Ajarkan Anak Menghargai Uang dengan Program Kurikulum Cha-Ching dari Prudential

Posted on

Moms, pendidikan keuangan dasar ternyata perlu dilakukan sejak dini loh, sejak anak-anak mulai mengenal uang agar mereka lebih menghargai arti kerja keras dan tahu bagaimana cara untuk mendapatkan, menabung, belanja dan juga menyumbangkan uang.

chaching kurikulum
Pentingnya pendidikan dasar keuangan bagi anak-anak.

Contohnya beberapa perilaku anak-anak di sekitar lingkungan rumah saya saat Hari Raya Lebaran kemarin, ketika mendapatkan hadiah uang THR mereka langsung minta di antar ke Mall untuk membelanjakan uang mereka dapat. Mereka tidak ada keinginan atau bahkan berpikir untuk menabungkan uang yang mereka dapat hari itu.

Kalau perilaku seperti ini tidak segera diubah oleh kita sebagai orangtua, saat dewasa nanti bisa di prediksi kalau mereka akan tumbuh menjadi orang yang tidak menghargai uang, boros dan mudah tergiur dengan iming-iming diskon.

Tahu ga sih moms, ada sebuah studi dari University of Cambridge yang mengungkapkan bahwa anak-anak sudah mulai membentuk kebiasaan terhadap finansial di usia 7 tahun.

Kalau kita tidak ajarkan anak untuk kelola uang sejak dini, maka akan sulit bagi kita membuat anak membiasakan untuk menabung loh moms.

Prilaku konsumtif tanpa disadari merupakan kebiasaan yang dilihat dan dipelajari oleh anak dari orangtua mereka. Banyak orangtua yang berpikir kalau mereka kerja keras, banting tulang untuk memenuhi kebutuhan anak dan keluarga.

Memberi uang, membelikan apa yang anak minta menjadi penebusan bagi orangtua kepada anak-anak karena sedikitnya waktu yang mereka luangkan untuk keluarga.

Anak saya Azzam yang saat ini berusia 4 tahun bahkan sudah ikutan heboh minta dibelikan mainan robot seperti tetangga dan kakak sepupunya. Kalau saya bilang tidak ada uang, dia akan langsung bilang “ambil di atm aja banyak uang” 🙂

Anak-anak tidak berpikir perlunya kerja keras untuk mendapatkan uang, yang mereka tahu adalah mereka diberi uang untuk di belikan apa yang mereka inginkan.

kurikulum chaching
Belajar mengenal kurikulum Cha-Ching di Taman Literasi Keuangan, Taman Mataram – Jakarta Selatan

Sabtu, 30 Juni 2018 saya berkesempatan hadir di acara seru “Workshop Friends of Cha-Ching 2018” yang bertempat di Financial Literacy Park, Taman Mataram Jakarta Selatan.

Mengenal Program Cha-Ching Curriculum dari Prudential

Workshop dengan tema Kurikulum Cha-Ching Bersama Sahabat Cha-Ching ” adalah upaya memperkenalkan program pendidikan dasar keuangan kepada anak Indonesia bagaimana untuk dapat menghasilkan (Earn), menyimpan (Save), membelanjakan (Spend), dan menyumbangkan (Donate).

Tujuan dari memberikan pendidikan keuangan sejak dini adalah untuk memberikan pemahaman dasar mengenai pentingnya nilai uang sehingga diharapkan agar anak-anak dapat membuat keputusan finansial yang lebih baik saat dewasa.

Setelah sukses di Sidoarjo, kali ini PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memperkenalkan kurikulum “Cha-Ching” pada komunitas edukasi di Jabodetabek.

Cha-Ching merupakan suatu program pendidikan keuangan yang telah banyak meraih penghargaan dan bertujuan untuk membantu menanamkan keterampilan mengelola keuangan anak usia dini.

prudential
Jens Reisch, Siddharta Moersjid, Nini Sumohandoyo hadir di Workshop Friends of Cha-Ching 2018

Hadir di “Workshop Friends of Cha-Ching 2018” memberikan kata sambutan:
1. Jens Reisch, President Director, Prudential Indonesia
2. Nini Sumohandoyo, Corporate Communications & Sharia Director, Prudential Indonesia
3. Siddharta Moersjid, Board Chair Prestasi Junior Indonesia (PJI)
Representative from Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

kurikulum chaching
Mr. Jens Reisch, President Director, Prudential Indonesia

President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch yang hadir di “Workshop Friends of Cha-Ching 2018”  mengatakan, “Prudential percaya bahwa sebuah bisnis yang bertanggung jawab adalah binis yang berkomitmen untuk memberi kembali dan mengembangkan orang-orang serta lingkungan sekitarnya. Prudential Indonesia berkomitmen untuk mendukung usaha pemerintah dalam meningkatkan literasi serta inklusi keuangan dan mengurangi kesenjangan proteksi.”

Bermain dan Belajar Mengenai Uang

Bermain adalah cara anak-anak dalam belajar, dikemas menarik dengan video musik, anak-anak diajak untuk melihat bagaimana Cha-Ching, sebuah grup musik menjalani kegiatannya sehar-hari.  Mulai dari berbelanja untuk grup, mengatur perjalanan roadshow, membantu sesama, mencari uang, sampai berinvestasi.

kurikulum chaching
Band Cha-Ching yang memberi contoh bagaimana anak harus bijak dalam memperlakukan uang.

Dalam kurikulum Cha-Ching anak akan belajar perputaran uang dimulai dari bagaimana uang di buat, dicetak, disalurkan ke bank dan atm dan bagaimana kita bisa memperoleh uang dengan cara bekerja, juga bagaimana kita mengarahkan anak-anak untuk bisa bijak dalam menggunakan uang, menyimpan uang dan melakukan donasi atau amal.

kurikulum chaching
Belajar sambil bermain dengan kurikulum ChaChing. 

Kurikulum Cha-Ching

1. Berkenalan dengan Band Cha-Ching dan seluruh personil anggotanya dengan beragam sifat yang bisa menjadi pembelajaran anak-anak.

2. Earn, anak mempelajari dan juga mengetahui bagaimana kita bisa mendapatkan uang. Yaitu dengan cara bekerja dan berjualan atau bahkan berkesenian.

3. Save, anak di ajarkan untuk menyukai aktivitas menabung, bagaimana menabung bisa membuat kita berhasil mewujudkan impian kita.

4. Spend, anak di arahkan untuk lebih mengutamakan pemenuhan kebutuhan dibandingkan keinginan.

5. Donate, bagaimana sih beramal itu dapat dilakukan, betapa menyenangkan saat kita bisa melakukan kebaikan dengan beramal.

Saat anak bermain, mereka belajar dan menyerap pesan moral yang tersirat dalam setiap pembelajaran dan pada saat dewasa akan menjadi pribadi yang lebih baik dalam mengelola finansial.

Semoga di Sekolah Dasar Jatimakmur, Pondok Gede-Bekasi tempat saya tinggal secepatnya juga bisa memperoleh edukasi program kurikulum Cha-Ching ini 🙂 .

#Chaching #sahabatChaChing
#BelajarChaChing #LiterasiKeuangan

Spread the love

7 thoughts on “Ajarkan Anak Menghargai Uang dengan Program Kurikulum Cha-Ching dari Prudential

  1. Kurikulum Cha Chung ini cocok & bener banget anak perlu tahu dari mana yang berasal, bagaimana cara mendapatkan uang tersebut. Lalu cara memenuhi kebutuhan bukan keinginan. Setuju aku dan ini sangat membantu loh untuk anak agar bisa belajar menabung dan bekerja keras.

  2. Eh ternyata Azzam juga bilang gitu ya. Ambil uang di ATM :))
    Btw Cha Ching bagusss. Dulu sering nonton serialnya di TV. Penyampaian ilmu finansial yang mudah buat anak-anak. Sekarang ada gamenya juga

  3. Penting banget ya buat anak belajar uang, tahunya uang ada terus. Jadi malah ngk jd boros, apa aja mau dibeli. baru tahu ada kurikulum cha-chung.

  4. anak – anak ikut kalau ambil uang di ATM jadi taunya kalau uang habis tinggal ambil lagi ke ATM hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *