Tambora Run 5K – Jelajah Wisata dan Olahraga dalam Upaya Pemberdayaan Potensi Tambora

Posted on

Selamat pagi, kalau sudah weekend paling asik kalau bisa melakukan olahraga bersama keluarga, iya ga sih Bunda. Olahraga yang paling murah dan mudah dilakukan adalah kegiatan lari, bener gak sih 🙂 .

Siapa nih yang tinggal di wilayah Tambora, atau sering main ke sini? Tahu ga sih kalau hari Minggu 8 September 2019 kemarin di sini, tepatnya di Trade Mall Season City Mall diadakan kegiatan “Tambora Run 5K 3.0” pesertanya banyak banget loh, mencapai 5.000 (lima ribu) orang peserta.

Tenyata kegiatan lari ini sudah ketiga kalinya dilakukan oleh Trade Mall Season City bekerjasama dengan Kecamatan Tambora menggelar Tambora Run 5K-3.0. Event lari tanpa biaya alias gratis ini sukses melibatkan ribuan pelajar dan umum.

Tambora Run – Ajang Memperkenalkan Destinasi Wisata di Jakarta Barat

Tambora Run adalah lomba lari sejauh 5 kilometer dengan jalur yang melewati beberapa tempat bersejarah di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Kegiatan lomba lari ini diselenggarakan gratis bagi warga sekitar, pelajar dan umum, bahkan ada beberapa komunitas lari yang ikut serta.

Tambora Run 5K 3.0
Tambora Run 5K 3.0 diikuti oleh hampir 5 ribu peserta dari warga Tambora dan komunitas lari.

Keren banget, ada peserta yang menempuh jarak 5K hanya dalam waktu 25 menit di Tambora Run 5K. Jangan khawatir, karena setiap 200 peserta pertama yang memasuki garis finis mendapat medali emas yang keren. Sampai kaget saya, saat mengetahui betapa bersemangatnya semua peserta dari lomba lari Tambora Run ini loh Bunda.

Medali emas di Tambora Run
200 pelari pertama dari setiap kategori mendapatkan medali keren ini.

Alhamdulillah jam 07.30 semua peserta lari sudah kumpul semua di Trade Mall Season City Mall dan ga cuma duduk leyeh-leyeh, banyak juga peserta yang langsung lanjut ikutan Zumba loh. Salut dengan stamina semua peserta yang ikut serta di acara ini.

Tambora Run juga dimeriahkan dengan adanya bazaar UMKM, tarian Betawi, Zumba, aneka games dan doorprize. Salah satu games yang menarik perhatian saya adalah lomba mengumpulkan sampah plastik.

Geliat UMKM di Tambora
Geliat UMKM di Tambora dalam bazaar di acara Tambora Run 2019.

“Acara Tambora Run diharapkan dapat menjadi ikon olahraga Jakarta Barat, menjadi ajang silaturahmi antara warga dan sekaligus menjadi rekreasi warga. Meski mendapat gelar wilayah terpadat di Jakarta, tetapi masyarakatnya tidak lupa untuk tetap berolahraga.” Hal ini diungkapkan oleh Bapak Rustam Effendi, Walikota Jakarta Barat.

Menyatukan energi positif warga Kecamatan Tambora untuk lebih produktif dan menjadikan kampanye promosi wisata spot menarik dan bersejarah. Hayoo kalian tahu ga kalau ternyata di Tambora banyak loh tempat bersejarah.

Jalur lomba lari Tambora Run melewati Masjid An Nawir, Langgar Tinggi (yang merupakan beberapa destinasi wisata di Tambora). Kegiatan lari ini terbanyak se-Kecamatan Tambora, dan sudah 3x di selenggarakan dengan peserta yang terus bertambah setiap tahunnya.

Tahun 2019 Tambora 5K diikuti hampir 5.000 peserta menempuh rute melewati beberapa situs sejarah di kawasan Tambora, antara lain Masjid Langgar Tinggi di Pekojan. Masjid Langgar Tinggi yang merupakan bangunan cagar budaya, sudah dibangun pada 1829M (hampir 2 abad yang lalu), serta Kelenteng Tua.

Suksesnya Tambora Run 2019
Suksesnya Tambora Run 2019 berkat kerjasama dengan berbagai pihak.

Bapak Mualim, Direktur Utama Seasons City mengungkap kalau tahun pertama (2017) ada 2.000 peserta yang ikut serta, tahun kedua (2018) ada 2.500 peserta dan tahun ketiga ditargetkan 3.500 peserta, namun yang berpartisipasi hampir 5.000 peserta dengan 2500 pesertanya adalah pelajar di sekitar Tambora.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan Tambora Run 2019 adalah:
1. Memasyarakatkan olahraga
2. Meskipun hanya level kecamatan, tapi diharapkan dapat menjadi acara tahunan
3. Memperkenalkan destinasi wisata dan situs bersejarah di Tambora

Tambora adalah wilayah yang penuh dengan situs sejarah, diharapkan dapat dikenal oleh masyarakat luas atau bahkan sampai tarag internasional.

Langgar Tinggi (tempat ibadah) tertua – tempat bertemunya para pedagang dari seluruh pendatang masjid Al Nasum, Masjid Al Nawir bentuk nya seperti rumah biasa, tapi kalau kita masuk ke dalamnya akan tampak nuansa masjig yang megah, Masjid Angke, Masjid Tambora, Masjid Jami Tambora, Jembatan Kambing (jembatan bersejarah) ada juga beberapa klenteng yang ada di sekitar Tambora.

Seperti yang semua orang tahu, kalau kawasan Tambora adalah wilayah terpadat penduduknya di Jakarta, sehingga kegiatan Tambora Run menjadi satu strategi dan usaha dalam mengembangkan potensi masyarakat.

Juara Tambora Run
Inilah para juara  Tambora Run Kategori Pelajar

Eh iya, ada informasi juga nih Bunda, kalau tanggal 29 September 2019 nanti akan ada launching destinasi wisata Tambora. Kita tunggu dan jangan lupa hadiri juga ya, pasti ga akan kalah meriahnya.

Spread the love

One thought on “Tambora Run 5K – Jelajah Wisata dan Olahraga dalam Upaya Pemberdayaan Potensi Tambora

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *