Sukses Menjadi Youtubers dan Blogger Dengan Memahami Search Content Vs Social Content

Posted on

Jakarta, 28 Mei 2017 bertempat di Resto Bebek Dower, Plaza Festival Kuningan, saya mendapat kesempatan yang sangat langka dan istimewa yaitu Workshop dengan tema Search Content Vs Social Content dengan pembicara Niko Riansyah dan Yonna Kairupan.

Acara ini merupakan kegiatan rutin yang di lakukan oleh Indonesian Sosial Blogpreneur (ISB) yang di dukung oleh CNI.
18685501_10208676220135496_1933617577_n

Kegiatan dibuka dengan kata sambutan dari Gusti Alendra, Digital Marketing CNI yang sangat ramah. Beliau menginformasikan tentang latar belakang CNI yang saat ini sudah berusia 31 tahun, wacana #CNIMasihAda menjadi perhatian bagi team Digital Marketing Digital CNI, karena masyarakat saat ini banyak membicarakannya dan mencari infonya di laman pencarian Google.

PT. Citra Nusa Intan (CNI) Cemerlang sudah berdiri sejak tahun 1986 dan mengeluarkan produk berkualitas dengan brand yang sangat dikenal masyarakat Indonesia. Tahukah kalian, kalau CNI adalah brand asli Indonesia berbasis multi marketing yang sudah tersebar di berbagai negara.

Dengan berkembangnya dunia digital, CNI juga selalu melakukan inovasi agar produk dan brand-nya tetap menjadi No.1 di Indonesia dan mudah di peroleh oleh masyarakat. Saat ini CNI sudah mengembangkan sistem penjualannya dengan pemesanan online, dan akan mengembangkannya lagi dengan meluncurkan aplikasi yang bisa langsung di akses masyarakat melalui gadgetnya.
Temukan CNI di media sosialnya
*Facebook : CNI Indonesia

*Twitter : @CNI_ID

*Istagram : @CNI Indonesia

*Website : www.cni.co.id

Ani Berta, Founder Indonesian Sosial Blogpreneur (ISB) mengatakan bahwa acara yang rutin diselenggarakan 2 bulan sekali bersama CNI ini bertujuan positif, bermanfaat dan membagi banyak ilmu untuk blogger agar mampu untuk lebih mendalami content tulisannya. Dan sangat mengharapkan agar peserta yang hadir bisa membagi juga ilmu yang didapat hari ini buat para viewers-nya nanti.

Optimasi Search Content Vs Social Content
Niko Riansyah, selaku Digital Marketing Special CNI memberi ilmu yang membuat saya pusing, kenapa begitu, karena baru kali ini saya melek mengenai Search Content dan Social Content. Dan pembahasan yang satu inilah yang membuat saya lama dalam menyelesaikan tulisan saya, karena saya harus mencerna info yang ada berkali-kali sampai saya paham dulu.

Mas Niko dalam pekerjaannya yang harus selalu up to date di dunia digital dan memasarkan brand CNI, selalu berusaha agar media sosial CNI di kenal masyarakat dan mudah dicari apabila masyarakat mencari di Google.
20170528164727

Dalam point ini Search Content dan Social Content sangat di perhatikan oleh mas Niko agar CNI selalu mudah ditemukan informasinya saat masyarakat mencari produk CNI di internet. Apasih Content itu, mengapa sangat penting di dunia advertising? “Content merupakan suatu media berupa tulisan yang berisikan informasi yang menarik dan harus berkualitas, sehingga pembaca merasa tertarik untuk melihat, dan membaca”.
Content yang dimaksud haruslah yang dibutuhkan pembaca, dengan visualisasi media yang baik, menarik dan informatif, sehingga selalu di cari dan bisa membuat masyarakat membicarakannya setelah membaca atau melihatnya.

Sebagai Blogger kita pasti ingin agar Content atau tulisan kita menjadi pusat perhatian, viral dan banyak page viewers. Bagaimana caranya Content kita bisa viral dan bisa tampil di halaman pertama di laman search Google, yang paling utama adalah kita harus tahu apa yang disukai masyarakat atau pembaca kita.

Sulit memang untuk meningkatkan page viewers apalagi kalau kita tidak memahami Search Content dan Social Content. Kita harus rutin menghasilkan tulisan dengan kualitas yang baik, mempostingnya di media sosial dengan share link dan promosi. Namun itu semua belum tentu bisa menambah page viewers kita, ternyata hal ini karena positioning content kita yang masih kurang baik. Kita belum paham content yang kita miliki merupakan Search Content atau Social Content, sehingga tidak bisa terdeteksi cepat.
1. Search Content
Search Content adalah content yang dicari oleh masyarakat saat membuka Google, strategi yang harus dilakukan agar content kita bisa berada di halaman pertama Google adalah :
• Product page
• Home page
• About us
• FAQ and Comment
• Evergreen Blogpost
Apabila search Google sudah mengenal content kita, maka otomatis kita selalu berada di halaman utama mereka. Untuk itu kita harus membuat produk page SEO, keywords dan lebih detail dalam menentukan description pencarian.

3 Hal yang membuat seseorang mencari informasi di Google, dan harus kita perhatikan agar kita selalu berada di halaman utama pencarian mereka :
1. Navigational atau arah pencarian yang spesifik, loading yang cepat dan responsive terhadap pengunjung dari content yang kita posting.
2. Informasi yang up to date, yang sedang hits dan dicari. Content yang kita sajikan atau posting harus memberi informasi terbaru dan jelas kepada pengunjung.
3. Transactional, ini untuk content yang lebih e-commerce dan membutuhkan data informasi rekening dan konfirmasi transaksi yang cepat.
Sangat penting juga kita memperhatikan kecepatan blog atau website kita agar bisa diakses dibawah 5 detik, agar pengunjung tidak membatalkan pengunduhan untuk berkunjung. Ada baiknya kita membuat conten yang menarik dan bermanfaat juga membantu memberikan solusi kepada pembaca.

2. Social Content
Social Content adalah apa saja content yang kita tawarkan kepada masyarakat, kita bisa kembangkan dengan strategi menawarkan informasi terbaik dan unik di media sosial. Karena Social Content ini berhubungan erat dengan media sosial seperti twitter, facebook, LinkedId, Path, Instagram, youtube dan platform blogger apapun. Bagaimana caranya mendapat like atau followers adalah tujuan utamanya, ini bisa dilakukan dengan mengunggah foto unik dengan caption menarik agar menarik perhatian banyak orang.

Trial and Error atau penelitian harus terus dilakukan agar kita mengetahui pangsa pasar atau minat pembaca pada blog atau web kita. Memang tidak semua ekspektasi sesuai harapan, tetapi apabila kita melakukan dengan sungguh-sungguh, pasti yang terbaik akan kita dapatkan.

Optimasi Content Youtube menjadi Video yang bermanfaat oleh Yonna Kairupan, Founder Indonesia Female Bloggers (IFB)

Tahukah kalian kalau menjadi youtubers itu menghasilkan banyak uang loh, tetapi bukan sembarang video yang bisa di upload untuk menghasilkan tujuan ini. Kita harus punya minimal 1000 subscribers untuk dilirik oleh Youtube dan pengunjung kita harus betah menonton video yang kita up load sampai selesai. Sebagai catatan Yonna Kairupan menyebut Youtubers sebagai “Content Creator”.

Saat ini Youtube sedang hits, banyak orang bisa menjadi VLog dan VBlog tetapi tidak semua orang bisa sukses menjadi youtubers, karena kesalahan-kesalahan kecil yang fatal. Apa saja sih yang bisa membuat kita optimal dalam mengembangkan youtube, Yonna Kairupan membagi tips dan trik nya disini.
1) Know Your Own Strenght
Kenali siapa dirimu, apa kekuatan terbesarmu, kemampuan terbaik apa yang bisa di tonjolkan untuk dijadikan bahan video. Juga ketahui apa kelemahan dari dirimu agar bisa di gali lebih baik untuk menjadi kekuatan kita suatu saat nanti.
2) Focus
Kita harus fokus pada apa yang akan kita buat, jelas apa yang kita inginkan dan kita punya Niche atau spesialis info yang di bahas dalam youtube channel kita. Sehingga pengunjung betah untuk menonton dan kembali datang saat kita posting video youtube terbaru.
3) Clear Content
Dalam hal ini kita harus jelas dalam melakukan branding pada diri kita, kita harus jelas content apa yang paling utama di youtube channel kita. Misalnya, kita beauty vlogger dan membahas tentang tutorial hijab, kita harus pastikan tutorial yang kita videokan adalah tutorial untuk mengenakan hijab persegi atau pasmina. Jadi pengunjung bisa mengikuti dari awal sampai akhir meski hanya menggunakan 1 buah hijab.
4) Target Audience
Untuk target audience, kita sejak awal harus sudah menentukan kepada siapa saja video youtube ini kita unggah, karena dengan begitu kita bisa dengan mudah melakukan analisa apa saja yang disukai atau tidak disukai oleh pengunjung.
5) Watching Video
Kita harus memiliki target dalam mengunggah content video agar kita selalu up date dan pengunjung selalu penasaran dan menanti video unggahan kita selanjutnya. Lakukan selalu edit pada video yang kita buat agar hasil yang kita dapatkan lebih maksimal dan pengunjung youtube channel kita betah untuk menonton video kita sampai akhir, bahkan share video kita di media sosial miliknya.
6) Out Goal Google
Tujuan yang lebih besar bisa kita dapat saat video unggahan di youtube channel kita bisa muncul di halaman utama pencarian Google. Ini berarti sudah banyak orang yang subscribe dan setia menonton youtube channel kita.
7) Value
Channel youtube kita sudah seharusnya memiliki nilai lebih, memiliki makna dan “berharga” dengan memiliki poin-poin berikut : Informatif, Inspirational, dan Educational. Sehingga pengunjung memiliki kesan setelah menonton channel youtube kita.
8) Youtube Search
Saat ini youtube sudah menjadi search engine yang menjadi tumpuan beberapa orang saat mencari content yang mereka sukai atau pusat informasi berita terbaru atau ter-hits. Youtube sudah menjadi search engine terbesar kedua setelah Google, oleh sebab itu kita harus mengerti dan mencari tahu apa yang paling dicari dan diinginkan pengunjung youtube, agar kita bisa berada di halaman utama di pencarian youtube.
9) Consistency
Sangat penting bagi youtuber untuk konsisten pada apa yang sudah dimulainya, agar pengunjung kita selalu penasaran video apa yang akan di upload selanjutnya. Konsiten pada hasil karya dengan memiliki target minimal berapa video yang akan diunggah setiap minggunya dan selalu buat pengunjung kita puas dan meninggalkan kesan yang baik setelah melihat youtube channel kita.
10)Ready for Heaters
Tak ada gading yang tak retak, sebaik apapun hasil karya kita yang telah kita upload di youtube, pasti ada beberapa orang yang mencibir atau nyinyir, saat ini orang-orang seperti itu lebih dikenal dengan sebutan “Haters”, pada karya dan pencapaian yang telah kita dapatkan. Bahkan mba Yonna mengungkapkan seringkali Haters kita adalah orang terdekat kita sendiri.

Jadi jangan berhenti untuk terus berkarya, terkadang kita perlu kehadiran haters untuk membuat kita lebih baik dan termotivasi dalam terus berkarya.

Tahu kan berita terbaru tentang prestasi Demian, pesulap Indonesia yang berhasil mendapat standing aplause di ajang pencarian bakat terbesar di Amerika? Prestasi membanggakan seperti itu saja masih mendapat gunjingan dan komentar yang buruk dari haters. Tapi kita jangan pernah terpuruk oleh komentar menjatuhkan dari haters, karena mereka belum tentu bisa berkarya sebaik kita loh.

Mba Yonna mengingatkan agar kita selalu melakukan promosi yang gencar di semua media sosial dan rutin kirim pesan kepada teman dan viewers kita setiap kali upload video terbaru, selain untuk menambah subscribers juga mendapat perhatian dari search engine Google dan Youtube.

Bergabung dengan komunitas juga bisa menambah follower organik kita di media sosial, blog dan youtube loh, dengan catatan kita tidak hanya menjadi job seeker atau oportunity seeker, tetapi juga aktif dalam membagi ilmu dan informasi agar tidak hanya kita yang berkembang, tetapi kita juga bisa mengajak banyak orang untuk menjadi lebih baik dan juga berkembang.


Mari kita mulai untuk berkarya, baik itu di Blog ataupun Youtube dan pastikan untuk selalu fokus dan membuat content yang menarik.

By. Anisa Deasty Malela
Anisa_dee007@yahoo.co.id
Instagram @anisa.dee
Twitter @Desty007
WA 085781068275

Spread the love

2 thoughts on “Sukses Menjadi Youtubers dan Blogger Dengan Memahami Search Content Vs Social Content

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *