Festival Isi Piringku, Upaya Membangun Generasi Sehat Melalui Edukasi Gizi Seimbang Sejak Dini

Posted on

Pagi Bunda, setahun sudah kita menghadapi dan melawan pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Semoga kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan untuk terus menjalani hari ya 🙂 .

Bagaimana dengan kesehatan Si Kecil yang saat ini harus tetap bersabar belajar dan bermain dari rumah, jangan sampai kita abai terhadap pemenuhan gizi seimbang keluarga ya, sudah menerapkan panduan makan sehat anak juga kan 🙂 selain meningkatkan imunitas juga penting dalam proses pertumbuhan anak-anak.

Mendidik anak-anak akan pentingnya gizi seimbang sedini mungkin sangat penting loh Bunda, apalagi bertujuan untuk membangun generasi sehat di masa depan. Sebagai orang tua, sudah tentu kita berharap agar anak-anak kita tumbuh kembang sempurna, sehat, cerdas dan kelak akan berkualitas sebagai generasi penerus bangsa.

Sedangkan saat ini masih ada berbagai masalah nutrisi yang harus dihadapi di Indonesia, seperti masalah stunting, obesitas dan juga kekurangan gizi.

Webinar NUB Festival Isi Piringku
Webinar NUB Festival Isi Piringku

Untuk itu, Danone SN Indonesia menjalankan program “Isi Piringku” yang merupakan sebuah program pendidikan dengan tujuan untuk memerangi stunting di Indonesia dengan mempromosikan konsumsi makanan yang sehat.

Jumat 26 Februari 2021, saya mengikuti webinar yang membahas “Festival Isi Piringku Anak Usia 4-6 Tahun” Upaya Membangun Generasi Sehat Sejak Dini.

Bekerja sama dengan IPB University, Danone Indonesia menghadirkan narasumber secara virtual, antara lain :

1. Dr. Rr. Dhian Proboyekti Dipo, SKM, MA – Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes RI

2. Ir. Harris Iskandar, Ph.D – Widya Prada Ahli Utama, Kemendikbud RI

3. Prof. Dr. Ir. Sri Anna Marliyati selaku Ketua Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB dan Ketua Tim Penyusun Modul Isi Piringku untuk Anak Usia 4-6 Tahun

4. Lisnawati, S.Pd – Perwakilan Guru Pos PAUD Cerdas

5. Vera Galuh Sugijanto- Vice President General Secretary Danone Indonesia

6. Karyanto Wibowo – Direktur Sustainable Development Danone Indonesia

Acara webinar bisa diakses secara gratis untuk seluruh kalangan masyarakat, juga bisa diputar secara berulang-ulang di channel YouTube Nutrisi Untuk Bangsa apabila ingin mendapatkan informasi yang bermanfaat mengenai panduan gizi seimbang anak.

Masalah kesehatan yang harus diperhatikan pemerintah
Masalah kesehatan yang harus diperhatikan pemerintah

Tidak mudah memang untuk mengubah perilaku dan pola hidup yang sudah kita lakukan, tapi kalau tidak berubah sekarang, kapan lagi kita bisa membangun generasi sehat.

Ada banyak hal yang harus kita ketahui mengenai dampak masalah gizi pada anak yang yang masih dalam masa pertumbuhan, terutama di usia 4-6 tahun.

Sudah saatnya kita terapkan gizi seimbang setiap harinya dimulai dari rumah dengan rutin menyiapkan  konsumsi aneka pangan bagi keluarga, membiasakan perilaku hidup sehat, memantau dan mempertahankan berat badan normal dan melakukan aktivitas fisik. Selain meningkatkan imunitas tubuh, juga mengurangi permasalahan gizi di Indonesia.

Pentingnya peranan gizi seimbang bagi pertumbuhan anak
Pentingnya peranan gizi seimbang bagi pertumbuhan anak

Dalam praktiknya, program ini ditujukan untuk mengedukasi dengan memberikan panduan dan informasi seputar gizi seimbang kepada orang tua, anak-anak, dan guru TK tentang makanan pokok, protein hewani dan hayati, buah dan sayuran, ditambah menu bergizi dan pastinya terjangkau.

Karena makan tidak hanya sekadar kenyang, namun juga harus memenuhi semua kebutuhan nutrisi tubuh. Kementerian Kesehatan mengenalkan panduan makan sehat melalui metode ‘Isi piringku’ yang dapat menjadi acuan sajian sekali makan.

Keragaman makanan dalam satu piring merupakan hal yang tak bisa ditawar, harus mencakup protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral seimbang. Mengapa konsumsi pangan beragam penting? Tak lain karena tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Dalam satu porsi sajian,disarankan sayur-sayuran dan buah-buahan porsinya adalah separuh bagian piring. Sedangkan separuh bagian piring lainnya dapat diisi dengan karbohidrat dan protein.

Saat seseorang “curang”, disadari atau tidak oleh dirinya, sehingga tidak memenuhi kebutuhan akan protein, karbohidrat, atau serat makan di masa depan akan mengalami malnutrisi. Hal buruk akan terjadi apabila hal ini terjadi pada remaja perempuan, saat kelak ia hamil, dikhawatirkan kebutuhan janin akan nutrisi tidak didapatkan pada tubuh ibunya yang semasa muda suka diet atau tidak memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Penting dilakukan oleh para orang tua
Penting dilakukan oleh para orang tua untuk menerapkan konsep dasar isi piringku sebagai penerapan gizi seimbang.

Pengenalan isi piringku dilakukan secara berkala oleh Kementerian Kesehatan keseluruh masyarakat Indonesia, bahkan sampai ke Sekolah Dasar. Karena anak usia 4-12 tahun masih sangat membutuhkan gizi seimbang untuk tumbuh kembang mereka, terutama perkembangan otaknya.

Buat Bunda yang masih ingin mencari tahu mengenai informasi gizi seimbang, bisa bergabung dengan Instagram Nutrisi Untuk Bangsa di @nutrisibangsa atau website sarihusada.co.id dan nutricia.co.id ya.

Spread the love

20 thoughts on “Festival Isi Piringku, Upaya Membangun Generasi Sehat Melalui Edukasi Gizi Seimbang Sejak Dini

  1. Wah terima kasih sharingnya mba Anisa. Ini sepertinya bisa diterapkan ke orang dewasa juga ya. Setuju sama point-point yang disebutkan di atas, mesti makan yang beraneka ragam dan 3x sehari. Kadang karena krisis, saya makan hanya 2x sehari hiksss.

  2. Webinar kayak gini penting banget sih buat menyadarkan orangtua tentang pentingnya mengatasi stunting. Semoga webinarnya makin sering ya dgn tema beragam. Khususnya demi edukasi bagi orangtua. Salut utk tim Danone Indonesia.

  3. Pengin deh setiap makan sesuai porsi, tapi seringnya banyak karbonya, daripada sayuran. Seharusnya diet juga harus memperhatikan asupan nutrisi ya. Membiasakan untuk makan sesuai gizi seimbang dari dini, ternyata pembentukan imun dari apa yg dimakan

  4. Ini acaranya keren, Mbak. Karena mengajarkan kepada anak-anak, gizi seimbang itu tidak hanya dari apa yang dikonsumsi setiap hari, tapi juga perlu berinteraksi dengan teman lainnya yaitu bermain. Sekaligus mengajarkan, jangan jajan sembarangan. Terus untuk masa pandemi ini semuanya harus disesuaikan kembali.

  5. Seru juga acaranya, topik yang dibahas juga sangat bermanfaat yaa apalagi buat para ibu-ibu muda yang menginginkan anaknya mengonsumsi makanan sehat sesuai yang dianjurkan oleh ahli gizi dan kesehatan.

  6. Gizi seimbang buat anak2 emang penting banget kak, jadi anak bisa dapat asupan yang cukup buat tumbuh kembangnya

  7. Pagi juga Bunda, hehehe… Doanya saya aminkan ya, aaamiiin..

    Pasti webinarnya seru dan sangat berbobot, soalnya pengisi materinya orang-orang yang sangat berkompeten di bidangnya.

    Alhamdulillah anak saya sih doyan makan apa saja, jadi nggak perlu terlalu khawatir. Tinggal kandungan gizinya saja yang perlu mendapat concern lagi ke depannya.

  8. Keren nih acaranya. Anak adalah aset penting dalam keluarga kita. Karena itu anak haruslah mendapatkan yg terbaik termasuk gizinya. Setuju nih ama pemateri bahwa makan tidak hanya sekadar kenyang, namun juga harus memenuhi semua kebutuhan nutrisi tubuh.

  9. Memang nggak mudah sih mengubah kebiasaan makan. Misalnya, porsi makan yg 50-60% berupa nasi atau karbohidrat, biasa terjadi di keseharian kita (termasuk saya hehee). Tapi harus mulai diubah nih kebiasaan yg kurang bagus ini

  10. Masalah gizi ini penting banget untuk diperhatikan ya, terlebih untuk anak2. Alhamdulillah anakku yg masih batita doyan makan sayur & buah, biasanya kan ada yg suka susah tuh ya… Tinggal diseimbangkan pola makannya. Webinarnya bermanfaat banget ini

  11. sering” ada webinar gini dan sasarannya ibu” yang hamil muda hingga punya anak. Dan juga bisa dengan bapak” atau suami yang baru nikah bagus ini edukasinya

  12. PR banget nih buatku karena anakku yang nomor dua masih susah makan sayur nya. Buah pun tertentu aja yang dimau.
    Ternyata makan sesuai isi piringku sebaiknya udah dimulai sejak usia 2 tahun yaaa. Makasih mba informasinya. Sangat bermanfaat

  13. Mbak Anissa keren sharingnya. Sedih aja aku mah, Indonesia udah 3/4 abad merdeka, anak-anak yg kurang gizi masih ada aja. Padahal negara kita kaya sumber pangan yang bervariasi. Tinggal mengolah menu supaya kita bisa lebih berselera…

  14. Webinar semacam ini sekarang banyak bertebaran ya. Bagus banget sih untuk mengingat pentingnya asupan gizi yang tepat untuk anak-anak. Karena gizi yang baik sejak dini mempengaruhi kualitas hidupnya di masa dewasa. PR banget buat para ortu untuk memperhatikan isi piring anaknya, apalagi yang picky eater kaya anak sulungku.

  15. Selalu suka sama acaranya NUB
    Karena selalu punya makna dan isi berbobot
    Nggak sekadar sharing
    Semua pasti akhirnya paham soal ISI PIRINGKU

  16. Ini versi upgrade bgt dari 4sehat5sempurna dulu ya, harus diatur bener ini terutama bagi umur 4-12 tahun yg dlm masa pertumbuhan. Apalagi melihat kondisi skrg ya bermunculan banyak bahaya penyakit mengintai ya, maka jgn sembarangan atau kurang diperhatikan

  17. Makasi mba penjelasannya, aku jadi inget anakku paling ga suka makan buah ni, ampe binugn caranya harus gimana huhu

  18. Sama kayak orang dewasa, anak-anak juga harus diberikan gizi seimbang ya kak biar bisa tumbuh sehat dan kuat. Cuma gimana sih ini ngakalin anak-anak makan sayur? Kok ponakanku susah banget mau makan sayur yak?

  19. Wah festivalnya seru kak isi piringku ini pasti berguna banget untuk diri sendiri, maupun keluarga. Karena kami kadang suka lupa untuk menyediakan sayuran di piring.

  20. webinarnya berbobor bgt,,, nggak tau festival apa tuh isi piringku sebelumnyaa,,, sedihnya dulu aku kecil juga jarang bgt makan sayur, hikssssssssssss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *