Bawaslu Kepulauan Seribu Adakan Pengembangan Pengawasan Partisipatif Melalui Sarana Kebudayaan

Posted on

Pagi Bunda, masih ingat euforia Pemilu 2019 yang telah berakhir beberapa bulan yang lalu 🙂 jangankan antara tetangga, antara anggota keluarga saja banyak yang berbeda pendapat… iya ga sih. Namanya juga negara demokrasi, semua perbedaan tidak seharusnya dijadikan celah untuk terjadinya perpecahan.

Saya sangat salut loh dengan semua petugas dan pihak terkait yang membuat Pemilu kemarin sukses, terutama Bawaslu di setiap pelosok wilayah Indonesia.

Meskipun ada banyak berita, mengenai petugas pengawas pemilu yang mengalami kelelahan akibat harus mengawal pemilu 2019, mereka dengan sangat seksama berusaha meminimalisir kecurangan yang mungkin terjadi. Karena persaingan ketat antara dua kubu, banyak terjadi pelanggaran di beberapa wilayah Indonesia mengenai pelaksanaannya.

Dari Bawaslu seluruh Indonesia, ternyata ada satu Bawaslu yang sukses tanpa ada pelanggaran di Pemilu 2019 loh. Ada yang tahu Bawaslu dimanakah itu?

Bawaslu Kepulauan Seribu

Maaf ya kalau Mama Azzam telat berikan informasi mengenai kegiatan apik yang dilakukan oleh Bawaslu Kepulauan Seribu pada Jumat, 29 November 2019 lalu. Beruntung sekali bisa menghadiri sosialisasi “Pengembangan Pengawasan Partisipatif Melalui Sarana Kebudayaan” yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kepulauan Seribu di Sunlake Hotel, Jakarta Utara.

Kinerja Bawaslu Kepulauan Seribu
Kinerja Bawaslu Kepulauan Seribu yang sukses tanpa pelanggaran, tak lepas dari pengembangan pengawasan partisipatif seluruh pihak.

Hadir Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Bpk Muhammad Jufri; Bawaslu Provinsi DKI, Bpk Irwan Supriadi Rambe; dan Ketua Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Bpk H. Syaripudin pada kegiatan kali ini.

Acara dibuka dengan marawis dan pertunjukan Palang Pintu dari Sanggar Galeri Betawi, menyambut kedatangan Pimpinan Bawaslu Provinsi DKI dan pimpinan Bawaslu Kabupaten Adm. Kepulauan Seribu.

Palang Pintu
Kesenian palang pintu membuka kegiatan kali ini.

Melihat secara langsung atraksi palang pintu menjadi pengalaman pertama saya di acara ini, pertunjukan silat dan berbalas pantun menjadi sajian utama. Saya pribadi sangat kagum dan terpesona, tak hentinya dibuat  tertawa oleh celetukan dan banyolan dari mereka.

“Bawaslu Kepulauan Seribu telah sukses berkoordinasi dan menjaga perhelatan Pemilu 2019 berjalan dengan baik, karena melaksanakan tugasnya tanpa ada pelanggaran”, hal ini diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Jufri saat membuka acara ini. Beliau juga berharap agar semua masyarakat Indonesia dapat meneladani dan melakukan hal serupa di pemilu mendatang.

Pembukaan acara
Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Jufri membuka acara ini.

Indonesia merupakan negara kepulauan nusantara yang memiliki beragam etnik dan budaya, pendekatan kebudayaan diyakini menjadi salah satu pendukung untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya pengawasan di perhelatan pemilihan umum (Pemilu).

“Bawaslu sudah menjalankan pemilu dengan baik, termasuk di wilayah Kepulauan Seribu. Namun Bawaslu juga perlu menyiapkan pemilu kedepan, maka perlu dilakukan kegiatan mendidik kepada masyarakat sejak dini, salah satunya dengan pendekatan sarana budaya, sehingga masyarakat tersentuh dengan program-program pengawas pemilu,” ungkap Muhamad Jufri.

Sarana Kebudayaan menjadi salah satu cara paling efektif, dalam melibatkan elemen masyarakat untuk dapat mensukseskan pemilu kedepannya, sehingga dapat optimal dalam meminimalisir pelanggaran.

Kepulauan Seribu, menjadi salah satu wilayah yang sukses menghelatkan Pemilu 2019 lalu dengan lancar tanpa ada pelanggaran, hal ini bisa tercapai karena seluruh masyarakatnya mampu bekerjasama dalam mengawasi kegiatan pemilu.

“Kedepannya, diharapkan Bawaslu dan masyarakat dapat terus melakukan pengawasan Pemilu dan terus menghadirkan kondisi yang baik di Kepulauan Seribu. Tentu saja, pendekatan sarana kebudayaan dapat menjadi pendukung yang efektif, sehingga kondisi yang sudah baik di Kepulauan Seribu dapat tetap kondusif di Pemilu kedepan,” ungkap Ketua Bawaslu Kepulauan Seribu, H.Syarifudin.

Ketua Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Bpk H. Syaripudin
Ketua Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Bpk H. Syaripudin

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesra Kepulauan Seribu, Purnomo, Camat, Lurah, UKPD terkait, Kepolisian serta unsur masyarakat lainnya.

Semoga prestasi ini bisa di oleh Bawaslu wilayah lainnya di Indonesia ya Bunda, sehingga tidak ada lagi yang namanya kecurangan saat pemilu yang pada akhirnya akan merugikan masyarakat dan negara.

Setelah pemaparan mengenai kinerja Bawaslu Kepualauan Seribu dan juga harapan kedepannya di masa mendatang, kami di suguhkan pertunjukan Lenong Betawi yang menggelitik, dimana inti dari isi pertunjukan ini adalah mengenai apa sih Bawaslu, apa saja yang menjadi tugasnya, dan bagaimana masyarakat dapat ikut serta mendukung suksesnya perhelatan pemilu.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *