Laporan Keberlanjutan – Bentuk Kontribusi Danone Specialized Nutrition Indonesia Kepada Masyarakat dan Lingkungan

Posted on

Pagi Bunda, apa kabar keluarga tercinta hari ini 🙂 semoga selalu sehat dan bahagia selalu ya. Mau tanya dong, adakah dari kalian yang tidak mengenal Danone Indonesia? Salah satu Perusahaan yang sangat peduli dan memperhatikan mengenai keberlanjutan lingkungan hidup dan pemenuhan nutrisi dan gizi generasi muda Indonesia.

Kalau dengar tentang Danone, biasanya akan langsung teringat AQUA untuk produk air minum kemasan, atau susu pertumbuhan anak seperti SGM EKSPLOR, Bebelac, Nutrilon dan yang lainnya. Selain produk lain yang biasa kita gunakan tentunya.

Susu pertumbuhan anak SGM Eksplor salah satu produk nutrisi dari Danone
Susu pertumbuhan anak SGM Eksplor salah satu produk nutrisi dari Danone

Sebagai pengguna produk dari Danone Indonesia, saya sangat beruntung dapat kesempatan untuk berkunjung ke Pabrik Danone Sentul, di Citeureup, 12 Februari 2020 yang lalu. Dengan kegiatan yang padat, banyak sekali informasi yang saya dapatkan dari kunjungan kali ini.

Kunjungan ke PAUD Cerdas – Citereup, PAUD Binaan Danone Indonesia

Di awal kunjungan, saya mengunjungi PAUD CERDAS yang merupakan binaan Danone di Citeureup yang letaknya hanya 400 meter dari pabrik Danone Specialized Nutrition Indonesia. PAUD Cerdas ini mendapatkan bantuan CSR dari Danone Specialized Nutrition sebagai salah satu bentuk program Keberlanjutan atau Sustainability. Bantuan yang diberikan berupa bimbingan mengenai pemenuhan nutrisi melalui pengenalan Isi Piringku dan penerapan Gizi Seimbang.

Program CSR Danone Indonesia
PAUD Cerdas yang dapat dukungan program CSR Danone Indonesia

PAUD cerdas berdiri tahun 2012, selama kurun waktu 2012-2015 Danone berikan bantuan berupa penyediaan fasilitas berupa rumah di sekitar pabrik untuk digunakan sebagi area bermain dan belajar anak-anak usia PAUD. Kemudian di tahun 2016, Danone memanfaatkan lahan yang ada dan akses pabrik untuk mendirikan bangunan permanen berupa PAUD cerdas sebagai salah satu bentuk CSR Danone.

Secara berkala Danone Specialized Nutrition Indonesia membuat program-program berkelanjutan yang bekerjasama dengan PAUD Cerdas, seperti program “SUGIZINDO mengajar”, dimana karyawan pabrik turun ke PAUD untuk berbagi pengetahuan mengenai keselamatan, kesehatan, makanan bernutrisi dan ketahanan pangan yang berhubungan dengan anak usia dini.

Salah satu program yang diperkenalkan oleh Danone sesuai dengan panduan Kemenkes adalah Isi Piringku, dimana anak-anak, guru dan orangtua murid diberikan edukasi mengenai gizi seimbang melalui Isi Piringku.

Tampak berbagai informasi mengenai gizi seimbang, Isi Piringku, cuci tangan dengan benar, kegiatan daur ulang diperkenalkan di setiap sudut dinding PAUD ini. Anak-anak yang belajar disini juga tampak sangat cerdas dan ceria, tumbuh kembang optimal sesuai dengan usia

Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia

Belum habis terpukau dengan kunjungan ke PAUD Cerdas, saya bersama Blogger lainnya dan Mombassador SGM Eksplor berkesempatan juga mengunjungi Pabrik Sentul Danone Specialized Nutrition Indonesia untuk menyaksikan Launching Sustainability Report 2017-2018.

Peluncuran Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia
Peluncuran Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia

Connie Ang, selaku Presiden Direktur Danone SN Indonesia, menjelaskan bahwa Sustainability Report yang dibuat oleh Danone Indonesia, merupakan kegiatan rutin 2 tahun sekali sebagai salah satu bentuk komitmen transparansi Danone dalam mengkomunikasikan keberlangsungan bisnis serta dampak sosial perusahaan kepada Masyarakat, Konsumen dan Stake holder.

Pengertian dari Sustainable sendiri adalah tindakan saat ini, yang tidak merusak dan merugikan sumber daya untuk masa depan, terkait sumber daya ekonomi, sosial, budaya dan kearifan lokal. Yang merupakan tujuan Pembangunan Berkelanjutan / SDGs.

Sustainability Report 2017-2018 Danone SN Indonesia fokus pada kesehatan Ibu dan Anak serta menjaga keberlanjutan dalam 6 pilar utama, yaitu :

1. Riset & Inovasi,

2. Rantai Nilai Nutrisi,

3. 3.Lingkung,

4. Pemberdayaan Masyarakat,

5. Kepatuhan Bisnis, hingga

6. Pengembangan Karyawan sesuai dengan Misi Danone “One Planet One Health”.

Sustainability program yang dilakukan Danone Indonesia
Sustainability program yang dilakukan Danone Indonesia

Laporan Keberlanjutan Danone Spesialized Nutrition Indonesia juga dijelaskan oleh bapak Delta Deritawan, selaku Operasional Director Danone Indonesia. Dijelaskan selain fokus pada bisnis, bidang kesehatan dan nutrisi, Danone Indonesia juga berkonsentrasi pada bidang sosial, ekonomi dan pendidikan seperti mendirikan PAUD Cerdas, pembinaan UMKM berupa pembuatan tempe dan hasil olahannya, juga memberikan kesejahteraan kepada karyawan salah satunya adalah cuti melahirkan selama 6 bulan.

Hadir juga Bapak Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia yang menjelaskan bahwa Laporan Keberlanjutan yang Danone lakukan mencakup 6 pilar utama yang terdiri dari berbagai komitmen dan tanggung jawab Danone Indonesia.

Laporan Keberlanjutan ini telah disusun mengikuti Pedoman Standar Pelaporan Keberlanjutan (GRI) dengan menampilkan struktur modular yang saling terkait dan mewakili praktik terbaik dalam pelaporan berbagai dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial.

6 pilar perusahaan Danone Indonesia
6 pilar perusahaan Danone Indonesia
6 pilar perusahaan Danone Indonesia
6 pilar perusahaan Danone Indonesia
6 pilar perusahaan Danone Indonesia
6 pilar perusahaan Danone Indonesia

Dengan begitu, laporan ini diharapkan dapat mencerminkan langkah-langkah positif yang telah Danone Specialized Nutrition ambil dalam setiap pelaksanaan kegiatan operasionalnya yang mengutamakan ketiga aspek keberlanjutan yaitu aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Kontribusi Danone SN terhadap proses dan rantai bisnis bertanggung jawab hingga program edukasi tentang pentingnya nutrisi bagi masa depan ibu dan anak telah memberikan dampak positif kepada para pemangku kepentingan.

Kegiatannya Danone Indonesia lainnya yang merupakan pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat yaitu:

1. Program pencegahan Stunting
2. Isi Piringku
3. Taman Pintar
4. Rumah Tempe
5. Warung anak sehat
6. Rumah Srikandi
7. Rumah Bunda Sehat
8. Proyek Merapi
9. Duta 1000 Pelangi

Laporan Keberlanjutan Danone Indonesia
Maria Dian Nurani, dari AICON, selaku pengamat dan konsultan di bidang Sustainability

Pada acara Peluncuran Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia ini juga dihadiri ibu Maria Dian Nurani, dari AICON, selaku pengamat dan konsultan di bidang Sustainability, beliau menyatakan kalau laporan yang dibuat oleh Danone Indonesia sangat valid dan mudah dimengerti pemaparannya oleh masyarakat luas. Bahkan banyak perusahaan lain yang ingin membuat laporan keberlanjutan seperti yang dilakukan oleh Danone Indonesia.

Dr. Ir. Dwi Hastuti, MSc, Kepala Divisi Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), Institut Pertanian Bogor (IPB) yang hadir di kegiatan ini menjelaskan bagaimana FEMA IPB berkolaborasi dengan Danone Indonesia dalam melakukan program-program keberlanjutan, khususnya program edukasi nutrisi yang dilakukan oleh Danone Specialized Nutrition Indonesia dalam upaya untuk peningkatan gizi masyarakat Indonesia.

Program Keberlanjutan Danone
Dr. Ir. Dwi Hastuti, MSc menjelaskan bagaimana FEMA IPB berkolaborasi dengan Danone Indonesia dalam melakukan program-program keberlanjutan

FEMA IPB melihat, upaya keberlanjutan yang dilakukan Danone Specialized Nutrition Indonesia selalu disuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan agenda pemerintah, terutama dalam hal kondisi kesehatan dan pemenuhan nutrisi masyarakat.

Salah satunya melalui program “Isi Piringku” yang bertujuan untuk mengedukasi orang tua, anak-anak, serta guru PAUD dan TK. Bersama Danone SN, kami mengembangkan panduan gizi seimbang yang mencakup kebutuhan gizi anak serta pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Inisiasi Gizi Seimbang sejak dini
Inisiasi Gizi Seimbang sejak dini melalui program Isi Piringku.

Setelah menyaksikan Peluncuran Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia, kami juga diajak untuk tour, melihat secara langsung proses pembuatan susu di Pabrik Danone, Sentul.

Pabrik Danone di Sentul ini merupakan pabrik khusus yang memproduksi susu untuk anak-anak dengan kondisi spesial seperti Alergi, anemia dan stunting.

Buat kalian yang penasaran dengan isi Laporan Keberlanjutan Danone SN Indonesia, bisa langsung kunjungi link berikut ya

1. https://www.sarihusada.co.id/Tentang-Kami

2. https://nutricia.co.id/tentang-kami/

Spread the love

19 thoughts on “Laporan Keberlanjutan – Bentuk Kontribusi Danone Specialized Nutrition Indonesia Kepada Masyarakat dan Lingkungan

  1. Waw Danone ini gabungan perusahaan-perusahaan besar ya mba. Salut dengan kekonsostinan mereka dalam memgeluarkan produk yang bernutrisi. Ngomong-ngomong acara kunjungannya seru dan menarik ya. Pasti buat kita jadi pengalaman yang bergarga juga. Semoga sukses untuk Danone ini

  2. Siapa sih yang nggak kenal dengan DANONE, yang selalu memberikan yang terbaik dalam hal nutrisi.
    Makanha adik perempuanku selalu mberi Sufor SGM ke anaknya tuk mendukung pertumbuhannya.
    Semoga DANONE selalu memberikan yang terbaik tuk keluarga Indonesia

  3. Kontribusi Danone terhadap nutrisi anak bangsa memang patut diacungin jempol ya.

    Btw, anak saya juga minum SGM loh yang cokelat, pengen juga dong bisa berkunjung ke pabriknya maupun pabrik Danone 🙂

  4. Hemmm… Serasa akrab banget ya suasananya. Danone memang berkesinambungan dalam program serta kinerjanya tidak heran kalau termasuk brand terbesar di negara kita ini.

  5. Programnya Danone Indonesia ini bagus banget deh, aku kemarin pas acara saat menyimak bangga banget karena hampir 13th saja tidak pernah ada kecelakaan kerja di pabrik. Selain itu Danone Indonesia juga mensupport Paud Cerdas ini bagian dari mereka mengurangi angka stunting di Indonesia patut dicontoh.

  6. Keren banget deh Danone ini. Punya banyak bentuk CSR yang peduli dengan kesehatan dan kesejahteraan masyakarat sekitar. Mana berkelanjutan pula. Semoga nanti akan semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari CSR-CSR Danone ini.

  7. Wah nyambangin paud di sana juga ya mbak?
    Btw itu bukunya dibagikan ke siapa mbak? Ke masyarakat, manajemen, atau stakeholder atau ke semuanya yang berhubungan sama Danone gtu kah? Kegiatan Danone emang banyak, kalu dibukukan seperti ini bisa semacam jejak gtu ya sekaligus bisa dipakai buat evaluasi utk program2 ke depan

  8. Aktivitas danonen untuk gizi dan nutrisi sangat banyak ya mbak Anisa. Programnya bagus-bagus dan bermanfaat. Semoga berkelanjutan dan nambah lagi di kota-kota lainnya di Indonesia

  9. Iya nih, kalau dengan kata Danone, hal pertama yang nyangkut di kepala saya adalah air mineral AQUA.

    Bangga sekali sama berbagai CSR Danone ini. Duta 1000 pelangi ini ngapain ya? Kalau proyek Merai, saya juga cuup penasaran dengan ini. Jadi ingin googling lebih lanjut rasanya.

  10. Wah bagus sekali ya Danone mengeluarkan laporan keberlanjutan ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat. Jadi transparansinya jelas.

    Kegiatan CSR Danone di berbagai bidang juga patut diacungi jempol

  11. Wah senangnya kunjungan ke PAUD. Btw keren2 program Danone. Aku taunya Isi Piringku doang hehe. Semoga terus sustain dan makin banyak yang terdampak positif ya bun. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *