Untukmu Generasi Muda Indonesia – Wujud Peduli Citi Foundation Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia

Posted on

Pagi Bunda, kalau bahas Citi Indonesia pasti ga akan habisnya ūüôā saya selalu kagum dan berharap agar anak saya Azzam segera dewasa agar bisa mendapatkan beasiswa atau dukungan dari program CSR yang dilakukan oleh Citi Indonesia.

Belum lama saya kenal dengan Citi PeKa, tetapi sudah merasakan betapa bermanfaat dan membantu bagi generasi muda Indonesia dalam mendapatkan literasi keuangan dan motivasi untuk menjadi enterpreneur muda.

Baca juga Kolaborasi Citi Indonesia (Citibank) dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) dalam Mengembangkan Potensi dan Kemampuan Kewirausahaan Sosial Generasi Muda Indonesia

Tidak bisa dipungkiri, munculnya banyak pengusaha muda yang mengelola startup, bahkan sukses menyandang predikat Unicorn adalah capaian dari kegiatan yang dilakukan oleh Citi Indonesia.

‚ÄúUntukmu, Generasi Muda Indonesia‚ÄĚ Penyerahan Grants untuk Program CSR bagi Generasi Muda periode 2019 – 2020 kepada 3 Lembaga Nirlaba

Citi Indonesia (Citibank) melalui Citi PeKa (Peduli dan Berkarya) akhir bulan November lalu mengadakan acara bertema ‚ÄúUntukmu, Generasi Muda Indonesia‚ÄĚ. Pada acara ini dilakukan penyerahan Grants untuk Program CSR bagi Generasi Muda periode 2019 – 2020 kepada 3 Mitra Terpilih, dan diskusi panel ‚ÄúCiti Talks dengan panelis Director, Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki.

Penyerahan Dana Hibah dari Citi Foundation
Penyerahan Dana Hibah dari Citi Foundation me tiga Mitra terpilih.

Hadir juga Bapak Fajar Utomo di acara ini, beliau menyampaikan bahwa pemerintah terutama Bekraf Indonesia mengapresiasi kegiatan yang selama ini dilakukan oleh Citi Indonesia melalui Citi PeKa dalam meningkatkan pertumbuhan enterpreneur muda Indonesia.

Sambutan dari Kepala Bekraf Indonesia
Sambutan dari Fajar Utomo, Kepala Bekraf Indonesia

Citi Indonesia (Citibank) melalui Citi Peka (Peduli dan Berkarya) sebagai payung seluruh kegiatan program Corporate Social Responsibility (CSR), hari ini mengumumkan penyerahan dana hibah senilai USD 695.000 dari Citi Foundation kepada tiga mitra terpilih, yaitu United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Prestasi Junior Indonesia, dan Indonesia Business Links untuk melaksanakan berbagai kegiatan program sosial kemasyarakatan dari Citi Indonesia.

Penyerahan dana hibah ini secara simbolis dilakukan oleh CEO Citi Indonesia Batara Sianturi dan Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki kepada para perwakilan mitra, dan disaksikan oleh perwakilan dari Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia.

Dana hibah ini dimanfaatkan untuk melaksanakan program CSR periode satu tahun ke depan hingga 2020 yang berfokus pada edukasi dan literasi finansial bagi generasi muda, pemberdayaan kesempatan ekonomi serta pengembangan kewirausahaan bagi generasi muda.

Baca juga Indonesia Student Company Competition (ISCC) 2019 – Usaha Prestasi Junior Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan, ‚ÄúSebagai bank dengan jaringan berskala global yang hadir di lebih dari 160 negara dan yurisdiksi, Citi memiliki misi enabling growth and economic progress bagi seluruh¬†¬† pemangku kepentingan, termasuk¬† bagi masyarakat serta komunitas dimana kami beroperasi di Indonesia. Oleh karena itu, Citi Indonesia mengukuhkan komitmen untuk terus mendukung pertumbuhan dan kemajuan ekonomi dengan menyalurkan dana hibah kepada para mitra terpilih guna bersama-sama menjalankan program sosial kemasyarakatan untuk membantu mengatasi permasalahan sosial dan ekonomi, khususnya bagi generasi muda di tanah air.‚ÄĚ

CEO Citi Indonesia, Batara Sianturi
Acara dibuka oleh CEO Citi Indonesia, Bapak Batara Sianturi.

Citi Indonesia melalui Citi Peka (Peduli dan Berkarya) bersama Prestasi Junior Indonesia dan Indonesia Business Links sudah banyak melakukan berbagai kegiatan program sosial kemasyarakatan loh. Berbagai program kewirausahaan muda dan penguatan keahlian bagi kaum muda dilakukan, semakin banyak yang mampu mencapai potensi tertinggi mereka, dalam hal peningkatan peluang ketenagakerjaan dan juga keahlian kewirausahaan yang dimiliki, sehingga mampu berkontribusi bagi perkembangan ekonomi Indonesia baik lokal maupun secara nasional.

Berikut ini adalah contoh generasi muda berprestasi yang mendapat dukungan dari Citi Indonesia dan berhasil meningkatkan potensi mereka, ada Gibran Huzaifah CEO eFishery, Khafidz Nasrullah CEO Nares Essential Oil, dan Stephanie Saing Founder Tinung Bambu.

Gibran Huzaifah, CEO eFishery menjalankan usahanya di bidang pakan ternak, terutama budidaya ikan lele. eFishery adalah startup yang menyediakan solusi teknologi Internet of Things (IoT) dalam bentuk alat pemberi pakan otomatis menggunakan sensor. Alat tersebut dapat mengukur nafsu makan ikan sesuai dosis yang dibutuhkan sehingga meminimalkan pemborosan pemberian pakan.

Khafidz Nasrullah, CEO Nares Essential Oil yang berasal dari keluarga buruh tani, berusaha meningkatkan taraf kehidupan keluarga dengan melakukan penyulingan minyak daun cengkih dan menjualnya dengan brand Nares Essential Oil.

Stephanie Saing, Founder Tinung Bambu yang membantu kehidupan “Mama” di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Tinung artinya tenun, dan Rambu artinya Perempuan, di sini Stefani ingin sekali melestarikan budaya tenun Indonesia agar dikenal dan dihargai oleh masyarakat dunia.

Mereka berbagai kisah perjuangan dan kesuksesan yang diraih pada Diskusi panel “Citi Talks dengan panelis Director, Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki.

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki mengatakan, “Di Indonesia, fokus dari kegiatan Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh Citi adalah edukasi dan literasi finansial, kewirausahaan serta kesempatan ekonomi yang lebih baik khususnya bagi generasi muda, dimana Citi Indonesia memandang ini selaras dengan agenda dari pemerintah Republik Indonesia.

Yang Muda Yang Berprestasi
Yang Muda Yang Berprestasi

Dalam periode satu tahun hingga 2020, program CSR Citibank bersama mitra pelaksana ditargetkan memberi dampak positif bagi 450 generasi muda di berbagai situs destinasi wisata, 8.000 pelajar dari 25 sekolah SMU/SMK di 5 kota, dan 1.000 generasi muda di kawasan industri.

Pelaksanaan kegiatan ini juga untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals, mulai dari edukasi, kesetaraan gender, pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, sustainable cities and communities, climate action, hingga partnership for the goals.‚ÄĚ

Dalam hal peningkatan kapasitas bagi generasi muda, Citi Indonesia menggandeng UNESCO guna mengadakan Creative Youth at Indonesia’s Heritage Sites tahap ke-3. Program ini menitik beratkan pada generasi muda yang bergerak dan berwirausaha di industri kreatif di situs destinasi wisata di Indonesia antara lain di wilayah Danau Toba, Yogyakarta, Candi Borobudur dan Candi Prambanan, Kota Tua-Jakarta, serta Bali.

Melalui program ini, para penerima manfaat di wilayah tersebut akan diberikan pelatihan
keterampilan kerja, kreativitas dan desain, persiapan kewirausahan, akses terhadap literasi dan inklusi keuangan, serta strategi marketing di dunia digital.

Selama dua tahun penyelenggaran program ini, berhasil memberikan manfaat positif kepada lebih dari 850 generasi muda di wilayah Danau Toba (Toba Samosir, Samosir, Simalungun, Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara), Yogyakarta, Candi Prambanan dan Candi Borobudur, serta Kota Tua-Jakarta.

Bersama dengan Prestasi Junior Indonesia, Citi Indonesia akan menjalankan program Inisiatif Sociopreneur bagi Generasi Muda / Youth Sociopreneurs Initiative. Periode 2019-2020 akan menjadi tahun ke-6 dari penyelenggaraan program ini, dimana selama lima tahun terakhir penyelenggaraan program ini, mampu memberikan edukasi dan dampak positif dalam hal kewirausahaan kepada lebih dari 35.000
pelajar SMA dan SMK di enam kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan dan Denpasar.

Melalui rangkaian aktivitas pembinaan, yaitu Youth Entrepreneur Camp, Indonesia Student Company Competition, Job Shadowing, dan Sociopreneur Talks, para pelajar mendapatkan bimbingan untuk mendirikan serta mengoperasikan sebuah perusahaan siswa (Student Company-SC), mulai dari menciptakan ide usaha, merencanakan strategi bisnis dan keuangan dari perusahaan, melakukan penjualan produk, hingga belajar tentang likuidasi perusahaan.

Pemenang kompetisi tingkat nasional Student Company periode 2019, yaitu SMAN 2 Denpasar, akan mewakili Indonesia di ajang Asia Pacific Student Company Competition yang akan berlangsung di Guam pada 2020 mendatang.

Dalam mendukung perluasan kesempatan ekonomi bagi generasi muda di wilayah Bekasi, Cikarang, Karawang dan Kabupaten Bandung, Citi Indonesia menggandeng Indonesia Business Links guna menjalankan program Skilled Youth tahap ke-4.

Program ini bertujuan untuk memberdayakan potensi ekonomi para generasi muda berusia 16-25 tahun termasuk siswa SMK melalui edukasi dan literasi finansial, penguatan karakter dan perilaku, pelatihan keterampilan teknis dan kewirausahaan, serta pendampingan pencarian kerja dan mentoring usaha. Selama tiga tahun pelaksanaannya, program ini berhasil memberikan manfaat dan dampak positif terhadap lebih dari 1.300 generasi muda di kawasan industri.

Program ini merupakan bagian dari komitmen global “Pathways to Progress” yang diinisiasi oleh Citi Foundation dan bertujuan memberikan dampak positif kepada 500.000 anak muda di seluruh dunia termasuk di Indonesia hingga tahun 2020.

Selain bermitra dengan lembaga-lembaga tersebut, dengan prinsip “Lebih Dari Filantropi” para karyawan Citi yang tergabung dalam Citi Volunteers juga ikut serta melakukan pendampingan dan bimbingan dengan berbagi ilmu, pengalaman, serta keahlian yang dimiliki. Hingga saat ini, lebih dari 50% karyawan Citi turut serta dalam berbagai program sosial kemasyarakatan yang dijalankan oleh Citi Indonesia.

Citi Indonesia berharap, dengan berbagai program kewirausahaan muda dan penguatan keahlian bagi kaum muda yang saat ini dilakukan, akan ada semakin banyak yang mampu mencapai potensi tertinggi mereka.

Peningkatan peluang ketenagakerjaan dan juga keahlian kewirausahaan yang dimiliki, sehingga mampu berkontribusi bagi perkembangan ekonomi Indonesia baik lokal maupun secara nasional. Hal ini selaras dengan aspirasi pemerintah Republik Indonesia untuk memajukan tanah air dan dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals Citi Indonesia.

Harapan saya, semoga semakin banyak generasi muda Indonesia yang terbantu dan mendapatkan dukungan, juga pelatihan untuk meningkatkan skill mereka dalam literasi finansial dan menjadi enterpreneur, sehingga tidak terlalu berharap menjadi pegawai setelah lulus sekolah, tetapi mampu membuka lapangan pekerjaan.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *