahAja biar berkurang rasa bosan mereka.

Selain sediakan kegiatan positif, menarik dan seru, kita juga tidak boleh melupakan asupan makanan dan nutrisi anak, terlebih saat mereka baru belajar berpuasa. Ingat ya Bunda untuk sediakan makanan bergizi seimbang dan segelas susu SGM Eksplor saat sahur dan saat berbuka puasa bagi mereka.

Azzam ikut berpuasa meski baru berusia 5 tahun
Azzam ikut berpuasa meski baru berusia 5 tahun, saya selalu sediakan segelas susu SGM Eksplor saat sahur dan berbuka puasa

Yuk Bunda jangan lupa untuk follow akun Instagram @akuanaksgm dan juga Facebook Aku Anak SGM, atau kunjungi website www.generasimaju.co.id agar tidak ketinggalan informasi menarik dan tips mengenai tumbuh kembang dan nutrisi si Kecil.

Kalau Bunda masih memiliki pertanyaan seputar kesehatan, nutrisi dan tumbuh kembang anak, bisa loh langsung menghubungi Careline SGM di nomor : 0800 1 360 360 (Bebas Pulsa) untuk dapatkan banyak informasi yang lebih akurat. Jangan sampai termakan berita Hoax mengenai kesehatan, pencegahan dan penyebaran virus Corona ya Bunda.

 

Spread the love

8 thoughts on “Mari Asah Potensi Prestasi Anak Saat #DiRumahAja

  1. Ibu beneran komplit tugasnya, selain menjaga asupan gizi anak terjaga dan terpenuhi dan yang paling penting menjaga anak tetap belajar dan melakukan proses kreatif dirumah
    Mommy seterong zaman sekarang

  2. Mantabb ini mamanya azam bisa selalu kreatif dan tetap mendidik azam dengan baik walaupun sedang pandemi covid-19. Saya juga memanfaatkan waktu wfh ini dengan banyak bermain sama anak. Lumayan sekarang boundingnya semakin baik

  3. Mengajarkan anak kreativitas memang bisa jadi mengasah bakat ya, seiring bertumbuh nanti akan menemukan minatnya sendiri dan bisa yang sejak dilatih dari kecil 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *