Waspada Gejala Kanker Serviks bersama Prodia

Posted on

Screenshot_2017-05-01-11-00-56-1.png

Minggu, 30 April 2017, bertempat di Mall Pejaten Village saya berkesempatan menghadiri Bincang Sehat mengenai kesehatan perempuan di Kemilau 5th Wajah Bunda Indonesia  bersama Prodia dan menghadirkan narasumber DR. Rini Budiarti, Msi selaku Kepala Klinik Prodia Women’s Health Centre dan di pandu oleh Dra. Lina

Pada kesempatan ini Prodia memberikan informasi bahwa tingkat kematian akibat kanker serviks meningkat di indonesia, dan banyak perempuan yang tidak memahami bagaimana bisa mereka terjangkit, apa penyebab dan bagaimana mengatasinya. DR. Rini mengedukasikan bahwa Kanker Serviks atau kanker mulut rahim adalah sejenis kanker yang disebabkan oleh infeksi HPV (Human Pappiloma Virus) yang menular melalui hubungan seksual. Seorang wanita bisa terinfeksivirus ini pada usia belasan tahun dan baru terdeteksi positif mengidap kanker 20 atau 30 tahun kemudian setelah infeksi kanker menyebar.

Kanker menjadi ancaman yang sangat serius dan memiliki angka kematian yang semakin meningkat saat ini, terutama di Indonesia dan tidak semua kanker bisa terdeteksi sejak dini, salah satunya yaitu kanker serviks.

Screenshot_2017-05-02-22-29-17-1.png

Cari tahu yuk apa itu HPV ( Human Pappiloma Virus ), infeksi HPV umum terjadi pada pria maupun wanita melalui hubungan seksual dan mereka yang terinfeksi tidak akan menyadari dirinya terinfeksi karena HPV dapat berdiam lama tanpa menunjukkan gejala dan seseorang itu dapat saja terinfeksi HPV jauh setelah melakukan hubungan seksual.

Orang-orang yang beresiko mengalami inveksi HPV yang menetap adalah wanita yang berusia di atas 30 tahun, mereka yang perokok, terlalu sering menggunakan pembersih vagina, penderita gangguan sistem kekebalan tubuh seperti AIDS dan peminum steroid seperti pada penderita Systemic Lupus Erythematosus.

Penyakit kanker serviks bisa menyebabkan penderitanya mengalami masalah pada mulut rahim yang akan di tandai dengan pendarahan, wanita yang memiliki sel kanker di mulut rahimnya pada saat melakukan hubungan seksual akan merasa nyeri dan terjadi pendarahan.

Waspada pada keputihan yang tidak normal, yang menyebabkan vagina gatal dan berbau , ini bisa menjadi deteksi awal terjadinya gejala atau seseorang terinfeksi penyakit kanker serviks.

Banyak dari peserta Bincang Sehat yang merasa khawatir dan mulai peduli pada kesehatannya setelah mengikuti dan mendengarkan informasi yang diberikan oleh DR. Rini , banyak dari bunda-bunda yang mempertanyakan apakah mereka beresiko mengidap atau terinfeksi Kanker Serviks, apakah bisa diobati, apakah yang sudah di vonis menderita kanker serviks bisa sehat dan pulih kembali.

Kanker Serviks sebaiknya segera di atasi dan diobati agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan pada jaringan tubuh yang lain, ada baiknya kita melakukan pap smear  ke Rumah Sakit, atau ke Prodia. Karena saat ini Prodia memiliki layanan khusus wanita yaitu Prodia Women’s Health Centre (PWHC) .

2017-05-06-22-10-14-619851173.png

PWHC merupakan wujud dari komitmen layanan sepenuh hati dari Prodia bagi para wanita untuk memberikan pelayanan dalam melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. PWHC didesain khusus menyesuaikan gaya dan sentuhan kewanitaan, dimana ketika melakukan pemeriksaan laboratorium akan disambut dengan interior desain yang lembut, dan ruang pelayanan yang nyaman.

Prodia menganggap layanan PWHC diperlukan karena wanita merupakan sosok yang lembut, penuh perhatian dan asih sayang, tetapi sedikit sensitif apalagi mengenai sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan. Banyak wanita yang merasa risih, sehingga enggan pergi ke dokter untuk melakukan pap smear karena dokter yang memeriksa mereka adalah lelaki.

Oleh karena itu, wanita memerlukan sebuah tempat khusus yang membuatnya nyaman dan leluasa untuk berkonsultasi  seputar kesehatan serta melakukan pemeriksaan. PWHC dapat menjadi pilihan para wanita untuk memantau kondisi kesehatan tubuh, karena PWHC :

  • Memiliki tenaga ahli yang menunjang pemeriksaan kesehatan para wanita.
  • Layanan yang lengkap dan disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan para wanita.
  • Dilengkapi dengan edukasi dan layanan penelitian untuk meningkatkan pengelolaan kesehatan para wanita.

Lokasi dari PWHC baru ada di Jl.Wolter Monginsidi No.77, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. PWHC menyediakan layanan khusus yang dibutuhkan bagi wanita, di antaranya adalah :

  • Pemeriksaan Laboratorium lengkap.
  • Advanced Ultrasonography (USG).
  • Konsultasi team dokter ahli.
  • Histeroskopi
  • Kolposkopi
  • X-Ray.

Tidak ada seorangpun yang ingin menderita penyakit, apalagi sampai terjangkit kanker serviks, berikut adalah cara tepat mencegah kanker serviks :

  • Menerapkan gaya hidup sehat, dengan makan makanan bergizi seimbang, tidak merokok, juga hindari stress.
  • Lakukan vaksin HPV.
  • Tidak melakukan seks bebas dan berganti-ganti pasangan, cobalah untuk setia pada satu pasangan.
  • Melalukan pemeriksaan pap smear, yang merupakan tes untuk mengetahui sel di dalam rahim apa ada sesuatu yang tidak normal sehingga jika ada sesuatu yang mencurigakan bisa langsung diketahui dan dilakukan tindakan lebih dini.

Adapun tindakan yang bisa kita lakukan apabila di diagnosa mengidap atau terjangkit kanker serviks adalah dengan melakukan operasi, setelah operasi selesai dilakukan tindakan selanjutnya adalah dengan melakukan radioterapi yaitu dengan radiasi eksternal yang diberikan bersamaan dengan kemoterapi dosis rendah. Tahap pencegahan kembalinya kanker serviks adalah kemoterapi yaitu penggunaan obat-obatan yang bertujuan untuk membunuh sel-sel penyakit kanker.

Deteksi dini sekarang dan bahagia kemudian mari lakukan skrining rutin dengan pemeriksaan SSBC dan HPV DNA untuk mendeteksi kemungkinan kanker serviks bagi wanita dan pemeriksaan PSA (Prostate Spesifi Antigen) untuk deteksi kanker prostaat bagi pria.

Sangat banyak informasi yang saya dapatkan melalui Bincang Sehat bersama Prodia, mari lebih kenal dengan Prodia dengan mengunjungi websitenya di https://www.prodia.co.id  dan apabila ada pertanyaan mengenai kesehatan perempuan bisa bertanya langsung melalui email :  womenshealthcentre@prodia.co.id atau telepon ke 021-72783858

IMG_20170430_112414.jpg

(Saya paling kiri, DR.Rini, Dra. Lina dan Bunda Bellinda)

         Alhamdulillah saya mendapatkan voucher pemeriksaan dari Prodia untuk mengecek kesehatan saya, tetapi sayangnya saya sedang drop dan tidak bisa melakukan tes glukosa puasa yang mewajibkan kita untuk berpuasa selama 12 jam sebelum melakukan rangkaian pemeriksaan. Insyaalloh apabila keadaan saya sudah memungkinkan, saya akan melakukan tesnya dan menukiskan hasil tes saya.

 

by. Anisa Deasty Malela

anisa_dee007@yahoo.co.id

Twitter @Desty007

Instagram @anisa.dee

WA 085781068275

Spread the love

8 thoughts on “Waspada Gejala Kanker Serviks bersama Prodia

  1. Penyakit yang satu ini memang bikin kita ngeri yah sbg perempuan. Semoga kita bs menjadi wanita yg sehat. Krn mencegah lbh baik drpd mengobati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *