So Good dalam Menu Piring Gizi Seimbang Keluarga

Posted on

Selamat pagi bunda, apa sudah siapkan sarapan sehat pagi ini? Jangan lupa untuk selalu sediakan menu gizi seimbang ya di setiap piring anggota keluarga, agar kebutuhan energi mereka terpenuhi dan bisa beraktivitas dengan optimal dipagi hari hingga siang menjelang.

Sarapan sehat

Menjaga kesehatan keluarga dan memenuhi gizi mereka sesuai dengan aktivitas merupakan tugas utama kita sebagai ibu, betul kan ya 🙂 tetapi ada kalanya kita merasa jenuh untuk memasak dan memilih untuk mengolah bahan makanan siap saji untuk disajikan di meja makan. Ingat ya bunda, selalu pilih bahan makanan dengan nutrisi terbaik dengan menu piring gizi seimbang.

Jangan menjadi seperti saya, karena kebiasaan di keluarga saat masih kecil hingga dewasa yang tidak terlalu mempedulikan mengenai sarapan, membuat saya selalu kurang fokus dalam belajar dan terus merasa lapar meski siang hari sudah banyak makan.

Hasilnya tubuh saya menjadi over weight atau biasa disebut obesitas, dan sampai saat ini sulit untuk bisa mengurangi berat badan. Tentu saja kondisi ini sangat mengganggu aktivitas saya dan berbagai penyakit mengintai saya.

Jangankan menu piring gizi seimbang, bisa makan dengan nasi lengkap lauk pauk dan sayuran adalah hal yang langka bagi saya saat masih tumbuh kembang, apalagi bisa makan buah-buahan secara rutin, itu adalah hal istimewa bagi saya saat itu.

Ternyata obesitas adalah dampak buruk dari tidak terpenuhinya gizi di pagi hari, dan ini baru saya sadari saat saya menikah dan sudah memiliki seorang anak. Maka saya akhirnya bertekad untuk bisa lebih baik dalam memperhatikan asupan sarapan di pagi hari bagi keluarga.

Sejak memiliki anak, saya mulai mencari tahu lebih banyak informasi mengenai betapa pentingnya peran sarapan bagi tumbuh kembang anak. Karena saya tidak ingin anak saya menderita stunting maupun obesitas akibat dari malanutrisi.

Merubah kebiasaan memang sangat sulit, maka saya mulai melakukan kebaikan ini kepada anak saya, untuk selalu makan bersama di meja makan dengan jam makan yang teratur juga gizi seimbang di setiap waktu makan.

Piring Gizi Seimbang

Perlu diperhatikan, menu sarapan juga tidak boleh sembarangan ya bunda. Sarapan yang sehat dan sangat dianjurkan adalah yang mengandung biji-bijian utuh seperti sereal gandum utuh, protein (terdapat pada selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus), keju atau susu rendah lemak, serta buah-buahan dan sayur-sayuran.

Kombinasi  dari karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan dan membuat tubuh kenyang selama berjam-jam dan berenergi, sehingga aktivitasnya di pagi hari bisa lebih maksimal.

Pentingnya Sarapan Bagi Tubuh

    • Menurunnya Kemampuan Kognitif

Ini berkaitan dengan berkurangnya kemampuat otak dan otot dalam bekerja akibat dari energi yang dimiliki tubuh untuk beraktivitas kurang atau bahkan tidak ada.

    • Mood Buruk

Mood seseorang pasti akan memburuk saat perut lapar, benar ga sih. Ini pasti akan lebih sering terjadi saat kita tidak sarapan pagi dengan gizi yang baik.

    • Obesitas

Saat kita lalai sarapan pagi, tubuh pasti akan terus mencari sumber energi dan glukosa untuk bisa bergerak. Tubuh otomatis akan mencari cemilan apapun untuk memenuhi kebutuhan energi dan glukosa, yang paling cepat di dapat adalah gorengan dan permen. Padahal ini bisa membuat tubuh obesitas.

    • Gangguan Jantung

Melewatkan sarapan pagi dapat mengubah cara menyimpan lemak tubuh. Lemak akan lebih banyak menumpuk di bagian perut, yang bisa menjadi gelaja penyakit jantung.

    • Diabetes

Melalaikan sarapan pagi akan membuat tubuh resistensi insulin, sebuah kondisi di mana seseorang membutuhkan lebih banyak insulin untuk menjadikan gula darah mereka normal.

Sibuk bahas mengenai sarapan dari tadi ya, padahal makan siang dan makan malam, juga cemilan yang sehat sangat penting loh bagi tubuh. Jangan lupa ya selalu sajikan menu piring gizi seimbang di setiap kesempatan bunda menyiapkan makanan bagi seluruh anggota keluarga.

Menu piring gizi seimbang adalah hal yang harus diperhatikan, agar tubuh selalu optimal menerima asupan gizi sesuai kebutuhan dan kegiatan sehari-hari.

Menu sarapan sehat

Membuat menu untuk sarapan merupakan tantangan terbesar bagi seorang ibu, karena harus memenuhi gizi seimbang dalam satu piring. Selain itu harus bisa membuat tubuh bisa berenergi sampai saatnya makan siang tiba.

Saat ini saya membuat capcay sebagai menu sayur di pagi hari, cukup dengan sayuran kembang kol, buncis, jagung muda, wortel dan tomat. Untuk sumber protein, saya memilih untuk menggoreng Chicken Nugget.

Baca keunggulan produk So Good di sini So Good Solusi Protein Hewani.

Psst bunda, biasakan memasak dengan sedikit minyak ya 🙂 ini bertujuan untuk meminimalisir minyak jenuh yang masuk ke dalam tubuh.

Hanya dengan proses memasak 10 menit, sayuran dan protein tersedia dengan cepat dan praktis. Buat suami yang sedang terburu-buru dan Azzam yang sedang masa pertumbuhan, ini sudah mencukupi dalam menu piring gizi gizi seimbang saat ditambah nasi dan buah-buahan.

Panduan komposisi makanan gizi seimbang harus mengandung protein 15% (saya memilih produk Nugget Ayam So Good), buah-buahan 15 %, sayuran 35%, serta sumber karbohidrat berupa nasi 35%.

Menu Piring Gizi Seimbang dengan Protein dari Nugget So Good.

Sudah pasti setiap harinya kita harus memiliki daftar menu yang berbeda-beda untuk sarapan pagi, makan siang dan juga makan malam dengan gizi yang seimbang tentunya. Agar seluruh anggota keluarga senang dan betah untuk makan di rumah, moment makan bersama juga menjadi media untuk bonding antara suami dengan istri, dan orangtua dengan anak.

Azzam lahap makan Nugget Alphabet So Good dan semua yang ada di piring.

Anak saya Azzam sangat suka makan produk olahan dari So Good terutama aneka nugget, sosis dan juga ayam potongnya, karena rasanya sudah pas dan bisa dikreasikan juga sebagai masakan yang berbeda-beda.

Suami juga sering sekali loh request untuk dimasakkan nugget bumbu asam manis atau bumbu teriyaki sebagai selingan menu lauk harian, atau memasak ayam potong So Good dengan diolah menjadi beragam jenis masakan dari pepes sampai goreng tepung. So Good menjadi sumber inspirasi untuk selalu berkreasi dalam menyiapkan menu makanan sehat.

Stok So Good harus ada di kulkas, jadi saya atau suami bisa masak dengan simpel, praktis dan cepat. Selain menjadi lauk makanan utama, bisa juga menjadi cemilan sehat di sela-sela sarapan pagi dan makan siang, atau di sore hari sambil menanti siapnya makan malam.

Cemilan sehat dengan produk So Good

Suami tidak berkeberatan saya stok beragam produk So Good di kulkas, karena sudah terjamin kualitas dan protein hewaninya bagi kecukupan gizi seimbang kami.

Yuk bunda, mulai biasakan untuk memasak dengan menu piring gizi seimbang bagi keluarga, agar kesehatan keluarga bisa kita jaga. Sehingga pertumbuhan anak juga bisa dioptimalkan dengan baik.

Spread the love

11 thoughts on “So Good dalam Menu Piring Gizi Seimbang Keluarga

  1. Betul belajar dari pengalaman ya bun. Aku sendiri juga jarang sarapan. Soalnya takut kebelet pup dijalan. Padahal salah ya.
    Liat azzam makan bahagia banget pasti ibunya. Si kecil lahap dan tumbuh besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *