Kenalan Dengan BPJS SATU – Program Yang Membantu Masyarakat Dalam Mendapatkan Informasi dan Pelayanan BPJS Secara Langsung

Posted on

Selamat Pagi, masih setia untuk membayar iuran BPJS Kesehatan dong ya teman-teman. Meski makin besar issue yang beredar, baik itu yang positif maupun negatif, saya pribadi sih sangat berharap kalau keberadaan program BPJS Kesehatan tetap ada untuk berikan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka pesertanya.

Masih banyak masyarakat yang kebingungan saat mengetahui tentang ditetapkannya kenaikan iuran BPJS Kesehatan, masyarakat banyak yang turun kelas karena merasa berat untuk membayar iuran yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan akan meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta

Namun bagi bagi mereka yang sudah merasakan manfaat dan kemudahan dari pelayanan BPJS Kesehatan, kenaikan iuran tidak sebanding dengan kemudahan dan akses kesehatan yang didapat melalui program BPJS Kesehatan.

Peningkatan kualitas pelayanan dari Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terus menjadi komitmen seluruh pemangku kepentingan kepada masayarat, seiring dengan telah diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, yang di dalamnya memuat tentang penyesuaian iuran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Mengenal BPJS Satu

Dalam rangka menerapkan komitmen BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan, kepastian, dan kecepatan layanan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-KartuIndonesia Sehat (JKN-KIS), Berbagai macam kemudahan pun terus dikembangkan. Salah satunya yaitu dengan mengembangkan program BPJS SATU! yang merupakan singkatan dari BPJS Kesehatan Siap Membantu yang senantiasa membantu peserta JKN-KIS di rumah sakit.

BPJS Satu ini bertujuan untuk memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta secara lebih cepat. Hal ini dilakukan sebagai bukti peningkatan kualitas pelayanan, agar peserta JKN-KIS memperoleh pelayanan yang terbaik, sesuai dengan jumlah kenaikan iuran yang dibayarkan.

Kemudahan yang dimaksud meliputi pemberian informasi terbaru terkait Program JKN-KIS, mengedukasi peserta terkait alur, pelayanan penanganan pengaduan, serta memastikan terselesaikannya pengaduan peserta.

Saat peserta JKN-KIS yang berobat di rumah sakit butuh informasi terkait Program JKN-KIS atau ada keluhan atas pelayanan yang diterima selama menjalani pengobatan, maka peserta bisa menemui petugas BPJS Satu.

Petugas BPJS Satu
Petugas BPJS Satu dengan rompi kuning siap membantu

Petugas BPJS Satu nantinya akan senantiasa membantu secara langsung di sejumlah fasilitas kesehatan. Baik dengan memberikan penjelasan atau informasi-informasi tentang JKN-KIS, maupun membantu menyelesaikan keluhan peserta. Petugas BPJS Satu dapat langsung dikenali karena mengenakan rompi khusus berwarna kuning, dan akan dilengkapi dengan tranportasi sepeda atau skuter untuk mempercepatnya geraknya, terutama di rumah sakit yang besar dan luas.

Diharapkan dengan dikembangkannya BPJS Satu, maka peserta JKN-KIS tidak perlu repot lagi ke kantor BPJS Kesehatan saat ada keluhan atau pertanyaan mengenai pelaksanaan pelayanan kesehatan. Pelayanan BPJS Satu sudah efektif sejak bulan April 2019 loh.

Informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa diperoleh jawabannya melalui BPJS Satu secara langsung, atau mengenai kendala yang dialami saat menjalani pengobatan, bisa diselesaikan di rumah sakit oleh BPJS Satu. Jadi akan lebih mudah, dan peserta juga akan hemat waktu dan biaya.

Alur Mendapatkan Pelayanan BPJS Satu

Masih bingung bagaimana dapatkan pelayanan dari BPJS Satu? Berikut informasi mengenai alurnya yang sangat simple :

1. Peserta BPJS Kesehatan aktif tinggal datang ke loket BPJS Satu.

2. Petugas BPJS Satu akan mencatat identitas dan mengidentifikasi kebutuhan peserta.

3. Kemudian petugas BPJS Satu akan memberikan penjelasan yang dibutuhkan peserta, begitu pula dengan keluhan peserta.

4. Kalau keluhannya sifatnya bisa langsung diselesaikan, maka petugas BPJS Satu akan langsung menindaklanjuti ditempat. Tapi kalau berat dan butuh ekskalasi, maka akan diekskalasi ke kantor cabang.

Untuk saat ini mungkin belum semua fasilitas kesehatan ada pelayanan BPJS Satu, namun akan segera diupayakan agar semua faskes ada layanan ini. Sudah tentu pelayanan yang ada tidak luput dari kekurangan, namun masyarakat tetap dapat menyampaikan saran dan kritik mengenai BPJS melalui customer care di nomor 1500400 milik yang bisa dihubungi selama 24 jam.

Mari kita pantau terus pelaksanaan dari BPJS Kesehatan, semoga tetap amanah dan dapat berikan pelayanan kesehatan sesuai dengan yang dijanjikan.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *