5 Alasan berobat di Malaysia, No 3 Yang Paling Dicari

Posted on

Pagi teman-teman, semoga kita semua dalam keadaan sehat ya 🙂 ngobrolin soal kesehatan, pernah dengar dong kalau banyak masyarakat Indonesia yang merasa lebih nyaman saat melakukan perawatan dan berobat di luar negeri. Selain bertujuan untuk mengobati penyakit, juga sekalian liburan dan wisata di negara yang dituju.

Healing atau proses penyembuhan melalui perawatan fisik dan mental dirasakan dapat lebih optimal saat melakukan berobat ke luar negeri, meskipun begitu sudah tentu kita lebih berharap diberikan kesehatan, daripada harus melakukan pengobatan, iya ga sih.

Wisata sambil berobat
Wisata sambil berobat ke Malaysia

Kira-kira dimana saja ya negara yang menjadi tujuan saat berobat sambil wisata bagi masyarakat Indonesia, yang berduit tentunya ya 🙂 . Negara Singapura dan Malaysia menjadi destinasi utama bagi masyarakat Indonesia yang ingin berobat dan dapatkan layanan kesehatan yang dirasa paling memuaskan.

Di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, pasien seringkali dibuat menunggu selama berhari-hari untuk bisa mendapatkan tindakan pengobatan atau perawatan medis yang diinginkan, istilahnya tidak dapat penanganan secara langsung dan cepat. Hal ini disebabkan karena adanya rangkaian prosedur yang harus dilakukan sebelum mendapatkan tindakan perawatan.

Sehingga banyak yang memilih untuk mencari pilihan kedua dengan berobat ke luar negeri, karena merasa terlalu lama menunggu dan tidak nyaman dengan pelayanan kesehatan di dalam negeri sendiri. Sementara, di luar negeri terutama di negara tujuan berobat, para pasien dari negara lain justru diutamakan untuk mendapatkan tindakan pengobatan dengan segera.

Destinasi wisata di Kuala Lumpur, Malaysia
Destinasi wisata Menara Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia.

Malaysia menjadi salah satu negara  tujuan wisata dan berobat bagi masyarakat Indonesia, karena letaknya yang paling dekat dan juga bahasa yang digunakan lebih bisa dipahami.

 

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC)

 

Malaysia Healthcare Travel Council
Malaysia Healthcare Travel Council ( pict. Instagram @medtourismmy.id)

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTH) adalah organisasi yang didirikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia yang bertugas  sebagai perwakilan dari 69 rumah sakit swasta di Malaysia, serta sebagai pusat informasi dan fasilitator bagi pasien-pasien dari Indonesia yang ingin berobat atau membutuhkan informasi berobat ke Malaysia Kuala Lumpur, Penang, Melaka, Sabah, dan Sarawak.

Malaysia  Healthcare Travel Council (MHTC) berkantor pusat di Kuala  Lumpur, Malaysia dan memiliki perwakilan di beberapa negara seperti Indonesia, China, Myanmar, Vietnam. Hal ini karena banyaknya pasien dari negara tersebut yang  memilih untuk berobat ke Malaysia.

Keunggulan dari Malaysia  Healthcare Travel Council (MHTC), yaitu :

1. Fasilitas

Teknologi medis terbaru dengan praktisi kesehatan yang berpengalaman adalah sebagian dari pelayanan berkualitas yang akan kita temukan dalam setiap fasilitas kesehatan di Malaysia. Dengan beragam servis yang ditawarkan serta akses mudah, menjadikan liburan ke Malaysia lebih dari sekedar berwisata.

2. Teknologi

Didukung peralatan teknologi canggih seperti Next Generation Sequencing (NGS), Time Lapse Embryoscope dan 3D Laparoscope yang dioperasikan oleh para ahli embriologi yang berpengalaman, membuat Malaysia Healthcare sangat diminati.

3. Harga Terjangkau

Biaya selalu menjadi pertimbangan utama yang membuat banyak orang memilih berobat ke luar negeri. Mungkin banyak orang beranggapan bahwa berobat ke luar negeri akan menghabiskan biaya yang cukup besar.

Padahal, jika dihitung secara rinci total biaya pengobatan yang dikeluarkan bisa lebih murah. Bahkan, pasien bisa menghemat biaya sekitar 30 persen hingga 80 persen.

Inilah yang membuat banyak orang memilih untuk berobat ke luar negeri, karena biaya perjalanan, biaya pengobatan, serta akomodasi di negara tujuan yang cenderung lebih murah dibandingkan di negara asal mereka.

Di Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) kita bisa konsultasikan kondisi kesehatan dengan biaya terjangkau dan kesempatan untuk berobat sesuai dengan kebutuhan, juga mendapat perawatan medis yang berkualitas tanpa perlu khawatir mengenai biaya berlebih.

4. Bahasa dan Budaya

Bahasa dan budaya yang serumpun, mirip, dan mudah dipahami, membuat orang Indonesia merasa lebih nyaman untuk berinteraksi dengan orang Malaysia, baik untuk wisata maupun berobat.

Selain itu makanan yang ada di Malaysia juga tidak jauh berbeda dengan Indonesia, hal ini membuat wisatawan kesehatan (sebutan bagi mereka yang melakukan wisata sambil berobat) menjadi lebih nyaman dan proses penyembuhan dan pemulihan dari sakit jadi lebih cepat.

5. Destinasi Wisata

Meski tidak seluas Indonesia, tapi negara Malaysia juga memiliki banyak destinasi wisata di Penang, Sabah, Serawak, Melaka, Kuala Lumpur, Desaru, Pahang, dan Genting. Jadi ga salah kalau banyak yang ingin berlibur ke sini.

Malaysia merupakan salah satu pilihan tujuan utama bagi para wisatawan kesehatan Indonesia, hal ini dikarenakan sejumlah keunggulan yang ditawarkan oleh Malaysia Healthcare. Seperti layanan kesehatan dengan kualitas world-class, biaya yang terjangkau, kemudahan akses, layanan concierge saat kedatangan, fasilitas kesehatan kelas dunia untuk berbagai kebutuhan medis, layanan kesehatan khusus pemulihan holistic, serta layanan end-to-end terbaik.

Berobat ke Malaysia hasil pengobatan optimal, ini juga yang menjadi alasan paling penting para pasien luar negeri memilih berobat atau melakukan perawatan medis ke Malaysia. Pelayanan kesehatan yang berkualitas yang memenuhi standar menjamin hasil pengobatan di rumah sakit Malaysia yang optimal.

Perawatan yang paling banyak diminati oleh para pasien asal Indonesia di rumah sakit di Penang, Malaysia yaitu, medical full check up, ortopedi, kardiologi, onkologi (kanker), IVF (program bayi tabung), syaraf (neurologi), dental dan estetika (bedah kosmetik, perawatan kesehatan, dan pencegahan).

Banyak pasien yang berhasil dan sukses melakukan program bayi tabung di Malaysia, sehingga tidak sedikit orang yang datang untuk melakukan program perawatan yang satu ini.

Penasaran sama Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), kalian bisa banget untuk langsung mengunjungi website dan media sosialnya ya teman-teman.

Website : www.medicaltourismmalaysia.id

Instagram : @medtourismmy.id

Spread the love

38 thoughts on “5 Alasan berobat di Malaysia, No 3 Yang Paling Dicari

  1. Kemarin saya juga banyak membaca artikel seputar berobat ke luar negeri, Mbak. Dan memang Malaysia jadi salah satu tujuannya. Karena faktor dekat juga dari Indonesia. Dan mungkin ya, karena nanti suasana berbeda, menikmati wisata ke tempat lain setelah berobat, maka sangat cepat membantu proses penyembuhan.

  2. Harga terjangkau ya? Boleh nih jadi rekomendasi, misalnya ada penyakit yg perlu pengobatan serius. Apalagi jaraknya deket …
    Kalau sistemnya bagus dan cepet sembuh kan itungannya murah deh…

  3. Banyak yang bilang kalau berobat di Malaysia jauh lebih terjangkau daripada di Indonesia, kata orang-orang berduit sih, kalau orang kaya aku yang ngandelin BPJS yaa sama aja, hahaha.

    Tapi seneng juga ya wisata sekaligus cek kesehatan, jadinya bisa sehat lahir batin, hehe.

  4. Perkembangan dunia kesehatan Malaysia memang sedang bagus bagusnya ya mbak
    Sudah banyak yg merekomendasikan untuk berobat ke malaysia
    Selain kualitasnya yg sudah bagus, faktor jarak yg tdk jauh dan biaya terjangakua menjadi pertimbangannya

  5. Kreatif banget Malaysia mengemas tourism alam dengan paket perawatan kesehatan, jadi sinergi menguntungkan buat swasta dan pemerintah. Harga terjangkau dan fasilitas lengkap, itu memang dambaan banyak orang. Semoga negeri kita bisa memetik keuntungan serupa ke depannya.

  6. Kemarin sempat mikir, kalau seandainya berobat di luar indonesia apakah saya bisa berbicara dengan mereka karena saya ‘kan masih belum fasih bicara bahasa inggris tapi ternyata malaysia punya penerjemah bahasa asing dan kualitasnya pun setara dengan kualitas rumah sakit eropa ya? Wah bagus sekali.

  7. Berobat ke Malaysia selain jaraknya dekat dengan kita, bahasanya pun mudah dipahami. Sekalinya kita gak tahu, tenang saja, sudah ada penerjemahnya. Terus biayanya lebih murah ketimbang di negara-negara yang lainnya.

  8. Malaysia sekarang keren banget bisa promosikan wisata kesehatannya. Apalagi berobat di sana lumayan terjangkau. Penerbangan ke sana juga murah dan gampang.

  9. Kalau punya budgetnya, mau banget tuh berobat ke luar negeri yg fasilitas & kualitas layanannya oke sekalian bisa jalan2, hehe. Tapi ya tetep, mending sehat dan bisa jalan2 ke luar negeri, hehe. Malaysia Deket sih ya, dan ternyata punya banyak kelebihan dibanding negara lain kali berobat disana

  10. Dengan wisata sambil berobat, tanpa disadari jadi terapi juga ya, karena pikiran dan hati jadi bahagia sehingga proses pengobatan lebih mudah dilakukan

  11. Malaysia ini memang menjadi salah satu tujuan medis ya mbak. Selain harganya terjangkau juga dekat. Temenku bolak balik ke Penang untuk berobat. Katanya cocok.

  12. Abis baca ini jadi pengen rasanya medical tourism ke malaysia, bisa buat check up kesehatan lanjut jalan jalan yaaa.. Udah terjamin banget juga ya pelayanan kesehatan di Malaysia.. Semoga pandemi segera usai, biar bisa langsung ngulik MHTC buat ke malaysia!

  13. Fasilitas kesehatan di Malaysia memang enggak diragukan ya, kak. Apalagi ide buat wisata agar pasien yang berobat bisa refreshing sekalian mendapat perawatan yang bagus, ini bisa membantu si pasien itu sendiri semangat untuk sembuh ya kak

  14. Wisata sambil berobat ya kak. Jadi bikin refresh juga. Dengan kondisi pandemi, kalau memang perlu pengobatan, malaysia bisa jadi alternatif nih, alasan yg disebut kak nisa emang tepat bgt.

  15. Sejak tahu kalau Malaysia menjadi salah satu negara yang menyajikan wisata kesehatan alias jalan jalan sambil check up kesehatan atau berobat, selalu terpikir untuk kelak membawa orangtua ke sana. Ke Penang misalnya.

  16. Betul banget. jadi ingat saat traveling ke Penang. Saat itu kena flu, demam di penang trus beli obat disana dan alhamdulillah manjur banget obatnya. Jadi deh sengaja beli lebih buat di bawa pulang ke tanah air

  17. Paman aku juga pernah berobat ke Malaysia, tapi di Kuching. Emang lebih baik sih pelayanannya. Aneh ya, kenapa kita belum bisa sebagus mereka :” Tapi mungkin karena penduduk kita sangat banyak…

  18. Aaaaa rindu jalan-jalan di Malaysia, apalagi kalau bisa sekalian cek kesehatan disana, liburan pasti merasakan pengalaman yang berbeda daripada perjalanan ke negara lainnya.

  19. Menarik banget ini terobosannya
    Menyatukan berobat dan wisata jadi satu paket perjalanan
    Aku mah langsung sembuh deh karena semangat pengen jalan-jalan haha

    Tapi bener lho
    Klo jalan-jalan khan hati bahagia. Nah klo udah bahagia imun tubuh naik jadinya lekas sembuh hehe

  20. nggak salah memang mba kalau memilih Malaysia sebagai Negara yang cocok untuk berobat. Memang semuanya pengen sehat tapi kadang sakit nggak bisa ditolak. Nah meskipun sakit kan nggak mau keluar uang banyak tapi tetap ada kualitas pengobatan, makanya banyak banget orang Indonesia yang berkunjung ke Malaysia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *