Mengenal Gandi Sulistiyanto, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Korea Selatan

Diposting pada

Selamat pagi teman-teman, kalau mendengar kata Korea Selatan, apa nih yang langsung ada di pikiran kalian 🙂 selain drama Korea dan bintang idola K-Pop, brand skincare dan handphone ternama juga berasal dari sana ya.

Bisa menjalin hubungan baik dengan kerjasama di bidang perekonomian, pemerintahan dan juga budaya, sudah tentu akan dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Berharap agar Indonesia bisa jadi negara maju di berbagai bidang seperti halnya Korea Selatan.

Pelantikan Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan
Pelantikan Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan

Gandi Sulistiyanto diangkat menjadi sebagai Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Korea Selatan dan telah dilantik oleh Presiden pada 17 November 2021. Pria yang akrab disapa Sulis itu sebenarnya bukan nama yang  asing, dirinya merupakan Managing Director Sinar Mas dengan sederet prestasi mumpuni.

Sulistyanto berkeinginan agar UMKM Indonesia terintegrasi menjadi rantai pasok yang andal dan mumpuni pada ekosistem perusahaan-perusahaan besar yang masuk dan berinvestasi di Indonesia.

Mengenal Gandi Sulistiyanto
Mengenal Gandi Sulistiyanto

Memasukkan UMKM lokal dalam rantai pasok telah dilakukan negara asal perusahaan besar itu sendiri. Ambil contoh apa yang dilakukan di Korea Selatan dimana perusahaan besar mengkoordinir supplier-supplier UMKM lokal untuk menjadi bagian dari rantai pasok dari produk EV misalnya,” begitu penjelasan Sulis dalam keterangan resminya.

Demi mewujudkan hal seperti itu di Indonesia, Sulis telah berbicara dengan beberapa pemangku kepentingan termasuk di antaranya Chairman Hyundai. Menurutnya, mereka telah siap menerapkan program rantai pasok seperti itu untuk UMKM Indonesia.

Pelaksanaan program-programnya akan disampaikan pada industri tersebut sembari melakukan pendampingan dan supervisi pada UMKM. Hal ini agar produk UMKM yang dihasilkan terjamin baik karena hal itu bagian daripada kualitas produk secara utuh.

Bila sudah terlaksana nanti pastinya akan mengangkat kualitas jasa dan produksi dari UMKM Indonesia. Saat itu Pemerintah Indonesia bisa tinggal memonitor saja,” ungkapnya.

Sulis menyebut salah satu kunci keberhasilan yang tak terpisahkan untuk menjadikan UMKM sebagai rantai pasok industri adalah pendidikan vokasi. Hal ini karena produk yang dihasilkan untuk mendukung rantai pasok adalah teknologi baru sehingga perlu SDM yang mumpuni.

Selamat untuk dilantiknya Gandi Sulistiyanto sebagai Dubes RI untuk Korea Selatan
Selamat untuk dilantiknya Gandi Sulistiyanto sebagai Dubes RI untuk Korea Selatan

Misalnya, pada produk electric vehicle yang syarat akan teknologi baru serba komputerisasi, termasuk sistem energinya pun menggunakan energi terbarukan sehingga membutuhkan SDM dengan keahlian baru dimana saat ini masih sangat jarang.

Sebagai Dubes, Sulis berjanji akan menjadikan program vokasi sebagai salah satu program kerja utama dari sisi investasi sekaligus ilmu pengetahuan dan teknologi. Ia juga mengusulkan kepada Chairman Hyundai agar pihaknya membentuk Politeknik Vokasi dan lembaga setara SMK di Indonesia yang disambut baik oleh produsen mobil Korea tersebut.

Sulis akan bekerja keras agar kerjasama Indonesia – Korea bisa diperkuat dengan membawa investor sebanyak-banyaknya. Melalui Indonesia Investment Authority (INA), investasi bisa masuk ke infrastruktur, begitu juga dengan investor lain di alat kesehatan dan obat-obat  agar Indonesia tidak tergantung dengan impor.

Dia berharap neraca perdagangan Indonesia nantinya setidaknya bisa lebih seimbang. Agar tidak hanya produk impor dari Korea saja yang masuk, sementara ekspor Indonesia ke sana masih terbatas.  Karena salah satu tugas Dubes memang membuat trade balance itu positif buat Indonesia.

Gandi Sulistiyanto Dubes RI untuk Korea Selatan
Gandi Sulistiyanto Dubes RI untuk Korea Selatan

Menjalani karir hampir empat dasawarsa di sektor privat yang 29 tahun di antaranya berlangsung di Sinar Mas, dengan jabatan terakhir Managing Director, menjadikan dirinya menyebut hari barunya nanti selaku duta besar adalah darmabakti bagi negara. Dirinya menyambut antusias hal ini, bahkan menyatakan keluarganya memberikan dukungan penuh. Produk Korea baik manufaktur, budaya hingga gaya hidup hadir seperti banjir ke Indonesia. Mampu membukakan jalan agar hal sebaliknya terjadi adalah tantangan yang mesti dihadapinya. Gandi Sulistiyanto berkata kemungkinan filosofi President Office yang ia pimpin di Sinar Mas terbawa dalam pola kerja di Seoul nanti.

Duta besar ini, bagi saya bukan karir, melainkan penugasan. Karena yang yang menyampaikan ataupun memintanya adalah Pemerintah lewat Presiden Joko Widodo. Karir saya adalah sebagai profesional di dunia usaha, yang telah saya jalani selama 39 tahun.

Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan Sulis, bukan dari sisi komersial ataupun income. Karena menjadi dubes adalah, pertama mengabdikan karya kepada Pemerintah, kedua mencatatkan legacy bagi keturunannya, terutama anak cucu, dan ketiga legacy kepada teman-teman atau junior di dunia usaha, kalangan profesional. Bahwa seorang profesional, juga dapat menjadi duta besar mewakili negara.

Setelah lolos prosedur fit and proper test dihadapan DPR dan dinyatakan lulus, Pemerintah mengirimkan surat kepada negara akreditasi dalam hal ini Republik Korea. Saat itulah, kalau nanti dari negara akreditasi sudah menjawab, memberikan persetujuan, baru Presiden akan melantik Sulis, sebelum berangkat memulai tugas.

Korea Selatan termasuk negara maju, meskipun tantangan tugasnya besar, justru terdapat kesempatan besar di sana untuk membawa keberhasilan negara ini, dapat ditularkan ke Indonesia, sebagai sesama negara G20, yang sekarang presidensi-nya ada di Indonesia.

Ide yang Diimplementasikan dalam Hubungan Bilateral Indonesia dan Korea Selatan

Jurus Diplomasi Gandi Sulistiyanto
Jurus Diplomasi Gandi Sulistiyanto

Pertama, dari sisi ekonomi, yakni perdagangan serta investasi adalah misi utama yang diberikan oleh Pemerintah. Karena datang dari dunia usaha, Sulis mengajak Korea ikut serta berpartisipasi dalam proyek-proyek infrastruktur di Indonesia. Melalui Indonesia sovereign wealth fund (Indonesia Investment Authority) misalnya.

Kemudian, kedua negara mempunyai perjanjian Comprehensive Economic Partnership Agreement CEPA, yang membebaskan bea masuk beberapa produk dari kedua negara, Pemerintah Indonesia tinggal meratifikasi perjanjian tersebut, yang sudah ditandatangani bulan Desember tahun lalu. Itu menjadi target Sulis. Sebelum berangkat, Insya Allah ratifikasi bisa ditandatangani oleh parlemen Indonesia. Dengan begitu, perdagangan antara kedua negara akan meningkat demikian pesatnya. Itu program pertama.

Kemudian ada forum-forum bilateral antara kedua negara. Itu akan terus beliau tingkatkan. Begitu pula dialog tingkat tinggi mengenai kebijakan ekonomi dan pembangunan, dan tak lupa kerjasama pengusaha-pengusaha muda dari kedua negara.

Dalam investasi, Sulis telah mendapatkan komitmen dari perusahaan-perusahaan otomotif yang akan memproduksi electric vehicle di Indonesia, yakni Hyundai, termasuk rencana membangun ekosistemnya, yang memiliki nilai investasi hingga puluhan miliar US dolar di Indonesia.

Beliau juga mengincar perusahaan-perusahaan biomedical serta alat kesehatan. Selama ini alat-alat kesehatan Korea terkenal berkualitas, karenanya mereka menjadi target kami untuk dibawa berinvestasi di Indonesia. Agar industri sejenis di Indonesia berkembang, dan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan harga yang terjangkau.

Selamat untuk dilantiknya Bapak Gandi Sulistiyanto yang saat ini menjadi sebagai Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Korea Selatan, semoga semua Visi dan Misi juga rencana kerja yang sudah tersusun bisa terlaksana dengan baik, tentu saja demi kemajuan Indonesia dong ya.

Spread the love

20 thoughts on “Mengenal Gandi Sulistiyanto, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Korea Selatan

  1. Semoga dengan terpilihnya beliau menjadi dubes Indonesia di Korsel, bisa meningkatkan kerjasama antar dua negara ini di berbagai bidang. Sehingga bisa terjadi hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain

  2. Salut sama Pak Gandi programnya bagus semoga dengan adanya peran beliau semakin meningkatkan hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea Selatan

  3. Selamat untuk bapak Gandi Sulistiyanto yang sudah dilantik sebagai duta besar untuk Korea Selatan
    semoga semua programnya bisa terealisasi
    Suka banget sama program Green Energy nya

  4. Selamat Pak Sulis. Semoga pekerja migran Indonesia khususnya di Korea sana sekarang bisa lebih baik kondisinya. Aspirasi mereka bisa dikembangkan sehingga pulang bisa menjadi juragan dan punya usaha yang menyerap tenaga kerja…

  5. Aku langsung tertuju sama program Green Energy nya nih, soalnya saya kerja di bidang ini juga, heheh. Semoga ya dengan terpilihnya Bapak Sulis ini, kerjasama antar Indonesia dan Korea Selatan bisa terjalin dengan baik, dan program2nya bisa berjalan dengan baik pula, sehingga masyarakat Indonesia bisa merasakan dampak positifnya.

  6. Doa yang terbaik untuk Bapak Gandi Sulistiyanto.
    Semoga dengan terpilihnya Bapak Gandi Sulistiyanto bisa semakin memperert jalinan kedua belah negara dan semua visi misi terbaik bisa terwujud.

  7. Selamat untuk Bapak Gandi dubes Korsel yang baru semoga bapak bisa terus membina hub baik dan bisa membawa produk Indonesia ke negeri korsel dengan sukses

  8. Semoga dengan penugasan yang Pak Sulis emban sebagai duta besar di Korea Selatan, bisa makin mempererat hubungan bilateral yang sudah lama terjalin antara Indonesia dan negerinya para oppa oppa di sana. Selamat bertugas buat Pak Sulis.

  9. Selamat ya buat Pak Gandi yang mengemban tugas sebagai duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan. Semoga hubungan yang baik antara Indonesia dan Korea Selatan makin terbina lebih baik lagi.

  10. Selamat bertugas pak Gandi Sulis, semoga bisa membawa perubahan lebih baik untuk Indonesia. Tak menyangka kalau pak Gandi ternyata pernah menempuh pendidikan di Universitas Tidar Magelang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *