Transformasi Digital dan Strategi Digital Menuju Undustri 4.0

Posted on

Pagi moms, beberapa bulan yang lalu Mama Azzam pernah membahas mengenai program beasiswa yang bagus sekali dari SCG, dan susah banyak membantu anak-anak Indonesia yang pintar dan berprestasi meraih mimpi mereka dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Saya sangat bersemangat dan langsung cari informasi bagaimana cara untuk dapatkan beasiswa dari Perusahaan Besar asal Thailand yang sudah sukses di seluruh negara ASEAN. siapa tahu saat Azzam dewasa kelak juga bisa dapatkan beasiswa dari SCG.

Buat moms yang masih bertanya-tanya, SCG adalah Siam Cement Grup yang merupakan bisnis terkemuka di ASEAN dan telah telah beroperasi selama lebih dari 100 tahun di Thailand. Perusahaan besar yang telah banyak memberi kontribusi pada masyarakat sekitar dimana pabriknya di bangun.

Bulan Oktober tahun 2018 ini, SCG memperkenalkan suatu transformasi digital dan menunjukkan strategi investasinya menuju industri 4.0 melalui Investasi Forum 2018 yang di hadiri oleh banyak pelaku bisnis nasional maupun ASEAN.

SCG Memperkenalkan AddVentures

Nantapong Chantrakul, Country Director SCG Indonesia membuka Forum kali ini dengan memperkenalkan AddVentures, salah satu anak perusahaan SCG yang akan menggeliat dalam dunia bisnis yang berbasis digital.

SCG
Nantapong Chantrakul, Country Director SCG Indonesia memberikan kata sambutan. (dokpri)

AddVentures adalah anak perusahaan dari SCG, yaitu konglomerat bisnis terkemuka di Asia Tenggara dengan penekanan pada inovasi dan keberlanjutan. SCG percaya bahwa inovasi terbuka adalah bagian dari peta jalan menuju kesuksesan dalam seratus tahun berikutnya.

Pada AddVentures, SCG menargetkan untuk percepat teknologi, inovasi dan perusahaan dengan nilai inti bersama. AddVentures memberikan akses tak tertandingi ke jaringan global keahlian dan sumber daya SCG, juga bermitra dan berinvestasi dalam inovasi digital terbaik di Industrial – Enterprise – B2B vertikal.

AddVentures mencari peluang investasi dan kemitraan di bidang B2B, Industri, dan Enterprise. Dengan dukungan dari SCG, tujuan AddVentures adalah untuk membangun portofolio perusahaan dalam bidang vertikal yang sangat terkait. AddVentures percaya dapat menawarkan sinergi yang substansial dalam 2 dimensi:
1. Sinergi langsung antara SCG.
2. Lintas sinergi di antara startup dalam portofolio.

Sebagai investor strategis, AddVentures tidak hanya menyediakan pembiayaan tetapi juga berkomitmen terhadap kesuksesan jangka panjang dari startup dalam portofolio AddVentures. Dengan dukungan jangka panjang ini, startup dapat fokus untuk membangun perusahaan yang hebat untuk mencapai potensi penuh mereka secepat mungkin.

Investment Forum 2018

Konglomerat bisnis terkemuka di ASEAN menyelenggarakan suatu Investment Forum dengan tema Digital Passion “Transformations that Change You”. SCG dalam forum ini menunjukkan inovasi-inovasi digital yang mereka lakukan pada banyak aspek bisnis, terutama peluang untuk mendukung bisnis startup yang potensial berkembang cepat dan mendorong pertumbuhan untuk era 4.0 .

scg Investment forum
SCG Investment Forum 2018. (dok. Novitania)

SCG selalu beradaptasi dan berkembang terhadap evolusi dan trendi ekonomi selama 100 tahun terakhir, dan akan terus tumbuh di masa depan. Hal ini dilakukan untuk memberi nilai yang lebih tinggi kepada para pelanggan, mitra kerja, dan juga masyarakat.

Era Industri 4.0 sudah ada di depan mata dan hal ini semakin penting bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN. Teknologi menjadi kunci utama dalam mendorong pertumbuhan bisnis, sehingga SCG semakin fokus untuk mengadopsi teknologi pada seluruh proses perusahaan, mengembangkan investasi ke dalam bisnis teknologi digital.

Go-Jek saat ini juga sudah merambah ke Thailand loh moms, pasti sudah dengar kabar dan berita yang satu ini kan? Ini adalah salah satu bukti dari digitalisasi yang sudah mulai di terapkan.

scg investment forum
Kerjasama yang akan di lakukan oleh para konglomerat semoga membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia. (dok. Novitania) 

SCG memperluas investasinya melalui perusahaan venture capital AddVentures yang diluncurkan pada Juni 2017, telah menyediakan 3 cara kerjasama dengan starup, yaitu:

1. Venture Capitol Fund

2. Kemitraan Ekosistem

3. Investasi Langsung

Tahun 2018 sudah ada 11 startup di Asia Tenggara yang bekerja sama dan menjadi bagian dari AddVentures by SCG. bahkan selain ASEAN, perusahaan ini juga sudah melakukan investasi dalam skala dunia, seperti di China, Silikon Valley dan Tel Aviv.

Keren banget deh perusahaan SCG ini, banyak inovasi yang telah di lakukan dan memberi banyak manfaat bagi banyak negara, terutama negara Indonesia. Semoga membuka banyak lapangan pekerjaan ya moms 🙂 .

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *