Waspada Hipertensi Bersama OMRON

Posted on

Sadarkah kita, sebagai generasi milenial saat ini kita sangat rentan dengan berbagai penyakit yang diakibatkan oleh pola hidup yang kurang baik, dari pola makan yang tidak lagi sehat, dengan sering memakan makanan cepat saji, kurang berolah raga, stress, kurang istirahat dan terlalu sering berkutat dengan gadget. Semua hal tersebut memicu satu hal yaitu Hipertensi, dan hipertensi adalah penyebab utama kematian no.1 di dunia.

Apa sih Hipertensi,

kenapa menjadi penyebab kematian? Hipertensi adalah kondisi kronis dimana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat, darah dipompa keseluruh tubuh melebihi batas normal. Ini merupakan satu dari faktor pemicu penyakit jantung koroner dan stroke. Apabila hipertensi tidak segera diobati dapat menyebabkan gagal jantung dan gagal ginjal.

Jakarta, 22 Mei 2017- PT Omron Health Care Indonesia dan Indonesian Society of Hypertension (Ina SH) mendorong generasi milenial agar semakin sadar akan bahaya hipertensi dengan mengadakan program pengukuran tekanan darah jutaan orang di dunia selama program “May Measurement Month 2017“.


(dari Kanan-kiri,Dr. Tunggul D. Situmorang, Sp.PD-Kes,Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S, dan Yoshiaki Nishibuya)

Berdasarkan data yang ada, setiap tahun 10 juta orang di seluruh dunia meninggal karena hipertensi, sehingga menjadikan hipertensi sebagai penyebab kematian terbesar di dunia. Penderita Hipertensi rentan mengalami stroke, serangan jantung atau meninggal karena komplikasi kardiovaskular lainnya. Yang menjadi ironi adalah, hanya setengah dari penderita hipertensi yang meninggal menyadari bahwa mereka adalah penderita penyakit hipertensi. Artinya separuh orang-orang yang meninggal tidak menyadari kalau mereka mengidap hipertensi, sehingga mereka tidak mendapat perawatan untuk pengobatan hipertensi. “Kami yakin bahwa hal ini juga terjadi di Indonesia”, ucap Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S, Ketua Umum Indonesian Society of Hypertension saat memberi pernyataannya.

Bahaya kematian akibat hipertensi masih belum banyak disadari oleh generasi muda saat ini, maka sangat baik apabila masyarakat mau melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin paling tidak dua kali seminggu sejak usia muda. Hal ini diharapkan dapat menekan bahkan mencegah timbulnya gejala hipertensi, dan apabila terdeteksi mengidap hipertensi dapat secepatnya diobati agar tidak menyebabkan kematian.

Masyarakat saat ini dapat melakukan pemeriksaan tekanan darah sendiri di rumah dengan menggunakan alat pengukur tekanan darah digital modern yang terhubung dengan aplikasi dan bisa langsung mengirim datanya kepada dokter atau tenaga kesehatan sebagai tindakan pencegahan atau pengobatan penyakit hipertensi.

“Memeriksa tekanan darah secara rutin dan tercatat dapat membantu memberikan data historis tekanan darah seseorang secara lebih lengkap dan detail agar dokter dapat melakukan diagnosis dan tindakan yang lebih tepat”, tambah Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S.

Dr. Tunggul D. Situmorang, Sp.PD-Kes Wakil Ketua Umum Indonesian Society of Hypertension menginformasikan stress di jalan raya dan pekerjaan adalah faktor pemicu hipertensi. Melihat dari angka kematian di dunia, setiap tahunnya 17 juta orang yang meninggal dan 49,4% nya meninggal karena hipertensi. Tidak ada keraguan bahwa hipertensi adalah penyebab utama kematian, dan penting bagin kita semua untuk memahami, menyadari dan mulai mengurangi penyebab dari hipertensi.

PT Omron Healthcare Indonesia saat melihat data yang ada tentang penderita penyakit hipertensi di dunia, khususnya di Indonesia berupaya untuk mewujudkan cita-cita Omron untuk menghapus penyakit stroke dan serangan jantung di muka bumi melalui Project Zero.


Yoshiaki Nishibuya, Marketing PT Omron Healthcare Indonesia memperkenalkan bahwa Omron di temukan oleh Kazuma Tateshi (1900-1991) dengan melakukan pengembangan inovasi mesin dan teknologi pengukur tekanan darah yang semakin canggih dan simpel untuk mempermudah masyarakat memakainya dan menyadari pentingnya melakukan pengukuran tekanan darah demi menjaga kesehatan.

Hipertensi merupakan faktor resiko penyebab penyakit jantung dan pembuluh darah, oleh karena itu masyarakat perlu edukasi akan bahaya hipertensi dan cara pencegahannya. Omron berharap dengan masyarakat melakukan pemeriksaan tekanan darah sendiri secara rutin di rumah, maka Project Zero dapat tecapai. Artinya tidak ada lagi insiden serangan jantung dan stroke, sehingga terbentuk Generasi Zero, generasi yang peduli dengan kesehatannya dan mau hidup lebih sehat, sehingga berumur lebih panjang.

Omron mengajak masyarakat untuk bertanggung jawab atas kesehatan diri sendiri di rumah masing-masing dengan menggunakan teknologi pengukuran tekanan darah yang akurat. Teknologi akan mempermudah masyarakat untuk mengontrol kesehatan mereka dengan rutin dan lebih baik, termasuk memeriksa tekanan darah secara rutin di rumah.

Dalam rangka memperingati May Measurement Month , PT Omron Healtcare Indonesia meluncurkan alat pengukur tekanan darah digital HEM-7280T yang memungkinkan pengguna untuk memonitor tekanan darah mereka melalui aplikasi Omron Connect.

20170522140745

Penggunaannya sangat mudah, setelah kita lakukan pengukuran tekanan darah secara rutin di rumah, hasilnya bisa dikoneksikan melalui sinkronisasi nirkabel dengan ponsel. Aplikasi Omron Connect tersedia pada situs website www.omronconnect.com/setup dan dapat di-install pada ponsel berbasis Android maupun iPhone berbasis iOS. Data yang tersimpan bisa dikirim kepada dokter, sehingga dokter dapat mengevaluasi lebih tepat.

Teknologi tinngi inilah yang menjadi inovasi dan bagian dari strategi bisnis Omron dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menjaga kesehatan melalui pemeriksaan tekanan darah secara teratur di rumah, dan menciptakan masyarakat sehat yang sadar pada bahaya hipertensi.

PT Omron Healtcare Indonesia telah menyumbangkan 500 alat pengukur tekanan darah digital untuk mewujudkan Project Zero dan sebagai bagian dari partisipasinya dalam program “May Measurement Month 2017“ bersama-sama dengan Indonesian Society of Hypertension and International Society of Hypertension.

Pada kesempatan ini, PT Omron juga memberi hadiah istimewa yaitu Omron JPN1 Intellisense, alat untuk merekam data pengukuran tekanan darah di rumah dan membantu mengontrol tekanan darah. Alhamdulillah saya dan keluarga sudah rutin mencatat tekanan darah kami, ibu dan ayah saya juga rutin melakukannya selama 5 hari.


Dengan mengikuti saran praktisi kesehatan, saya melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur 2 kali sehari, di pagi hari saat sebelum makan dan beraktifitas dan di malam hari saat akan tidur. Dalam data dapat terlihat kalau tekanan darah saya normal tercatat 120/82 ~ 115/74 sedangkan tekanan darah ayah dan ibu saya saya tercatat tinggi di kisaran 173/117 . Kedua orang tua saya akhirnya saya bawa ke dokter untuk lebih mengetahui tingkat kesehatan mereka, apa mereka terkena hipertensi dan obat apa yang harus mereka konsumsi untuk mengendalikan hipertensi mereka.

Dokter mengatakan dengan data rutin seperti yang saya lakukan sangat mempermudahnya untuk menganalisa dan mendiagnosis pasien, sehingga dokter tidak melakukan kesalahan dalam pengobatan dan dapat mendeteksi lebih awal penyakit hipertensi .

Semoga cita-cita dan tujuan dari PT Omron Healtcare Indonesia dengan Indonesian Society of Hypertension and International Society of Hypertension dapat tercapai dan membantu masyarakat mengurangi pemicu hipertensi.
IMG-20170522-WA0028

By Anisa Deasty Malela
anisa_dee007@yahoo.co.id
Twitter : @Desty007
Instagram : @anisa.dee
WA : 085781068275

Spread the love

9 thoughts on “Waspada Hipertensi Bersama OMRON

    1. Jaga kesehatan itu penting, kalau ga punya kan bisa rutin periksa kesehatan ke puskesmas cantik ♡_♡

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *