Review Kalkulator Akal Fisik Sosial

Posted on

Jadi orang tua itu ga ada sekolahnya, iya ga sih moms? Kita otomatis terus belajar bersamaan dengan tumbuh kembang anak, namun tentu saja kalau kita memiliki ilmu dan panduan dari para ahli, akan bisa lebih optimal dalam membesarkan anak kita.

Mendapatkan ilmu parenting bisa dengan mengikuti seminar, membaca buku, buka website parenting, atau konsultasi langsung dengan para ahli. Tentu saja sebagai ibu millenials yang melek digital, akan lebih memilih untuk cari di google atau website parenting yang sekarang banyak bisa kita temukan langsung melalui smartphone.

Azzam saat ini semakin hari semakin aktif dan pintar, di usianya yang menginjak 4 tahun 7 bulan seharusnya sudah ikut bimbingan belajar, tapi tentu saja kita tidak boleh paksakan anak untuk sekolah di usia bermainnya. Kalau Azzam sedang semangat, pasti ingin ikut kelas bermain setiap hari, tapi saat ga minat belajar diminta untuk berangkat saja ga mau.

bebelac formula baru
Azzam selalu supel dan cepat tanggap, tetapi masih belum bisa fokus kalau belajar.

Stimulasi belajar di rumah sudah tentu dilakukan, setidaknya Azzam sudah paham huruf dan angka. Namanya anak-anak ada saja yang membuat perhatian mereka saat belajar teralihkan. Ada saja kelakuan mereka yang menggemaskan dan buat kita geleng kepala.

Sebagai orang tua terkadang kita kurang paham bakat apa yang dimiliki anak, apa saja yang harus kita lakukan untuk stimulasi kepintaran anak agar semakin optimal,, iya ga sih moms. Untung sekali saya sudah kenal dengan Parenting Club ID sejak Azzam berusia 1 tahun, di sini saya dapat banyaknya informasi parenting dan dapat rekomendasi stimulasi sesuai usia anak.

Kalkulator Akal, Fisik dan Sosial dari Parenting Club ID

Alhamdulillah walaupun hasil dari simulasi kalkulator AFS anak saya Azzam belum menunjukkan angka 100%. Saya jadi lebih bisa memantau perkembangannya secara lebih optimal untuk jenjang seusianya. Saya juga mengikuti rekomendasi stimulasi-stimulasi yang diberikan, mudah sekali untuk diterapkan dan anak pun senang mencobanya. Rekomendasi yang diberikan ternyata tanpa kita sadari sudah sering dilakukan dalam aktivitas sehari-hari moms.

Hasil Kalkulator Sinergisme Akal Fisik dan Sosial Azzam.
Hasil Kalkulator Sinergisme Akal Fisik dan Sosial Azzam.

Contohnya bermain di taman dengan anak seusianya, agar anak belajar bersosialisasi dengan berbagi mainan dengan temannya-temannya saat bermain. Mencuci tangan dan berdoa sebelum makan adalah hal yang biasa dilakukan. Dan bisa memberikan respon ketika anak diberikan makanan, seperti “enak”, “suka”. Kegiatan-kegiatan yang disarankan adalah stimulasi yang membuat sinergisitas Akal Fisik dan Sosialnya dapat berkembang optimal.

Stimulasi yang disarankan
Stimulasi Fisik yang disarankan.
Stimulasi Akal yang disarankan
Stimulasi Akal yang disarankan.
Saran stimulasi Sosial yang bisa dilakukan oleh orang tua
Saran stimulasi Sosial yang bisa dilakukan oleh orang tua.

Apa sih Kalkulator AFS ? Kalkulator Akal, Fisik dan Sosial adalah tool yang dikreasi dan diverifikasi oleh Dr. Ahmad Suryawan, dr., SpA(K), Dokter Spesialis Anak-Konsultan tumbuh kembang pediatri sosial.

Kalkulator ini dapat membantu orangtua untuk menilai tingkat sinergi Akal Fisik dan Sosial si Kecil saat usia 6 bulan sampai 7 tahun. Dengan cara menjawab semua pertanyaan yang diberikan secara jujur tentunya, sesuai dengan jenjang umur si Kecil dan perilakunya, di sini dan moms akan temukan hasil serta rekomendasi yang tepat untuk mengembangkan sinergi Akal Fisik Sosial si Kecil.

Buat moms yang punya anak usia 6 bulan sampai 7 tahun, coba deh kalkulator AFS ini, caranya mudah loh :

1. Bergabung dengan memiliki akun di  Parenting Club ID 
2. Isi biodata diri orang tua dan anak
3. Klik Kalkulator AFS dan isi data serta jawab semua pertanyaan.
4. Moms akan mendapat hasil kalkulasi dari Kalkulator Akal Fisik dan Sosial si Kecil.
5. Moms juga mendapat rekomendasi stimulasi yang sesuai dan terbaik untuk dilakukan bersama si Kecil.

Moms juga bisa share pengalaman setelah sukses menggunakan Kalkulator AFS, serta ceritakan ketika Mam mencoba rekomendasi stimulasi yang diberikan.

#ParentingClubID #KalkulatorAFSReview

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *