Launching Hops.ID – Mengajak Masyarakat Untuk Tidak Panik Menghadapi Corona

Posted on

Selamat pagi teman-teman, semoga selalu diberikan kesehatan tubuh dan jiwa di tengah kepanikan masyarakat dalam menghadapi berita mengenai wabah virus corona yang sedang merebak dia bulan terakhir ini.

Jum’at, 28 Februari 2020 saya menghadiri kegiatan diskusi yang diadakan oleh Hops.ID bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia. Tema yang diangkat adalah “Belajar dari Corona si Penyakit Mematikan”, kami membahas fakta seputar virus corona dan bagaimana dalam menanganinya.

Menghadiri diskusi mengenai Corona bersama Hops.ID
Menghadiri diskusi mengenai Corona bersama Hops.ID

Acara kali ini juga menjadi momen bahagia Launchingnya portal media berita Hops.ID yang diresmikan oleh Bapak Hadi Suprapto, selaku Chief of Content. Nanti kita kenalan lebih dekat dengan Hops.ID ya teman-teman.

Belajar dari Corona si Penyakit Mematikan

Hadir sebagai pembicara kali ini, yaitu :

1. Dr. Moh Abid Khumaidi, SpOT yang merupakan dokter spesialis ortopedi dan traumatologi.
2. Dr. Mahesa Paranadipa, MH perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia.
3. Antonius Aninditya Abimara Anggoro, penyanyi muda Indonesia

Merebaknya berita mengenai wabah virus corona (COVID) banyak memunculkan berita hoax yang meresahkan masyarakat, disinilah Hops.ID mengajak kita untuk mengenal lebih dekat dengan Virus Corona yang sedang mewabah di dunia.

Diskusi mengenai Corona bersama Hops.ID dan pakarnya
Diskusi mengenai Corona bersama Hops.ID dan pakarnya

Dr. Moh Abid Khumaidi hari ini membuka diskusi dengan menjelaskan mengenai “Virus Corona”. Dijelaskan kalau virus corona  merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu.

Siapa pun dapat terinfeksi virus corona. Akan tetapi, bayi dan anak kecil, serta orang dengan kekebalan tubuh yang lemah lebih rentan terhadap serangan virus ini. Tapi nih, selama kita selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar, insyaallah kita bisa terhindar dari penyebaran virus yang satu ini.

Beredarnya Hoax mengenai penyebaran virus, cara pengobatan dan jumlah penderita yang positif terkena virus corona inilah yang membuat kita semua wajib untuk cari tahu kebenarannya.

Ternyata, kebiasaan sederhana dapat membantu kita terhindar dari penyebaran virus. Misalnya dengan cuci tangan dengan benar menggunakan sabun, dan tidak terlalu sering mengusap wajah juga hidung. Dalam penggunaan masker, sebaiknya kita tidak perlu terlalu paranoid. Disarankan yang wajib menggunakan masker adalah mereka yang daya tubuhnya sedang drop, atau sedang sakit.

Jangan sampai orang-orang yang sebenarnya lebih membutuhkan masker untuk kebutuhan medis sampai terganggu, karena ketersediaannya hilang di pasar akibat panic buying dan usaha penimbunan masker demi mencari keuntungan.

Diingatkan oleh Dr. Mahesa bahwa pola hidup sehat, melakukan GERMAS dan kelola stress dapat mengingatkan kita dari terserang wabah virus ini. Kepanikan berlebihan malah akan memperburuk keadaan, bukannya menyelesaikan masalah.

Ingat gak sih, saat awal ditemukan virus corona banyak masyarakat yang berasumsi kalau virus ini bisa ditangani dengan mengkonsumsi bawang putih? Ini Hoax ya teman-teman, meskipun diketahui virus ini penyebaran karena hewan kelelawar, bukan berarti setiap kelelawar adalah vampir yang bisa diusir dengan bawang putih. Bahkan vampir sendiri merupakan kisah fiktif yang tidak ada hubungannya dengan dunia kesehatan.

Saat itu harga bawang putih tiba-tiba meroket, keberadaannya hilang dipasaran dan membuat masyarakat terutama ibu-ibu panil karena masakan di rumah kurang sedap akibat tidak menemukan bawang putih di pasar.

Saat ini, kelangkaan masker dan hand sanitizer jadi perbincangan dan kepanikan, yang berakibat sama yaitu kenaikan harga di produk tersebut. Padahal sering dijelaskan kalau orang sehat tidak perlu menggunakan masker, cuci tangan dengan air dan sabun akan lebih bersih. Jadi tidaklah perlu ada kepanikan saat kedua benda ini tidak ada di pasaran.

Antonius Aninditya Abimara Anggoro, yang sering dipanggil Abimara juga berbagi cerita bagaimana virus corona ini mempengaruhi kinerjanya sebagai publik figur dan penyanyi. Karena banyak kegiatan atau jadwal manggung yang batal akibat serangan kabar berita mengenai mewabah nya virus ini.

Abimara mengatakan kalau dirinya dan keluarga saat ini sudah mulai menjalankan hidup lebih sehat, lebih menjaga stamina tubuh dan mengurangi aktivitas di keramaian untuk mencegah dampak dari penyebaran virus ini.

Mengenal Hops.ID

Diskusi yang santai, tapi sangat mengena untuk dibahas, saya mendapatkan banyak informasi akurat dan sesuai fakta di kegiatan kali ini. Semoga masyarakat Indonesia dapat lebih bijak dalam menerima informasi yang ada, lebih pandai memilih portal media untuk dibaca dan mau melakukan cek fakta sebelum menyebarkan berita yang ada ke media sosial.

Portal media online Hops.ID
Portal media online Hops.ID

Hal ini penting untuk mengurangi dan menghindari penyebaran berita hoax di masyarakat, sehingga kepanikan massa tidak terjadi. Disinilah Hops.ID hadir sebagai portal media berita online yang menyediakan berita ringan, viral dan trending di tengah masyarakat, namun tentu saja dengan mengedepankan fakta-fakta.

Hops.ID berharap dapat menjadi media online yang diakui di Indonesia, dengan menyediakan konten berita, olahraga, seputar gaya hidup dan dunia hiburan. Hops.ID juga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia yang tertarik bergabung dengan menjadi fasilitator bagi penulis berbakat.

Selamat untuk launching nya Hops.ID 🙂 semoga memberi warna baru bagi berita online di Indonesia dan memberikan banyak manfaat, serta berita yang sesuai dengan fakta, bukan sekedar sesuai keinginan netizen.

Spread the love

2 thoughts on “Launching Hops.ID – Mengajak Masyarakat Untuk Tidak Panik Menghadapi Corona

  1. Dunia maya rentan sama hoax kalau tidak cari tahu maka kita akan termakan berita yang simpang siur mengenai corona.

    Dunia maya juga ladang rezeki bagi content creator. Jadi semua itu ada di tangan kita.

  2. kudupinter dalam filter konten hoax, jangan mudah terprovokasi, jangan mudah mengiyakan sebuah berita, kadang juga portal online sering sebar kabar hoax, . . jadi orang biasa saja, jangan dikit dikit takut dan viral, ahahahah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *