Kreasi Resep Bubur Kacang Hijau

Posted on

Pagi moms, sudah tidak asing tentunya dengan bubur kacang hijau dong. Azzam sangat suka dengan masakan yang satu ini, selain enak juga bergizi tinggi loh. Kacang hijau adalah salah satu makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Maka tak heran loh moms, jika banyak ahli gizi menyarankan kita untuk mengonsumsi kacang hijau sebagai makanan yang dikonsumsi setiap hari. Moms, kreasi cara membuat bubur kacang hijau seperti apa yang biasa di buat untuk keluarga?

Tahu ga sih moms, di dalam kacang hijau banyak mengandung bitamin seperti vitamin B dan E. Kacang hijau juga dipercaya dapat membuat energy dalam tubuh bertahan lama. Oleh karena itu banyak tentara di Indonesia yang mengonsumsi kacang hijau. Kacang hijau juga kaya akan zat besi sehingga banyak balita yang wajib dianjurkan untuk mengonsumsi kacang hijau.

Kacang hijau biasanya dibuat menjadi bubur moms dan biasanya jadi favorit keluarga. Nah, jika moms bosan dengan olahan bubur kacang hijau yang itu-itu saja, bisa loh melihat kreasi cara membuat bubur kacang hijau berikut ini :

1. Bubur Kacang Hijau Susu

Resep bubur kacang hijau yang pertama adalah resep yang sangat mudah untuk dibuat. Susu banyak mengandung vitamin yang sehat untuk tubuh. Susu adalah sumber kalsium yang baik sehingga baik untuk kesehatan tulang kita moms. bahan yang di butuhkan untuk membuat bubur kacang hijau susu adalah kacang hijau, susu segar, dan gula merah atau gula palem.

cara membuat bubur kacang hijau
Bubur kacang hijau susu

Cara membuatnya adalah dengan merebus kacang hijau terlebih dahulu hingga semua kacang hijau terbuka atau menjadi empuk. Setelah itu tambahkan susu segar dan juga gula palem secukupnya, lalu diaduk hingga matang.

2. Bubur Kacang Hijau Dengan Ketan Hitam.

Ketan hitam sangat baik juga untuk tubuh loh moms. Selain itu, ketan hitam memiliki rasa yang enak sehingga sangat cocok jika dicampur dengan bubur kacang hijau. Bahan yang di perlukan adalah kacang hijau, ketan hitam, santan kelapa, gula putih dan susu kental manis.

cara membuat bubur kacang hijau
Bubur kacang hijau dengan ketan hitam. (dok. Earlly.com)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah rebus kacang hijau hingga empuk. Sambil merebus kacang hijau, moms bisa mengukus ketan hitam juga. Setelah ketan hitam dikukus hingga matang. Masukkan ke dalam bubur kacang hijau yang sedang dimasak. Setelah itu, moms bisa menambahkan beberapa sendok gula putih ke dalamnya. Aduk hingga merata dan di cicipi apakah sudah manis. Jika sudah moms, tambahkan susu kental manis dan aduk lagi hingga matang.

3. Bubur Kacang Hijau Dengan Pisang

Kreasi yang satu ini bisa dibilang sangat unik moms, ini paling disukai Azzam. Pisang adalah buah yang kaya akan serat, sehingga baik untuk dicampur dengan makanan apapun. Pokoknya, enak sekali kalau di sandungan dengan bubur kacang hijau.

Bahan yang di perlukan adalah kacang hijau, pisang, gula merah, santan kelapa. Untuk pemilihan pisang, ingat ya moms jangan pilih pisang yang biasa kita makan langsung, karena rasanya kurang enak. Moms bisa pilih pisang kepok atau pisang yang agak asem manis.

cara membuat bubur kacang hijau
Bubur kacang hijau dengan pisang. (dok. resepmembuat.com)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah rebus kacang hijau hingga hampir matang. Setelah itu masukkan pisang kepok yang telah dipotong-potong sebelumnya. Kemudian masukkan santan kelapa dan gula merah. Aduk hingga matang. Supaya bubur kacang hijau wangi dan enak, moms bisa tambahkan daun pandan secukupnya.

4. Bubur kacang Hijau Dengan Roti Tawar

Kerasi selanjutnya ini moms, memang biasa kita ketemui di pinggir jalan. Biasanya tukang bubur di pinggir-pinggir jalan menggunakan roti tawar sebagai bahan pelengkap bubur. Nah, ini bisa menjadi kreasi kita juga loh di rumah. Memang perpaduan roti tawar dan bubur kacang hijau sangat enak. Moms bisa siapkan roti tawar gandum atau pun yang biasa, disesuaikan dengan selera keluarga saja.

cara membuat bubur kacang hijau
Bubur kacang hijau dengan roti tawar. (dok. Sajian Sedap)

Cara pertama yang harus dilakukan adalah rebus kacang hijau hingga matang. Jangan lupa masukkan santan kelapa, gula pasir dan juga susu. Setelah bubur matang dan lezat, masukkan roti tawar yang telah dipotong-potong.

Moms pilih kreasi bubur kacang hijau yang mana nih 🙂 kalau saya sih semua suka, dan semuanya sering di buat di rumah.

Spread the love

One thought on “Kreasi Resep Bubur Kacang Hijau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *