“The Power of Content” Kunci Keberhasilan Seorang Blogger

Posted on

Pilih datang ke acara launching produk atau bertemu blogger senior untuk belajar dan mendapat ilmu, galau saya dalam menentukan pilihan, tetapi dengan sigap tangan saya sudah merapihkan laptop dan memasukkanya ke dalam tas. Sudah dipastikan hati saya lebih memilih  untuk datang dan belajar ke acara “Sharing Session” bertema The Power of Content yang diadakan oleh Indonesian Female Bloggers dengan pembicara utama mba Ani Berta di Kanawa Coffe & Munch, Jakarta Selatan.

Screenshot_2017-05-12-21-52-24-1

Takut datang telat, itulah yang selalu saya rasakan kalau berangkat sekolah. Acara mulai jam 10.30 WIB saya sudah sampat vanue jam 09.00 WIB, alhamdulillah dapat GRAB hitch yang driver-nya bekerja di Blok M, jadi saya sampai dengan selamat dan lebih awal, mau langsung masuk tapi ga jadi karena merasa minder karena belum ada yang datang.

Setelah mulai banyak kawan-kawan blogger yang hadir, acara dibuka dengan sambutan hangat dan ceria oleh mba Yonna Kairupan. Kok sepertinya kenal ya dengan MC supel yang ceriwis di depan saya ini, ternyata sebelumnya saya pernah bertemu saat ada event produk make up, dan saya baru tahu kalau mba Yonna adalah founder dari Indonesian Female Bloggers, beauty blogger dan juga youtubers senior dengan subscribers yang sangat banyak.

20170513113643

(Yonna Kairupan sebagai MC)

Narasumber pertama yang sharing dan berbagi ilmu kepada kami adalah seorang ibu muda dengan blog yang menurut mba Yonna dan mba Ani memiliki karakter dan taste dalam setiap tulisannya, sehingga kita tidak akan merasa bosan setiap kali membaca blog-nya, beliau adalah Emmanuela Christianti, sering di panggil Ella dengan blog nyonyamalas.com dan sudah banyak dari tulisannya yang memenangkan lomba blog.

20170513114753

(Emmanuela Christianti,kiri dan Yonna Kairupan, kanan)

Ella menceritakan kalau dirinya selalu menulis sesuai dengan karater pribadinya, jujur, menggunakan sudut pandang, memakai gaya bahasa sehari-hari dan semua data sampaikan adalah hasil dari “kepo” atau selalu mencari tahu sesuatu sampai ke hal paling detail. Brain storming adalah kunci utama dari suksesnya Ella, “kita menulis tidak bisa sendirian, kita selalu membutuhkan pendapat orang lain dalam mencari sudut pandang”, ungkap Ella.

Karya awal tulisannya adalah tutorial, karena Ella memang memiliki hobby passion  besar dalam menulis, dan blog dengan tema tulisan “Jantung Sehat” dan yang menjadi objek tulisannya adalah perbandingan kesehatan ayah dan ayah mertua-nya. Yang paling berkesan dan berharga bagi Ella adalah saat blog-nya dipakai oleh temannya untuk di share di acara kantornya, dan menginspirasi untuk hidup sehat, sehingga kantor temannya mengadakan acara olah raga bersama untuk menjaga kesehatan.

Pembicara selanjutnya adalah seorang dokter kecantikan dan beauty blogger hits yang memiliki ribuan page view setiap hari di blog-nya (6.500/hari), Amanda Anandita dengan blog tipscantikmanda.com memberi tips untuk menjadi blogger yang memiliki banyak pengunjung setia, yaitu menulislah apa yang kita sukai dan mau memahami karakteristik pembaca juga mencari tahu apa yang dicari oleh pembaca blog-nya. Amanda adalah seorang dokter kecantikan, jadi tulisannya lebih berfokus pada review berbagai macam kosmetik dengan berbagai range harga yang diminati oleh banyak perempuan.

Akhirnya materi utama diberikan oleh mba Ani Berta, beliau adalah blogger, dan founder Indonesian Social Blogpreneur community. Awalnya menulis untuk mengisi waktu luang di sela-sela kesibukan kantor, tetapi ternyata blog lebih menarik buat mba Ani, keluar dari kantor dan menekuni blog lebih dalam menjadi keputusannya. Bukan hal yang mudah memang, dan menulis blog memang tidak menjanjikan penghasilan  tetap seperti kerja kantoran.

FB_IMG_1494774303486

(Ani Berta)

Dengan dedikasi dan ketulusan dalam menulis, akhirnya penghasilan yang besar menjadi bonus dari setiap karya tulis yang dibuat. Mba Ani memberi saya tamparan yang sangat mengena, saat mengatakan kalau menjadi blogger itu jangan semata-mata mengharapkan fee, goodie bag atau makan gratis. Karena pihak penyelenggara mengharapkan publisitas yang lebih personal dari blogger dan sangat penting untuk bisa memberi report lebih cepat.

Content atau isi dari tulisan sangatlah penting bagi blogger, karena kualitas seorang blogger adalah karya tulisannya yang dapat membantu penyelanggara atau pihak-pihak yang terkait dalam menyebarkan informasi positif dan dengan efek yang mengena sesuai kebutuhan mereka.

Bagaimana kita bisa membuat blog dengan konten yang baik, yaitu dengan membuat artikel yang paling aktual sesuai sudut pandang kita. Kita bisa mengutip info dari narasumber, dan menggunakan press rellease sebagai acuan, tetapi jangan sampai seluruh kata-kata kita masukkan dalan tulisan, itu namanya jiplak.

Dalam meliput event, kita bisa memilih apakah kita Hard News blogger atau Feature Stories blogger.

  • Hard News
  • Reporting The Event, blogger harus dan wajib menulis dan memposting setiap acara yang dihadiri.
  • 2 Day Max, laporan berupa tulisan sebaiknya sudah diposting, di sebar di sosial media dalam rentang waktu maksimal 2 hari setelah acara. Karena percuma apabila liputan suatu acara baru dibahas seminggu setelah acara selesai. Tidak akan memberikan efek apapun.
  • 5 W 1 H, dalam tulisan kita harus memberikan informasi lengkap dan mengandung unsur What, Who, When, Where, Why dan How . Maksudnya adalah apa yang kita tulis, siapa narasumbernya, kapan acara dilangsungkan, dimana tempat dari liputan yang kita hadiri , mengapa kegiatan itu diadakan dan bagaimana kita bisa mengajak pembaca untuk berpartisipasi.
  • Feature Stories
  • Naration on Pharagraph, memerlukan banyak sumber dari berita atau press reallease.
  • Interview, Observation, Experince dimana kita melakukan interview secara langsung pada narasumber, melakukan penelitian, dan berdasarkan pengalaman.
  • Artistic, yaitu pemilihan kata-kata yang ada unsur seni yang dapat menarik perhatian orang untuk membacanya.

Apabila blogger ingin membuat suatu reportase berbobot yang berbeda dengan jurnalis pada umumnya, tulisan kita harus ada unsur cerita, sisipkan kalimat aktif, pernyataan dari narasumber yang bisa dijadikan tajuk utama. Jangan sampai kita salah menulis nama dan penulisan gelar dari pengisi acara. Sebelum menulis, kita harus melakukan riset untuk mendapatkan data yang akurat dan terbaru.

Ingin banyak page view di blog kita, caranya sangat mudah sekali, yaitu dengan selalu aktif di media sosial. Selalu aktif gunakan Twitter, Facebook dan Instagram dengan conten atau isi berita yaang mendukung setiap tulisan kita. Saat orang tertarik pada media sosial kita, mereka akan mencari blog kita untuk mendapat informasi yang lebih lengkap.

Live tweet bisa menjadi sarana notulensi dan memperkaya konten, orang-orang jadi lebih mengenal kita dan meningkatkan followers organik. Facebook bisa menjadi portfolio kita, sarana promosi blog kita agar orang-orang lebih mengenal kita, agensi mengetahui keberadaan kita sebagai blogger.

Untuk blogger ingatlah untuk selalu buat artikel yang yang bermanfaat, memberi banyak informasi dan bisa berguna bagi banyak orang, karena dengan begitu brand akan datang mencari kita. Gunakan hasil foto sendiri dalam blog kita, mention ke pengundang acara dan share tulisan kita pada semua portal media sosial yang kita miliki. Semakin kita produktif dalam menulis, semakin banyak page view kita.

Reiny Andiani, Content Writer Fimela.com dengan blog-nya andiani.net juga membagi tips bagaimana menulis yang disukai editor, yaitu dengan menggunakan bahasa sendiri yang mengalir seperti saat kita ngobrol, sehingga pembaca menyukai apa yang kita tulis.

20170513142329

(Reiny Andiani)

Banyak sekali ilmu yang saya dapat hari ini, terkagum-kagum pada blogger senior yang sangat mengutamakan kekuatan konten dari artikel yang mereka tulis di blog-nya, sehingga mereka bisa menarik perhatian banyak pembaca dan membuat page view setia mengunjungi blog mereka.

Ilmu yang sangat berguna, dan tidak akan saya dapatkan kalau saya hanya asik mengejar event tanpa mempelajari bagaimana menjadi blogger berkualitas. Ternyata asik ya belajar menjadi blogger, saya bertemu banyak blogger keren yang ramah-ramah dan kece, semoga Indonesian Female Blogger bisa adakan acara bermanfaat seperti ini, tapi saran saya jangan di kafe yang keren begini dong, saya ga mampu jajan karena isi dompet saya tidak mumpuni.

FB_IMG_1494774348008-1

(foto bersama peserta “Sharing Session”)

By  Anisa Deasty Malela

anisa_dee007@yahoo.co.id

Twitter @Desty007

Instagram  @anisa.dee

WA 085781068275

Spread the love

17 thoughts on ““The Power of Content” Kunci Keberhasilan Seorang Blogger

    1. Saya saat ini jujur, masih mengharap GB saat menghadiri event. Mesti belajar untuk lebih tulus dan berdedikasi saat meliput.

    1. Siap, terimakasih juga kepada mba Ani yang mau membagi ilmunya.
      Insyaallah saya terus berkarya tanpa mengandalkan undangan event 😉

  1. Acaranya keren banget! Dl ikut materinya teh Ani digeber ttg konten konten konten karena itu power tulisan kita. Pernah baca tulisan Mbak Ella juga tentang sehat jantung yg jd juara 1. Tulisannya simple dan to the point, dan reader langsung tau apa yg harus dan tidak harus dilakukan unt menjaga kesehatan jantung. Tfs Mbak Nisaaa

    1. Ga rugi…. Sangat beruntung saya mendapatkan kesempatan belajar bersama blogger senior mba Ani, mba Yonna, mba Ella, mba Amanda dan mba Reiny

  2. Isi kontent penting bgt sich untuk kelangsungan hidup blog kita. Blogging bisa bgt dijadikan mata pencaharian hidup tapi semua pasti berproses, ngga ada yg instan. Blogger2 hits pun tak serta merta langsung keren blognya. Semua perlu usaha dan latihan yg konsisten. Setuju bgt dengan semua yg disampaikan Teh Ani Berta

  3. Seru ya mbak acaranya, saya belum pernah mengikuti acara semacam ini. Mau sih, tapi rata2 info yg saya dapat ya harus pakai undangan. Saya yg gak dapat undangan ya nggak enak main datang aja, ntar dikira tamu yg tak diundang.

    1. Alhamdulillah blogger2 senior selalu adakan acara spt ini, jadi kita bisa banyak belajar. Kemarin 30 orang blogger yang daftar tapi yang datang cuma setengahnya, sayang sekali loh.

    1. Alhamdulillah kalau review saya menarik untuk di baca mba Sari. Semakin kita belajar, maka kita semakin terasah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *