Konsultasi Bisnis Untuk Kembangkan Usaha Bersama Kemenkop di Smesco Center of Excellence

Posted on

Pernah dengar seorang enterpreneur mengatakan “Bisnis itu harus dimulai bukan sekedar direncanakan” karena perencanaan hanya akan menjadi wacana dan impian, disaat orang lain sudah menjalani usaha mereka kita masih berkutat dengan “seandainya nanti”. Konsultasi bisnis sudah tentu diperlukan, agar kita tidak kehilangan arah dan merugi saat menjalankan suatu bisnis.

Tidak ada yang salah dengan pendapat yang satu itu, tapi bukankah akan lebih baik saat kita menjalankan suatu bisnis atau usaha, sudah dengan perencanaan yang matang dan terstruktur. Kalaupun masih bingung harus mulai dari mana, sekarang sudah ada Pusat Konsultasi KUKM Center of Excellence ini untuk membantu para pelaku koperasi dan KUKM dalam mengembangkan potensi bisnisnya melalui konsultasi bisnis yang ada.

Yes, ada info menarik nih buat kalian pelaku bisnis dan UKM, sekarang ada fasilitas Center of Excellence yang resmi beroperasi pada Kamis, 2 Juli 2020 oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Sektor layanan yang menjadi prioritas  dari Smesco Center of Excellence adalah pariwisata, home décor, kuliner, fashion, ekonomi kreatif, perikanan dan hasil laut serta pertanian.

Peresmian Pusat Konsultasi KUKM Center of Excellence
Peresmian Pusat Konsultasi KUKM Center of Excellence oleh Kementerian Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Tak bisa dipungkiri, dunia usaha dan bisnis banyak sekali terdampak akibat pandemi Covid-19, gelombang PHK massal terjadi di mana-mana, dan daya beli masyarakat menjadi turun drastis. Hal ini menyebabkan banyak pengusaha yang terpaksa gulung tikar, akibat merugi dan tidak mampu lagi beroperasi.

Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) adalah salah satu strategi pemerintah untuk mengantisipasi dampak Covid-19, fokus yang jadi sasaran adalah di bidang ekonomi dan kesehatan. Untuk penanggulangan dampak ekonomi, dialokasikan anggaran khusus untuk Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

KemenkopUKM menginisiasi Pusat Informasi Pemulihan Ekonomi Koperasi dan UMKM untuk melaporkan perkembangan penyerapan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk KUMKM setiap hari baik persentase total dana yang disalurkan maupun jumlah KUMKM yang menerima.

Ini adalah bentuk keterbukaan informasi kepada publik sekaligus mengajak semua stakeholder untuk bersama-sama menyukseskan program ini jika ditemukan kendala atau hambatan di lapangan.

“Smesco Center of Excellence”, Layanan Baru bagi Pelaku Bisnis KUKM

Menjawab tantangan saat ini dan masa depan KUKM pasca pandemi dengan pola kehidupan masyarakat yang menerapkan kenormalan baru, Smesco Indonesia bersama Kementerian Koperasi dan UKM telah menyiapkan program meningkatkan kualitas daya saing produk KUKM melalui pusat konsultasi KUKM.

Soft launching Pusat Konsultasi KUKM Center of Excellence di Smesco
Soft launching Pusat Konsultasi KUKM Center of Excellence di Smesco.

Pusat Konsultasi KUKM atau Center of Excellence ini merupakan pusat informasi, pendampingan dan konsultasi bagi KUKM dengan melibatkan tenaga expert. “Kegiatan Smesco Center of Excellence akan meliputi riset dan pengembangan, peningkatan kapasitas SDM, penguatan proses produksi, juga pemetaan pasar secara holistik dari seluruh elemen pendukungnya. Termasuk tren, persyaratan administrasi ekspor dan lainnya. Fokus prioritas kami adalah UKM Ekspor dan substitusi impor”, ungkap Leonard Theosabrata, Direktur Utama Smesco Indonesia.

Peresmian Pusat Konsultasi KUKM
Leonard Theosabrata, Direktur Utama Smesco Indonesia berikan kata sambutan saat peresmian Pusat Konsultasi KUKM Center of Excellence, Smesco.

Kalian bisa dapatkan layanan ini via online, atau langsung datang ke Gedung Smesco Indonesia, lantai dasar di Jalan Gatot Subroto kav. 94, Pancoran, Jakarta Selatan.

Unit-unit konsultasi di Pusat Konsultasi KUKM SMESCO yang bisa kalian datangi yaitu :
1. LLP-KUKM Kuliner
2. Deputi SDM Craft/Kriya
3. Deputi Kelembagaan Legalitas/Perizinan
4. Deputi Produksi dan Pemasaran Fesyen
5. LPDB-KUMKM Pembiayaan dan Pajak
6. Deputi Restrukturisasi Usaha Online Marketing
7. LPDB-KUMKM Business Development

Tenaga ahli akan berikan konsultasi bisnis
Tenaga ahli akan berikan pendapat dan saran di Pusat Konsultasi KUKM.

Para expert dan pendamping yang telah ditunjuk, akan memberikan konsultasi secara rutin dan terjadwal selama 5 hari kerja dalam sepekan. Untuk informasi jadwal konsultasi bisa kalian dapatkan melalui media sosial Smesco di Instagram @SmescoIndonesia atau cek di bit.ly/skemapelayanankukm

Layanan baru dari Smesco ini bertujuan untuk memberikan solusi dari permasalahan yang umumnya dihadapai oleh pelaku bisnis KUKM yaitu kualitas produk dan pengembangan desain, hak cipta, pembiayaan, sistem online, packaging, perijinan, perpajakan serta pengembangan bisnis.

Skema Pelayanan Konsultasi  KUKM
Skema Pelayanan Konsultasi KUKM

Dalam pelaksanaan program Pusat Konsultasi KUKM Center of Excellence, Smesco Indonesia akan melakukan kolaborasi dengan Kementerian atau Lembaga terkait, Pemerintah Daerah melalui Dinas yang membidangi KUKM, para duta besar, akademisi, profesional, komunitas, serta lembaga pembiayaan baik dari perbankan, LPDB, maupun venture capital.

“Kami yakin dengan adanya Pusat Konsultasi KUKM ini akan membawa manfaat bagi berkembangnya produk unggulan KUKM daerah, sentralisasi produk KUKM dengan desain lokal yang berkualitas internasional, tersedianya pusat promosi produk KUKM, meningkatnya daya saing produk KUKM di pasar lokal maupun dunia serta meningkatnya daya saing produk kreatif terbaik KUKM”, pungkas Leonard.

Sudah tentu ini menjadi angin segar bagi pelaku usaha dan bisnis, diharapkan dapat membantu dan memberikan informasi dan solusi terbaik bagi peningkatan perekonomian nasional. Nah, buat kalian yang tertarik, jangan ragu untuk bertanya dan berkonsultasi langsung ya. Sukses selalu untuk kalian semua.

Spread the love

28 thoughts on “Konsultasi Bisnis Untuk Kembangkan Usaha Bersama Kemenkop di Smesco Center of Excellence

  1. mantep ini, kolaborasi dari banyak pihak jadi bisa segera mengakslerasi UKM agar segera melesat dan tak diam di tempat terlalu lama. semoga mendatangkan banyak manfaat bagi para UKM ya

  2. Seneng banget dengan program yang membantu UMKM agar bisa terus sukses dan lancar dalam penjualannya ya mba apalagi keadaan era pandemi begini dimna2 susah ..semoga trus sukses ya UMKM kitaa

  3. kebetulan saya sedang merambah usaha kecil-kecilan niy, wah masuk dalam unit nomor 4, bisa melakukan konsultasi ke sana, senangnya, semoga semuanya kembali membaik dna ekonomi masyarakat Indoensia kembali membaik

  4. Gemes pengen ngebenerin masker Pak Teten Masduki 😀 Halah.
    Menarik nih ada pusat konsultasi bisnis gini. Semoga gampang diakses ya supaya UMKM semakin maju 🙂

  5. Iya sedih banget banyak umkm bahkan beberapa store favoriteku harus tutup di masa pandemi ini. Semoga program2 yg bisa support para pengusaha, umkm dsb bisa terus ada dan makin banyak

  6. Beberapa usaha kuliner dekat rumah ada yang tutup karena pandemic ini. Kalau ketemu aku mau kasih tau tentang KUKM ini

  7. Pusat Konsultasi ini semoga bisa menjadi ilmu baru buat para pengusaha, apalgi sdh disediakan tenaga expert untuk jadi pendamping dan fasilitator

  8. Pemulihan ekonomi sedang berjalan ya mbak saat ini, bersyukur sekali ada informasi ini yang semoga bisa banyak yang mengetahui agar UMKM kita terus semangat meningkatkan bisnisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *