Sebagai Warga Indonesia, Kita Wajib Waspada Terhadap 4 Infeksi Jamur Ini

Posted on

Pagi moms, pernah mengalami infeksi kulit yang diakibatkan oleh jamur? Sepele sih, kalau hanya sekedar gatal di bagian lipatan kulit dan selangkangan, tetapi kalau sampai mengganggu aktivitas, pasti akan membuat kita risih ya.

Menjadi orang Indonesia itu memiliki keuntungan dan kekurangan tersendiri. Keuntungannya, setiap tahun kita selalu dapat jatah sinar matahari yang cukup, berbeda dengan negara-negara di Eropa sana. Kadang kalau musim dingin, sulit mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Selain itu, sebagai negara maritim yang dikelilingi pengunungan, Indonesia juga memiliki banyak spot wisata yang bagus untuk dieksplor oleh para traveler atau pelancong, dan deretan gunung dengan bentang alam spektakuler untuk didaki. Namun kadang, tidak bisa dipungkiri iklim dan cuaca Indonesia yang cenderung panas dan lembab itu memberikan tantangan tersendiri.

Terutama untuk saya yang hobi melancong atau berwisata ke pantai, kota, sampai gunung berbalut hutan. Masalahnya tidak lagi lain adalah infeksi jamur. Terutama di area-area riskan seperti lipatan tubuh, dan kaki, hal ini dikarenakan pada kedua wilayah tersebut biasanya tertutup pakaian, makanya sering berkeringat dan rawan bakteri.

Bicara soal infeksi jamur, ternyata menurut survei, penderitanya justru paling banyak di umur 20 – 30 tahun. Bukan hanya masyarakat desa, tapi juga orang kota.
Dari pengalaman saya sih, ada 4 masalah infeksi jamur yang kerap menjangkiti saya dan orang Indonesia pada umumnya.

Berikut ini daftar penyakit akibat infeksi jamur

Kutu air atau athlete’s foot

Saya adalah salah satu orang yang hobi pakai sepatu, hampir semua kegiatan sehari-hari mengharuskan saya pakai sepatu. Baik itu saat jalan-jalan, ke mal, nongkrong, dan olahraga. Karena saya termasuk orang yang aktif banget, akhirnya kaki saya sering berkeringat ditambah lagi suka lupa ganti kaus kaki. Jadilah kena kutu air. Kalau sudah terkena kutu air, rasanya gatal dan kulit jadi kemerahan terus terkelupas.

Gatal karena kutu air di sela-sela kaki atasi dengan krim 88 atau salep 88.
Gatal karena kutu air di sela-sela kaki dapat mengganggu aktifitas kita yang sibuk.

Kurap

Tidak ada orang yang tidak pernah kena kurap selama hidupnya, termasuk saya dan banyak orang di sekitar. Kurap ini beda dengan panu ya, meski namanya sering disejajarkan. Kurap punya nama latin Tinea Corporis atau ring worm dalam bahasa Inggris. bentuknya menyerupai lingkaran berwarna merah. Sekali kena satu bisa menyebar, jadi waspada.

Atasi dengan krim 88 atau salep 88.
Kurap berbeda dengan panu, tetapi sama-sama menyebar cepat dan menular ke orang lain.

Panu

Kalau ini saya yakin hampir semua orang hapal, dari jaman Indonesia masih di jajah Belanda udah jadi penyakit kulit paling sering diderita orang Indonesia. Buat yang belum tahu, panu sesungguhnya merupakan infeksi jamur yang mengganggu pigmen kulit. Makanya dapat ditandai dengan berubahnya warna kulit, jadi lebih terang atau lebih gelap.

Panu atasi dengan krim 88 atau salep 88.
Panu cirinya khas, yaitu berbentuk bercak putih di kulit dengan rasa gatal yang menyengat.

Gatal selangkangan

Nama kerennya jock itch, dan ini biasanya diderita cowok-cowok yang malas bersih-bersih area selangkangan atau malas ganti celana dalam. Tapi sebenernya cowok yang suka berolahraga atau menggunakan celana jeans ketat juga riskan terkena ini, soalnya kulit jadi sulit bernapas terus lembab karena keringat. Apalagi kalau di cuaca panas.

Tetapi saat ini banyak juga wanita aktif yang mengalaminya, tetapi tentu saja tidak terungkap kateka banyak dari mereka yang malu untuk konsultasi ke dokter atau bercerita tentang permasalahan ini.

Gatal di selangkangan
Gatal di selangkangan, tidak hanya dialami oleh pria, banyak wanita yang mengalaminya juga loh.

Terus kalau kena masalah jamur di atas kita harus apa? Ya diobati dong, masa didiemin. Masa iya mau kena sampai seluruh badan?

Di keluarga saya kalau udah urusan sama infeksi jamur kayak panu, kadas, dan kawan-kawannya itu pasti pakai Salep 88. Maklum brand legendaris, udah ada dari jaman nenek dan kakek dulu sampai sekarang. Tapi itu di rumah. Kalau sekarang sih saya pakai KRIM 88, varian baru dari Salep 88.

Salep 88
Salep 88 masih banyak digunakan masyarakat sejak 1992 hingga 2019

Produk yang ini bentuknya krim, jadi lebih sesuai sama pemakaian anak muda perkotaan. Bedanya sama Salep 88, KRIM 88 ini tidak lengket dan cepat menyerap. Jadi pas pakai berasa, enak dipakai di bawah baju ataupun daleman. Terus buat area kaki, KRIM 88 ini tidak baud an aromanya itu wangi mint yang bikin seger. Makanya pas kena kutu air, pakai KRIM 88 terus pakai kaus kaki dan sepatu, tidak masalah.

Krim 88
Krim 88

Terus yang tidak kalah penting, KRIM 88 juga lembut. Mau dipakai di area wajah, selangkangan, dan lipatan kulit lainnya juga nyaman. Ditambah lagi sensasi dingin KRIM 88 bikin rasa gatal reda saat itu juga, say good bye sama garuk-garuk gak jelas.
Biasanya sih kalau sudah pakai KRIM 88, masalah infeksi jamur bisa hilang 1 sampai 2 minggu. Tapi ini tergantung sih, dan hasilnya beda-beda tiap orang.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *