IDEATALKS di IDEAFEST 2020 – Bagaimana Para Pemimpin Wanita Membuat Perubahan Bersama Sarihusada

Posted on

Selamat pagi teman-teman, meski belum bisa bergerak bebas dan masih beraktivitas di dalam rumah, tetapi kita tetap bisa dapatkan akses untuk dapat banyak informasi menarik melalui gadget kan 🙂 . Kebetulan hari Jumat lalu, tanggal 13 November 2020 saya mengikuti event virtual IDEAFEST 2020 di acara IDEATALKS dengan topik “More than a Woman: How These Female Leaders Make a Change”.

Bincang-bincang mengenai peran perempuan di era modern
Bincang-bincang mengenai peran perempuan di era modern.

Intinya sih mengenai peran perempuan di kepemimpinan suatu perusahaan dalam menciptakan perubahan, pembicara yang hadir yaitu :
1. Vera Galuh Sugianto, VP General Secretary of Sarihusada.
2. Dewi Muliaty, President Director of Prodia
3. Hannah Al Rashid, Actor and Activist
Dengan moderator acara Rory Asyari yang tampan, membuat acara ini jadi lebih segar ditengah pembicara perempuan keren yang sangat inspiratif.

Seperti kita ketahui, keterlibatan aktif perempuan pada posisi strategis di lingkungan kerja terus didorong sebagai isu prioritas baik secara global maupun nasional. Masih sedikit kesempatan bagi perempuan berkembang dan berkarya dengan kemampuan terbaik mereka di tempat kerja. Ketiga pembicaraan membahas mengenai peran perempuan dalam berbagai bidang yang saat ini sudah mulai diakui oleh masyarakat.

Sarihusada yang merupakan bagian dari Danone Indonesia sampai saat ini sudah memberikan dukungan kepada perempuan antara lain melalui program mentoring karir, kebijakan cuti melahirkan yang lebih panjang hingga fasilitas yang ramah bagi ibu dan anak.

Berbagai inisiatif ini telah mendorong lebih banyak karyawan perempuan mendapatkan kesempatan bertumbuh secara profesional hingga mencapai posisi direksi dan eksekutif di Danone, baik di Indonesia maupun berbagai negara.

Danone Indonesia terus berkomitmen untuk menerapkan berbagai kebijakan yang mendukung kesetaraan gender. Danone juga memberikan program mentoring karir kepada pekerja perempuan dalam program EVE.

“Mulai dari kesetaraan angka pekerja perempuan dan laki-laki hingga fasilitas yang mendukung keluarga khususnya pada masa melahirkan dan 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Salah satu capaian Danone Indonesia adalah 40 persen posisi direksi di perusahaan kami telah diisi oleh perempuan,” ungkap Bu Vera.

Vera Galuh Sugianto
Vera Galuh Sugianto, VP General Secretary of Sarihusada menjelaskan kesetaraan gender di Sarihusada

Sebagai wujud komitmen terhadap kesetaraan gender, Danone secara global ingin memastikan bahwa keterwalikan perempuan di level eksekutif sebesar 30 persen dan 42 persen di level direksi dapat tercapai di tahun 2020. Untuk itu, berbagai inisiatif lain juga telah dilakukan Danone Indonesia dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perempuan untuk bekerja, antara lain melalui kesetaraan program kesempatan karir dan mentoring bagi karyawan laki-laki dan perempuan, kebijakan cuti melahirkan, serta fasilitas ramah keluarga.

Danone menerapkan Parental Policy karena memahami kebutuhan orang tua bekerja, termasuk 2000 karyawan perempuan yang bekerja di Danone Indonesia. Danone juga merupakan salah satu perusahaan pertama yang memberikan kebijakan cuti melahirkan selama enam bulan bagi karyawan perempuan dan 10 hari untuk karyawan laki-laki.

Selain itu, dalam mendukung tumbuh kembang anak, pihaknya menyediakan fasilitas ruang ibu menyusui dan memberikan pilihan kerja dengan jam yang flexible. “Berbagai inisiatif ini kami hadirkan karena kami sangat mendukung pemberian ASI eksklusif bagi anak, serta untuk memastikan bahwa orang tua tetap dapat menghabiskan waktu dan memantau tumbuh kembang anak walau berkarir di perusahaan”, jelas Connie yang merupakan Presiden Direktur perempuan pertama untuk kategori bisnis Specialized Nutrition di Indonesia.

Komitmen Danone untuk mendukung pemberdayaan perempuan tidak hanya diterapkan kepada karyawan namun juga melalui insiatif sosialnya kepada masyarakat. Bersama dengan kategori bisnis Danone di Indonesia lainnya, program insiatif pemberdayaan Danone di Indonesia yang melibatkan perempuan antara lain Aqua Ladies yang menyediakan hidrasi sehat bagi 1,3 juta warga serta meningkatkan kesejahteraan Ibu pengelola Warung Anak Sehat (WAS).

Berbagai inisiatif tersebut melibatkan lebih dari 10.000 perempuan sebagai penerima manfaat yang telah memberikan dampak kesehatan dan ekonomi bagi lingkungan sekitar mereka. Hampir di setiap negara, tenaga kerja didominasi oleh pekerja laki-laki.

Masih kentalnya sistem Patriarki di masyarakat, masih menempatkan laki-laki sebagai pemegang kekuasaan utama dan mendominasi dalam peran kepemimpinan politik, otoritas moral, dan hak sosial. Namun saat ini, perempuan sudah mulai menyadari pentingnya peran mereka dalam berbagai bidang.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *