Tips Menjadi Womenpreneur Sukses

Posted on

“Jika Anda tidak bisa terbang maka larilah. Jika anda tidak bisa berlari, maka jalanlah. Jika anda tidak bisa berjalan, maka merangkaklah, tapi apa pun yang anda lakukan, anda harus terus bergerak maju.” Martin Luther King Jr.

Semua wanita ingin menjadi sukses, baik di rumah menjadi ibu yang sempurna, maupun di kantor sebagai wanita karier. Sudah pasti impian banget ya moms kalau kedua hal ini berjalan dengan seirama.

Namun hanya sedikit dari kita yang bisa mencapai sukses ini, kenapa??? Karena hanya segelintir dari kita yang berani untuk melangkah dan memutuskan untuk totalitas berbisnis.

Ga usah jauh-jauh deh moms, saya pribadi sampai saat ini baru bisa mengagumi para Womenpreneur yang masih muda tetapi sudah sukses dalam berbisnis. Bisa sukses, mandiri dan bahagia siapa sih ga mau 🙂 .

Saya juga pernah bekerja di perusahaan, pernah menjadi sales make up, bekerja di salon kecantikan dan mencoba untuk buka usaha seperti gerai pulsa sampai jual makanan. Tetapi karena tidak memiliki ilmu bisnis yang baik, ga berhasil sukses 🙁 .

Mengikuti beragam kelas untuk sukses berbisnis juga sering saya lakukan, tetapi sampai saat ini kok ya belum berhasil menemukan bisnis apa yang cocok dan bisa sukses saya jalankan. Depresi dan putus asa juga pernah saya rasakan, bahkan sampai tabungan habis untuk dijadikan modal usaha.

Menerapkan teori bisnis itu sulit loh moms, tetapi kita ga boleh menyerah untuk terus belajar dari kesalahan dan menjadi sukses di kemudian hari. Seperti pengusaha muda cantik ini moms Futri Zulya Savitri, pendiri dari Kids Republik, CEO & Founder of PT. Batin Medika Indonesia, dan Z Beauty.

How To Start Your Business

Womenpreneur
Berkesempatan hadir di Women Talk bersama wanita sukses  Futri Zulya Savitri Mn, M.Bus dengan tema “How to Start Your Businness”.

Senang sekali bisa menjadi salah satu dari 20 blogger yang berkesempatan mendapatkan ilmu bagaimana untuk menjadi sukses dalam berkeluarga dan menjalankan banyak bisnis.

Bincang Cantik dengan Futri Zulya Savitri bersama Ani Berta, founder Indonesian Social Blogpreneur. Woman Talk dengan tema membahas “How to Start Your Businness” memberi saya banyak masukan dan semangat untuk memulai usaha yang selama ini saya pendam sendiri dalam hati.

Womenpreneur
Woman Talk berbagi tips sukses menjadi Womenpreneur.

Moms, kalau ingin memulai suatu usaha dan sukses, berikut ini adalah tips menjadi womenpreneur sukses dari Futri Zulya:

1. Find Your Passion

Moms, saat kita menjalankan usaha atau bekerja sesuai dengan minat dan kegemaran kita, pasti akan memberikan hasil yang maksimal. Misalkan moms suka menjahit, membuka butik atau bisnis menjahit bisa menjadi pilihan dalam memulai usaha. Kalau moms suka masak, bisa membuka usaha kuliner tentu dengan menu yang beda atau memiliki ciri khas berbeda dengan orang lain.

” Jangan hanya ikut trend bisnis yang
sedang ngetop tetapi kita tidak menguasai bidang itu. Jika sudah menemukan jenis bisnis yang disukai, lakukan riset mengenai bagaimana memulai bisnis tersebut melalui browsing, networking dan juga membaca buku start up bisnis”, ungkap Futri Zulya.

2. You Can’t Do it All

Sebagai wanita, kita memang diciptakan memiliki banyak keterbatasan jika di bandingkan para pria. Tetapi terbukti kalau wanita itu lebih multi talenta, bahkan bisa melakukan dan 5 hal berbeda dalam satu waktu.

Jadi, ga ada yang ga mungkin untuk kita lakukan moms. Namun, tentu saja kita sangat memerlukan support system yang baik dari keluar, baik dukungan dari suami, anak, orang tua, bahkan asisten rumah tangga.

Tentukan business plan yang sesuai dengan keterbatasan waktu yang kita miliki mom, kita harus mampu dalam mengembangkan bisnis tanpa mengorbankan urusan rumah tangga seperti membuat sarapan, memandikan anak, menemani mereka belajar bahkan menjadi partner suami dalam berbagai hal.

3. Bussiness Planning & Do Your Research

Zaman sudah semakin maju, dunia digital saat ini memberikan banyak kemudahan bagi kita moms, coba deh manfaatkan internet sebagai tempat mencari informasi mengenai tipe bisnis, respon pasar, legalitas, SWOT analysis mengenai bisnis yang akan kita pilih.

4. Execute
Semua teori bisnis yang ada akan percuma moms kalau tidak kita jalankan, saatnya lakukan semua rencana yang sudah dibuat, mulailah bisnis dari sekarang.

“The way to get started is to quit talking and begin doing.” Walt Disney

5. Selalu berinovasi

Beragam pilihan usaha bisa kita lakukan, tetapi kalau sama dengan yang lain dan tidak memiliki ciri khas maka kita akan tersingkir di persaingan pasar.

Boleh saja memiliki usaha nasi goreng, tetapi harus memiliki inovasi dalam menu dan cita rasa, agar masyarakat mengenal dan mau menjadi pelanggan setia.

6. Adanya Pemisahan Budgeting Rumah Tangga dan Bisnis

Ini hal yang paling utama moms, saat kita sudah melakukan suatu usaha, jangan pernah mencampurkan keuangan rumah tangga dengan keuangan bisnis.

Adanya pemisahan budgeting membuat kita lebih fokus dalam melakukan perencanaan keuangan. Ga akan deh terganggu keuangan bisnis untuk pemenuhan kebutuhan hidup.

Inspirasi bisa datang dari mana saja ya moms, saat Woman Talk beberapa Womenpreneur membagikan cerita bagaimana mereka memulai usaha dan bisa sukses saat ini.

Womenpreneur
Ibu Titi salah satu wanita yang sukses atas bimbingan Futri Zulya.

Seperti cerita ibu Titi yang awalnya hanya beautycian dari Go Glam, Setelah bertemu Futri Zulya, saat ini menjadi leader dari 300 orang beautycian di Z Glow.

Semangat untuk memulai usaha jadi bangkit di diri saya, pulang dari acara Woman Talk langsung mencoba untuk membuat proposal bisnis. Bukan buat siapa-siapa, tetapi lebih ke tujuan hidup saya yang baru.

Semoga bisa tertular sukses seperti Womenpreneur cantik yang satu ini, Futri Zulya Savitri menjadi idola baru saya, semoga bisa juga menjalankan bisnis dan menjalankan tugas utama sebagai istri dan ibu rumah tangga dengan baik.

Spread the love

One thought on “Tips Menjadi Womenpreneur Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *