6 Tahapan Proses Produksi Danone Indonesia yang Dukung Gaya Hidup Halal

Diposting pada

Saat ini, sudah banyak masyarakat dunia yang lebih memilih untuk melakukan #gayahiduphalal, karena dianggap lebih sehat dan memberikan manfaat bagi kehidupan. Hal ini sejalan dengan gaya hidup halal yang mengedepankan kebersihan, kesehatan, keamanan, serta membuat kondisi jasmani dan rohani individu semakin terjaga.

Ketika kita mengonsumsi makanan halal, tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan cukup, pikiran jadi lebih tenteram karena paham bahwa semua hal yang digunakan atau dikonsumsi merupakan produk yang aman dan berkualitas.

 

Keutamaan Menggunakan Produk Halal dan Thayyib

 

Bahkan di dalam Al-Qur’an, dianjurkan kepada manusia untuk memakan dari makanan yang Halal dan Thayyib. Agar hidup bisa lebih baik dan kelak memiliki keturunan yang baik.

Istilah Halal ini mengacu pada obyek atau tindakan apapun yang diizinkan untuk digunakan, dikonsumsi, atau dilakukan, menurut hukum Islam. Sedangkan Thayyib sendiri memiliki definisi baik, bersih, sehat, dan aman untuk dikonsumsi serta menyehatkan dan bermutu. Halal sudah selalu beriringan dengan Thayyib dalam pelaksanaannya.

Agar menghasilkan produk atau jasa yang Halal dan Thayyib maka semua produsen harus melakukan produksi dengan melalui proses pengolahan, packaging, juga distribusi yang baik dan benar.

Tujuannya sudah tentu agar masyarakat yang menggunakan, memakai atau memakan produk tersebut merasa nyaman, aman dan yakin bahwa produk yang dibeli, dimakan atau digunakan adalah yang berkualitas baik dan tidak merugikan baik untuk alam, lingkungan dan manusia.

Untuk mendapatkan produk yang berlabelkan halal, pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Mutu Produk Halal (BPJMPH) sebagai regulator untuk memberikan jaminan kepada konsumen maupun produsen, agar aktivitas yang menghubungan konsumen dan produsen berjalan dengan baik.

Halal bukan lagi terkait dengan syariah complain tapi sudah menjadi trend gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini.

Gaya hidup generasi masa kini sudah memiliki padangan hidup tentang halal, bukan menganggap sebagai semata-mata pelaksanaan ajaran agama Islam namun menjadi trend kehidupan bersama dan mempengaruhi perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan saat ini gaya hidup halal juga memiliki daya tarik dan potensi besar dalam aspek bisnis. Indonesia dengan segala kekayaan yang dimilikinya memiliki potensi untuk mengembangkan seluruh potensi aspek halal.

Tingginya potensi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta meningkatkan peran industri halal agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar untuk pertumbuhan ekonomi nasional.

Diimplementasikannya Undang-Undang Jaminan Produk Halal (UU JPH) memicu edukasi halal yang begitu masif tak hanya di kalangan konsumen tapi juga para produsen di industri halal Indonesia. Halal menjadi faktor penting keputusan pembelian konsumen.

Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Danone Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan kualitas produk dan layanan dengan kepatuhan penuh pada standar Danone, pemerintah serta industri yang berlaku, mulai dari konsep awal yang berlanjut ke seluruh siklus hidup produk sampai saat dikonsumsi oleh konsumen

Kalian harus tahu nih, kalau Danone Indonesia sudah sejak lama jalankan penyediaan produk yang aman, halal, dan sesuai dengan standar lokal, Danone Indonesia, dan kualitas dan keamanan pangan.

Saya berkesempatan mengikuti Webinar “Gaya Hidup Halal Pondasi Hidup Sehat dan Kuat” bersama Danone Indonesia bersama narasumber:

1. Jetti Rosila Hadi – Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestyle Center

2. Dr. Muhammad Aqil Irham, M.Si – Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH)

3. Prima Sehanputri – Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia

Gaya hidup halal bukan hanya sedang digemari oleh masyarakat muslim saja melainkan dunia, bahkan negara Korea Selatan dan Jepang sudah punya panduan terkait wisata halal, apalagi Indonesia yang masyarakat muslimnya paling banyak di dunia.

Danone Indonesia menerapkan halal dalam proses produksi produknya sebagai komitmen menerapkan keamanan dan mutu produk.

 

10 Sektor yang Sesuai Halal dan Thayyib

 

Indonesia Halal Lifestyle Center membagi 10 sektor yang sesuai Halal dan Thayyib, yaitu :

1. Makanan Halal

2. Keuangan Syariah

3. Modest Fashion

4. Media dan Rekreasi

5. Farmasi

6. Wisata Halal

7. Kosmetik Halal

8. Pendidikan

9. Perawatan Medis dan Kesehatan

10. Seni dan Budaya

Dari 10 sektor tersebut, saat ini pemerintah Indonesia berfokus mengembangkan pasar halal di bidang makanan dan pakaian. Semoga bisa tercapai ya semua sektor tersebut menjadi

6 Tahapan Proses Halal pada Produk Danone Indonesia

 

Berikut ini dia 6 tahapan proses halal pada produk Danone Indonesia dan bukan hanya produk minuman dalam kemasan saja, tetapi juga produk nutrisi untuk anak dan Ibu hamil dari Danone Indonesia.

1. Pemilihan Material

Danone Indonesia mempunyai SOP untuk memastikan bahwa semua material yang digunakan selama produksi memenuhi ketentuan halal.

2. Pengecekan Material Datang

Material yang sudah memenuhi kriteria halal ini ketika datang wajib dicek 3 hal yaitu nama material, nama produsen dan asal negara.

3. Produksi

Semua proses produksi dilakukan diarea bebas najis, tidak ada kandungan pork atau babi sehingga produk yang dihasilkan sesuai standard kehalalan.

4. Pencucian Fasilitas

Ada SOP nya juga bagaimana proses pembersihan dan pencucian fasilitas dari najis.

5. Peluncuran Produk Baru

Semua produk baru juga dievaluasi dan dipastikan memenuhi standard kehalalan saat diperkenalkan kepada publik.

6. Transportasi Produk

Pada proses ini bukan hanya sebatas pada proses pengiriman dan penyimpanan melainkan saat produk transit juga Danone Indonesia memiliki prosedur untuk menjaga dari najis/haram.

Pemerintah juga mendorong industri dan UMKM untuk memanfaatkan peluang pasar dengan menyegerakan label halal. Bidang makanan dan fashion menjadi pusat perhatian pemerintah untuk memiliki label halal, sebab kedua bidang ini merupakan kebutuhan utama masyarakat.

Keseriusan pemerintah dengan mengupayakan produk halal ditunjukkan dengan target 10 juta produk berlabel halal di tahun 2022. Proses label halal ini membutuhkan kerja sama dan komunikasi yang baik dari semua pihak. Baik pemerintah, pelaku usaha seperti #DanoneIndonesia maupun masyarakat hendaknya tak lelah untuk terus belajar, menyempurnakan dan berkolaborasi demi terwujudnya target pemerintah ini.

 

5 Komitmen Danone Indonesia Dukung Gaya Hidup Halal untuk Kesehatan Masyarakat

Bukan hanya sebatas pahami label halal, sebagai konsumen kita juga perlu pahami bagaimana proses produksi berbagai produk dari hulu ke hilir, bagaimana keamanan, kehalalan dan kualitasnya.

Danone Indonesia berkomitmen untuk hasilkan produk halal yang berikan jaminan kesehatan bagi masyarakat, terutama produsen produknya. Berikut ini 5 komitmen halal Danone Indonesia :

1. Mengembangkan ekosistem halal, untuk memenuhi kebutuhan akan gaya hidup halal konsumennya.

2. Berkomitmen mutu, halal, dan keamanan pangan Danone Indonesia

3. Komitmen terhadap produk halal, kualitas dan keamanan pangan Danone SN Indonesia.

4. Mendukung kegiatan kampanye yang berkaitan dengan kehalalan yang dilakukan oleh pemerintah dan stakeholder terkait.

5. Mendorong masyarakat dalam menerapkan gaya hidup halal, bersih dan sehat.

Ga ragu lagi dong sekarang untuk jalani gaya hidup halal dengan menggunakan dan konsumsi produk Danone Indonesia. Yuk kita dukung trend gaya hidup halal, agar hidup kita lebih sehat dan berkualitas.

Spread the love

One thought on “6 Tahapan Proses Produksi Danone Indonesia yang Dukung Gaya Hidup Halal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *