Kinerja Koperasi dan UMKM Tahun 2019

Posted on

Selamat Pagi Moms, Mama Azzam pernah membahas Koperasi dan UMKM beberapa kali, dan saat ini sedang menjadi anggota aktif Koperasi di komplek perumahan. Selain ingin kenal lebih dekat, juga ingin merasakan manfaat dari koperasi.

Karena sekarang koperasi keren loh, tahu ga sih Moms, kalau koperasi sudah melakukan pengembangan dan pemanfaatan informasi teknologi untuk pemasaran, koperasi sudah merambah e-commerce dalam pemasaran produk UMKM secara online. Beberapa produk UKM Indonesia bahkan sudah dijual di Shopee dengan portal belanja khusus.

Koperasi Zaman Now
Koperasi Zaman Now

Bukan sembarang berikan informasi loh, saya dapatkan fakta ini berdasarkan hasil Bincang Publik dan Pers Confrence Sekertaris Kementerian Keuangan dan UKM yang diselenggarakan pada 21 Mei 2019.

Kementerian Koperasi dan UKM telahtelah menyelengga Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dengan tujuan untuk mendapatkan masukan dari pemerintah daerah dalam menyiapkan perencanaan program dan kebijakan pada RPJMN koperasi dan UKM tahun 2020 – 2024.

Penyelenggaraan Rakornas dilakukan pada tanggal 2-3 Mei di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung dan menjadi sangat penting dalam melahirkan program, juga regulasi sebagai landasan untuk penyelenggaraan pemerintahan bidang koperasi dan UKM lima tahun ke depan.

Sebagai masyarakat, kita sih berharap agar Pemerintah mampu menghasilkan regulasi yang ramah bagi masyarakat, koperasi, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, dan pemerintah daerah sebagai ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan.

Hasil dari Rakornas bidang Koperasi dan UMKM Tahun 2019

Rakornas yang dilakukan mendapatkan hasil yang sangat positif, Koperasi dan UMKM memiliki rekomendasi arah kebijakan, strategi dan program kegiatan dari 5 sidang komisi, yaitu Komisi Bidang Kelembagaan dan Pengawasan, Komisi Bidang Pembiayaan, Komisi Bidang Produktivitas dan Daya Saing, Komisi Bidang Pengembangan SDM dan Kebijakan Mikro.

Pers Conference hasil Rakornas Kementerian Koperasi dan UMKM tahun 2019.
Pers Conference hasil Rakornas Kementerian Koperasi dan UMKM tahun 2019.

Seperti yang kita ketahui bersama Moms, masih banyak masyarakat yang tahu akan Koperasi tetapi belum mau ikut berperan serta sebagai anggota atau praktisi langsung Koperasi. Hal ini disebabkan karena masih banyaknya berita negatif yang mengiringi perjalanan dari Koperasi.

Adanya beberapa orang pintar dan paham mengenai Koperasi, tetapi menyalah gunakan fungsi dari Koperasi untuk mencari keuntungan pribadi yang merugikan banyak orang. Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Koperasi tidak ada lagi.

Namun Kementerian Koperasi dan UMKM tidak pernah menyerah untuk dapat membangkitkan semangat masyarakat dalam mengenal dan mau berpartisipasi aktif dalam membangun perekonomian Indonesia yang kuat melalui Koperasi.

Kemenkop melakukan upaya dalam mengembangkan Koperasi, UMKM dan Kewirausahawan. Diharapkan menjadi prioritas pembangunan RPJMN 2020-2024 untuk mencapai 3 tujuan pembangunan ekonomi, Triple Track, yaitu Pertumbuhan Ekonomi – Kualitas Pertumbuhan (pemerataan) – Stabilitas Ekonomi.

Kementerian Koperasi dan UMKM juga mendirikan SME’s Service Center yaitu layanan One Stop Services yang berintegerasi berupa informasi, fasilitasi dan advokasi kepada KUKM dan startup yang ingin mengembangkan bisnis dan bertempat di SMESCO.

SME’s Service Center yang merupakan pengembangan dari SMESCO Indonesia yang akan menyediakan ruang layanan perwakilan atau penghubung K/L terkait untuk memberikan informasi, fasilitasi dan advokasi yang menjadi kewenangan K/L tersebut.

Produk UMKM sudah dapat dibeli di seluruh Indonesia melalui penjualan secara online
Produk UMKM sudah dapat dibeli di seluruh Indonesia melalui penjualan secara online

Aggapan sebagian orang, bahwa koperasi hanya berskala ekonomi kecil dan cuma ada di pedesaan juga ketinggalan zaman, adalah pandangan yang salah. Koperasi kini telah mengalami perubahan yang signifikan, dan sudah menjadi entitas ekonomi berskala besar. Berkembang dengan teknologi maju, bahkan banyak melibatkan kalangan muda.

Koperasi sudah bekerja sama dengan e-commerce dan online dalam menjual banyak produk UMKM Indonesia, melalui Shopee, Bukalapak bahkan GoJek dan OVO loh.

Kini saatnya kita untuk dapat menjadi bagian dari sistem perekonomian Indonesia yang berkeadilan dengan koperasi, jangan hanya mengenal koperasi sebagai mata pelajaran saat sekolah saja.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *