Wisata Belanja Bersama Kriya Indonesia dan Honestbee di Museum Tekstil Indonesia

Posted on

Saat melihat undangan untuk acara Wisata Belanja, saya langsung tertarik dan mendaftar pada mba Astri, sayangnya saya tidak beruntung mendapat undangan. Ternyata H-1 saya mendapat mention di facebook kalau ada yang batal dan berhalangan hadir dan mengajak saya untuk mengganti mereka. Terimakasih kepada seluruh admin Kriya Indonesia telah mengundang saya.

Minggu, 26 Februari 2017, Museum Tekstil Jakarta. Kriya Indonesia mengundang beberapa blogger untuk mengunjungi dan mengenal Museum Tekstil Indonesia, tetapi bukan hanya itu kegiatan yang selenggarakan, kami juga di perkenalkan dengan suatu aplikasi belanja on line terbaru Honestbee .

( Mas Tony, Head Marketing Honestbee)

Wisata Belanja di Mulai

Kegiatan Wisata Belanja dimulai dengan kata sambutan dari Mba Astri, beliau mengatakan tujuan diadakan kegiatan ini adalah Piknik, untuk merefresh dan mengajak kami liburan di Museum Tekstil Indonesia dan berbelanja dengan cara yang lebih asik, praktis dan modern. Setelah mba Astri selesai mengumumkan rangkaian acara yang akan kami lakukan hari ini, hadir Mas Tony beliau adalah Head Marketing dari Honestbee di tengah-tengah kami.

Berkenalan dengan Honestbee yuk

Apa itu Honestbee ? Honestbee adalah aplikasi layanan belanja kebutuhan harian yang nyaman dan praktis. Kini kita dapat belanja bulanan dari rumah, tanpa perlu repot dan ga pake antri di mall. Keunggulan yang di  berikan dari Honestbee adalah: Harga sama dengan di toko, waktu pengantaran fleksibel dan pilihan produk terluas

Honestbee merupakan layanan belanja dan pengiriman on demand untuk kebutuhan sehari hari berbasis online terkemuka asal Singapura. Diluncurkan secara resmi di Indonesia pada tanggal 25 Januari 2017 di Jakarta. Saat ini Honestbee bermitra dengan Transmart Carefour yang merupakan ritel terbesar di Indonesia. Selanjutnya Honestbee juga berencana akan bekerjasama dengan beberapa ritel besar lainnya di Indonesia.

Honestbee mulai beroperasi di kota kota besar di seluruh negara Asia sejak 2015. Saat ini layanan Honestbee telah dinikmati di Singapura, Hongkong, Taiwan, Jepang, Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Honestbee menawarkan cara belanja kebutuhan sehari hari yang lebih cepat dan mudah. Konsumen bisa belanja kapan saja dan di mana saja. Konsumen juga bisa merasakan pengalaman belanja yang berbeda karena Honestbee menghadirkan asisten belanja profesional untuk setiap pesanan konsumen.

Setiap asisten belanja Honestbee telah dilatih secara profesional bersama dengan staf Transmart Carrefour untuk memilih bahan makanan dengan kualitas terbaik dari segi kesegaran dan mutu produk. Jadi jika ada pesanan yang tidak tersedia maka asisten belanja akan langsung menelpon dan sms untuk memberitahukan juga memberikan saran barang pengganti.

Honestbee akan menerima order konsumen dan berbelanja di 17 outlate Transmart Carrefour terdekat dengan pengiriman. Sehingga waktu kirim tercepat bisa hanya 1 jam saja dari waktu order. Konsumen juga bisa memesan untuk pengiriman hingga tujuh hari kemudian. Dalam aplikasi Honestbee kita bisa memilih waktu pengiriman yang diinginkan.

Honestbee berkomitmen untuk membantu toko offline seperti Transmart Carrefour dan toko khusus lainnya di Jakarta untuk dapat diakses secara online melalui situs dan aplikasi. Dengan demikian waktu belanja pelanggan bisa dihemat. Para konsumen tidak perlu lagi membuang waktu berjam jam di perjalanan dari rumah menuju tempat belanja. Waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk bekerja atau bwrkumpul bersama keluarga dan shopper Honestbee akan mengantarkan barang yang dipesan hingga ke depan pintu rumah.

Semua produk yang ada di Transmart Carrefour tersedia juga di Honestbee dengan harga yang sama. Konsumen bisa memilih berdasarkan kelompok barang. Untuk memudahkan belanja, Honestbee juga menyediakan sarana riwayat belanja. Jadi konsumen bisa mengulang jenis belanjaan yang mereka beli sebelumnya.

Gerai yang bekerjasama dengan aplikasi Honestbee adalah Supermarket Transmart Carrefour, Michelle Organic Corner, Stevan Meat Shop, Javara Indigenous Indonesia, The Cook Shop, Hatten Wines, Sababay Winery, dan Meruya Pet Shop

Setelah menjelaskan dengan sangat jelas, kami diajarkan menggunakan aplikasi Honestbee dan ternyata kami diberi voucher belanja yang bisa langsung dipakai saat itu juga. Hebatnya lagi, jam 10.00 kami berbelanja menggunakan aplikasi jam 12.00 barang belanjaan sudah datang diantar oleh kurir Honestbee.

Cara menggunakan aplikasinya juga sangat simple dan praktis, cukup kita daftar, isi data diri kemudian login,masukan alamat rumah cukup dengan aktifkan lokasi pada google maps, alamat rumah kita langsung tertera . Setelah itu kita pilih-pilih deh barang apa yang kita butuhkan  di rumah, masukan dalam cart belanja, check out, lakukan pembayaran ( bisa secara tunai maupun kartu kredit ) selesai deh, tinggal tunggu barang yang di pesan datang.

Sejarah Museum Tekstil Jakarta

Heboh belanja sudah, maka kegiatan berlanjut dengan berkeliling Museum Tekstil bersama Ibu Ari dan Ms. Fanie seorang voluntary dari Perancis yang akan membimbing dan memberi informasi di dalam Museum Tekstil Indonesia.

 

 

Sebelum berkeliling dalam museum kami di beritahukan sejarah dari Museum Tekstil Jakarta oleh Ibu Ari dan juga mengenai segala sesuatu yang ada dalam Museum secara garis besar.

Koleksi

Koleksi Museum Tekstil berjumlah 2350 koleksi yang terdiri dari 886 koleksi kain batik, 819 koleksi kain tenun, 425 koleksi campuran, 70 koleksi peralatan, 150 koleksi busana dan tekstil kontemporer.

VISI DAN MISI

Visi

Menjadikan Unit Pengelola Museum Tekstil Sebagai Salah Satu Tujuan Wisata Edukasi Pertekstilan Bagi Masyarakat Umum

Misi

  • Melakukan tata kelola administrasi dalam pelayanan prima.
  • Melakukan upaya pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan budaya tekstil tradisional.
  • Mengangkat citra dan apresiasi warisan budaya kain tradisional Indonesia.
  • Melaksanakan kegiatan pameran, penyuluhan, pelatihan, workshop dan edukasi kultural.

Museum Tekstil Jakarta memiliki 2 gedung pameran utama yaitu gedung Pameran Tetap dan gedung Pameran tidak tetap atau kontemporer .Gedung pameran kontemporer menempati Gedung utama dimana Gedung Museum Tekstil  dibangun pada akhir abad ke 19 sebagai rumah tinggal warga berkebangsaan Perancis.  Kemudian dibeli oleh Konsul Turki bernama Abdul Azis Al Mussawi Al Katiri. Tahun 1942 dibeli oleh warga Belanda DR. Karel Christian Cruq. Pada masa perang kemerdekaan tahun 1945, Gedung Museum Tekstil digunakan sebagai Markas Pemuda Barisan Pelopor dan Barisan Keamanan Rakyat (BKR). Pada tahun 1947 dibeli oleh warga Cina Lie Sion Pin kemudian dibeli oleh Departemen Sosial RI pada tahun 1952, dan pada tahun 1976 diserahkan kepada Pemda DKI sebagai Museum Tekstil Jakarta yang diresmikan pada tanggal 28 Juni 1976 oleh Ibu Tien Soeharto. Saat Ini Museum Tekstil Jakarta di bawah Pengelolaan UP. Museum Seni Rupa Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Sedangkan untuk pameran tetap menpati ruang dari Galeri Batik. Galeri ini diresmikan pada tanggal 2 Oktober 2010 dalam rangka meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kain batik. Galeri yang dikelola langsung oleh Yayasan Batik Indonesia ini sendiri berisi berbagai macam koleksi batik yang terdapat di Indonesia seperti batik dari Sumatera, Jawa barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Selain berbagai koleksi kain batik, terdapat pula bahan perwana batik alami, motif-motif cap batik, tata cara proses membatik dan berbagai macam interior-interior yang bermotif batik seperti tempat tidur, furniture, topeng & wayang golek.

Mari Menjelajahi Museum Tekstil Jakarta

Ms. Fanie memberikan banyak informasi mengenai Batik Indonesia, hal ini membuat saya sangat malu, karena saya yang orang asli Indonesia bahkan tidak terlalu antusias dan peduli terhadap tekstil Indonesia, terutama Batik. Begitu rumitnya membuat batik, betapa banyaknya motif Batik Indonesia baru saya ketahui hari ini.

Keindahan Indonesia yang terlewatkan oleh saya, membuat saya tersadar mengapa banyak negara lain sangat kagum pada keindahan Batik sehingga ingin sekali meng-klaim kalau Batik adalah milik negara mereka. Baru saya menghargai keindahan motif Batik, mengapa harga 1 ( satu ) lembar kain Batik bisa berharga jutaan rupiah. Ternyata proses dari pembuatan, pewarnaan dan finishing dari Batik asli tulis itu sangat rumit dan panjang.

Kami juga mengunjungi Galery Batik, di sini kami meihat lebih detail lagi berbagai jenis dan motif dari Batik, bagaimana cara membuatnya, apakah asli tulis, cap, printing ataupun celup, juga bagaimana pewarnaan dibuat, dari daerah mana batik berasal, di pengaruhi oleh banyak kebudayaan membuat batik memiliki motif beragam. Di Galery Batik kami di beri informasi mengenai cara merawat Batik, dari mencuci, menjemur dan menyimpan kain Batik. Ternyata kain Batik harus disimpan di tempat dengan suhu yang kering, karena suhu yang terlalu panas atau dingin bisa membuat kain lembab dan merusak Batik. Museun Tekstil bahkan memiliki pohon lerak loh, lerak ini di gunakan untuk mencuci Batik, sehingga Batik terawat dengan baik disini.

Membatik Yuk

Fasilitas yang disediakan Museum Tekstil adalah kelas membatik, disini masyarakat umum bisa belajar bagaimana cara membatik, mengetahui dan mempelajari rumitnya membatik tangan dengan menggunakan canting dan malam atau lilin. Dari anak-anak sampai orang tua bebas belajar di sini.

Penasaran, tertarik main dan mengunjungi Museum Teksil ? Datang saja langsung

Jam Buka & Harga Tiket

Museum ini Buka dari hari Selasa sampai Minggu dari jam 09.00-15.00. untuk hari Senin & hari libur besar museum ini tutup.

Harga tiket:

Dewasa: Rp. 5.000

Mahasiswa: Rp. 3.000

Anak-Anak: Rp. 2.000

Untuk rombongan Min. 20 orang :

Dewasa: Rp. 3.750

Mahasiswa: Rp. 2.250

Anak-Anak: Rp. 1.500

Untuk kursus Batik:

Turis Lokal: Rp. 40.000

Turis Asing: Rp. 75.000

Fasilitas

  1. Gedung Pameran
  2. Galeri Batik
  3. Pendopo Batik
  4. Ruang pengenalan Wastra
  5. Ruang Perawatan Kain
  6. Perpustakaan
  7. Mushola
  8. Gazebo
  9. Mini Theater
  10. Shouvenir Shop
  11. Galeri Shop
  12. Taman Pewarnaan Alam
  13. Kebun Serat

Masak Praktis Bersama Chef Jun Joe Winanto

Kegiatan Wisata Belanja di akhiri dengan kegiatan demo memasak oleh Cef Jun dari @resepdapurayah  yang di pandu oleh mba Fani, memasak Ayam RicaRica praktis dan Puding Srikaya Gula Merah. Pssst mau tahu resepnya ya,,, buruan follow instagramnya ya di @resepdapurayah.

Kegiatan yang sangat memberi kesan bagi saya dan teman-teman blogger yang lain, benar-benar seru, memberi banyak informasi dan sangat saya tunggu apabila diadakan lagi. Terimakasih, semoga saya mendapatkan kesempatan lagi untuk ikut serta Kriya Indonesia. Kegitan berakhir dengan foto bersama seluruh narasumber dan juga seluruh peserta Wisata Belanja.

Eits…. meski acara Wisata Belanja sudah selesai, tetapi keseruannya belum selesai loh. Sebelum pulang kami membawa semua belanjaan yang tadi pagi di order via aplikasi Honestbee, sesuai dengan pesanan dan mendapat tas kuning cantik membungkus semua orderan yang dipesan.

img-20170226-wa0013

Honestbee Supermarket OnLine

Ough ternyata saya belum bisa move on dengan lebah kuning yang imut-imut yang bisa membantu kita untuk belanja praktis dan mudah. Saya coba lagi order kebutuhan dapur dan yang lainnya, tidak ada kendala apapun karena aplikasinya benar-benar mudah digunakan. Aplikasi Honestbee semudah kita kirim sms, setelah pemesanan selesai kita dapat telepon dari customer service untuk konfirmasi alamat. Pada jam yang sudah kita tentukan barang sampai di depan rumah di antar oleh kurir dan kita hanya tinggal membayar.

Silahkan download aplikasi Honestbee di AppStore maupun Google play bit.ly/honestbeeindo ya teman-teman atau klik  https://id.honestbee.com/

Belanja 300K bisa dapat DISKON langsung sampai 100K , buruan download ya aplikasi Honestbee -nya. ada beberapa promo lainnya juga loh di aplikasi ini, ga rugi deh untuk mencoba.

img_20170226_180957

—-ooo00O00ooo—-

by. Anisa Deasty Malela

Twitter : @Desty007

Instagram : @anisa.dee

Email : anisa_dee007@yahoo.co.id

WA . 085781068275

—–ooo0O0oo—–

by Anisa Deasty Malela

Spread the love

18 thoughts on “Wisata Belanja Bersama Kriya Indonesia dan Honestbee di Museum Tekstil Indonesia

    1. iya, aplikasi belanja praktis, ga perlu keluar rumah bisa belanja bulanan dengan santai dari rumah. Ga repot cari parkiran

  1. Wah, serunya.. terima kasih udah ikutan ya, mbak. Ntar kalo ada event daftar lagi ya. Kita seru-seruan lagi 🙂

    1. Pasti saya akan datang kalau ada lagi event di Kriya Indonesia , karena acaranya sangat seru dan banyak memberi informasi baru.

  2. Aplikasi toh, ternyata tambah berkembang aja ya dunia ini. Ga perlu sibuk cari parkiran, tinggal order dan tunggu di rumah belanjaan datang.

    1. Dear Rizki, itu karena Honestbee menggunakan tenaga profesional yang membantu kita memilih bahan makanan terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *